11.12.2005

SETELAH OPERASI
1. Jika anestesinya / pembiusannya adalah (bius) umum (dengan intubasi - memakai alat yang dimasukkan ke dalam mulut). Setelah sadar kadang-kadang timbul rasa gatal di tenggorokan, seperti mau batuk bahkan sering menjadi batuk betulan dan suara menjadi serak sedikit ... tidak perlu panik lama-lama keluhan tersebut akan menghilang sendiri kalaupun tidak menghilang, dokter akan memberikan obat. Setelah sadar dari operasi biasanya di coba minum sedikit-sedikit, jika pasien tidak kembung dilanjutkan makan / diet bertahap - lunak-tim dan diet biasa/nasi. Sering 'buang angin' juga menjadi indikasi bahwa usus kita sudah berfungsi kembali. 2. Jika anestesinya dengan spinal, bius separuh istilahnya (seperti bius yang dilakukan pada operasi sesar / kelahiran bayi). Dokter yang membius menyuntikkan sesuatu di tulang belakang kita kemudian lama-lama kaki terasa baal, lumpuh tidak bisa diangkat. Setelah operasi kita tidak boleh bangun dari tempat tidur selama 24 jam. Harus bed rest !!! Mutlak ! Untuk keperluan BAK dan BAB cukup di tempat tidur. Sering kali BAK akan menjadi sulit sehingga perlu pemasangan selang / kateter yang dimasukkan ke kemaluan supaya bisa BAK.
Pilihan jenis anestesi apa yang dipergunakan, yang menentukan bukan pasien tapi dokter bedah dan dokter anestesinya. Ada beberapa kasus yang dapat melibatkan pasien juga untuk menentukan. 3. Untuk operasi-operasi tertentu setelah operasi kita harus puasa selama 3-4 hari misalnya pada operasi sambung usus .... Dokter akan mengganti kebutuhan nutrisi lewat infus. Semua infus makanan tersebut jumlah tetesannya sudah diatur sedemikian rupa sehingga pas buat tubuh kita. Jadi jangan sesekali mengatur-ngatur kecepatan infus, karena tetesan itu sudah diukur sama dokter dan perawat jadi bukan asal menetes aja.
Ada anggapan tetesannya semakin banyak maka semakin cepet sembuh .... ini anggapan yang jelas-jelas keliru ..... 4. Untuk penunggu pasien, perhatikan botol infus ; kalau sudah tinggal sedikit cairan didalamnya segera melapor keperawat ... Apalagi untuk pasien-pasien kasus tertentu misalnya operasi prostat, ada botol infus yang dialirkan ke kandung kencing yang fungsinya untuk membilas kandung kencing agar sisa bekuan darah tidak sampai menjendal dan membuat buntu lubang kencing. Jadi bilasan air dengan tetesan super cepat dari botol infus itu harus sesering mungkin diganti. Nah disini peran penunggu pasien amat besar .... harus tiap jam memperhatikan botol infus. Hal ini hanya untuk pasien setelah operasi PROSTAT ... operasi lainnya sih tidak begitu ketat seperti ini. Yang pasti ikuti instruksi yang diberikan oleh dokter dan perawat dengan P A T U H

15 komentar

, Blogger rhand wrote ...

Hi Dok,
Aku cerita dari awal yah Dok:
Saat banjir 1 Feb'08 lalu istriku jatuh ke got dan menyebabkan luka sobek di 'punggung' kaki, kemudian dia terobos banjir lalu pulang ke rumah, cuci luka pakai Dettol dll. Sorenya kakinya bengkak, dan baru malamnya (setelah krg. lbh 10-12jam) ke UGD dan dijahit (tanpa drain), diberi obat oral: antibiotik, non-flamin & maag. Setelah 4 hari bersamaan dengan habisnya obat, timbul abses (kaki lbh bengkak & hitam) dan bau 'terasi', esoknya ke dokter bedah dibuka jahitannya dan keluarlah cairan air dan nanah, sorenya di-operasi (bius spinal) dibersihkan absesnya, pasang drain, buka drain, setelah beberapa hari baru dijahit, rencananya senin ini akan dibuka jahitannya. (Maaf yah Dok ceritanya panjang biar jelas)Sekarang pasca bedah & jahit, saat menaruh kaki tersebut di lantai maka terasa seperti ada listrik di telapaknya dan kaki tersebut lebih berwarna gelap (kalo kaki ditidurkan/diluruskan warnanya normal). Pertanyaanku adalah: 1.normalkah itu, dan 2. sampai berapa lamakah istriku dapat berjalan normal seperti sedia kala kembali. Thanks banget Dok, GBU

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Rhand,
Sekarang kondisi lukanya bagaimana, bisa ga di foto dan dikirim lewat email ? Susah juga membayangkan dari jauh lukanya spt apa.
Terutama soal keterangan yang Pak Rhand berikan ... "Stlh dioperasi, pasang drain atau tampon ?
Kalau pasang drain kan pasti luka terbukanya dijahit, kok knapa baru beberapa hari dijahit ?
Mungkin pasang tampon ya maksudnya ?
Skrg kondisi lukanya bagaimana, bau ga ? ada nanah ? di tekan sakit ?
1> Normal atau tidaknya harus dilihat Pak .. susah kalau hanya lewat email spt ini (mgkn bisa dikirim fotonya ?)
2> Tidak bisa jalan normal kenapa ?
Ada patah / fraktur ? lukanya baik kan ? tidak bengkak dan tidak bernanah ? Mobilisasi saja biar cepat menyembuhkan luka ...
Untuk rasa spt ke setrum, bisa jadi nervus/syaraf perifer kaki terkena jadi akan menimbulkan rasa spt itu, biasanya akan menghilang / menyembuh tapi tetap tergantung dari kondisi lukanya.
Di RS mana di jahitnya ?
Semoga cepat pulih ya ..
Salam,

 
, Blogger rhand wrote ...

Hi Dok,
Sorry lama baru bisa posting, ini jadinya sharing saja ya Dok.
- Pipa drain, dipasang tanpa dijahit.
- Sudah di rontgen = tidak ada yang retak/patah.
- Luka baik tidak bernanah, hanya saat napak agak bengkak dan warna lebih gelap.

Kami tidak kembali konsul ke dokter bedah lagi dan/atau dokter lain, kami justru pergi ke sinshe (2 sinshe)
Sinshe pertama anti urut (atau memang tidak bisa urut) berkomentar luka yang dijahit masih belum kering 100%,tidak diurut, kasih obat oral (pelancar jalan darah) & kompres arak, hasilnya sedikit lebih enak, tetapi gejala bengkak & lbh gelap masih ada.
Setelah 2 minggu, kami ke sinshe lain (yang bisa urut), dia bilang luka jahit masih belum kering, dia urut kecuali di bagian luka yang dijahit, kasih 2 obat oral (obat pengering luka dan obat pelancar jalan darah) & kompres koyo ramuan, dia bilang jangan terus-menerus pakai arak (urat/otot malah kaku), setelah 3 hari baru dia urut juga di tempat yang luka (sudah kering), setelah 4 kali urut, maka kami bersyukur bahwa setelah 2 bulan lebih, melalui perpaduan pengobatan barat dan timur, istriku sudah dapat berjalan normal kembali.
Hal-hal lain:
- Perlu diurut, karena kemungkinan saat jatuh kena batu atau sesuatu, kaki bukan hanya robek, tetapi juga terkilir.
- Beberapa hari ini kami pakai Trombophob juga.
Thanks ya Dok, semoga berkenan.

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Pak Rhand,
Senang mendengar istri Bapak sudah membaik ..:)
Ok mudah-mudahan pengalaman menggunakan TCM ini dapat dibaca oleh rekan-rekan lain yang kebetulan 'mempir' di blog saya.
Semoga selalu sehat ..
Salam,

 
, Blogger aquari wrote ...

Dok,
Seminggu lalu saya operasi perinal ani.Sayatan di pipi bokong tidak dijahit, ttp pd dinding anus dijahit. Permasalahan, sampai saat ini BAB terasa sakit sekali pada waktu BAB pertama keluar. Seperti ada 1 bh kawat yang ditusuk didinding ujung anus. Apakah saya akan menderita seperti itu seumur hidup jika BAB?, Jika ini bersifat sementara, kira-kira berapa lama?, Mengapa sakitnya sedemikian rupa? Karena rasanya sungguh aduhai.
(Sbg informasi tambahan 3 th yang lalu saya operasi fistula perinal, ttp BABnya hanya sakit sedikit, sekitar 3 harian). Dok mohon penjelasannya ya?

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Aquari ..
Saya masih kurang jelas istilah "perianal ani" ...
Anda bilang habis operasi perianal ani ? Perianal itu disekitar/tepi anus, ani itu anus jadi operasi di sekitar tepi anus ... operasi karena apa ?
Tumor perianal kah ? abses perianal kah ? fistel perianal kah ?
Soal rasa sakit yang ditimbulkan .. saya tidak bisa byk berkomentar krn tdk tahu persis operasinya apa, tindakannya apa dan penyulit yang ditemukan oleh dr.bedahnya waktu melakukan operasi apa ?
Coba tanyakan lagi pada Dokter Bedahnya ...
Untuk keluhan rasa sakitnya ini apakah sudah ditanyakan pada dokter Bedahnya ? bgmn komentarnya ?
Secara garis besar, operasi sudah 1minggu seharusnya rasa nyeri sudah tidak ada lagi, kecuali jika terjadi infeksi, jahitan yang terlepas, perdarahan dlsb ...
Mohon maaf karena tidak bisa banyak membantu ...
Salam,
'

 
, Anonymous denia wrote ...

hai dok.. kemarin anakku yg berumur 2 thn, jatuh dan hidungnya kena anak tangga yg tajam (terbuat dr semen) dihidung atas antara kedua mata robek.. setelah dirontgen ternyata terdapat fraktur tp hanya minimal.. kecil sekali..
saya mau tanya.. kalo misalkan frakturnya tdk di reposisi dampak apakah yg terburuk bg anak saya??
jika dijahit tanpa bius umum apakah bisa??
mohon penjelasan dan petunjuk dr dokter.. terima kasih.

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Salam kenal dok...
Anak saya Rafael, 18 bulan tgl 4 Okt nanti dioperasi fistel perianal...sebenarnya sudah timbul bisum sejak usia 6 bulan, saya konsul ke DSA, katanya hanya alergi, tapi setiap kali bisulan selalu timbul di tempat yg sama, bahkan sekarang kiri dan kanan pantat...pertanyaan saya:
1. Sebenarnya apakah penyebab fistel, kalau kebersihan kami selalu jaga dan setiap BAB selalu dibasuh dengan sabun dan air bersih.
2. Berapa lamakan luka bekas operasi sembuh, agak kuatir dok karena perawatannya kan terbuka
3. Durasi operasinya berapa lama?
4. Biusnya apakah harus total?
Terima kasih dok...

 
, Blogger mommy wrote ...

dok tolong saya..
Apa yg hrs sy lakukan untuk menyembuhkan tangan anak sy yg berumur 2thn yg terkilir.saya hanya mengoleskan trombophob.apa itu benar?kl tdk apa yg hrs sy lakukan dokter?sy mohon jawabannya segera.trimakasih

 
, Blogger Rintha wrote ...

Selamat Siang Ibu dokter,

Saya Rintha dan 2 minggu lalu operasi hemoroid interna grade 3 dengan metode stapling. Pembiusan secara lokal/spinal.
Satu minggu setelah operasi sampai dengan sekarang(1 minggu)saya merasa fly atau rasa mengambang, reflek motorik lambat. Mata saya tidak bisa fokus dan saat baca text book rasanya pusing dan saya merasa sangat tidak nyaman. saya tidak ada masalah dengan BAB skrg hanya saja rasa fly ini sangat mengganggu apalagi setiap hari saya membawa mobil sendiri ke kantor.
Pertanyaan saya: 1. apakah yang saya alami ini wajar? apakah pengaruh obat bius atau akibat terlalu banyak mengkonsumsi obat2 setelah operasi? sampai kapan kembali normal? 2. ada tonjolan kulit yang saya kira sebelumnya itulah yang dimaksud dengan homoroid yang tidak dibuang oleh dokter. menurut dokter tidak harus dibuang karena tidak semua orang anusnya mulus. apakah tonjolan kulit ini berbahaya dan bisa membesar dikemudian hari?

Terima Kasih,
Rintha

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Salam kenal dok....
Saya andi umur 30 tahun, baru operasi hernia linguinal....
Yang ingin saya ditanyakan, berapa lama setelah operasi dilakukan saya boleh melakukan hubungan suami istri...
Terimakasih banyak atas informasinya.....

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Selamat Siang Ibu Dokter
Begini Dokter, saya sudah seminggu lebih selesai operasi hemoroids Mix External dan Internal menggunakan metode laser safute. Masalah yang saya hadapi adalah lapisan safute yang menutup luka external terbuka mungkin terjadi pada saat BAB sehingga sangat nyeri sekali, terpaksa harus direndam dengan air hangat untuk mengurangi nyeri skalian membersikan luka. Namun sampai saat ini luka external sepertinya semakin melebar dan berlendir. Sebagai informasi bagi Dokter, saya menggunakan obat oles Gentamicin dan betadine cair, sedang obat makan sepradoxil (antibiotik) dan Ponstan.
Yang ingin saya tanyakan Dok, kira2 obat apa yang cocok agar luka tsb cepat kering sehingga dapat beraktifitas kembali
Tanks regreads
Berton Tamba

 
, Blogger muh. hasbi ash-shiddieqy wrote ...

salam kenal dok.... bpak saya dok abis operasi prostat,, knpa yah kencingnya keseringan n beliau ga bisa tahan??? kira'' berapa lama hal itu trjadi??? n cara mngobatinya bagaimana dok??? sa kasian melihat beliau mngeluh kesakitan

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Dok, saya Riva. Tgl 6/8 suami saya operasi hernia, tgl 7/8 sdh boleh pulang dan kontrol kembali tgl.12/8. Tp dari kemarin, tgl.9/8 bagian kemaluannya (pangkal atas) menghitam, dan hari ini Tgl.10/8 sdh menjalar ke bagian bolanya dan pinggang kanan kiri di samping bekas jahitan juga ada memar hitam kemerahan. Apakah itu nirmal, dok? dan apa ada solusi yg bisa saya lakukan sblm ke dokter? terima kasih.

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Dok, saya chris. Saya habis operasi kaki (retak tulang sendi lutut). Saya operasi tanggal 29 Agustus 2013. Sudah 3 bulan tapi kenapa engkel kaki saya nggak bisa digerakin dan posisi telapak kaki saya jinjit (engkel kaki mulai nggak bisa digerakan setelah 2 malam saya di rumah sakit). Sebelum operasi betis saya bengkak dan hampir sama besarnya sama paha saya. Setelah operasi juga masih bengkak sampe satu bulan lebih dan sekarang otot betis saya keras dan kalo saya berdiri ato duduk kaki saya warnanya jadi hitam (lebih gelap dr warna kaki yg satu lagi) dan kadang terasa nyeri di kaki saya (bukan dibekas operasi). Yang akan saya tanyakan adalah 1. Kenapa otot betis saya jadi keras. 2. Kenapa engkel kaki saya jadi kaku dan telapak kaki nggak bisa digerakan atau diposisikan seperti telapak kaki normal. Oya dok, jari kaki saya juga terasa kebas dan mati rasa, itu kira2 kenapa sebabnya. Terimakasih dok

 

Post a Comment

<< Home