11.12.2005

MENJADI PASIEN BEDAH
Setelah dokter menyatakan bahwa seorang pasien harus dioperasi ... biasanya pasien dan keluarga diminta untuk menandatangani Surat Persetujuan Tindakan / Operasi. Sebelum menandatangani surat tsb, pasien dan atau keluarga bisa bertanya langsung pada dokter yang hendak mengoperasi mengenai penyakit yang di derita. Tindakan operasi seperti apa yang dilakukan oleh si dokter dan komplikasi apa saja yang mungkin bisa terjadi. Biasanya, dokter pasti akan menjelaskan semuanya secara panjang dan lebar ... meskipun demikian pasti ada yang masih kurang jelas ... nah disinilah saatnya pasien dan keluarga bertanya sepuas-puasnya. Dokter akan menjelaskan organ apa yang mau dioperasi , akan diapakan organ tersebut, dipotong kemudian disambung, dipotong dan dibuang, diikat atau dibersihkan. Berapa lama setelah operasi harus menjalani perawatan ... dan yang paling penting adalah resiko yang bakalan timbul jika tidak dilakukan operasi.
Sebaliknya resiko komplikasi yang kemungkinan timbul setelah operasi juga akan dijelaskan.

Tindakan pembedahan adalah tindakan menyayat tubuh. Jadi pasti ada perdarahan, ada luka terbuka, ada nyeri setelah operasi. Diperlukan fungsi sel-sel tubuh yang sempurna untuk memulihkan semua keadaan tadi.

Sebaiknya jawaban untuk setuju atau tidak dilakukan tindakan operasi harus dipikirkan betul-betul kalau perlu minta pendapat saudara terdekat atau orang tua. Pada operasi kasus yang tergolong gawat darurat , mau tidak mau harus di operasi dan kalau bisa jangan terlalu lama untuk berpikir kemudian menyatakan setuju atau tidak ; karena pada kasus gawat darurat / emergensi biasanya dokter berpacu dengan waktu untuk menyelamatkan nyawa pasien. Jadi idealnya pada kasus emergensi jika dokter memang memutuskan tindakan terbaik adalah operasi, ikuti saja nasehat dokter ybs karena pasti itu adalah tindakan yang paling baik untuk menolong si pasien. Tenangkan diri ... ikuti semua petunjuk dokter dan paramedis di RS.

6 komentar

, Blogger Erik Tapan wrote ...

Sangat baik edukasi via blog ini. Nanti saya akan refer jika ada pasien-pasien yang ingin menanyakan soal pembedahan.

Salam,
Erik Tapan
http://eriktapan.blogspot.com

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

makasih Dokter Erik ... jadi semangat niiih ...:)
jangan bosen kasih masukan ya Dok ...
Kira-kira "bahasan" apa yang lagi hangat dan pantes buat ditulis ya ?

 
, Blogger Erik Tapan wrote ...

Dear Lakshmi,
Terus berkarya yha.
Bagaimana kalau menulis mengenai Bedah Plastik.
Ini dihubungkan dengan banyak orang saat ini, senang sekali mempercantik diri.
Misalnya acara The Swan, bagaimana tanggapan dr Lakshmi.

Terima kasih.

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Terimakasih Dokter Erik,
Soal bedah plastik ada beberapa yang "umum" seperti bibir sumbing dan hipospadia saya tulis disini, kebetulan sempat mengerjakan juga beberapa kasus. Tapi untuk bahasan plastik yang lebih spesialistis apalagi seperti kasus di acara The Swan itu wah ... wah agak berat ilmunya ...:)
Selain belum 'nyampe' ilmu nya kesana karena sangat sub spesialistis sekali, juga rasanya bukan konsumsi banyak orang. Kalau soal 'plastik' yang sederhana seperti sumbing dan hipospadi mungkin lebih 'ngena' ...
Tapi usul Dokter boleh juga , nanti saya ajak teman sejawat yang dari bedah plastik yang ga begitu sibuk untuk bisa ikutan corat-coret di blog saya.
Makasih masukannya ya Dok ..

 
, Blogger Adin wrote ...

dear Dokter lakshmi yang baik,
saya seorang pria berusia 23 thn, saya terkena hernia sejak umur 15 tahun an, sekarang saya bekerja di sebuah software house sambil menyelesaikan s1 saya, saya mau menanyakan beberapa hal ni bu dokter. apakah saya perlu operasi? kalo operasi berapa kira2 biaya yang di butuhkan, dan apa saja masalah yang timbul apabila saya operasi atau tidak, kalo saya mau konsultasi ke dokter bagian apa? saya tidak tau mesti nanya ke mana tentang ini soalnya saya kurang bgitu tau banyak soal masalah kedokteran, mohon beri gambaran atas pertanyaan-pertanyaan saya ini, terima kasih atas jawabannya...

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

dear Adin yang baik,
1. Jika Anda memang benar-benar terdiagnosa Hernia (diagnosa ditegakkan oleh Dokter Bedah) maka saran saya lakukan operasi saja. Resiko tdk dilakukan operasi, takutnya hernia bertambah besar dan usus bisa saja akan terjepit pada cincin hernia (lengkapnya baca lagi di tulisan soal HERNIA pada blog ini.
2. Soal biaya Anda bisa menanyakan di RS tempat Anda ingin dioperasi, mereka akan menjelaskan.
3. Konsultasi ke Dokter Bedah.

Semoga jawaban saya bisa membantu ya.
Salam,

 

Post a Comment

<< Home