11.12.2005

Setelah hampir 2 tahun bekerja di daerah terpencil, yang namanya perangkat komputer jarang sekali dijamah. Kalaupun ada kesempatan untuk memakai komputer paling-paling untuk ngetik surat perjalanan dinas pa ga surat ijin cuti pulang kampung pa ga membuat artikel singkat untuk pelatihan para bidan dan perawat di RS ybs. Jadi otomatis komputer ga pernah dipakai untuk keperluan imel-imelan, internet-an untuk cari literatur ilmu bedah terbaru atau boro-boro bikin blog . Ilmu ngebuat blog ini "nyontek" dari senior saya dr. Erik Tapan ; yaaaa nyontek dikit-dikit .... ini juga masih acak adut tapi yaaaa namanya juga belajar kan boleh dong nyoba ..... Rencananya isi blog lebih kearah obrolan Bedah yang dikemas dalam bentuk nyantai. Isi blog ini tidak menggantikan fungsi berkonsultasi yang sebenarnya. Jadi blog ini memang SEHARUSNYA bukan untuk tempat berkonsultasi. Jangan berharap dapat menegakkan diagnosa apalagi memutuskan suatu terapi - karena blog ini hanya obrolan - curhat para sesama pasien - pasien dengan dokter bedah atau curhat pemerhati setia bedah.
Mohon untuk kritikan, ide, usulan, makian tapi manis sifatnya yang semuanya untuk penyempurnaan blog ini ....
Foto ini sewaktu di RS salah satu daerah terpencil dimana listrik nya sering byar pet ... dan gen setnya juga ga ngefek plus dokter anestesi yang tidak ada sama sekali.

18 komentar

, Anonymous Anonymous wrote ...

Wah keren banget blognya.
Hurufnya warna-warni lagi.
Canggihan Lakshmi donk yha.
Belajar donk, gimana cara buat huruf yang warna-warni.
Maju terus.

Salam,
Erik Tapan
http://eriktapan.blogspot.com

 
, Blogger arifianto.blogspot.com wrote ...

Halo dr Lakshmi. Saya kenal dokter di milis SEHAT. Numpang mampir ya. alau boleh kasih ide, Dr Lakshmi bisa menambahkan 'SHOUTBOX' seperti di punya saya di http://arifianto.blogspot.com
Caranya? lakukan editing HTML-nya dengan menyalin kode-kode tertentu. Coba copy HTML source blog saya dan bandingkan. Bingung ga? Kalo masih bingung, enaknya kita e-mail2-an aja. Hehehe. apin

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

dr.Erik Tapan, terimakasih komentarnya .. membuat saya semangat untuk meneruskan blog ini. O ya sekarang saya udah bisa masukin gambar lho, siapa dulu dong gurunya ... Makasih ya Dok ..

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

dr.Apin yang baik, terimakasih sarannya ... saya akan nyoba sesuai instruksi yang udah diberikan ....
Ntar kalo mentok, tiba-tiba lemot lagi, pasti saya konsul
Soalnya kayaknya rada ribet tuh ngedit-ngedit bgitu, ga ngerti sih. Hehehe
Salam,

 
, Blogger Absor Harun wrote ...

Ibu Dokter Lakshmi,
saya ingin tanya dokter praktek d rs mana dan pada hari apa ?
karena saya juga kebtulan tinggal d bekasi..
dan saya ingin memeriksa kan wasir saya k dokter..karena saya merasa wasir saya sekarang sudah masuk stadium 3.
terim kasih.

 
, Blogger Absor Harun wrote ...

bu doktr..
saya mau tanya dokter bu dokter praktek d rs mana dan pada hari apa ?
karena kebtulan saya tinggal d bekasi.
terima kasih.

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Maaf Pak susah menjawab pertanyaan Bapak lewat blog, nanti dikira promosi ...
salam,

 
, Blogger Unknown wrote ...

Hi.. dr Lakshmi.
Saya didiagnosa oleh dokter bahwa saya menderita Wasir Luar. Dan oleh dokter saya diberikan resep obat minum, salep, dan obat yg dimasukkan ke dlm anus. Saya telah memakai obat tersebut selama 10 hari. Memang rasa nyeri, panas & gatal berkurang jauh. Tetapi benjolan di darah anus masih tetap ada. Pertanyaan saya apakah penyakit saya ini memang bisa disembuhkan tanpa operasi ? atau pengobatan yang saya jalani sekarang ini hanya untuk meringankan wasir luar saya saja ?
Tapi tidak bisa untuk menyembuhkan secara total.
Terima kasih atas informasinya.

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Ivan,
Wasir luar itu mungkin maksud dokternya skin tag ya ?
Kalau ga keberatan boleh di foto wasir luarnya kirim lewat attachment ke email saya .. biar saya yakin kalo itu adalah skin tag saja.
Kalau hanya skin tag, tdk perlu dilakukan operasi, rubah pola BAB saja.
Biasakan minum 8 gls/hr, banyak mengkonsumsi makanan serat dan buah ; BAB tiap hari/ kali tidak keras dan tanpa mengejan.
Tidak ada obat2an khusus, pola BAB saja diperbaiki, nanti akan sembuh / menghilang keluhannya secara perlahan.
Salam,

 
, Blogger Unknown wrote ...

dr. Lakshmi thanks atas jawaban anda.
Kemarin malam saya kontrol lagi ke dokter, kata beliau wasir luar saya sdh mengecil (memang saya merasa sdh tdk ada ganjalan jika duduk) tapi memang masih ada benjolan bekuan darah jadi beliau menawarkan untuk mengeluarkannya dgn cara dibuka / dibedah. Tapi saya menolaknya krn takut akan sakit setelah proses itu, jadi beliau menyarankan untuk minum obat yg akan menghilangkan atau menciutkan benjolan itu. Beliau juga mengatakan proses itu juga akan memakan waktu cukup lama sekitar 2 bulanan. Obat baru yg dikasih adalah "dansera" sedangkan obat yg lama "venosmil" tetap dilanjutkan.
Pertanyaan saya apakah benjolan itu memang bisa dihilangkan dgn obat tersebut ? jika saya menyetujui pembedahan tersebut apakah proses penyembuhan akan menyiksa dan lama ? Maaf dok atas cerita saya yg panjang ini. dan mengenai foto wasir luar belum bisa saya lakukan dok. Terima kasih.

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Ivan,
Saya tidak memeriksa secara langsung jadi saya memberikan komentar berdasarkan temuan yang didapat dari dr Bedah yang memeriksa ya ?
Kalau memang ada bekuan darah, mungkin saja itu berupa trombosis hemoroid eksterna.
Kalau saya, pasien diinstruksikan untuk rendam pantat saja sehari 2 kali dengan PK kemudian di tambah obat2an hemoroid standard. Kalau nyeri sudah berkurang, benjolan sdh mengecil, lakukan operasi.
Jadi kalau menurut saya, pada akhirnya adalah operasi juga cuma pada saay sekarang mungkin rendam pantat dulu ...
Operasi pasti sakit karena ada benjolan yang di potong. Stlh op akan diberikan obat2an untuk menghilangkan rasa sakit. jadi tidak usah terlalu khawatir, minta pada dokternya untuk operasi menggunakan stapler biasanya nyerinya lebih sedikit berkurang .
Semoga jawaban saya bisa membantu ya ..
salam,

 
, Blogger Problem Solving of Surgery wrote ...

Halo dr. Lakshmi, salam kenal ya. Kalau nggak keberatan, bisa nggak ikut di blog saya. Mungkin kita bisa saling tukar pengalaman.

Salam,
Satya Wardhana
http://problemsolvingsurgerycases.blogspot.com/

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Salam kenal kembali TS dr Satya ...
Saya sudah lihat blog dr. !!
Wah sangat informatif sekali ...
Blog bedah banget !! (lebih bedah banget dari pada blog saya hahaha).
Sangat bermanfaat sekali ..
Baru saja saya memberi sedikit komentar cuma "mental" balik mungkin menunggu approval dari pemilik hehe
Sukses Dokter !!
Saya pasti akan selalu main ke blog dokter
Btw dokter di kalimantan kan ? Banjarmasin ?
Ada dr Johan dong - dr Johan SpBP ...? Beliau senior plastik yang paling oke, kali2 berkenan gabung di blog saya ...
Salam sukses,

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Salam kenal dokter Lakshmi..saya hendak bertanya tentang sakit yang diderita keponakan saya pasca operasi hemoroid, sekitar awal JAnuari 2009. Sejak tiga hari yang lalu dia masih merasakan sakit saat BAB. Bahkan menggigil juga menyertai kondisi tubuhnya. Usai menggigil, dia justru merasakan panas suhu tubuhnya meningkat. saya nantikan sarannya...Thanks b4

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth ... "tanpa nama"
Januari 2009 operasinya ya ? sudah konsultasi kembali pada dokter Bedahnya ?
Komentar nya apa ?
Salam,

 
, Blogger cucun wrote ...

Dear dok, saya merasakan perut kanan selalu sebah dan terasa lebih keras juga nyeri di pinggang kanan sampai paha kanan tapi tidak terasa nyeri kalau di tekan atau ditekuk, setelah menjalani apendix program hasilnya non filling apendix, apakah saya harus operasi? Apakah apendix ada hubungan dengan otot kemih karena saya jadi sering kencing dan pancarannya lemah, dari IVP dan tes gula darah hasilnya normal. Saya tunggu jawabannya, tks.

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Cucun,
1) Jika non filling appendix sesuai klinis lebih baik operasi saja
2) BAK pancarannya lemah ? bercabang ga ? jangan2 ada penyakit lain, srtriktur misalnya.
IVP tidak dapat melihat pancaran BAK
salam,

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Karena blog ini adalah Blog BEDAH banget, saya ingin berbagi info tentang "BEDAH TORAKS DENGAN ANESTESI LOKAL" :

SEORANG DOKTER DARI KOTA MALANG DAN TEAMNYA SEJAK TAHUN 1962 TELAH MELAKUKAN BEDAH TORAKS HINGGA SEBANYAK 215 KALI DENGAN ANESTESI LOKAL (SANG PASIEN TETAP DALAM KEADAAN SADAR, BAHKAN MASIH BISA TERTAWA).

SILAHKAN SIMAK ARTIKELNYA BESERTA FOTO-FOTO PROSES PEMBEDAHANNYA DI SITUS :

http://iwandahnial.wordpress.com/2010/01/31/thoracotomy-under-local-anaesthesia/

 

Post a Comment

<< Home