11.12.2005

SETELAH OPERASI WASIR
Setelah hemorrhoidektomi (operasi hemoroid / wasir) dokter akan memasukkan tampon (kasa betadin) kedalam anus. Adanya tampon dalam anus seringkali menimbulkan rasa tidak nyaman. Beberapa jam setelah operasi (waktu sangat bervariasi, tergantung dokter yang mengoperasi), tampon akan diambil perlahan dari anus. Sejak saat itu pasien diharapkan bisa BAB dengan normal. Setelah operasi , boleh makan makanan yang lunak terlebih dahulu. setelah itu makan makanan yang tinggi serat. Dan tidak boleh lupa, minum harus dalam jumlah yang cukup, minimal 2 liter/ hari. Selain itu dokter juga menganjurkan untuk merendam bokong 2 kali sehari, dengan cairan antiseptik yang berwarna keunguan - namanya larutan PK. Satu hal yang paling penting, dokter memperbolehkan pasiennya pulang kalau si pasien sudah sukses BAB. Sukses maksudnya, BAB nya keluar tanpa perdarahan atau tanpa rasa nyeri yang hebat.

183 komentar

, Blogger tjahjonoprihadi wrote ...

Ibu dokter,

Saya pernah tiga kali menjalani terapi suntik untuk hemorrhoid di praktek dokter top di Kelapa Gading, tapi selalu kambuh lagi. Saya sedang mempertimbangkan untuk menjalani operasi, pertanyaan saya : apakah operasi dengan laser dapat mengurangi rasa nyeri pasca operasi dan mempercepat masa penyembuhan? Terima kasih

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Operasi hemoroid pasti ada nyeri tapi sedikit berkurang (sedikit ya ..) bila dilakukan dengan alat stapler.
Masa penyembuhan bisa dipercepat tergantung banyak faktor, berat ringan hemoroid nya sendiri, tehnik tindakan operasi yang dilakukan dan yang terakhir adalah sikap pasiennya sendiri.
Disarankan setelah operasi, "pola BAB" pasien harus diubah. Antara lain, harus setiap hari BAB. BAB pun tidak boleh mengejan, harus tuntas keluarnya tidak boleh sambil baca koran, merokok atau melamun, sebisa mungkin sampai WC harus langsung keluar kotorannya tanpa mengejan atau melakukan tindakan lain.
Untuk mendapat pola BAB yang baik antara lain makanan harus banyak serat, buah. Minum minimal 8 gelas / hari
Dokter yang melakukan terapi suntik di kelapa ganding mudah-mudahan memang dokter Bedah ya ..
Semoga jawaban saya cukup membantu ya Pak ..

 
, Blogger reeccou lee wrote ...

Ibu Dokter yg Terhormat,,

Saya memiliki Wasir yg menonjol sebesar ibu jari, susah sekali dimasukannya.. sebelum sebesar itu saya sudah memulai pengobatan menggunakan Ultraproct salep dan tabs(peluru), tapi makin hari wasir saya semakin besar dan sakitnya sangat terasa ketika terjadi kontraksi pada otot Anus...

Apakah wasir saya sudah harus diOperasi Dok?? tapi saya berharap wasir yg sebesar ibu jari ini bisa hilang tanpa melalui Oprasi.. karna udah kebayang sakitnya klo si"wasir" diPotong...

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Saran, dioperasi saja .. sekarang kan bisa pake stapling - stapler hemorrhoidektomi. Umumnya nyerinya sedikit berkurang dibandingkan dengan tehnik operasi biasa.
Nyeri setelah operasi kan bisa ditanggulangi dengan obat-obatan Pak ..
Tidak usah cemas, dioperasi saja.
salam,
lakshmi

 
, Blogger gallas wrote ...

Ibu Dokter yg Terhormat,,

Saya memiliki Wasir yang keluar saat BAB, dan bisa dimasukan lagi saat ditekan.
saya sedang memutuskan untuk operasi, bagi saya masih ada kendala yaitu masalah dana.
saya pernah bertanya untuk operasi stapler di salah satu rumah di bekasi. biaya nya lebih dari 8jt dan itu sangat berat buat saya.
kalau boleh tahu biaya operasi di tempat ibu dan bisakah kalau saya menggunakan jaminan kesehatan dari global assistan.
sekalian saya juga minta penjelasan mengenai rumor bahwa jika saat operasi pembuluh darah vena, maka pasien akan mengeluarkan darah saat BAB untuk seumur hidup nya.
terima kasih

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Dear Gallas,
Soal biaya operasi mungkin lebih enak kalau ditanyakan langsung ke RS kan ada bagian2 yang menerangkan soal itu. Saran, kalau mau biaya lebih murah mungkin operasi di RS pemerintah saja toh kualitasnya juga sama .. dokter yang mengoperasi juga sama. Soal perdarahan setelah operasi, selama benjolan wasir nya sudah diambil, jahitan luka operasi cukup bagus, kotoran yang keluar tidak keras, teratur dan tanpa mengejan kemudian disertai dengan pola BAB yang bagus setelah operasi, saya yakin tidak akan menimbulkan perdarahan lagi.
Ok semoga jawaban saya bisa membantu ya.
Salam,

 
, Blogger si wrote ...

dok, seberapa jauh tingkat keberhasilan operasi wasir, terus apakah ada efek samping dari operasi itu.
logika saya, yang dipotong kan termasuk otot anus, nah..bisa2 anus gak punya otot lagi dong.

setelah operasi, mungkin gak wasir timbul lagi.

dok, praktek dimana sih?klo operasinya ama dokter aja boleh gak?

aslibeno at gmail.com

 
, Blogger relina wrote ...

Dokter...

Saya memiliki masalah wasir semenjak 15 tahun lalu, 3 tahun lalu sudah operasi (diikat kali) di salah satu klinik di Kelapa Gading. Sudah setahun kambuh lagi dan kalo kambuh ..biasanya setelah BAB..nyeri, sakit sekali. Boro2 dimasukan kena tisu sedikit saja nyerinya minta ampun dan keluar darah. Pola makan biasa plus banyah makan buah serta minum aqua cukup (2 ltr/hari). Tindakan apa dan kemana ya dok untuk mengatasi masalah ini.

Terima kasih atas sarannya dok..

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Dear Si,
Tingkat keberhasilan operasi wasir, tergantung dari kondisi wasirnya sendiri. Komplikasi seperti perdarahan, infeksi dll bisa saja terjadi untuk itu sebelum melakukan tindakan, dokter akan menerangkan kemungkinan yang terjadi sesuai dengan kondisi wasir yang ditemukan. Selain itu keberhasilan ditentukan juga oleh pasiennya sendiri. Pola BAB harus di benahi setelah operasi agar pembuluh-pembuluh darah balik anus menjadi lancar alirannya dan tidak membengkak lagi. Apakah saat ini sudah minum 8 gelas/hari, konsumsi makan sudah banyak sayuran/ buah ? Tidak terlalu lama duduk / jongkok di kloset, dan jangan terlalu lama berada pada posisi yang sama.
Operasi dimanapun sama saja Si ..
Operasi dengan saya ? tentu saja boleh .. tapi nanti dikira promosi :)
Intinya operasi dimana saja boleh asal dilakukan oleh seorang dokter Bedah.
Selamat ya
salam,

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Dear Relina,
Coba konsultasikan ke dokter Bedah, untuk diperiksa dan mungkin harus di operasi kembali ya ..
salam,

 
, Blogger noitpray wrote ...

Saya penderita wasir stadium 4 dan tertarik operasi metode staples.. Di RS mana dan berapa kira biayanya ?

Terima kasih.
prayitno_almed@yahoo.co.id

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Dear Prayitno,
Sekarang hampir setiap RS dokter Bedahnya dapat melakukan hemoroidektomi (operasi wasir) dengan stapler. Silahkan memilih RS yang cocok di hati, biaya biasanya ditentukan oleh RS ybs.
Selamat menjalankan operasi.
Salam,

 
, Blogger aliade wrote ...

dokter lakshmi yang baik,
saya baru saja menjalani operasi wasir kurang lebih 1 bulan yang lalu dengan menggunakan stapler. saya menderita hemoroid interna dan externa grade III. menurut dokter yang menangani, pada ambeienn interna akan dilakukan pemotongan. sedangkan pada ambeien eksterna tonjolan otot anus akan ditarik masuk kembali dengan menggunakan metode stapler ini (kalo saya tidak salah cerna). operasi berjalan dengan lancar, saya tidak merasa sakit, bisa BAB lancar meski awalnya agak takut kalo terjadi pendarahan. yang menjadi masalah bagi saya, ambeien externa saya kok belum bisa masuk/ hilang sepenuhnya sampai sekarang. kalau sebelum operasi besarnya kurang lebih seujung kuku jarijempol tangan saya, sekarang ini berkurang 3/4nya, jadi tetap ada tonjolan sedikit, padahal saya berharap setelah operasi tonjolan itu akan hilang sepenuhnya. kata dokter yang menangani tonjolan itu akibat adanya pembengkakan pasca operasi, dan makin lama akan makin mengecil. tapi nyatanya sampai 1 bulan ini tonjolan itu tetap ada... dan saya tidak lagi kontrol ke dokter ybs, karena terus terang saya kecewa dengan hasil operasinya..
yang ingin saya tanyakan, bagaimana sebenarnya hasil operasi ambeien dengan menggunakan stapler pada umumnya. apakah memang tidak bisa sepenuhnya tonjolan itu dihilangkan? atau mungkinkah operasi saya ini gagal?
terima kasih

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Dear Aliade yang baik,
1. Kalau boleh tahu operasi di RS mana dan engan Dokter siapa ?
2. Benjolan yang masih ada setelah op, bisa jadi karena skin tag, hemoroid eksterna atau pembengkakan yang terjadi stlh operasi. Dokternya bilang apa ?
3. Jika karena skin tag, memang skin tag itu tidak dipotong pada saat operasi. Karena memang tidak harus dipotong. Tapi kalau saya, sebelum op psn saya tanya jika skin tag nya malah mengganggu / membuat kepikiran / estetika dan minta dihilangkan, maka akan saya hilangkan meskipun setelah op rasanya sakit sekali.
4. Jika benjolannya karena hemoroid eksterna biasanya dengan stapling bgini, benjolannya akan hilang tertarik masuk kedalam.
5. Jika benjolannya akibat pembengkakan setelah operasi, sabar saja, bengkaknya akan hilang dengan sendirinya.
Masih rendam dengan PK pagi - sore kan ? Sekitar 3 bulan-an deh ; tergantung dari kondisi hemoroid nya sendiri kadang bisa cepat juga pulihnya dan juga tergantung dari jalannya operasi saat itu, mungkin ada penyulit ?

Hasil operasi dengan menggunakan stapler pada kasus hemoroid dengan indikasi menggunakan stapler, umumnya berhasil cukup baik menghasilkan anus yang cantik tanpa benjolan.

Jika masih ada yang kurang jelas boleh tanyakan lagi pada Dokter yang mengoperasi.

Jika saat ini tidak ada perdarahan, BAB berlangsung lancar dengan pola yang semakin baik, tidak ada infeksi - saya pikir operasi mu berjalan cukup baik.
Jangan lupa selalu mengkonsumsi air 8 gelas, sayur dan buah supaya wasir tidak kambuh lagi.

Salam,

 
, Blogger dpouwel wrote ...

Dok kalo saya baca2 di web kyknya saya menderita wasir internal stage 3, kemarin setelah kecelakaan motor tiap BAB berdarah terus n cukup deras padahal pola makan saya dah bener, kalo pebgobatab alternatif apa ga ada????

saran menu yang sehat cocok buat penderita wasir apa ya???

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Dpouwel,
Terimakasih telah mampir di blog saya.
Coba ke Dokter Bedah dulu untuk diperiksa, jika memang hemoroid interna grade III tindakannya hanya operasi, tidak ada terapi alternatif lain.
Menu yang sehat, banyak sayuran-buah dan tinggi serat.
Salam sehat,

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Ryco,
Langsung saja ya ..

Kalau memang diagnosa nya hanya hemorrhoid biasanya setelah operasi tidak mengeluarkan cairan.
Cairan yang keluar bagaimana ? darah mengucur ? darah menetes ? atau hanya bercak saja di celana dalam ?
Atau cairannya kental kekuning2an gelap dan sedikit berbau ?
Kalau yang terakhir ini saran saya :
a. rendam PK pagi sore 10 menit
b. dengan laksan / laksadin syr 2 kali sehari
c. Antibiotika adekuat oral
d. Diet tinggi serat

Adsakah teraba benjolan keras disekitar anus ?
Sebabnya apa susah untuk menjawabnya karena saya tidak bisa melihat langsung.
Jika Dokter Bedah Anda mengatakan tidak apa2, yaa mungkin hanya reaksi infeksi post operasi yang tidak serius.

Mudah-mudahan cepat membaik ya ...
Kalau boleh tahu operasi dimana ? dengan dokter siapa ?
Salam,

 
, Blogger The Personal Investor wrote ...

Dokter
boleh tanya dokter praktek nya di rumah sakit mana?
Thanks ya

 
, Blogger blue_icon wrote ...

salut dok, atas semua penjelasannya.
semoga kedepannya makin maju aja.

semua hal seputar bedah jadi lebih terbuka setelah mendapat penjelasan dari dokter.

saya sangat salut dan senang membaca setiap jawaban dari pertanyaan2 yang ada. sukses terus buat comunity dr bedah indonesia

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Agus Alexander the blue_icon,
Blog yang sangat menarik :) saya cantumkan di blog saya juga ya ..
Terimakasih untuk kesediaannya mampir dan terimakasih untuk doanya ... amiiin
salam,

 
, Blogger eko wrote ...

Dokter yg baik
sdh setahun ini sy menderita wasir.
siklus bisa bbrp bulan sembuh dan kambuh lagi
sy pernah mendengar ttg pengobatan melalui Galvanic Therapy.
Menurut dokter gmn apakah Galvanic itu aman?
Dan liat dari kondisi saya sebaiknya wasir dioperasi or didiamkan saja? kalau didiamkan apakah akan berbahaya?
Terakhir boleh tahu dokter praktek dimana?
Terima kasih

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Pak Eko yang baik,
Apakah betul wasir ? gejalanya bagaimana ? ada benjolan yang keluar melalui anus ? benjolan dapat dimasukkan kembali dengan didorong jari atau otomatis masuk sendiri pada saat setelah BAB ?
Atau tanpa disertai benjolan ?

Jika Pak Eko memang sudah berkonsultasi ke Dokter Bedah dan ternyata memang telah didiagnosa wasir / hemorrhoid, tanyakan grade nya / stadium berapa ?

Terapi galvanic, saya hanya dengar pada saat kuliah dulu. Saya belum mendengar lagi apakah masih ada Dokter Bedah yang menggunakan terapi galvanic ini untuk hemoroid.
Saya sendiri tidak pernah merasa perlu untuk melakukan terapi ini.

Sekarang masalahnya bukan aman atau tidak tapi apakah menyembuhkan kondisi wasir (kalau mmng wasir) yang Pak Eko alami sekarang.
Saya belum banyak bisa memberikan komentar, karena tidak tahu kondisi wasir Bapak stadium berapa dan belum tahu juga apakah memang Pak Eko betul2 menderita wasir.

Saran saya :
1. Konsultasikan pada Dokter Bedah terdekat. Tanyakan diagnosanya dalam bahasa medis.
2. Jika memang diagnosa nya adalah wasir / hemoroid, tanyakan stadium berapa ..

Kalau dua data tersebut sudah di dapat, saya bisa memberikan masukan tindakan terapi apa yang paling tepat Pak Eko lakukan.
Semoga penjelasan saya cukup informatif ya Pak ...
Jika ada yang masih jelas, Bapak boleh hubungi saya email atau telp.
Salam,

 
, Blogger shervia wrote ...

Bu dktr. suami saya menderita hemoroid sejak beberapa tahun lalu. bulan lalu divonis harus op krn sudah stadium 4.
8 hari lalu suami saya dioperasi hemoroid menggunakan teknik laser di sebuah RS internasional di karawaci, tangerang.
4 hari stlh op, dia merasa mau buang air. ternyata berdarah, mengucur sprt air dari kelan yang baru dbuka. kata dokter tidak apa2.padahal suami saya sakit sekali sampai pingsan.
hari ini dia baru mau buang air lagi, tapi ketakutan sprt kemaren.
kenapa bisa terjadi begitu? saya tidak emmberikan menu diluar ransum RS karena takut berdampak buruk. dia minum air putih dalam jumlah cukup. sampai sekarang maasih opname.
mohon penjelasannya. dokter tidak banyak memberikan penjelasan mengenai risiko dan kemungkinan kegagalan operasi.
terima kasih.
shervia

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Ibu Shervia,
Semoga hari ini, keadaan suami Ibu sudah lebih jauh membaik ya .. amin
Dokter bedahnya bilang apa ? (kalau boleh tahu dokter bedahnya siapa ?)
Resiko komplikasi tindakan hemoroidektomi salah satunya adalah perdarahan. Perdarahan dapat diatasi dengan konservatif (pemasangan tampon dan pemberian obat2an) atau dengan tindakan operasi ulang ; tindakan apa yang diambil, dokter yang akan memutuskan.
Komplikasi dapat terjadi, salah satunya bisa dikarenakan beratnya penyakit yang ada (mengingat hemoroid suami Ibu sudah grade 4 ya).
Tidak perlu khawatir, suami Ibu pasti akan segera pulih ...
Banyak tanya sama dokternya ya .. penyulit yang terjadi apa dan tindakan selanjutnya bagaimana.
Tuhan memberkati
salam,

 
, Blogger Randy wrote ...

Ibu dokter, saya tertarik dengan operasi metode stapler ini. Pertanyaan nya adalah, berapa lama dibutuh kan untuk penyembuhan sebelum saya bisa melakukan aktivitas traveling lagi. pekerjaan saya menuntut untuk berpergian dengan pesawat yang cukup lama. Terima Kasih banyak sebelumnya.
Beben

 
, Blogger abrar wrote ...

Dear Ibu Dokter,

Saya berumur 26 tahun,penderita Hemorrhoid stad III dan berdarah selama 1 bulan.Kondisi sekrang sudah menjalankan Operasi Hemorrhoiddengan stapler(June 2008)di salah satu rumah sakit internasional di tangerang.
Senasib dengan Suami Ibu Shervia, setelah 4 hari Operasi saya mengalami pendarahan dan atas saran dokter dioperasi ulang untuk dilakukan penjahitan di bagian yang luka.Setelah 1 bulan pasca operasi, saya merasa kondisi nya malah makin buruk :
1.ada tonjolan bengkak & jahitan di luar anus. (saya tidak tahu apakah akan hilang atau seperti ini selamanya )padahal katanya akan ditarik kedalam dengan stapler.bagaimana menurut dokter?
2.Sejak Pasca Operasi pola BAB saya tidak pernah normal, selalu sembelit (saya harus ngeden setiap BAB )dan keluar cairan kuning dari anus sehingga saya harus pakai pembalut wanita, dan untuk mengatasi sembelit saya meminum Dulcolak.
apakah ini efek samping dari operasi dok? dan cairan apa itu dok ?
3.Sekrang dipantat sekitar lobang anus yg dioperasi terasa sakit sekali dok (saya duduk harus dialas bantal dulu ), rasanya seperti sebelum operasi hemoroid.
apakah ada kemungkinan Hemoroid nya tumbuh lagi dok pasca 1 bulan saya operasi? atau sakit ini disebabkan oleh apa Dok?
Terima kasih sebelumnya Ibu Dokter.
Senang bisa curhat kepada Dokter.

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Randy,
Seminggu setelah operasi hemoroid, biasanya pasien sudah dapat kembali beraktifitas seperti semula.
Dijaga jangan sampai terjadi kekambuhan ..
Kalau sempat boleh baca majalah healthtoday edisi agustus 2008.
salam,

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Abrar,

Anda operasi dengan dr bedah siapa ?
Salah satu komplikasi post operasi hemoroid adalah perdarahan. Hal ini bisa saja terjadi.
1. Dokter bedahnya memberikan instruksi apa ? saran saya jika memang dinilai tidak ada penyulit lain yang mengharuskan untuk operasi kembali, maka lakukan rendam PK saja 2 kali sehari pagi-sore. Evaluasi setelah 3 bulan.
2. Komentar dokternya apa ?
Pola dietnya bagaimana ? sdh mengkonsumsi air 8 gls/hari ? sayuran / buah2an sdh teratur dikonsumsi ?
Bisa dibantu dg laksadin (sebelumnya konsultasi terlebih dahulu dg dokternya ya ).
Lama-lama fungsi laksadin digantikan dg konsumsi air, sayuran dan buah
Jika perlu mungkin ditambahkan antibiotik, coba konsultasikan lagi dg dokter bedahnya ya ? supaya dapat diperiksa lagi.

Sebetulnya yang harus menjawab dokter Bedah Anda, kan beliau yang tahu penyulit waktu operasi bagaimana ?
Mungkin hemoroid anda cukup berat (?)
Rasa sakit yang masih ada setelah 1bulan juga agak jarang terjadi apalagi kalau Anda pakai stapler ..
Jika tidak ada penyulit yang cukup serius, Anda tinggal minta obat penghilang rasa nyeri saja.
Pada pasien yang peka dg rasa nyeri biasanya saya berikan 2 macam obat anti nyeri, selang seling minumnya.
Coba diskusikan kembali pada dokter bedah Anda ya .. soal keluhan2 yang ada ..
Mohon maaf karena kurang bisa membantu, saya harus melihat keluhan yang terjadi - susah kalau hanya via tertulis spt ini.
SEmoga cepat pulih ..
salam,

 
, Blogger santosa wrote ...

Yth Ibu Lakshmi,

saya baru sejak 4 hari yang lalu mengalami ambeien dimana ambeien terasa pada saat saya dalam perjalanan jauh menggunakan mobil. saat itu ambeien terasa panas sekali. sejak sakit itu saya menggunakan obat venosmil dan ultraproct untuk mengurangi rasa sakitnya. sesuai artikel di internet, sepertinya saya mengalami ambeien external dan tidak dapat didorong masuk kembali.

menurut dokter apakah saya sudah perlu untuk dioperasi ? mengingat ambeien tersebut baru muncul 4 hari yang lalu dan masih terasa sakit sampai hari ini apabila untuk duduk.

 
, Blogger ajie wrote ...

Ibu Lakhsmi,

Sejak kuliah saya menderita ambein (5 tahun lalu-red), kadang BAB berdarah, dan timbul benjolan +/- 1,5 cm yang harus selalu dimasukan dengan tangan setelah selesai BAB.
Awal Juli lalu saya operasi ambeien di RSP Cilacap. Operasinya cukup lancar, hanya saja perlu 5 hari baru saya bisa buang air besar, rasanya sungguh menyiksa. Dokter mengatakan, operasi ambeien saya itu melingkar, dan ada juga ambeien yg letaknya didalam, dan itu tidak bisa dioperasi.
Sekarang, kalo dilihat dari luar, luka bekas operasi sudah sembuh, tidak ada benjolan lagi, BAB pun sudah tidak terasa sakit lagi seperti pasca operasi. Tetapi permasalahannya sampai saat ini, kalo saya BAB masih mengeluarkan darah mengucur warna merah tua (kadang juga darah segar), disertai gumpalan2 darah.
Sblmnya saya mengkonsumsi Ardium hampir selama 1,5 bulan, tapi tidak ada efeknya. Jadi sekarang saya hanya meminum Lactulose untuk mengencerkan feces.
Apa yang sebaiknya saya lakukan dok?

Terima Kasih
Ajie

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Santosa,
Dari uraian yang disampaikan (tentunya akan lebih jelas kalau dilakukan pemeriksaan).
Sepertinya hemoroid nya sudah grade 4 ya ? karena benjolannya sudah tidak dapat dimasukkan kembali.
Saran saya untuk hemroid yang grade 3 dan 4 tindakannya operasi.
salam,

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Ajie,
Yang harus dilakukan, kembali ke pada dokter nya kembali untuk berkonsultasi.
Seharusnya tidak akan ada darah yang keluar pada saat BAB.
Mungkin harus dilakukan serangkaian pemeriksaan kembali.
Saran saya, jangan melakukan terapi sendiri ; laktulose lebih baik diganti dengan minum 8 gelas/hari, banyak sayur dan buah .
Salam,

 
, Blogger febri wrote ...

ibu dokter yang cantik, pada tgal 20 sept 08, saya operasi hemmorhoid disalah satu RS di bekasi dengan ibu dokter, dengan menggunakan metode stapler. 3 hari kemudian saya sudah boleh pulang. Dari pra operasi sampai pasca operasi saya sangat down karena takut dan mungkin ibu dokter sampai bete dengan keluhan saya. Tetapi dengan perhatian, kesabaran dan penjelasan secara detil yang ibu berikan, sekarang saya malah berfikir kenapa saya tidak operasi dari dulu aja ya..? kalau dokternya kayak ibu, saya pasti tidak takut berlebihan... Alhamdulillah rasa nyeri saat bab sekarang sudah jauh berkurang. sampai ketemu hari sabtu, oke ibu dokter yang cantik..

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Halo Bu Febri ...
Wah surprised !!
Alhamdulillah sudah jauh lebih baik ya ...
Jangan lupa konsumsi air - sayuran dan buah2an ..
Selalu sehat ya Bu ...
salam,

 
, Blogger orangwarasaja wrote ...

Dear Dr Lakshmi,
Terima kasih atas posting yang dapat aku tanyakan di blog ini.

Saya sepertinya mengalami wasir, benjolan tidak dapat masuk lagi (kira-kira sebesar jari kelingking anak kecil)
benjolan ini muncul karena saya terahir makan makanan panggang dan pedas.

Sekarang benjolan tsb sudah 2 hari. Sangat menggangu dan perih sekali.
sudah makan ardium dan dioles uptraproct.

Mohon advise dari ibu tentang apa yang harus saya lakukan ?

Terima kasih sebelumnya

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Dear "orangwarassaja"
Menurut saya, coba konsultasikan pada dokter bedah terdekat.
Kalau dari cerita yang disampaikan, benjolan tidak dapat dimasukkan lagi ; ini adalah hemoroid/wasir grade IV.
Tindakannya ya operasi ...
salam,

 
, Blogger TeeWee wrote ...

halo bu dokter....

saya baru 1bulan ne menderita wasir,,,gejalanya BAB berdarah n rada panas kalo lagi duduk..
saya juga ga tao koq bisa timbul,,tapi menurut perkiraan saya,,mungkin saya terlalu lama duduk atau karena saya banyak makan cabe...
tapi saya emang dari dulu BAB suka keras n sakit,,tapi ga keluar darah..
menurut dokter karena apa ya??

mengenai wasir yang saya derita,,,itu bejolannya bisa masuk kemabli sehabis BAB...
sudah 2hari ne saya BAB tidak berdarah lagi karena saya sudah coba makan buah2an n sayur2an di tambah saya makan obat cina untuk wasir,,tapi yang memusingkan saya adalah bengkaknya masih ada....apa yang harus saya lakukan bu dokter??
apa saya harus operasi atau ga??
tapi kan wasir saya masih termasuk grade 2..apakah bengkaknya bisa menjadi besar kalau tidak saya operasi?

mohon bantuannya ya bu dokter,,...
terimakasih

 
, Blogger nugroho.rudy wrote ...

bu dokter yang terhormat
saya sudah beberapa tahun mengalami sakit wasir, saya terkena wasir sejak berumur 25 tahun karena kebiasaan saya duduk didepan komputer berjam2..pada saat saya periksakan kedokter bedah umum di kota saya,pada saat wasir saya kambuh, dia hanya memberi obat dan dia bilang wasir saya masi bisa di obati, padahal apabila kambuh dan pada saat BAB sakitnya bukan kepalang dan benjolannya masi bisa dimasukan kembali ke anus walaupun dengan tangan...yang saya bingung, klo saya baca di makalah2 ttg wasir saya bisa mengkategorikan wasir saya grade 3, tapi kenapa dokter bedah saya meyakinkan saya klo masih blum butuh operasi..padahal benjolan nya harus di dorong masuk? mohon penjelasannya

regards and trima kasih

 
, Blogger nugroho.rudy wrote ...

tambahan saja dari surat saya sebelumnya diatas dok,
tanpa mengurangi rasa percaya saya dengan dokter bedah tersebut dan pada dasarnya saya percaya dengan keputusannya terhadap saya yang menyatakan belum membutuhkan operasi..saya hanya bingung saja, mungkin karena rasa sakit yang mendera saya, mungkin yang hanya grade 2 terasa seperti grade 3 atau 4...tapi saya mohon penjelasanya dok..kenapa walaupun wasir tidak kambuh tetapi benjolan tetap keluar pada saat BAB dan harus dimasukan, kira2 langkah apa yang harus saya lakukan...

 
, Blogger dmoel Collection wrote ...

Ass...
semoga dokter selalu di beri kesehatan.

Dokter saya punya masalah wasir yang sangat mengganggu aktifitas keseharian saya, penyakit wasir ini sdh dari 5 tahun lebih saya derita dengan obat yg saya beli biasanya dpt sedikit menyembuhkan, tapi sdh seminggu ini saya tidak sembuh malah semakin parah dan membuat saya stres, sudah 4 hari BAB saya sulit keluar, bolak balik wc tp sia2, ada perasaan takut, sakit dsb, saran dari teman banyak makan buah pepaya sudah sy lakukan tapi tetap saja BAB blm keluar juga, sy betul2 stres dok..., perlu diketahui bentuk wasir sy kurang lebih seperti ini (maaf ya dok)
http://tefaron.com/bentukwasir/bentukwasir6.jpg
(foto diambil dari tefaron.com)Yang menjadi pertanyaan saya?
1. Kalau memeriksakan diri harus ke RS ya dok? ke dok bedah atau dok kelamin?
2. Apakah wasir saya sprti gmbr di atas sudah stadium 4? dan harus di operasi? mengingat dana dok mahal ga sih klw operasi?
3. Bagaimana agar BAB saya lancar? apakah betul dengan buah pepaya yang banyak bisa memperlancar? knp sy tidak y dok.
4. melihat dan mendengar cerita dari pasien lain yg sudah dioperasi ternyata bisa kambuh lagi, saya jadi takut dok kalau jadi di operasi. terima kasih atas jawabannya ya dok.

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

dear Teewee,
Kalau membaca critamu, wasirnya sudah grade 3 dong - benjolannya masuk kembali tanpa didorong kan ?
Tindakannya lebih baik operasi.
Jika masih ragu, coba konsultasikan pada dokter bedah terdekat.
Untuk sementara a.l harus banyak makan serat, minum air cukup, BAB jangan keras dan teratur.
Mudah-mudahan jawaban saya bisa membantu ya,
salam,

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Bpk Nugroho_Rudy,
Kalau membaca crita bapak, sepertinya memang wasir grade 3-4 dan tindakannya operasi.
Saya juga tidak tahu mengapa dokter bedah Anda mengatakan belum perlu operasi, coba konsultasikan lagi katakan saja dengan pengobatan2 yang selama ini diberikan benjolan tetap ada dan tetap tidak ada perbaikan.
Mudah-mudahan dokter bedahnya dapat memberikan keputusan yang berbeda.
Yang kedua, tanyakan pada dokter bedah Anda, diagnosa penyakit anda apa .. minta dengan istilah medis ya ?
(mungkin menurut anda wasir tapi ternyata bukan kan ?)
Yang ketiga, Posisi Anda dimana ?
Waktu itu konsultasinya di RS mana ?
Semoga jawaban saya bisa membantu ya ..
salam,

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Ass "dmoel collection"
Langsung saja ya :
1. Ke Dokter Bedah
2. Maaf saya tidak bisa lihat gambar yang dikirim :(
Apakah benjolan sudah keluar total ? dan tidak dapat dimasukkan kembali ? Kalau ya .. pengobatannya memang operasi.
3. BAB lancar salah satunya dengan mengkonsumsi buah-buahan jika belum lancar juga pasti ada penyulit lain, coba konsultasikan pada dokter segera.
4. Bisa kambuh memang kalau pola kebiasaan BAB nya tidak diubah dan tentunya juga dapat disebabkan karena faktor lain.
Mudah-mudahan jawaban saya bisa membantu ya
salam,

 
, Blogger abrar wrote ...

Dear Ibu dokter Lakshmi,

Kembali saya ingin curhat dan minta saran ibu. permasalahan saya yang lalu pasca operasi Hemmoroid dengan stapler di rumah sakit International Lippo karawaci dengan dokter Harmada Hutajulu.
Post sebelumnya saya curhat bahwa 1 bulan setelah operasi saya masih susah BAB,ada cairan yang keluar terus dari anus,dan bengkak yang sakit pada pantat sebelah kanan. Untuk kondisi sekarang : ternyata bengkak tersebut adalah abses perianal dan sekarang kondisinya sudah pecah tetapi tidak sembuh-sembuh. Oleh karena saya sudah kecewa dengan dokter & rumah sakit
tersebut diatas saya mencoba kedokter lain. Pada dokter ke dua beliau mengatakan saya mengalami fistel perianal dimana ada kemungkinan karena operasi stapler tadi.Fistel perianal di sarankan harus dioperasi, tetapi saya masih takut dan trauma karena kegagalan operasi hemmoroid yang ketika itu harus diulang karena saya mengalami pendarahan setelah 5 hari operasi stapler (1.operasi hemmoroid & 2.operasi pendarahan).
Sekarang saya sudah hampir 3 bulan menderita luka fistel perianal ini dan tidak kunjung sembuh. Bagaimana menurut saran dokter?
Saya juga ingin konsultasi langsung dengan dokter, bisa diinfomasikan dokter praktek dirumah sakit mana di depok?
Atas tanggapan dari Ibu dokter saya ucapkan terima kasih.

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Dear Pak Abrar,
Jika dokter Bedah Bapak sudah mendiagnosa fistel perianal, sebaiknya memang harus dioperasi.
Kasus fistel perianal, gampang-gamoang susah sembuhnya Pak. Tergantung letak fistelnya juga.
Semoga dengan pengobatan post operasi yang rutin dan sabar, penyakit fistel bapak tidak akan kambuh lagi.
Meskipun untuk fistel sendiri kekambuhannya memang tinggi.
Intinya adalah sebelum operasi, Bapak harus tahu dulu fistel itu apa ? dan perawatan yang dilakukan setelah op tujuan akhirnya bagaimana ...
Keberhasilan terapi fistel, lebih banyak ditentukan pada perawatan setelah operasinya Pak ... dalam hal ini lebih banyak ditentukan ketelatenan Bapak dalam merawat luka dan RAJIN KONTROL !!

Saya tidak bisa menginformasikan tempat praktek saya, nanti dikira promosi Pak :)
Lakukan operasi saja dimanapun, asal dengan dokter bedah.
Dengan dokter bedah digestif mungkin lebih baik.

Tanyakan sejelas-jelasnya - lengkap apa itu fistel dan bagaimana cara perawatan setelah operasi.
Ok, selamat menjalankan operasi.
Semoga selalu ada kemudahan. Tetap berdoa, sabar ya Pak ..
Salam semangat,

 
, Blogger nana wrote ...

Dear bu dokter yang baik,

Aku mau tanya dok, aku umur 20thn,dan bbrp hari belakangan ini ak selalu BAB darah.kalo fesesnya mau keluar ada rasa perih di pantat dalam bagian kiri. Aku ngeri bgt dok liat darah segar mengucur terus. Dan kalo abis BAB,di sekitar anusku jadi perih.dok,tolongin ak dong.ini udah nyampe stadium brp?
Makasih banyak yah dok..

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

bu dokter yth,
saya mau menanyakan tentang operasi wasir dengan metode laser,kbtulan saya domisili di surabaya,saya mau tanya dimana RS di jatim yg sudah mendukung operasi wasir dengan laser dan berapa kira2 biayanya dok...terimakasih mohon bls ke e-mail saya di "Mauser_gewhr@yahoo.com"

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Dear Nana,
Stadium apa ? stadium hemoroid maksudnya ? bisa jadi BAB nya berdarah bukan karena hemoroid ...
Untuk pastinya, harus dilakukan pemeriksaan.
Saran saya coba konsultasikan pada dokter bedah terdekat untuk dilakukan pemeriksaan, tanyakan diagnosanya dalam bahasa medis.
Setelah itu bisa sharing di blog ini lagi.
salam,

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Mauser_gewhir,
Laser ? mungkin yang dimaksud stapler ya ?
Semua RS besar di Indonesia bisa melakukan operasi hemoroid dengan stapler, apalagi di jatim ...
Tinggal pilih saja RS yang diinginkan dan soal biaya tanyakan pada bagian di RS yang mengurus soal itu.
Mohon maaf tidak bisa banyak membantu,
salam,

 
, Blogger via wrote ...

Ibu dokter,
apakah operasi dg stapler bisa sembuh total(tdk kambuh lagi) ?
Bagaimana menurut dr dengan pengobatan india dgn cara diolesi salep selama 10-14hr lalu wasirnya copot sendiri. apakah berbahaya ??
Thanks

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Via,
Operasi hemoroid dengan stapler atau tanpa stapler bisa kambuh lagi. Jadi kekambuhan bukan ditentukan oleh metode yang dipakai tapi lebih banyak dipengaruhi oleh pola makan dan pola BAB serta keadaan pembuluh darah anusnya sendiri.
Pengobatan india, saya belum tahu mekanisme kerjanya .. jadi tidak bisa memberikan komentar.
Saran saya lakukan pengobatan ke dokter saja, kan lebih jelas artinya obat, alat, tehnik operasi yang dilakukan dapat sangat jelas kita ketahui ; yang melakukannnya pun mempunyai kompetensi khusus artinya segala tindakan yang dilakukan dapat dipertanggungjawabkan dan selalu ada pengawasan.
Demikian, semoga jawaban saya bisa membantu ya ..
salam,

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

ibu dokter,

saya kalau BAB terasa perih sekali dan terasa sempit lubang anus saya kata dokter saya ada luka dan itu anal fissure
dan saya di sarankan untuk operasi , yang ingin saya tanyakan

apakah ada efek dari oprasi anal fissure , seperti tidak dapat menahan BAB ?

umum nya berapa lama penyembuhan untuk oprasi anal fissure ?

terima kasih dok atas jawabannya

 
, Blogger sulis wrote ...

Ibu Dokter,
Maaf saya ikut gabung nih.
Ini mengenai ibu saya yang habis pasca operasi menggunakan sebuah alat oleh dokter rs di Sidoarjo mengalami pendarahan hebat di hari ke 2 setelah operasi, dari diagnosis dokter bedah baik namun akibat gula darah dan dilakukan perawatan sekitar 1 minggu boleh pulang, namun 3 hari mengalami pendarahan hebat kembali. boleh bagi saran bagaimana penangannya dan faktor penyembuhnya. terima kasih dokter.

 
, Blogger sulis wrote ...

ibu dokter,
ibu saya mengalami pendarahan hebat 2 hari pasca operasi wasir dan diagnosis dokter akibat gula darah, setelah dinyatakan sembuh 3 hari terjadi kembali. mohon saran dan pengetahuannya. terimakasih.

 
, Anonymous jimm wrote ...

Ibu Dokter yang baik
Udah sebulan ini dubur saya sakit.rasanya panas,ada yg mengganjal dan rasanya basah2 seperti kurang bersih cebok sehabis BAB.senua ini membuat saya tdk nyaman.yang ingin saya tanyakan apakah saya menderita gejala Ambeien? BAB saya tdk disertai darah dan tidak ada tonjolan yg keluar dari anus saya,,
sekian terima kasih banyak sebelumnya

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Bapak/Ibu,
Efek samping yang terjadi tergantung metode operasi yang diterapkan oleh dokter Bedahnya.
Tentunya dokter akan melakukan tindakan dengan efek yang seminimal mungkin.
Penyembuhan jika tidak terjadi komplikasi sama seperti operasi di daerah anal lainnya sekitar 2 bulan kurang lebih.
Tentunya tergantung dari berat ringan penyakit yang dialami dan faktor lainnya.
Mungkin lebih baik berdiskusi pada dokter Bedah yang akan mengoperasi.
Mohon maaf tidak bisa banyak membantu.
salam,

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Sulis,
Saya tidak tahu jelas mengenai jalannya operasi ,keadaan hemoroid nya sendiri serta ada tidaknya penyakit penyerta.
Jika ada penyulit diabetes tentunya harus rawat bersama secara intens dengan internis supaya gula < 200, sehingga penyembuhannya bisa sempurna.
Jika ada perdarahan, coba tanyakan pada dokter bedahnya - disebabkan karena apa ..
Mohon maaf Sulis saya tidak bisa berkomentar banyak, takut keliru karena tidak mengetahui jelas perjalanan sakitnya.
Semoga saat ini sudah jauh membaik ya ..
salam,

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Bapak/Ibu Jimm ..
Mohon maaf saya tidak bisa banyak berkomentar.
Untuk menegakkan diagnosa harus dilakukan pemeriksaan.
Coba kunjungi dokter bedah terdekat di tempat Bapak.
salam,

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

SAM :

salam sehat bu dokter....
saya mau tanya kalo mau merendam wasir itu baik na ...rendam pakai air hangat-panas aja ???? apa boleh d tambah daun sirih saat merendam??
terima kasih

 
, Anonymous Deni wrote ...

Apa kabar, Dokter.
Langsung saja, ya. 4 hari yg lalu saya menjalani operasi hemorrhoid dengan stapler di sebuah RS di Bintaro. Operasinya, Alhamdulillah, lancar. Tapi masih ada beberapa ganjalan, antara lain:
- Saya masih merasakan tidak nyaman di bagian anus, terutama bila sedang duduk (Bukankah metode stapler seharusnya menghasilkan recovery yg lebih cepat?)
- Pada saat BAB rasanya sulit sekali keluarnya, padahal konsumsi air & serat saya cukup. Setelah BAB rasanya juga masih ada yg "mengganjal" di anus
Apakah ini normal, Dokter?
Saya pernah membaca mengenai adanya risiko "stricture" atau penyempitan anus pasca operasi hemorrhoid. Apakah kesulitan BAB saya ada hubungannya dengan ini? Jika iya, apa prosedur standar untuk remediasinya?
All the best, dan terima kasih banyak sebelumnya.

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Bu Dokter,
Di rumah sakit mana di Yogya yang bagus dokternya untuk operasi wasir metode stapler ya?
Terima kasih atas perhatiannya.

Salam,
Akira

 
, Anonymous ibu Sri wrote ...

yth ibu dokter,
Saya baru 3 mgg yg lalu operasi hemoroid dg bedah biasa bukan dg stapler, dokternya menyarankan spt itu krn punya saya hanya di 2 titik saja. Saya punb sbg pasien awam setuju saja. Mmg pasca operasi agak nyeri tp bs saya lewati. Saat BaB awalnya susah, keras, dan sempet berdarah sampai trauma, tp bs diatasi dg rendam PK, dan baru lancar memasuki mgg ke-3. Hsl operasi saya raba spt-nya kok tdk mulus, spt ada sisa2 benjolan tp tdk sakit. Yg saya tanyakan: 1) Apakah benjolan itu bekas jahitan? 2)Terkadang anus saya rasanya berdenyut2-mencengkeram tdk lama kmd berhenti sendiri, kenapa ya dok?, 3)Kapan saya bs beraktivitas normal dg aman mengingat sampai hr ini sedikit aktivitas saja, saya sdh capek/ngos-2an terlebih stl BAB. Terima kasih.

 
, Blogger wilis wrote ...

Siang dok.
Saya merasa memilki penyakit wasir stadium 3/4 (blom pernah dikonsultasikan).umur 26 th.Ada tonjolan daging sebesar biji jagung di luar anus.dan tidak bs masuk kembali ketika BAB.Akhir2 ini sedang kambuh akibat feses keras.Ketika BAB terasa sangat perih, panas, dan ada darah menetes.
Tp untuk mengambil tindakan operasi terus terang saya masih takut, karena efek samping dari operasi (bbrp mantan pasien operasi merasa kurang puas dan malah makin parah).Selama ini saya terus mencari metode tanpa operasi. Saya mendapat referensi klo ada metode tanpa operasi memakai aliran listrik di Klinik Dr. Soetomo, Kelapa Gading, jakarta (klo gak salah).Terus terang saya blom pernah mendengar metode ini.Mohon penjelasan dokter mengenai metode ini.Karena saya sangat berharap bs sembuh. Trima kasih atas penjelasannya.Mungkin dokter jug ada referensi mengenai dokter di kota JOgja yg bener2 ahli mengenai penyakit wasir.
Terima kasih

 
, Blogger oppietha_carol wrote ...

Dokter,

Saya telah melakukan operasi hemoroid dengan stapler.

Sekarang ketika BAB masih keluar benjolan kecil tetapi benjolan tsb dapat masuk dg sendirinya.

Apakah hal tsb wajar, dok?
Apakah setelah operasi, wasir masih bisa kambuh lagi? Dapatkah saya melahirkan secara normal?

Terima kasih.

 
, Blogger Arsip wrote ...

Dear Ibu Dokter,
Setelah sekian tahun, akhirnya istri saya menjalani operasi wasir 5 hr yl. Hanya saja, saat BAB pertama, masih keluar daging spt wasir dr dalam yg sangat mengganggu (perih). Dokternya bilang itu normal, pembengkakan pasca op, tanpa dia lihat dulu keluhan saya.
1. Apa mungkin opeasi yang dilakukan "tidak bersih"? masih ada sisa yg belum dibuang?
2. Apa itu wasir external?
3. Gimana cara meyakinkan dkternya, karena sepertinya posisi pasien lemah (dianggap tdk tahu) dihadapan dokter.

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Buat semuanya yang "meramaikan" blog saya terimakasih :)
@SAM
Wasirnya kenapa harus direndam ?
Masalahnya kenapa Bpk/Ibu Sam ? Setelah operasi atau ?

@Deni
Kabar baik Deni.
1) Mudah-mudahan saat ini rasa tidak nyaman itu sudah banyak berkurang ya ...
2) Setelah operasi keluhan seperti itu normal, di evaluasi saja 1 bulan lagi biasanya lama2 keluhan2 tersebut akan menghilang sendiri. Saran sama sekali hindari konsumsi cabe.
3) Saya tidak melihat langsung wasir yang ada dan tidak melakukan operasinya jadi tidak banyak yang bisa saya informasikan. Tapi menurut saya kesulitan BAB tidak ada hubungannya dengan striktur , penyempitan atau apalah yang tadi disebutkan.
Ok, mudah-mudahan cepat kembali pulih.

@Akira
Di semua RS di Jogja saya yakin sudah dapat melakukan operasi hemoroid dengan stapler.
Selamat menjalankan operasi ya ..

@Sri
1) Saya tidak dapat menjawab benjolan yang Ibu raba itu apa, karena saya tidak melihat langsung ; kalau Ibu berkenan bisa Ibu foto dan kirim ke email saya lakshminawasasi@centrin.net.id
2) keluhan seperti itu bisa terjadi nanti lama2 akan hilang sendiri
3)Sekarang sudah berapa mg post op ?
Semoga sekarang keadaannya jauh membaik ya ? Jangan makan cabe lagi Bu.

@Wilis
Mtode pengobatan hemoroid spt itu terus terang saya belum mendengar.
Saran saya berobat ke RS saja temui ahli / dokter bedah disana.
Saya tidak punya referensi dokter bedah di Jogja, tapi saya pikir semua sama.
Jadi berobatlah segera, supaya cepat tertangani.

@Oppietha
1)Benjolan kecilnya seperti apa ya? maaf saya tidak dapat memberikan informasi karena tidak melihat langsung benjolannya.
2)Wasir dapat kambuh kembali. Oleh sebab itu perbaiki pola makan dan pola BAB.
3)Ibu dapat melahirkan normal

@Arsip
1)Dulu wasirnya stadium berapa ? kalau sudah parah / prolapsed ada kemungkinan pembengkakan atau wasir didalam. tapi biasanya akan mengecil sendiri atau seiring waktu bisa dilakukan operasi kembali. Bukan operasinya yang tidak bersih tapi karena kondisi wasirnya sendiri.
Maaf ini bukan jawaban pasti karena saya tidak melihat langsung jalannya operasi dan keadaan wasir sebelum op .... ada fotonya ?
2) Wasir eksternal bisa juga, tapi biasanya akan kempes sendiri.
3) Bilang saja keluhannya pada saat kontrol, ga papa kok pasti Dokter akan memperhatikan.
Waktu itu operasi dimana ?
salam,

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Dear Bu Dokter yang baik,

Bu,saya sangat terbantu dgn adanya blog ini...Trima kasih!!^^
saya (24th) penderita wasir (std III) sejak beberapa tahun yang lalu & saya malu menceritakan hal ini kpd siapapun (tmsk kluarga& tmn2).
HB darah saya pernah mencapai 6,5 krn pndarahan yg saya alami setiap hari ketika BAB.
berdsrkn info dr inet, saya ingin sekali menjalani operasi.. namun saya masih agak takut terutama stlh membaca bbrp pngalaman yg gagal dlm operasi..

Mohon advise dr ibu,
1. teknik operasi apa yg cukup aman & tidak memberikan efek samping? brp % tingkat keberhasilan operasi tsb?
2. apakah saya bisa beraktivitas normal kembali pasca operasi? berapa lama proses recovery-nya?
(sy pekerja kantor dgn aktivitas dluar cukup tinggi)
3. bolehkah saya meminta referensi dktr yg 'baik' di Bdg? atau ibu sndr apakah praktek di Bdg?

Terima kasih bu atas advisenya, saya yakin banyak yg terbantu dgn adanya ibu & blog ini.

GBU always..^^

 
, Anonymous Hendar wrote ...

Bu Dokter,

Saya adalah salah satu pasien yang sudah menjalani operasi wasir. Gejala munculnya wasir pada diri saya, sama seperti gejala wasir pada umumnya. ketika saya periksa ke Dokter di RS GABH, dinyatakan bahwa saya mengalami wasir grade II/III. ketika itu Dokter langsung menyarankan saya agar Operasi, saya sempat menolak karena saya tahu operasi wasir akan memakan waktu yang cukup lama penyembuhannya, maklum saya adalah mahasiswa dan anak muda yang masih punya berbagai banyak kegiatan. Singkat kata, saya pun jadi dioperasi di RS GABH Bekasi oleh Dokter Tommy Willem Lengkey. sehabis operasi saya merasakan betapa sakitnya itu operasi wasir, rasa nyeri perlahan mulai mereda kurang lebih 2 minggu setelah operasi. Nah, masalah yang imbul sekarang setelah kurang lebih 3 bulan lalu saya dioperasi wasir adalah :
1. Saya agak susah untuk buang air besar, asumsi saya yaitu saya merasa bahwa -maaf- lubang anus saya dirasa menjadi lebih sempit setelah dioperasi, jadi saya mengalami kesulitan dalam mengeluarkan feses.
2. setiap BAB saya merasa tidak tuntas, karena setiap BAB volume feses yang dapat dikeluarkan kecil sekali. jadi, dalam sehari saya 'harus' minimal BAB sekurangnya 3 kali sehari, kalau tidak saya akan tetap mulas sepanjang hari, hal diatas sangat mengganggu aktivitas saya.
3. kendala-kendala diatas saya coba atasi dengan minum minimal 8 gelas sehari, makan buah-buahan dan makan minum teratur. Alhamdulillah ada dampaknya, yaitu feses menjadi lebih lunak. tetapi kejadian nomor 2 tetap terjadi. yaitu saya minimal harus BAB 3 kali dalam sehari, kalau tidak rasa mulas terus menyerang saya sepanjang hari.
Pertanyaannya :
apakah hal diatas itu normal?
saya merasa bahwa tidak normal, karena sebelum operasi wasir saya tidak pernah mengalami hal-hal diatas, dan pola BAB saya teratur, yaitu 1,5 hari sekali. tetapi setelah operasi wasir saya malah harus BAB minimal 3 kali sehari. Dan saya sangat terganggu oleh rasa mulas saya yang datang sepanjang hari.

trimakasih Dok, atas jawaban dan tangapannya, saya menyadari bahwa sharing disini tidak cukup untuk Dokter untuk menganalisis lebih lanjut, oleh karena itu saya berencana periksa ke tempat Dokter praktek.

thx Dok,,

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

@ Yth Anonymous
1. Jika memang diagnosanya hemoroid, lakukan stapling hemorrhoidectomny.
Efek samping pasti bisa terjadi Bu pada setiap tindakan operasi. Semuanya tergantung al dari berat ringannya penyakit yang ada.
2. Setelah operasi wasir, Ibu dapat kembali beraktifitas.
3. saya tidak tahu banyak dokter di Bandung Bu ...
Tapi untuk kasus wasir, Ibu dapat ke dokter bedah manapun .
Terimakasih kembali.
Selamat menjalankan operasi.

@Yth Hendar,
1. Coba konsultasikan kembali pada dokter Bedah yang mengoperasi ya? Ceritakan keluhan yang terjadi
Kalau lumen yang menjadi sempit, saya pikir sih ga ya ...
2. Coba periksakan kembali, mungkin nanti Dokter akan memberikan tambahan antibiotik dan obat lain sesuai indikasi.
3. Hal2 diatas bisa saja normal terjadi sebelum 3 bulan, tapi biasanya 3 bulan lewat keluhan mengganggu spt itu berkurang.
Karena sebab lain bisa saja keluhan tsb menetap, untuk itu coba periksakan kembali pada dokter nya ya ...

Punya facebook ? jika sempat add group "bedah banget" di facebook ya, mudah2an bermanfaat

salam,

 
, Anonymous utami wrote ...

dear ibu dokter...
saya penderita wasir stadium 3, ada benjolan di sekitar anus dengan panjang +/- 1cm. 3 bulan yang lalu saya sudah diperiksa di dokter bedah dengan di anuscopy, dan memang harus dioperasi. namun saat itu saya takut..saat ini sepertinya hemoroid saya bertambah, karena saya kecapean dan terlalu lama duduk. namun setelah saya menggunakan moraginol [yang seperti peluru] yang dimasukkan ke anus, benjolan yang kecil itu masuk ke dalam dengan sendirinya dan tidak keluar lagi, biasanya keluar saat saya merasa terlalu cape. tapi benjolan yang awal yang harus dioperasi tidak bisa masuk dengan sendirinya.
insyaAllah saya mau menjalankan operasi. tapi sebelumnya saya mau tanya, kalau saya operasi dengan cara biasa {tanpa stappler} apakah hasilnya akan bagus?? apakah perbedaan antara operasi biasa dan operasi dengan stappler?? karena saya tidak cukup biaya untuk operasi stappler.
apakah tahap penyembuhan nya lebih lama dengan operasi wasir?? tolong berikan penjelasan mengenai operasi biasa dan operasi stappler.
terima kasih ibu dokter

 
, Anonymous eko wrote ...

Ibu Dokter yang baik,

Saya punya seorang kakak yang operasi wasir di Pekanbaru, RS Eka Hospital, pada tanggal 17 Juli lalu.

Sebelumnya kakak saya melakukan terapi obat tradisional yang metode mengeluarkan wasir sampai kurun waktu tertentu (sekitar 10 hari) dan nanti akan benjolannya akan terlepas sendiri.
Tapi belum sampai terlepas (8 hari terapi), kondisi kakak saya sudah parah, walaupun benjolannya sudah keluar semuanya, tapi belum putus, sehingga akhirnya langsung di rujuk ke RS diatas, dan langsung dilakukan tindakan operasi (saya kira operasinya stapler).

Nah, kesulitan muncul setelah operasi itu adalah sulitnya kakak saya untuk BAB, bahkan menurut penuturan beliau, "lubang" (maaf) duburnya tidak bisa "mengembang" dan hanya seukuran kelingking, dan bahkan kurang, sehingga ini benar2 mengkhawatirkan dan membuat kondisi kakak saya semakin lemah, karena tidak berani makan, meskipun makanannya sudah lembek, minum air putih banyak dan serat juga....

akhirnya hari ini tanggal 28 Agustus 2009, diperiksa kembali ke RS tersebut, sayangnya dokter yang dulu mengoperasi kakak saya sudah pindah (dan RS terkesan seperti tidak ingin memberitahu kemana dokter tersebut pindah)...
sehingga kakak saya diperiksa dokter yang lain, dan dokter tersebut menganalisa ada dua kemungkinan:
1. Penyempitan yang normal pasca operasi
2. Penyempitan karena terpotongnya bagian "elastis" dari dubur (salah potong waktu operasi)
Jika penyempitannya karena point 2 diatas, dokter tersebut menyatakan tidak mampu untuk menolong, harus yang lebih ahli.

pertanyaan saya.
1. Normalkah penyempitan seperti itu dok? mengingat operasinya sudah sebulan yang lalu
2. Benarkah ada kemungkinan salah potong itu? dan benarkan bagian "elastis" itu tidak boleh dipotong? dan kalau terpotong akan fatal?
3. Bagaimana solusinya jika point 2 yang benar2 terjadi dok?

mohon dengan sangat bantuannya dok,
dan jika dokter tidak keberatan, dapatkah dokter memberikan alamat praktek dokter?
jika berkenan, mohon dikirimkan ke email ini : atokkus@yahoo.com

terima kasih banyak sebelumnya dok

 
, Anonymous denia wrote ...

Bu dokter yth..
saya baru saja menjalani operasi hemoroid interna (saya lupa grade brp tapi dokter bedahnya blg masih kecil) dan anal skin tag sekitar 5 minggu yll. sampai sekarang setiap BAB masih nyeri. Saya sudah berusaha memperbaiki pola makan/minum dan BAB saya tapi tetap saja jarang sekali bisa BAB setiap hari. Oleh dokter saya dianjurkan mengoleskan salep antibiotik dan hidrokortison setiap hari di daerah anus namun keluhan masih belum berkurang. Setiap habis BAB di sekitar anus teraba tonjolan yang tegang dan nyeri bila ditekan. Apakah ini normal dok? Kira-kira sampai kapan ya dok keluhan ini akan hilang? mohon sarannya ya dok..terimakasih..

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

kpd yth ibu dokter,saya mau bertanya saudara saya baru di operasi 3 minggu dengan cara di laser,pekerjaan saudara saya di pabrik mengangkat beban 25 kg.apakah boleh?,berapa lama setelah pasca operasi dia blh bekerja mengangkat barang seberat 25 kg setiap hari,dan skrg dia blm bekerja dia minta cuti cuma di kasih 1 bln oleh pabriknya,dan setelah itu bks operasiannya membengkak dan masih keluar darah tolong di jawab yah dok makasih

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

@Yth Utami,
Maaf baru balas ...
Tergantung keadaan hemoroidnya Bu -nanti dokter bedahnya pasti akan menunjukkan pilihan yang terbaik buat Ibu (metode biasa/MM atau menggunakan stapler). Perbedaan secara tehnis ibu bisa baca di blog saya ini ya ...
Ok mudah-mudahan saat ini Ibu sudah kembali pulih setelah menjalankan operasi.
Salam,
@Yth Eko
Maaf baru balas, sudah kita bicarakan kasus ini tempo hari melalui BBM ya ? Mudah2an saat ini kondisi kakak sudah berangsur membaik ya ..
Salam,
@Yth Denia,
Semoga saat ini keluhan sudah berangsur membaik ya ....
Saran saya jika keluhan masih ada konsultasikan kembali pada dokter bedahnya ya, kalau memang perlu pasti akan diberikan obat2an lagi
Saya tidak bisa memberikan saran karena tidak memeriksa langsung.
Semoga hanya keluhan normal yang memang sering terjadi setelah operasi hemoroid.
Salam,
@Anonymous :
Semoga saat ini sudah jauh lebih baik ya ..
Operasi dengan cara di laser maksudnya apa ya Pak/Bu ?

 
, Anonymous Daniel wrote ...

Dear Bu Dokter yang baik,
saya baru saja operasi wasir bulan September 09 lalu yang lalu di Medan oleh dr Eddok Sudadio, operasi berjalan dengan baik walaupun dalam 5 hari sempat 2 kali dioperasi krn ada yang ketinggalan, begitu kata dokternya.
Masalah timbul setelah 3 minggu setelah operasi, BAB saya menjadi keras sekali dan perlu perjuangan berat untuk bisa BAB. Rasanya feses sudah berada di ujung namun tidak bisa melewati lubang yang terakhir. Saya bahkan memasukan gel pelicin (lubricating jelly) supaya lebih lancar. Mungkin karena saya mengedan terlalu keras, jadi dubur saya terasa sakit seharian. karena takut saya minum ducolator 2 kali sehari, walapun hanya mengurangi sedikit.
Setelah saya konsultasi ke dokter, beliau mengatakan ada otot anus saya yang harus dipotong LAGI agar tidak terlalu ketat. Saya takut untuk operasi lagi, Dok. Apa ada saran lain, mohon nasehat dan sarannya.

Terima kasih atas begitu banyak penjelasan yang Ibu sampaikan, kalau Dokter bs terbuka seperti ini saya yakin masyarakat awam akan sangat terbantu.

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

@Daniel :
Maaf baru balas - semoga saat ini keadaan sudah bertambah baik ya.
Perbaiki pola BAB dan dietnya dulu. Usahakan jangan keras BAB nya. Banyak minum, makan sayuran, buah. Jangan terlalu lama berada pada posisi yang sama. Hilangkan stress, lakukan olah raga teratur.
Mudah-mudahan cepat pulih.
Salam,

 
, Anonymous panji p wrote ...

siang bu dokter..
Ibu saya mau tanya perihal teknik operasi untuk hemorrhoid yang lagi populer di China.. teknologinya katanya BEIM (biological electrical impedance automeasurement) membuat jaringan yang akan dipotong jadi kering keras tanpa karbonisasi sehingga saat dieksisi tidak terjadi perdarahan dan inflamasinya minimal.. Kalo dokter tertarik saya bisa email hasil penelitiannya dan video demonya (ada 3 mencakup sekitar seribu orang) dari situ dikatakan perdarahan dan nyeri lebih minimal sehigga 98%nya cukup rawat jalan serta dia bisa juga dipakai buat eksternal, fisura, fistula dll.. email saya aja di panjipriambudi@gmail.com .. terimakasih dok..

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

bu dokter....
saya sudah sekitar 2 tahun mengalami ambeyen..mungkin sudah stadium 3..setelah saya BAB saya menaruh tissue d anus saya..apakah pemakaian tissu tersebut diperbolehkan? dan jika saya melakukan operasi kira-kira biaya yang harus dikeluarkan berapa? dan proses penyembuhan total nya kira-kira berapa lama?
terima kasih

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Siang Dokter,

Saya penderita wasir, pernah cek ke dokter bedah (Dr. Cosmas / RS. Mitra International Jatinegara), menurut beliau saya menderita wasir stadium 3 atau 4 saya lupa, dengan indikasi ada benjolan luar tapi bisa di masukkan lagi dengan bantuan jari, ketika BAB darah tidak keluar (pernah keluar sekali dua kali), dan disarankan untuk operasi, pertanyaan saya:

1. Apakah ada jaminan bahwa tidak akan muncul lagi wasir tersebut pasca operasi, tentunya dengan mengubah pola makan.

2. berapa hari harus rawat inapnya? krn saya paling benci berada di rumah sakit

Pasca ke dokter bedah tsb (3 bulanan),belakangan di bagian anus saya mulai terasa berat (seperti ada bagian anus yg mau keluar, walaupun tdk habis BAB)tetapi setelah di raba tdk ada benjolan yg keluar,indikasi apa ya Dok?

Saya mulai memikirkan untuk melakukan operasi, mohon saran dan masukkan Dokter, trima kasih.

 
, Anonymous Andri wrote ...

ibu dokter,

saya 28 thn, mungkin krn aktifitas saya sehari2 mengharuskan duduk berlama2, selesai BAB saya merasakan adanya benjolan kecil yg keras mungkin kalau diraba seperti bisul dgn inti yg keras yg di daerah anus agak kedalam, apakah ini wasir atau bisul atau kira2 apa ya bu dokter?

terimakasih atas jawabanya?

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Ibu Laksmi yang baik, saya sepertinya menderita wasir stadium dua, berdasarkan kriteria yang saya baca di artikel kesehatan tentang wasir,, dapatkah saya disembuhkan tanpa operasi? karena saya takut sekali operasi, dan apa saja yang musti saya lakukan,
salam

satria

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Dokter ini ada beberapa solusi hemorrhoid..

Ternyata ada berbagai teknik lain selain bedah stapler lho...

http://www.hemorrhoid.net/hemorrhoids.php

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

ibu dokter yang baik...
dok...saya sudah lama sekali menderita wasir ini...seingat saya, saya baru menyadarinya sejak duduk di SMP dan sekarang saya sedang kuliah semester akhir. yang saya mau tanyakan, apa ada kaitannya anatara hemoroid dengan genetik? sebab ayah saya juga mengalami hal demikian. kemudian beberapa bulan lalu bab saya selalu berdarah dok...mamang sebelumnya juga pernah namun kelamaan tidak berdarah lagi. kemungkinan kenapa ya dok??? kemudian saya berobat ke dokter dan dokter memberi suntikan transamin dan obat rawat jalan, diawal penyuntikan tidak berdarah, namun kelamaan berdaraj lagi dok...kenapa ya? dokter kemudian menyarankan saya untuk operasi...apa bisa saya operasi oleh dokter??
terimakasih banyak...

 
, Blogger ky wrote ...

ibu dokter, saya ini mahasiswa dengan pola makan yang tidak teratur. saya mengalami wasir semenjak kelas 1 SMA, dan saya sekaranng sudah semester 2 di jurusan farmasi, ketika tanggal 20 february 2010 saya di operasi di RS RAJAWALI bandung. menurut dokter wasir saya sudah besar dan terdapat dua luka. biaya operasi pun relatif murah. nmun, setelah operasi lukanya sangat sakit tapi setelah minum obat dan di rendam air sabun lifebuoy resep dari dokter. nmun, yg sya khawatirkan dalah apakah nanti akan tumbuh lagi stelah operasi? karena kalau tumbuh lagi akan sangat membantu.
mohon bimbingannya dok! klo bisa jwabannya di post di email saya: debol_helmet@yahoo.com

terima kasih

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

buk dokter,,nama saya dendy,,saya sudah melaksanakan operasi ambeyen bulan oktober kmrn,,wkt dioperasi ambeyen saya baru grade 1 tetapi karena saya ingin ikut tes akabri jd saya operasi buk dokter,,tp stelah operasi,,tetepi daging bekas operasi nya masih ada wktu saya tanya sama dokter yg operasi saya itu kynya sikintag,,terus saya ini siatif untk memakai obat pengempes sikintag tsb,,tetapi prosesnya agak lama ya buk,,buk apa kah sikintag ini berpengaruh dalam saya menghadapi tes nanti?apakah sikintag ini bisa kempes,,buk?dan berp lama biasanya wktunya buk,,ini alamt email saya buk dendy_airforce@yahoo.co.id mohon dibls ya buk,,,

 
, Blogger echo wrote ...

Bu Dokter,

sejak 3 bulan lalu saya menderita wasir, dan sakitnya setiap hari semakin terasa menggangu aktifitas harian saya. baru2 ini saya merasakan sakit yang sangat hebat pada bagian dubur, rasanya sepeti luka yang tersiram cairan asam. dan kerap mengeluarkan darah. Saya berencana operasi wasir saya tapi saya ragu apakah proses penyembuhan akan memakan waktu lama ? karena menurut pengertian saya luka bekas operasi wasir akan lama sembuhnya sebab akan terlewati kotoran dan rawan infeksi. mohon pencerahannya ..

Terima kasih ,

Eko -

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

bu dokter, sepertinya saya menderita ambeien eksternal.
ini sudah bawaan sejak lahir dan sepertinya karena faktor turunan dari pihak ibu saya.
sewaktu saya masih kecil di daerah skitar anus seperti ada kulit lebih, dan dokter bilang tidak apa2. kalau umur sudah besar bisa di operasi.
dan pada kelas 4 sd saya merasakan ada benjolan kecil di daerah anus saya. semakin lama benjolan ini semakin melebar dan berbentuk pipih tidak besar skali.
sewaktu saya kelas 3 smp ketika liburan ke malaysia, saya meng-operasi laser ambeien itu. skitar setahun kedepan tumbuh lagi tapi ukurannya lebih kecil dan tidak terjadi pembesaran.

apakah ini tidak berbahaya bu dokter?

dan saya juga pernah mendengar kalau wanita setelah operasi ambeien tidak bisa melahirkan dengan normal dan harus operasi caesar. benarkah bu dokter?

 
, Anonymous uttami wrote ...

ibu dokter,

suami saya sudah hampir satu bulan ini pasca operasi wasir tapi masih sakit saat BAB dan BAB-nya keras jadi dia mengejan saat BAB. hari ini, saat dia BAB lagi keluar darah. kira2 ini bahaya ga? apakah ini pertanda operasinya gagal atau kambuh hemoroidnya?
terima kasih untuk jawabannya dok...

 
, Anonymous Levi wrote ...

dok,pasca operasi metode stapler, sy kl pup tjd sembelit, perasaan pengen pup, tp pas d wc ga kluar. kalopun keluar cuma sedikit hanya sebesar jari kelingking. sy udh byk makan yg berserat & minum byk air putih. apa yg tjd dg saya? apa saran dokter?

 
, Blogger MULTI wrote ...

Ibu dokter yg terhormat,
bulan pebruari 2010 saya menajalani operasi hemoroid interna grade III dengan stepling, pasca operasi tidak perna lancar BAB, dua bulan kemudian dokter menyatakan saya menderita stenosis ani sekitar 5cm dari luar, kemudian saya dibusinasi sampai nomor 20 dibulan juni 2010, pasca businasi sudah mendingan tapi tetap BAB masih sedikit susah saat Tinja agak keras sedikit, dan dibagian perut kiri bawah terasa nyeri tembus kebelakang kalau agak lama duduk. saat saya raba daerah stenosis pasca busi, sudah agak lebar tapi disisi depan ada teraba benjolan keras sebesar biji jagung.
yang jadi pertanyaan: (1) apakah jenis benjolan tersebut(kista, tumor atau kloid)? (2) apakah benjolan tersebut berbahaya dan bagaimana sebaiknya tindakan medis selanjutnya? (3) saat ini sya masih menjalani businasi 1x seminggu, dimana bisa dapatkan alat busi no 25 keatas mengingat busi saya lakukan dirumah?
terima kasih atas bantuannya.

 
, Anonymous ay wrote ...

bu dokter, sekitar 1,5 bulan yang lalu suami saya operasi hemoroid. semula tidak ada keluhan dan suami sudah dapat beraktivitas seperti biasanya 5 hari pasca operasi (suami bekerja sebagai kolektor salah satu kosmetik dan setiap hari berkeliling dengan mengendarai motor selama berjam-jam). sudah cukup makan sayur dan buah disertai minum air 2 liter/hari. tiap minggu main futsal dan kadang2 badminton. tapi akhir2 ini BAB nya berdarah lagi. darahnya menetes dan keluar gumpalan darah kental agak hitam. setiap selesai BAB suami selalu mengeluh terasa perih dan sangat gatal. kadang muncul benjolan yang akan terasa mengeras dan bisa kempes lagi di tempat wasir semula. saya menyarankan suami untuk kontrol lagi ke dokter bedah yang menangani operasinya tapi suami tidak mau. sekarang ini suami mulai menjalani terapi menggunakan obat herbal.
mohon sarannya dari bu dokter. apakah ini tanda2 wasir suami saya kambuh lagi? apakah perlu dilakukan perendaman dengan PK? berapa lama? bagaimana cara mencegah agar tidak bertambah parah?

terima kasih banyak.

 
, Blogger pi2t wrote ...

dok...saya baru operasi hemoroid kira2 10 hari yg lalu..sy mau tanya dok, dr slsai.oprsi hingga skrg sy msh dg rasa sakit yg sangat di daerah anus ketika BAB...jujur sy ckp t'siksa..yg ingin sy tanyakan brp lama proses penyembuhan? n rasa sakit ini akn b'langsung brp lama dok? terima ksh sblmny...

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Saya sudah menderita wasir setengah tahun ini.. saya pakai ardium dan obat yang dimasukkan ke anus, keesokan harinya memang tidak sakit lagi, tapi setiap kali BAB sekalipun lunak pasti terasa sakit kembali, kadang keluar darah, kadang lendir, apabila benjol bisa masuk sendiri tanpa dipaksa. Tapi sakit sekali.
Gimana ya dok cara biar sembuh total?saya tidak berani operasi.

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

salam sehat dokter .
saya mengalami hemoroid ringan kata dokter, tp dikarenakan saya akan daftar TNI, saya d wajibkan untuk operasi hemoroidnya..agar lulus uji kesehatan !
skrg saya sudah d operasi, sudah berjalan 2 mingguan..
yg akan saya tanyakan skrg knp stelah operasi BAB saya sakit dan d sekitar anus selalu mengeluarkan sperti lendir putih kekuningan dn agak berbau, apakah lendirnya akan cepat hilang kedepannya??
apakah ada kelainan pada penyembuhan saya?? atau proses penyembuhan sedang berjalan dn sakitny belum pulih..
saya jg minta tips agar cpt smbuh dok..dikarenakan hari test TNI akan segera d buka.
saya sangat mohon bantuannya dok . .
terima kasih .

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

saya nierta..
saya mau tanya dok
saya operasi ambien tgl 29 sept 2010 stlh krglbh 3 mggu sdh agak membaik dan rasax gatal. tapi, msk mnggu ke 3 malah ktka sya BAB feces saya ada darahx. saya kira mgkin karena saya makan gudeg dan kurang sayur hijau, tapi air putih saya lancar minumx.
yang mw saya tanyakan:
darah dalam feces itu g berpengaruh dalam dubur saya pasca operasi kn krna rasax klo BAB skrg raasax sakit? tw lukax kira" cpt smbh kan dok? apa solusi untuk mengurangi rasa sakit agar tidak keluar darah lg saat BAB?dan perendaman dgn PK itu dapat mempercepat penyembhan tw mengurangi rasa sakit saja.
terima kasih dok sblmx..
mohon diberikan solusi

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

bu dokter yg baik..
saya sudah menjalani operasi hemoroid minggu kemarin..tetapi smp saat ini saya belum bisa bab.. dan dokter yang mengoperasi saya sangat santai menanggapi.. ktnya gapapa.. tp perut saya semakin membuncit bu.. makanan masuk tetapi tidak ada yg keluar..
mohon untuk solusinya ya bu...
terimakasih

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Ibu dokter yang baik,
Wasir saya tidak terlalu mengganggu. Mungkin masih stadium awal ya? Tapi, setahun yang lalu terjadi pendarahan. Mungkin membuat sobek pembuluh darah. Pembuluh darah bocor itu mungkin terkontaminasi bakteri. Terjadi penumpukan nanah. Akibatnya meletus menembus kulit kira-kira dekat selangkangan paha kiri. Sekarang ada lubang di situ sampai ke dalam anus. Perlu dioperasi ya, Dok?

 
, Blogger nana wrote ...

ibu dokter,,,,
saya menderita hemoroid dan sepertinya sudah grade 3 dan tidak pernah terjadi pendarahan. saya lagi merencanakan kehamilan untuk anak kedua.yang saya mau tanyakan :
1. setelah operasi hemeroid grade 3 (dngn metode apapun) bisakah hemoroid grade 3 berpindah ke grade 1 / 2, karena yg saya ketahui grade 1/2 bisa berkurang/sembuh dngn terapi tertentu.
2. adakah operasi selain stapler dan bagaimana tingkat keberhasilannya, karena saya sudah hunting kebeberapa rmh skt di jakarta metode stapler biayanya sangat tinggi.
terima kasih

 
, Blogger priyo wrote ...

selamat pagi bu dokter.saya habis operasi hemoroid grade II-III menggunakan teknik stapling kurang lebih 5 hari yang lalu,yang saya mau tanyakan ketika saya lihat habis BAB pertama kali yaitu hari ke 2 pasca operasi ada semacam jaringan sisa warna merah(kiwir-kiwir)pada arah jam 12 pada anus.tapi tidak membesar dan tidak sakit saat BAB.apakah ini normal?hal2 apa aja yang harus saya hindari pasca operasi stapling sampai berapa lama?boleh beraktivitas (naik motor/bawa ransel punggung) setelah berapa hari? trimakasih
o iya saya sudah membuktikan teknik stapling ini tidak sakit saat BAB pasca operasi,dan 3 hari saya sudah boleh plg dr RS.Nuwun

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Dokter...
Saya andi, saya sudah mengalami wasir internal sejak 3 tahun lalu. Setengah tahun belakangan ini kumat. Anehnya, kalo BAB saya keras, gak sakit, tapi kalo mencret jadi sakit banget. Kadang2 kalo mau BAB keluar cairan agak kekuningan. Selama ini saya konsumsi venosmil kapsul kalo kumat.jarang sekali berdarah. Kira2 kenapa ya dok, kok bisa begini?

 
, Blogger Hendri Buzra wrote ...

Bu dokter yang terhormat,
Nama saya Buzra, Saya seorang karyawan pada salah satu perusahaan di Sumatera Selatan, pada bulan April 2010 saya pernah operasi abses yang tumbuh di dekat anus, operasi abses tersebut tidak dijahit dan butuh waktu 6 minggu untuk penyembuhan luka bekas operasi. Setelah sembuh, dua minggu kemudian muncul lagi abses di tempat yg sama, absesnya pecah sendiri sehingga terjadi fistula perianal, pada awal November 2010 saya menjalani operasi fistula perianal + interna hemoroid dg stapler di RSUP. M.Hoesin Palembang dg dokter Alsen Arlan, sekarang sudah berjalan 6 minggu pasca oprasi tapi rasa nyerinya masih ada, saya mengalami kesulitan untuk konsul dg dokter Alsen karena beliau jarang ditempatsering mengikuti seminar ke luar negeri disamping tugas beliau sebagai salah seorang direksi di RS tersebut

 
, Anonymous David Arsundy wrote ...

Salam kenal dok...saya ingin konsultasi...krg lebih 3 bulan yll,,papa saya menjalani hemorrhoidectomy a/i hemorrhoid externa grd IV...pasca operasi tidak ada komplikasi yang berarti...kecuali papa merasa sangat kesakitan saat BAB, sehingga BAB tidak puas...namun hanya 1 minggu saja,, setelah itu papa bisa BAB karena konsumsi Dulcolax dan Laxing...setelah itu papa juga merendam pantat dengan larutan PK...papa mengikuti saran dokter utk byk makan serat, byk minum, dsb...
Selama 3 bulan ini,,hingga sekarang,,, ada 1 problem yang sangat mengganggu,,yakni,,papa tidak pernah bisa BAB dengan lancar,,dikarenakan lubang anus yang sangat sempit...sehingga kotoran yg keluar tidak pernah bisa lebih besar dari jari kelingking,,,hal itu membuat beliau mudah merasa mulas dan harus ke kamar mandi berkali2 dalam sehari...sangat mengganggu aktivitas...selain itu,,pada saat tidak BAB,kadang tjd keluar semacam lendir yang bau atau kotoran dari lubang anus...sehingga beliau harus selalu memakai pembalut wanita...
Pertanyaan:
1. Kira2 komplikasi apa yg terjadi pada papa saya?
2.Bagaimana cara supaya papa saya bisa kembali BAB dg normal?
Terimakasih atas perhatian dan saran dokter...

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

@Panji P : terimakasih infonya. Kalau mau dipinjamkan video atau literature saya pasti senang sekali. Dari medis juga ? Dokter ?
@Anonymous : Biaya operasi tergantung RS yang dituju.
@Anonymous :
1. wasir bisa kambuh kembali.
2. Jika semuanya berjalan baik, tidak ada penyulit biasanya hari ke 2 sudah boleh pulang
3. Coba kembali kedokter bedahnya agar dilakukan pemeriksaan.
@Andri : untuk memastikan harus dilakukan pemeriksaan. Saran saya hubungi dokter bedah terdekat untuk menegakkan diagnose.
@Satria : belum ada keluhan kan ? jika belum ada keluhan tidak usah operasi. Jaga makan dan kebiasaan BAB saja .. Ok mudah2an selalu sehat ya
@Anonymous : Thanks linknya .. sangat bermanfaat
@Anonymous : semoga saat ini sudah dilakukan operasi ya .. maaf terlambat membalas
@Ky : wasir dapat tumbuh lagi. Untuk pencegahannya antara lain BAB teratur, banyak makan serat dll (bisa dibaca di blog ini Ky)
Mudah2an terus membaik ya ..

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

@Dendy : skin tag tidak akan mengempis karena memang tidak pernah membesar.
@Nana :
1. Setelah operasi, hemoroid dapat kambuh kembali.
2. Operasi stapler ditentukan oleh dokter bedah yang mengoperasi dengan melihat stadium dan hal2 lain – coba diskusikan kembali pada dokter nya untuk pemilihan tehnik op. Biaya dengan menggunakan stapler memang cukup besar karena ada alat tambahan yang harus dibeli.
Mudah2an saat ini sudah jauh lebih baik.
@Priyo :
Kiwir2 sepertinya normal (untuk memastikan apakah betul normal tentunya harus melalui pemeriksaan). Hindari menunda BAB, makan cabe, posisi yg sama untuk waktu yang lama. Setelah bapak merasa nyaman dan “enakan” aktifitas tsb dapat dilakukan.
Terimakasih sudah berbagi mengenai tehnik stapler ini , semoga bermanfaat buat pembaca blog lainnya.
@Buzra :
Coba konsultasikan pada dokter bedah lain yang terdekat.
Mudah2an saat ini sudah jauh lebih baik ya Pak. Unt penyakit bpk, tipsnya harus banyak konsultasi pada dokter bedahnya. Diskusikan bagaimana perawatan yang tepat dan nyaman .
@David :
- Komplikasi apakah terjadi penyempitan/striktur tidak bisa dijawab karena harus melewati pemeriksaan secara langsung
- Supaya bisa BAB secara normal (?) harus dicari dulu penyebab knapa bisa BAB tidak normal
Saran saya coba konsultasikan kembali pada dokter yang mengoperasi.
Mudah2an saat ini sudah jauh membaik.

 
, Blogger EMBRIO wrote ...

Dua minggu lalu saya menjalani operasi hemoroid dan sekarang bekas jahitan telah munlai memulih namun yang saya alami dari anus keluar cairan bening pekat (mudah mengering) dan warnanya merah muda. cairan apa itu dok dan berbaya tidak

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Dok, saya menderita ambeien sejak 2003. Dokter sudah memvonis bhw saya harus operasi kalau ingin sembuh. Selama ini ambeien yg saya derita blm terlalu menyulitkan saya, krn sering yg terjadi adalah pendarahan tanpa rasa sakit. Tonjolan di anus sudah keluar dan tdk mau masuk ke dlm anus. Biasanya hanya sesekali ambeien ini menghampiri, terutama ketika kurang mengkonsumsi serat dan minum. Menurut dokter, apakah berbahaya kalau saya terus-menerus begini (membiarkan ambeien saya tanpa operasi)? Terima kasih atas jawabannya.

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Yth.Ibu dokter,
Mau tanya dok, saya sudah menjalani operasi hemoroid akan tetapi sampai 4hari setelah operasi saya belum bisa BAB..bagaimana dok menurut anda&normalkah yang saya alami?

trimakasih..

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

@embrio : coba konsultasikan kembali pada dr bedahnya, supaya dilihat lagi. Biasanya keluhan spt itu sering dibarengi dg rasa nyeri wkt BAB, kl nyerinya bisa diatasi keluhan berangsur hilang. Mudah2an saat ini keadaan bpk/ibu sdh jauh lebih baik ya
@anonymous : prinsipnya operasi hemoroid/wasir dilakukan jika wasir sdh menimbulkan keluhan ; jd kl blm menimbulkan keluhan dievaluasi saja

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

@anonymous : tdk bisa BAB nya sdh brapa hari post operasi? Sebaiknya kontrol ulang pada dr bedahnya, jika tdk ada penyulit atau kelainan yg serius biasanya sih disebabkan krn rasa nyeri dianus atau rasa tdk nyaman di anus yang sangat mengganggu shg menyebabkan pola BAB juga terhambat, mudah2an saat ini sdh jauh lebih baik ya

 
, Anonymous dipo wrote ...

saya ada niat utk operasi hemorrhoid tapi msh ada rasa takut dan khawatir, bisa bantu saya dok agar yakin dan tidak khawatir dgn operasi ini ?

 
, Anonymous nina wrote ...

ibu dokter
didubur saya sudah keluar seprtinya saya ambein. setiap saya BAB terasa sakit sekali minggu ini,apa karena saya sedang panas dalam/ tetapi tidak berdarah.
apakah saya harus operasi juga?

 
, Anonymous denki wrote ...

dear ibudokter,

saya denki, saya mempunyai masalah wasir udah 3tahun belakang ini, tahun iniudah msuk tahun ke 4 saya menderita wasir. Pada saat ini hemorroid saya divonis dokter harus diopperasi karena sudah memasuki stadium tiga karena sekali kali saya mengalami nyeri pada saat bab dan bab saya sering tidak lancar walaupun sudah meminum obat pencacar dulkolac. Saya tanyakan kepada bu dokter sebelum operasi hermerroid ini tgl 20 april 11, apakah ada efek samping jangka pendek atau jangka panjang setelah operasi wasir tersebut mengingat selain wasir juga ada polip yang tumbuh disekitar anus saya,....? mohon jawaban dari Ibuk dokter> trimakasih

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

dktr sy mau tnya ayah sy sudh brthn2 mderita abses d.dkt anus. .tetapi sering kali mengluarkn darah. .selalu kdktr tetapi tetp sj. .kira2 tnpa operasi bs smbh? Krn kl operasi kami g sggup. Sy sdri ingn ayah sy d.operasi tp apa daya sy msh sklh dan biayany pasti mhal. .kira2 hrus dg cra pgbtan yg bgmna. .sy tkt knp2. .trmksh dok

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Hallo bu dokter, saya penderita hemoroid ekterna grade 3, waktu kemarin di periksa apakah bisa op menggunakan metode stappler ternyata doter menyarankan utk metode op biasa, karna ada kelenjar yg agak mencurigakan di samping hemoroidnya, di harapkan stlh op kelenjar itu bisa di lap kan (takutnya tumor) padahal di samping op hemoroid saya jg op cea car dan mow, saya jd ragu2 utk op hemoroid, bgmn mnrt bu dokter, terima kasih.

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Hallo bu dokter, saya ninik usia 37 th saya sudah ada hemoroid sebelum menikah, ini sedang menunggu kelahiran anak ke 3,saya penderita hemoroid ekterna grade 3, waktu kemarin di periksa apakah bisa op menggunakan metode stappler ternyata doter menyarankan utk metode op biasa, karna ada kelenjar yg agak mencurigakan di samping hemoroidnya, di harapkan stlh op kelenjar itu bisa di lap kan (takutnya tumor) padahal di samping op hemoroid saya jg op cea car dan mow, saya jd ragu2 utk op hemoroid,apakah ada metode utk mengetahui jaringan itu ca atau bukan tanpa mengambil sampel dr jaringan kelenjar itu bu doter? bgmn mnrt bu dokter, terima kasih.

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Hallo bu dokter, saya ninik usia 37 th saya sudah ada hemoroid sebelum menikah, ini sedang menunggu kelahiran anak ke 3,saya penderita hemoroid ekterna grade 3, waktu kemarin di periksa apakah bisa op menggunakan metode stappler ternyata doter menyarankan utk metode op biasa, karna ada kelenjar yg agak mencurigakan di samping hemoroidnya, di harapkan stlh op kelenjar itu bisa di lap kan (takutnya tumor) padahal di samping op hemoroid saya jg op cea car dan mow, saya jd ragu2 utk op hemoroid,apakah ada metode utk mengetahui jaringan itu ca atau bukan tanpa mengambil sampel dr jaringan kelenjar itu bu doter? bgmn mnrt bu dokter, terima kasih.

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Yth. Ibu Dokter,
Boleh konsul Dok? 12 April 2011 saya operasi internal dan external haemorrhoid stadium III dengan cara manual. Seminggu setelahnya saya diare selama 6 hari karena bakteri Giardia Lamblia. Jahitan operasi yang diluar mengalami pembengkakan yang sampai sekarang belum kempes. Kata Dokter yang waktu itu memeriksa, 3 minggu kempes, tapi sampai sekarang belum kempes.
1) Apakah pembengkakan itu berbahaya Dok?
2) Apakah nantinya bisa kempes dan berapa lama?
3) Kadang saya mengalami rasa gatal yang luar biasa. Kata Dokternya itu proses pengeringan luka. Apakah itu benar Dok?
4) Kadang-kadang saya masih mengalami pendarahan sewaktu BAB, padahal feces tidak keras dan saya tidak mengejan. berbahayakah Dok? Saya takut kalau terjadi fistel perianal
5) Berapa lama jahitan operasi wasir itu mengering? Kapan saya boleh beraktivitas menggunakan motor?
Mohon dibantu Dok.
Terima Kasih

 
, Anonymous Vidi wrote ...

dokter lakshmi yang baik,

Ibu saya baru saja menjalani operasi wasir kurang lebih 1 bulan yang lalu dengan operasi biasa tanpa menggunakan stapler, dikarenakan dokter bilang sudah tidak bisa menggunakan stapler karena kulit disekitaran anus udah ikut membesar bersamaan dengan ambiennya. Ibu saya sudah menderita hemoroid grade IV (ada 5 titik) kurang lebih slama 10th.
Yang ingin saya tanyakan knpa stelah oprasi setengah bagian kulit yg dDekat anus membengkak, apakah besok bisa kembali seperti semula? Dan akhir2 ini untuk buang angin sakit sekali & susah sekali utk BAB, dBagian dekat tulang ekor sakit sekali, pdhal minum bnyak, mkan sllu yg berserat dan buah2an sll, dan itu jg ditambah melilea.
terima kasih

 
, Anonymous Danan wrote ...

Danan,
Yth Ibu Dokter,

Seperti keluhan penderita hemoroid baik sebelum dan sesudah operasi,saya juga mengalaminya. Pengalaman saya akan saya sampaikan sebagai berikut :
Saya mengalami keluhan yang sama seperti penderita lainya, sejak kuliah umur 25 tahun dan per 19 Juli 2011 saya memutuskan untuk operasi si RSU di lokasi saya berada,namun 5 tahun yg lalu saya telah menjalani pengobatan dengan metode penyuntikan.waktu itu wasir saya masih grase I internal, dan sembuh. Namun karena terjadi infeksi karena diare hebat membuat wasir saya kambuh dan diputuskan saya untuk operasi.
Pertanyaan saya :
- Obat apa yang saya dpt konsumsi setelah 2 minggu operasi dan sampai kapan sy konsumsi?
- Kondisi bekas operasi sudah baik dengan keluhan rasa sakit saat BAB,dan duduk yg lama atau saat berdiri.
-Perdarahan masih terjadi jk prefekasi agak mengejan/tinja agak keras...
- Kapan perendaman PK saya harus hentikan...?
-apakah obat helbal yg dpt sy konsumsi sesuai pengalaman ibu?
-jk ada artikel dan anjuran IBu mohon kiranya dapt sharing ke email saya ; dananjaya040775@yahoo.co.id

Akhir kata...Terima Kasih>>>

 
, Anonymous OBAT AMBEIEN wrote ...

Sekedar kasih info sekarang telah hadir obat wasir ampuh terbukti menyembuhkan wasir tanpa efek samping.

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

dokter yang terhormat,

saya sudah 2 minggu operasi hemorrhoid. saat ini msh sedikit nyeri dan keluar cairan kuning agak bau. yang ingin saya tanyakan waktu normal kesembuhan operasi hemorrhoid berapa lama dan cairan kuning tersebut akan berhenti sndiri atau ada cara untuk mempercepat penghentiannya? apakah kondisi saya ini normal dok?terimakasih

 
, Anonymous syarifudin wrote ...

saya baru aja operasi ambien stadium 3 eksternal dok sekitar sepuluh hari yg lalu.
Bisa BAB setelah 3 hr operasi, itu masih dikasih obat pencahar yg dimasukkan lewat anus itu sehingga bab nya encer. sehari kemudian baru bisa bab normal & itupun sangat keras & berbentuk kerikil2 gitu sehingga sangat sakit sekali.. Sampai sekarang ini saya jg masih sering BAB berbentuk kerikil2 gt sehingga keras &sakit pdahal dulu sebelumoperasi ga pernah seperti itu.. padahal setelah operasi ini pola makan sy sudah jauh lebih baik dari sebelum operasi, makan selalu sayur, buah rutin sehabis makan, juga ditambah minum jus, minum air putih juga sudah cukup..
mungkin ini karena apa ya bu?

 
, Anonymous heri wrote ...

ibu dokter yng terhormat..
nama saya heri, saya pernah menjalani oprasi wasir setahun lalu, tapi sampe sekarang kadang masih sering susah buang air besar padahl saya dah teratur minum air putih n sayuran secukupnya, n paska selesai oprasi benjolan di sekirar anus masih ada meskipun gak terasa sakit,
yang saya ingin tanyakan apakah oprasi saya tidak suksen n adakah kemungkinan wasir saya kambuh kembali ,eskipun udah menjalani oprasi..
terimakasih dan sukses selalu buat dokter

 
, Blogger akhmad wrote ...

saya baru 1 bulan operasi hemorrhoid tpi knapa ya bu masih nyeri sampai kapan nyeri itu hilang snd ada cairan kayak lendir itu jga hilang ? thanks.

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Dear Ibu Dokter
Saya masih punya wasir yang mekar saat BAB, saya pernah menderita BAB dengan pendarahan sekitar tahun 2006 dan sejak itu saya mulai membiasakan BAB tiap pagi, mengurangi makan pedas, banyak makan sayuran dan minum. Karena BAB tiap pagi maka waktu BAB saya relatif lama menunggu ada rangsangan dari perut. Saya belum brani untuk operasi kerena kawatir pasca operasi ada efek sampingnya. Bila keadaan ini saya lakukan, apakah kedepannya bisa komplikasi ke penyakit lainnya? Thank you.
Salam,

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Hai dok, mau tanya dong.
Tahun kmaren sekitar bulan april aku operasi hemoroid. Dan alhamdulillah operasinya lancar.
Keluhan baru ada sekitar bulan kmaren, aku sepertinya kecapean, trus pola makan kurang bener. Jadi sewaktu bab kerasa sakit bgt (rasanya seperti ada bekas jahitan yg terlepas)ga keluar darah sist, tapi sakitnya terasa seharian.

Setiap aku kecapean, ada keluar benjolan segede kelingking, kerasa sakit. Puncaknya kmaren wkt aku pulang fitness,kyaknya aku kecapean dan keluar benjolan sebesar telunjuk.udah 3 hari ini sakitnya ga hilang2. Apa itu artinya hemoroid aku balik lagi ya dok? Dan kira2 solusinya gmana ya dok? Terima kasih

 
, Blogger VISI & MISI wrote ...

Ibu dokter yang terhormat..
nama saya ronnie..
saya sudah melakukan operasi hemoroid sebulan yg lalu.. tp knapa ya rasa nyeri / sakit itu masih ada, apakah masih ada luka yg belum sembuh? dan BAB sy pernah kluar darah segar.. tolong dokter apakah ada obat medis atau alami yg bs membuat luka tsb cepat kering / sembuh.. krna sy slalu takut bila mw BAB.. terima kasih..

 
, Blogger VISI & MISI wrote ...

Ibu dokter yg terhormat..
saya sudah melakukan operasi hemoroid sebulan yg lalu.. tp knp rasa perih dan sakit saat BAB msh ada ya dok? apakah luka tsb blm sembuh / atau bekas operasinya sobek lg? apakah ada obat medis atau herbal yg kiranya bisa menghilangkan rasa perih dan bisa membuat tidak sakit saat BAB / cepat sembuh.. terima kasih..

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

wow bermanfaat sekali info ini dok..thanks yah dok....

 
, Blogger April wrote ...

Dear dr.laksmi

bisa tolong di jelaskanperbedaan bedah konvesial dengan bedah stapler ? karna mungkin biaya & penyembuhannya beda ya ya , apa benar bedah konvensial itu sakit sekali ? kata orang melebih seperti seasar
terimakasih

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Dok,

Dokter praktek dimana ya dok? Sy menderita wasir sepertinya..karna abis BAB sakittt bgt.. Dan mau konsultasi ke dokter tp maunya dokter cewe dokk..
Apakah ada cara penyembuhan tanpa operasi jujur sy takud operasi dok..
Klo ada cara aman aja..

Thanks,
Ez

 
, Anonymous aisyah wrote ...

saya memiliki wasir yang meni jol keluar dok,,,kecil tapi,,saya sangat terganggu sekali dengan hal ini,,apalagi saya blum menikah,,,,wasir saya tidak berdarah dok,,cuma saja saya terganggu dengan keluarnya pembuluh vena tsbut,,apakah saya harus operasi dok,,atau ada obay yang bisa menyembuhkannya selain operasi?terimah kasih

 
, Anonymous bundaazam wrote ...

dear dr lakshmi,
4th yg lalu sy melakukan operasi hemorroid (10 hr pasca melahirkan) setelah operasi anus msh terasa sakit dan sy tdk bs duduk tegap slama 2 bln.ketika kontrol ke dokter yg mengoperasi sy belia mengkatakan bahwa msh ada sisa hemoroid yg tidak terpotong ketika operasi dan meradang kembali, (dokter itu mnt maaf krn tdk bersih ketika mengoperasi ). sy tidak tau metode operasi yg digunakan).saat ini tonjolan itu msh ada dan sy sering merasakan sakit(tdk prnh tejadi pendarahan) dan cepat merasa lelah.apa yg hrs lakukan doter unt menghilangkan rasa sakit?jk sy mau konsultasi lgs dg dokter di RS mana dokter prakter?
terima kasih

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

sore dokter, saya mau tanya.. beberapa bulan lalu saya operasi hemoroid, saya hemoroid interna grade 3. setelah operasi, dokter saya memberitahukan ada polip didalam dubur dan posisi lebih dalam dari jaringan hemoroidnya.. diagnosa dokter saya adalah polip rekti, tetapi untuk lebih pasti menunggu hasil dari PA. setelah PA keluar, ternyata hasilnya mengesankan kondiloma akuminata tidak ganas.. sedangkan saya tidak pernah melakukan sex apalagi sex menyimpang yang bisa menyebabkan KA. karena hasil LAB itu maka asuransi saya dinyatakan gugur.. saya jadi bingung, apakah itu polip recti atau KA? kalau itu KA, bagaimana saya bisa terkena kalau saya tidak pernah melakukan sex? mohon penjelan dari dokter, karena saya sudah bingung harus bagaimana membuktikan kepada asuransi bahwa saya tidak pernah melakukan sex menyimpang…

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

ibu dokter
saya mempunyai benjolan di anus sebesar ibu jari dan, setelah saya periksakan ke dokter bedah, beliau bilang ini adalah viskel dn menyarankan untuk dioperasi. yang ingin sy tanyakan, apakah beda antara viskel dan ambeien?? apakah satu-satunya jalan harus melalui operasi? karena jujur saya takut dioperasi.. terima kasih...

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Yth : Ibu Dokter Lakshmi...

Istri sy sudah menjalani operasi hemoroid pd tgl 04/02/12. Operasi berjalan lancar dan dirawat selama 3 hari. Namun setelah menjalani pengobatan di rumah pasca operasi, istri sy mengalami pendarahan hebat hingga jatuh pingsan & tekanan darah hanya 90. Setelah konsultasi ke dokter bedah diberi obat pencegah pendarahan dan hasilnya istri sy tidak lg mengalami pendarahan serta BAB lancar tanpa mengeluarkan darah hanya nyeri sedikit. Namun ada masalah pasca operasi yaitu :

1. masih ada benjolan yg keluar di anus kira2 2 cm.
2. benjolan yg keluar trsebut mengeluarkan cairan yg bau.
3. kondisi tubuh istri sy lemah, krn dicoba berjalan kira2 25 Mtr aja tubuh terasa letih sekali.

Utk masalah no 1 & 2 menurut dokter bedahnya itu hal yg wajar dan akan kembali spt semula.

Pertanyaan dr sy adalah :

1. Brp lama waktu benjolan td akan masuk dan tidak berbau lg..?
2. Brp lama kondisi tubuh istri sy fit lg..?

Terima Kasih atas penjelasannya...

 
, Blogger Sofyan wrote ...

Yth : Ibu Lakshmi...

Perkenalkan nama saya Sofyan...
Istri sy menjalani operasi hemoroid pd tgl 04/02/2012 dgn lancar, kemudian dirawat selama 3 hari. Selang 2 hari menjalani pengobatan di rumah pasca operasi istri sy mengalami pendarahan hebat saat BAB (darah mengucur spt keran air terbuka) hingga jatuh pingsan karena tekanan darah hanya 90. Setelah konsultasi ke dokter bedahnya, beliau memberikan obat pencegah pendarahan dan hasilnya sangat bagus dimana istri sy tidak lg pendarahan saat BAB hanya terasa sedikit nyeri pd anus selama 2 minggu setelah itu tidak ada nyeri lg.
Skrg ini sudah 25 hari pasca operasi & ada beberapa masalah yg ingin sy tanyakan bu dokter..

1. Ada benjolan sekitar 2 cm yg keluar pd anus dan mengeluarkan cairan agak kecoklatan dan bau.
2. Kondisi istri sy jd lemah setelah menjalani operasi tersebut, krn dicoba berjalan 25 mtr aja nafas menjadi sesak, kepala pusing, pandangan berkunang2 dan tubuh sangat lemas.

Utk masalah no 1, menurut dokter bedahnya itu hal biasa pasca operasi krn bekas operasi msh bengkak dan belum pulih total.

Yg ingin sy tanyakan adalah :

1. Apakah benjolan tersebut dpt kembali spt semula dan brp lama waktunya..?
2. Apakah wajar benjolan tsb mengeluarkan cairan berwarna agak kecoklatan & bau..?
3. Sampai kapan kondisi tubuh istri sy bisa fit spt semula sebelum operasi..?

Terima kasih atas penjelasan dr Ibu Lakshmi...

Alamat email sy : sofyan69art@gmail.com

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Selamat malam bu dokter yg baik..
Bu dokter saat ini saya menderita ambein namun ketika periksa ke dokter sang dokter tidak menjelaskan stadium berapa namun ketika saya cari tahu dr internet kemungkinan saya menderita stadium 3 atau 4 krn terkadang benjolan tersebut masuk dengn sendirinya tp terkadang dengn bantuan tangan..yg jadi pertanyaan
1.Apakah jika melakukan operasi maka ambein itu akan hilang selamanya
2.Menurut ibu dokter bagaimana dengn obat tradisional herbal untuk ambein apakah itu aman atau tidak..
3.Mohon untuk message ke email saya bu Hakiem_1985@yahoo.co.id untuk alamat praktek ibu dokter..
Atas penjelsan dan kebaikan ibu dokter saya mengucapkan terima kasih

 
, Blogger Rahas Hasby al Hurazey wrote ...

Bu Dokter,
Saya ada mengirim email ke Ibu.
rapotanhasibuan@ymail.com

 
, Blogger Herlina wrote ...

Saya mengalami hemoroid kira2 3 tahun yll. Terakhir saya memeriksakan diri ke dokter penyakit dalam di RS di Jkt Barat tapi dokternya menyarankan untuk dilakukan kolonoskopi dan sementara diberi Guarposid 5 mg dan ardium. Hemoroid saya termasuk parah karena jika kumat bisa mengeluarkan darah segar yang lumayan banyak. Dan waktu itu saya tanya dokternya apakah perlu dioperasi, dokternya bilang tidak perlu. Apa ada saran atau komentar dari dokter Lakshmi mengenai ini?
Thanks

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

dokter.. haruskah ambeien itu di operasi??? klo gak ada gak ya obatnya aga r tidak di operasi??? terimakasih dok..

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Selamat siang Bu Dokter,

Saya sudah melakukan operasi wasir (wasir saya stadium 3) dengan laser (safute), pada bulan maret 2012. setelah operasi masih ada benjolan yang keluar dari lubang anus sebesar kacang kedelai. ketika BAB (3 minggu setelah operasi) masih terasa pedih ketika mengeluarkan fases dan benjolan tersebut sedikit membesar. tetapi setelah (sekitar 1 jam) setelah BAB rasa sakit menghilang (terutama jika benjolan sudah mengecil). menurut dokter yang mengoperasi benjolan ini adalah pembengkakan pasca operasi yang akan kempis nantinya (menurut beliau 1 bulan)tapi kenapa setelah BAB benjolan ini trasa membesar ?. benjolan ini seperti wasir yang tidak bisa masuk. yang saya kawatirkan apakah ini wasir yang muncul kembali dan apakah memang hanya bengkak habis operasi ? dan apakah nantinya setiap BAB akan merasa pedih seterusnya ? saat ini saya diberikan obat ardium (dan sudah dan masih saya minum selama 3 minggu ini) apakah nantinya saya harus minum obat ini terus ?

 
, Blogger oekdeh wrote ...

yth. dr.lakshmi
bapak saya dioperasi wasir, tetapi kemudian ada benjolan di anusnya saya tidak tahu itu wasir/usus/apa. kemudian sebelum dioperasi, bapak saya tidak pernah mengelum sesak, palin juga merasa kembung saja. tetapi setelah menjalani operasi ini kondisinya terus menurun. kadang sesak napas. tetapi dr bedah menyuruh bapak saya pulang saja dan bilang memang sembuhnya lama (benjolan) itu. pernah ada dr jaga yg bilang bpk saya ususnya/lambungnya bengkak sehingga kena jantung, jadi sesak. yang menjadi pertanyaan saya :
-apakah operasi ada kesalahan/apa?
-saya pikir bapak saya sudah tua (76th) jadi ada komplikasi, selanjutnya pengobatan wasirnya sebaiknya bagaimana?
terima kasih sebelumnya. nb: kalau bapak saya sih dah pasrah, sudah banyak mengumbar wasiat (ini yg membuat saya sedih). terimakasih dok.

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Bu Dokter Lakshmi,
saya ingin bercerita tentang asal muasal saya terkena wasir. saya gadis, panggil saja FD, umur 19 tahun.

awal mulanya saat saya duduk di kelas 2 atau 3 smp, waktu itu saya BAB sangat keras dan saya paksa keluar dok. lalu saat BABnya keluar itu saya merasa (maaf) anus saya sakit sekali dan saya merasa seperti ada yang mengalir keluar dari anus dan saya lihat ada darah segar menetes2 begitu dok. sehabis BAB saya tidak merasakan sakit lagi dok, namun hal tersebut kerap terjadi beberapa kali sampai akhirnya tidak pernah seperti itu lagi. Namun dari anus saya ada bagian dari anus yang keluar, tapi bisa didorong masuk ke dalam anus dan tidak terasa sakit.

ohya dok, saya ini sangat suka makanan pedas.

sekarang saya sudah kuliah semester 4 dan lalu kira2 lebih kurang 2 bulan yang lalu saya sudah 2 hari tidak BAB dan itu membuat saya tidak nyaman sama perut saya dok dan akhirnya saya paksa untuk BAB. sehabis BAB, anus saya terasa sangat sakit, perih sekali rasanya dan 'sesuatu' yang keluar dari anus saya (spt yang saya ceritakan diatas) itu menjadi bengkak dan sakit jika tersentuh dok, namun saya BAB tidak berdarah. orang tua saya menyarankan saya untuk makan yang berserat tinggi, byk minum air putih, hindari makanan pedas dan asam, serta saya rajin minum Veg*tta namun tetap saya sehabis saya BAB anus saya terasa sakit.

seorang sanak menyarankan saya untuk menggunakan Pr*polis dok, dan alhamdulillah hasilnya terlihat. bengkak wasir saya tidak bengkak lagi. ohya dok, sekarang ini wasir saya seukuran ujung kelingking, tapi kalo sudah bengkak saya sampe nangis2 nahan perihnya dok. saat ini saya sudah lepas dari Pr*polis, saat sedang kambuh saya hanya mengonsumsi ambeiven saja dan terkadang saja menggunakan obat peluru ke dalam anus

sampai saat ini, hidup saya tidak pernah sama lagi seperti 2 bulan yang lalu dok. setiap habis BAB, saya berjalan seperti robot karena menahan sakit di anus. yang ingin saya tanyakan adalah :

1.Setiap habis BAB, kenapa daerah pinggiran anus saya jadi ikutan perih ya dok? bukankah seharusnya yang perih di wasir bengkaknya saja? apakah ini pengaruh akibat saya sering mencukur daerah pinggir2 anus saya dengan alat pencukur? soalnya saya tidak nyaman ada rambut sampai ke anus dok.

2.Saat ini saya masih suka mengonsumsi makanan pedas, khususnya sambel dok. Namun beberapa waktu lalu saya makan ayam menggunakan saos buatan pabrik terkenal, namun saat BAB wasir saya kembali bengkak dan sakit, padahal saya sering makan makanan pedas buatan rumah atau beli di warteg tapi baik2 saja saat BAB. apakah saos atau sambal buatan pabrik ada unsur tertentu yang memicu kambuhnya wasir lagi dok?

3.Sejak wasir ini kambuh, ada hal yang mengganggu saya juga dok. saya punya kebiasaan setiap habis buang air kecil atau BAB, saya selalu mengeringkan Ms.V dan anus menggunakan tissue. nah, sejak wasir ini kambuh, saya iseng (sehabis mengeringkan anus menggunakan tissue) mencium bekas tissue tsb dan saya langsung mual krn ada bau tidak sedap. seperti bau (maaf) pantat dok. kenapa bisa begitu ya dok? saya harus bagaimana? adakah cara untuk menghilangkan bau tidak sedapnya? saya malu habisnya..

Sekian dok, terima kasih :)

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Salam kenal Dr Laksmi,saya perempua(23thn). bulan yg lalu saya operasi ambein. Ambein saya dipotong oleh dr setelah pemeriksaan,krna ambein itu meradang dan berdarah hinga bikin sakit dan nyeri saat BAB,dr menyatakan saya harus dioperasi. Akhirnya saya operasi keesok`an harinya dgn dokter yang sama. Dr Lie dari RS.Husada. Selama operasi saya menangis krna menahan sakit dan rasa takut didalam ruangan operasi itu. Setelah 3hari saya ke rs lg untuk cek up,n diyatakan bersih. Namun,blm 1bln stlah operasi saya merasakan kok ambeien ini ada lagi dan masih kecil. Yang lebih menganggu adalah susahnya untuk BAB setelah operasi.saat ini saya sedang hamil 7minggu,apa yg harus dilakukan dok?krna saya tidak ada keberanian lagi untuk operasi ambein,takut sekali. Dan klo minum obat2"an saya takut menganggu janin saya. Mohon bantuan jawabannya ya dok... Terima kasih

 
, Anonymous Nur Muhis wrote ...

Selamat pagi Bu Dokter,

Saya baru saja op hemoroid di RS Roemani Semarang dng dr. jhoni Syueb.
Ada beberapa hal yg saya mau tanyakan:
1. Kenapa pasca operasi masih keluar cairan coklat (saya pakai pembalut dan sampai hari ini hari ke 5 pasca operasi masih ada bercak/noda di pembalut)dan baunya tidak enak banget
2. Larutan PK baiknya dicampur dengan air hangaet atau dingin
3. Berapa hari umumnya luka bekas operasi bisa kering.
4. Kenapa setiap BAB masih terasa sakit sampai hari ke 5 pasca operasi
5. Saya mengalami susah kencing, karena setiap buang air kencing terus terjadi tarikan atau apa istilahnya ya kontraksi terhadap anus maka langsung berhenti kencingnya dan terasa sakit saat kontraksi/tarikan/kejutan terhadap anus

Sementara itu dulu dok yang saya tanyakan terima kasih

Nur Muhis di semarang

 
, Blogger novita bela wrote ...

dok sy pendrta wasir,setelah bab rasanya skt,wasir sebesar jempol tgn,tp masih bisa dimasukan lagi pake jari,dn tdk keluar darah,apa wasir sy parah dan harus dioperasi ? apa wasir berpengaruh terhadap wanita hamil dan persalinan ?

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

ibu dokter,
saya mw operasi ambien eksternal, tp sy takut setelah pasca operasi takut pendarahan saat bab. dan sy mw tanya berapa bulan penyembuhan pasca operasi dok. innkan say sma klas 3 mw cari sekolah dan pastinya bnyk berpergian utk tes.

terimakasih dok

 
, Blogger Hasri Syam wrote ...

saya penderita hemorhoid grade3 (menurut dokter)
Kondisinya wasir saya telah ada sejak saya masih kanak2
bentuknya tiap kali buang air besar seperti ada bibir melingkar di sekeliling anus saya tapi tidak ada rasa perih sama sekali tiap kali selesai buang air dgn mudah dapat dimasukkan kembali.
mulai meradang sejak saya berusia 18 tahun, awalnya terjadi benjolan sebesar biji jagung dan perih, tapi hilang dgn sendirinya tanpa pengobatan khusus.
pada usia 24 th muncul radang (benjolan) sebesar biji kacang tanah & perihnya mulai mengganggu aktivitas saya.
pada usia 33 th, kembali terjadi lahi benjolan sebesar kacang mente yg memaksa saya harus bed rest selama 1 bulan dikarenakan sudah mulai ada pendarahan.
sekarang tidak ada benjolan tapi terjadi lecet2 seperti bibir yg pecah2 dan berada di sekeliling bibir anus saya yg keluar disaat buang air hanya saja lukanya cuman satu namun berpindah2 tempat.
selama ini bibir yg muncul disaat buang air tersebut masih tetap bisa masuk disaat saya masukkan selesai BAB, hanya saja sekarang kondisinya agak mengerikan karena tiap buang air terjadi pendarahan yg lumayan menakutkan.
sekarang usia saya 35 tahun.
Pertanyaan saya apakah saya harus melakukan operasi?
kalau memang harus dioperasi metode yg mana yg harus saya gunakan.
di RS mana saya bisa melakukan operasi tersebut. sekarang saya tinggal di makassar.
adapun biaya operasi bukan masalah bagi say.

Hasri syam

 
, Anonymous Ucie wrote ...

Selamt sore dok,,, Saya uci
saya mau nanya dok, sepupu saya menjalani operasi hemoroid kira2 1 mnggu yang lalu... saya kurang tau juga metode operasi apa yang digunakan, dan sekarang dia mengeluhkan rasa sakit dan gatal yang bahkan sampai ke bagian genitalia eksternanya...
dan benjolannya masih terlihat..
waktu konsul post. op, ditanyakan ke dokternya kenapa benjolannya msih ada, dokter mengatakan itu ga bisa dipotong karena jika dipotong ga ada lagi yang bisa menahan feses keluar...
Nah, apa sebenarnya yang dimaksudkan dokter itu dok? dan bagaimana jalan keluar yang baik agar benjolan yang ada itu tidak menyakitkan? Apakah benar ga bisa dipotong?
Terimakasih banyak sebelumnya atas bantuannya dok... :)

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Assalamualaiku dok...

Maaf saya ingin menanyakan hal ini ma dokter..
Pnggil sja sya ana,, saya skrg brusia 19 thun..
Bgini dok, sdah skitar 2 mnggu nii sya sngat sush BAB, akhirx sya mnum obt pencahar untuk mengluarkn BAB sya, kmudian, bbrapa hari stlah itu sembelitx mulai lgi, ketika sya sdang duduk, (maaf) pantan sya trasa gtal pda skitar anusx, ktika sya hax mnggosokx perlahan agar tdak gtal lgi, d'jari sya kmudian ada bercak darah, dn ktika sya priksa ternyta lubang anus sya brdarah,
keesokan hrix tidak lagi... Tpi bbrapa hri kemudian lubang anus sya trasa nyeri, dn ktika sya priksa ada drah dan sdikit luka d'lubangx....

Kmudian ktika sya BAB, pinggiran lubangx terasa perih namun tidak ada darah,,
tpi mulai kemarin saya perhatiin sperti ada bengkak kecil bwarna agak kemerah-merahan d'pinggiran lubang anus saya pas d'tempat yang kemarin ada lukax dan terasa perih.

Yang saya ingin tanyakan dok..
Apakah ini adalah gejala wasir internal?
Atau hax luka biasa?

Apabila gejala wasir apa obat yg pas untuk mencegah smakin parahx wasir ini?

Mohon bantuannya..
Dan terima kasih banyak yah dook...

 
, Anonymous ari_over wrote ...

Dokter Laksmi yang baik,

Saya wanita usia 43 tahun. Lima bulan lebih yang lalu saya operasi hemmoroids, hemmoroids saya waktu itu dalam kondisi grade 4 di 5 titik dan tidak dapat masuk lagi. Saya operasi dengan bedah konvensional. Pasca operasi dapat saya lewati, tapi sampai sekarang kok masih sakit ya dok ? tiap pagi ke belakang setelahnya selalu sakit. Kalau kondisi feses cukup masif, BAB seperti tidak tuntas, perlu 2-4 kali tapi anus tidak begitu sakit, tapi kalau kondisi feses tidak berbentuk (lembek sekali, maaf, BAB saya cukup tuntas meskipun masih ada sedikit rasa mulas, tapi anus saya terasa sakit sekali dan baru berkurang /hilang setelah tengah hari. Saya selalu makan pepaya banyak-banyak karena kalau kurang pepaya pasti menjadi sulit BAB. Apakah anus saya menjadi kurang elastis juga ya dok ?

Menurut dokter yang mengoperasi saya hal ini tidak apa-apa, dan saya dibekali boraginol-N apabila terasa sangat perih.

Apakah ini hal yang normal mengingat saya dioperasi sudah hampir 6 bulan yang lalu ? apakah ini akan membaik sendiri dengan waktu ? atau ada yang salah yang perlu diobati lagi ya dok ?

terima kasih dok ....

salam,

 
, Anonymous ardiyos wrote ...

bu dokter, saya mau tanya, idealnya setelah orang menjalani operasi terhadap wasir nya, berapa lama waktu yg di butuhkan agar bisa sembuh total..?
soalnya kakak saya operasi sejak hari senin, smpai hari kamis jangankan berdiri, duduk saja masih susah.
terima kasih dokter

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Sy penderita wasir std 4..
Sudah di operasi di rs.mitra kemayoran jkt tgl 23juli 12.
Seminggu stlhnya,sy mengalami pndarahan hebat.
Kmudian di operasi ulang utk mnjahit luka yg trbuka..
Stlh oprsi,ada bnjolan di pinggir anus.kt doktr itu bngkak pasca operasi..sy tdk dikasih obat/antiseptik.
Bengkak itu luka n mngeluarkan cairan kecoklatan dan bercak darah sedikit..
Yg saya takutkan,mungkinkah benjolan tsb mnjadi abses?dan kmudian mnjdi fistel?
Mohon bantuanya,dok..

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

bu dokter yg baik..

sy wanita berusia 25thn.sepertinya sy menderita hemoroid external. krn setelah melahirkan 5thn yg lalu, ada benjolan kecil yg kluar dri dubur sy. tp sm skali tdk terasa sakit jika BAB keluar. hanya terasa sangat mengganggu n sepertinya semakin lama semakin membesar tonjolannya..
hanya sy masukkan kembali jika telah selesai BAB..
yg ingin sy tanyakan adlh:
1. apa perlu sy menjalani operasi??
2. apakah tdk ada pengobatan alternatif lainnya selain operasi..?? soalnya sy takut dioperasi dok..
makasi atas penjelasannya ya bu dokter.. sukses slalu :)
tiny

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

bu dokter yg baik...
sy setelah melahirkan 5thn yg lalu, ada benjolan kecil yg keluar dri dubur sy. yg ingin sy tanyakan adalah:
1. apakah itu termasuk wasir??
2. tp benjolan kecil tsb makin lama makin membesar. apakah berbahaya dok?
3. saat BAB tdk terasa sakit atopun keluar darah. hanya tersa sangat tdk nyaman krn terkadang terasa geli.. apakah itu normal dok klo mmg termasuk gejala wasir??
4. klo sehabis BAB benjolan tsb sy tekan masuk kembali ke dubur. tp setelah itu keluar lagi dgn sendirinya. mengapa begitu ya dok??
5. apakah tdk ada alternatif lain selain tindakan operasi?? krn ada tmn mengatakan bhwa ada semacam obat minum yg bsa menyembuhkan wasir tanpa operasi sm sama skali..
mohon penjelasannya ya dok..
makasii :)

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

dok saya dian,bisa minta pin BB dktr?saya mau knsultasi masalah wasir saya.trimakasih

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Ibu dokter,
tadi pagi saat BAB ada keluar semacam cacing yg agak panjang,saya khawatir klo ditarik keluar wasir ikut keluar.saat BAB tidak keluar darah,apakah itu cmn cacing?THX

 
, Blogger sayaga77 wrote ...

salam buat bu doktr dari sy erdie di cirebon,,saat ini saya baru pulang dr RS elabuhan setelah 1 minggu dirawat atas ops pemotongan wasir dengan stapler,,alhamdulillah sukses dan ingin sekali sembuh total apapun pantangannya,,dan semoga blog ini bs mempersatukan para pasien wasir se dunia baik yang ringan maupun yang terberat,,

 
, Blogger sayaga77 wrote ...

thx bu dokter

 
, Blogger sayaga77 wrote ...

salut buat bu dokter,,

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Bu dokter saya senin kemarin baru sudah operasi wasir hari rbu saya sudah boleh pulang tpi BAB saya gak lancar hanya sekali keluar itu pun sakit banget ngeluarin nya setelah itu kepala saya pusing dan mual serasa mau pingsan . Setiap saya sakit perut perut terasa melilit sekali tapi kotoran nya gak mau keluar . Gimana itu dok ?

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Bu dokter saya tria mahasiswi umur 17th . Bu saya hari senin kemarin tgl 21 januari 2013 habis operasi wasir hri rbu saya udah boleh pulang tpi BAB sya gak lancar saya hanya BAB satu kali dalam seminggu ini itu pun susah ngeluarin nya setelah keluar saya mau pingsan kepala pusing perut mual pandangan gelap . Setiap saya sakit perut perut serasa melilit sekali tpi kotoran nya gak mau keluar gimana itu dok ?

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Ibu Dokter yang Terhormat !
saya baru selesai oprasi hemoroid, setelah habis bius'a sya merasakan sakit yg luar biasa Dok, BAB saya jd g bisa ditahan, trus bekas oprasi'a ada benjolan kecil tampak dr luar, jd merasa ada perubahan dalam anus saya, apakh benjolan kecil itu Dok ?...

 
, Anonymous asty wrote ...

dok, saya sudah konsul ke dokter bedah digestif, terus dikasi venosmil gel, itu gel nya dioleskan ke benjolan yang diluar aja atau dioleskan ke dalam juga?

 
, Blogger hafidz arifin wrote ...

Bu Dokter,
Nama saya Hafidz,

Terima kasih atas penjelasan ibu di Blog ini. setelah saya membaca isi blog ini, saya merasa bahwa ambeien saya sudah stadium III.
kalau Dokter tidak keberatan, mohon diinformasikan mengenai tempat praktik Ibu Dokter.
saya tinggal di bekasi timur
jika tidak bisa melalui Blog ini, mohon di informasikan melalui email di hafidz.arifin@gmail.com

terima kasih atas tanggapan Ibu.

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Dear Ibu Dokter yang terhormat,

Dok, sekitar 2 bulan yang lalu saya melakukan operasi wasir laser. masalah wasir saya hilang, tetapi masalah baru datang. lubang dubur saya mengalami penyempitan. hingga saat ini belum juga kembali normal. dokter yang menangani saya menyarankan menggunakan baktroban dimasukkan kedalam anus selama kurang lebih 10 menit. ini sudah yang ke beberapa hari saya melakukan hal tersebut. namun hingga hari ini lubang dubur saya belum kembali normal, sering sekali saya mengedan ketika BAB dan butuh waktu yang lama bisa sampai 1 jam saya di toilet dan sampai 3-4 kali sehari saya BAB. ini kenapa ya dok? apakah lubang dubur saya bisa kembali normal lagi? apa yang harus saya lakukan agar dubur saya kembali normal?
ini sangat menyiksa sekali. dan saya takut untuk melakukan operasi lagi dok tapi saya ingin normal lagi.
Mohon bantuannya dok, sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih
Asep

 
, Blogger Francka Lee wrote ...

Dear bu dokter, saya frans. Saya mau bertanya jika saya melakukan operasi stapler, berapa hari saya bisa beraktifitas normal/ traveling. Karena rencananya sata akan operasi diminggu depan dan 2 minggu setelah operasi saya akan traveling cukup jauh selama 10 hari. Apakah itu tidak masalah bu?

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Selamat malam ibu dokter...
Telat Βαηƍέτ sy buka blog nya ibu tentang wasir ni, tapi semoga ibu masih bersedia menjawab pertanyaan saya...

Begini dok.
Dari gejala awal sampai sekarang, kira-kira 6 tahun yang lalu, saya sekarang menderita wasir grade 4 (menurut yg sy baca). Awalnya ketika kuliah awal semester, sy mendapat banyak sekali tugas laporan penelitin yg membuat sy sering duduk berlama" dan minum yg kurang dari seharusnya.
Pertama kali sy hanya merasakan gatal, kemudian ketika BAB keluar darah. Kemudian lanjut dengan adanya tonjolan. Tonjolannya awalnya c bisa masuk sendiri terus harus d masukin n akhirx gk bisa masuk sama skali sampe sekarang.
Dulu mungkin ada rasa sakit saat mengeluarkan darah, terasa panas. Tapi lama kelamaan sy tidak mengalami pendarahan n tak terasa kenapa". Sesekali mungkin terjadi pendarahan lg tapi itu sekali lg hanya sesekali jika BAB keras.
Nah yg jadi pertanyaan sy, apakah saya perlu untuk melakukan operasi??? Apa baiknya sy tdk usah operasi krn sy merasa baik" saja (karena tidak ada pendarahan n rasa sakit saat BAB, hanya saja ada tonjolan yg mengurangi estetika)????? Apa dampak buruknya jika sy tidak melakukan operasi???
Oy, sy jg membaca wanita yg akan melahirkan jika memiliki wasir akan beresiko pada saat melahirkan normal. Kalo semisal sy siasati jika kelak melahirkan sy melahirkan cesar, apakah sy masih perlu melakukan operasi wasir????

Tolong dok jawabannya.
Terimakasih.

NB:
Dok mohon info kontak yang bisa dihubungi.

 
, Blogger dimas raharjo wrote ...

hallo,

ibu dokter saya mau tanya,,
sudah hampir 4bln ayah saya menderita strok ringan,
minggu kemarin saya dpt kabar dr ibu saya, klo ayah saya harus di oprasi,
saya kaget karena ada 2 surat pernyataan yg harus sy tanda tangani yaitu jantung & interna,
untuk interna itu saya kurang paham,,
mohon penjelasan'a
terimakasih

 
, Blogger azury vamps wrote ...

ass.. dok,ayah saya 18 thun trkna wasir.sbulan yg lalu ayah saya terbaring karena wasirnya mnimbulkn skit yg dahsyat.5 hri yg lalu ayah saya operasi di sarawak,malaysia awalnya BAB nya lncar,tpi hri k 3 sbuh susai operasi,msh lncr tp dngn rasa yg panas pada kotoran yg keluar.hri ini.. hri k 6 seusai operasi ayah saya mengalami rsa sakit yg luar biasa.. d sebabkan kotoran mengeras.. pdhal sudah bnyak mkn sayuran,air putih,dn pepaya.. mhon saran nya dok agar kotoran bsa hncur dn tidak mngeras.. saya sudah tdk thn mlihat penderitaan ayah saya

 
, Anonymous Emilda wrote ...

Assalamualaikum Bu dokter,,,,,
Buk,, sekitar sebulan yang lalu anus saya robek karena kuku jari saya,, sehingga menimbulkan benjolan sebesar 1,5cm di tepi bibir anus saya,dan benjolan itu tdk bs msk ke dlm anus saya walaupun sdh d dorong dgn jari,dan setiap BAB saya mengalami nyeri dan perih yg sgt menyakitkan,, Lalu hal ini saya bawa ke dokter spesialis bedah dan tumor di kota saya,, kata dokter tsb saya mengalami Fisura Ani,dan tdk perlu di operasi,,,lalu saya diberi obat Cefadroxil,ciflon,obat berupa peluru,laxadine, tp hingga saat ini sdh satu bulan lebih kenapa ya benjolan itu tak kunjung hilang,trkdg saat BAB sgt nyeri,gatal,,,, tindakan apa yg harus saya lakukan dok???? terus terang saya jd frustasi.... terima kasih bu dokter

 
, Blogger Suci Silviani wrote ...

Ass ibu dokter
saya silvi bingung sama keadaan saya saya berumur 20 tahun . baru2 muncul .. di dekat anus saya ada dan benjolan daging tumbuh menyerupai ambeien.. tapi kalau saya duduk tidak merasakan sakit, dan juga berjalan.. tetapi daging ini kadang mengecil dan kadang membesar.... mohon jawabanya dok.

 
, Blogger Arin Santoso wrote ...

bu dokter. .
saya berusia 15 thun , saya menderita wasir sudah 2 tahun , saya wasir kemungkinan faktor keturunan . .
wasir saya mngkin sudah tingkat 3, saya takut untuk menjalani op , karena membaca beberapa komentar org2 yg tlah menjalani op . .
apa ada cara lain slain op untuk menghilangkan wasir dok ?

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

saya baru menjalani operasi wasir metode stapler 5 har yl. mengenai pendarahan saat bab, makanan, perawan, anjuran dan larangan, dsb memang sudah diingatkan dokter. semua msh tahap wajar.
pertanyaan saya, setiap kali sy tidur, di tengah2 tidur dubur sy seperti tersentak, seperti menyedot, sakit yg tiba2. ini menyiksa sekali, krn sy tidak bisa tidur. anehnya ketika sy terjaga, sakit yg menyentak tiba2 ini tidak ada.
mohon penjelasannya dan terima kasih.

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

@Dipo : konsultasikan pada dokter bedah yang bpk mrasa cocok . Semoga saat ini kondisi bpk sudah jauh lebih baik.
@Nina : Keputusan operasi atau tdk setelah melalui pemeriksaan. Saran, konsultasikan pd dokter bedah terdekat
@Denki : semoga saat ini sdh jauh lebih baik ya. Semoga operasinya lancar.
@anonymous : kalau memang diagnosanya abses, maka jalan satu2nya harus operasi, semoga saat ini sudah membaik ya ? maaf terlambat membalas
@Ninik / anonymous : maksudnya bagaimana ? op nya berbarengan dengan cesar ? sy tdk pernah melakukan op wasir bersamaan dg op klahiran krn wasir yg timbul saat khamilan diharapkan dapat sembuh setelah melahirkan.
@anonymous :
1) Apakah pembengkakan itu berbahaya Dok? Berbahaya atau tidaknya harus diperiksa bu. Kalau hanya lewat tulisan seperti ini susah,
2) Apakah nantinya bisa kempes dan berapa lama? Tergantung kondisinya
3) Kadang saya mengalami rasa gatal yang luar biasa. Kata Dokternya itu proses pengeringan luka. Apakah itu benar Dok? Yaa biasanya ada gatal setelah operasi
4) Kadang-kadang saya masih mengalami pendarahan sewaktu BAB, padahal feces tidak keras dan saya tidak mengejan. berbahayakah Dok? Saya takut kalau terjadi fistel perianal => kalau perdarahan, harus dperiksa bu< coba kontrol kembali ke dokter bedahnya.
5) Berapa lama jahitan operasi wasir itu mengering? Kapan saya boleh beraktivitas menggunakan motor? Luka membaik, tergantung banyak hal, aktifitas motor dapat dilakukan secepatnya jika sudah merasa lebih baik
Mohon maaf lambat memberi komentar. Semoga saat ini sudah jauh lebih baik.

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

@vidi : keluhan2 yang terjadi tsb adalah wajar setelah operasi, akan tdk menjadi wajar jika ada hal2 lain unt mengetahuinya harus dilakukan pemeriksaan. Semoga saat ini sdh membaik. Maaf terlambat menjawab.
@Danan :
- Obat apa yang saya dpt konsumsi setelah 2 minggu operasi dan sampai kapan sy konsumsi? Tergantung keluhan yang ada. Yang pasti obat penghilang rasa nyeri biasanya diberikan, obat yang lain tgtg keluhan yang ada.
- Kondisi bekas operasi sudah baik dengan keluhan rasa sakit saat BAB,dan duduk yg lama atau saat berdiri. => semoga saat ini sudah membaik ya.
-Perdarahan masih terjadi jk prefekasi agak mengejan/tinja agak keras... => kalau tdk banyak tdk apa2
- Kapan perendaman PK saya harus hentikan...? bila sudah sembuh
-apakah obat helbal yg dpt sy konsumsi sesuai pengalaman ibu? => sy tdk mempunyai pengalaman soal obat herbal.
-jk ada artikel dan anjuran IBu mohon kiranya dapt sharing ke email saya ; dananjaya040775@yahoo.co.id => artikel hemoroid sementara hanya di blog ini saja pak.
Mohon maaf terlambat membalas, mudah2an saat ini sudah dalam keadaan baik.

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Mohon maaf terlambat untuk membalas.
@anonymous : cairan keluar yang berbau, coba konsultasikan kembali pada dokter bedahnya supaya diperiksa, khawatir infeksi. Mudah2an saat ini sudah jauh lebih baik.
@syarifudin : gangguan bentuk BAB bisa saja terjadi setelah operasi, lama2 akan kembali seperti biasa.
@heri : wasir ada kemungkinan bisa timbul lagi walaupun sudah operasi
@akhmad : lama2 keluhan tersebut akan hilang
@anonymous : kalau dari ceritanya sepertinya hemoroid / wasir eksterna/luar ya ? biasanya tdk menimbulkan hal2 lain seperti halnya kalau wasir dalam. Dijaga jangan sampai bertambah besar.
@anonymous : harus dipastikan unt memastikan. Biasanya kekambuhan tdk secepat itu.
@visi : konsultasikan kembali pd dokter bedahnya biar diperiksa ya
@anoymous : terimakasih, alhamdulillah
@april : beda konvensional dengan stapler sudah saya jelaskan di blog ini Bu, silahkan dibaca.
@EZ : wasir tidak selalu harus operasi. Periksakan ke dokter bedah terdekat.
@aisyah : bila mengganggu karena benjolan maka tindakannya adl operasi unt menghilangkan benjolan tersebut.

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Mohon maaf terlambat untuk membalas.
@bundaazam : semoga saat ini sudah membaik ya bu.
@anonymous : soal kondiloma akuminata memang biasanya ditularkan melalui hubungan seksual. Sy tdk bisa komentar lebih jauh lagi karena tdk periksa langsung unt melihat bentuk makroskopiknya bagaimana.
@anonymous : mungkin yang dimaksud adalah fistel ya ? kalau memang diagnosanya demikian maka tindakannya adalah operasi
@anonymous ? sofyan :
1. masih ada benjolan yg keluar di anus kira2 2 cm. => benjolannya seperti apa ya ? sy susah berkomentar karena tdk periksa.
2. benjolan yg keluar trsebut mengeluarkan cairan yg bau. => mengeluarkan bau ? infeksi kah ?
3. kondisi tubuh istri sy lemah, krn dicoba berjalan kira2 25 Mtr aja tubuh terasa letih sekali. => coba periksakan kembali pada dokter bedahnya.
@anonymous :
1.Apakah jika melakukan operasi maka ambein itu akan hilang selamanya => kalau dilakukan operasi, wasir akan hilang krn operasi yg dilakukan kan membuang wasir
2.Menurut ibu dokter bagaimana dengn obat tradisional herbal untuk ambein apakah itu aman atau tidak..=> sy tdk punya pengalaman dengan obat herbal, jd tdk bisa memberi komentar
3.Mohon untuk message ke email saya bu Hakiem_1985@yahoo.co.id untuk alamat praktek ibu dokter..
@Rahas : email saya bedah.banget@yahoo.com
@herlina : saya harus periksa Bu.

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Mohon maaf terlambat untuk membalas.
@anonymous : tdk semua ambeien itu harus dioperasi
@anonymous : ardium td diminum lama
@oekdeh : semoga bapak sudah jauh lebih baik ya
@anonymous / FD :
1.Setiap habis BAB, kenapa daerah pinggiran anus saya jadi ikutan perih ya dok? ** Mungkin luka krn wasir atau karena feses yg keras. Untuk memastikan, harus diperiksa
2.Saat ini saya masih suka mengonsumsi makanan pedas--- ** sambel harus di stop
3.Sejak wasir ini kambuh, ada hal yang mengganggu saya juga dok. ---- ** harus diperiksa seharusnya tissue yg berasal dari vagina tdk berbau seperti bau yang berasal dari anus.
Semoga saat ini sudah membaik ya.
@anonymous : semoga saat ini sudah membaik ya
@Nur Muhis :
1. Kenapa pasca operasi masih keluar cairan coklat (saya pakai pembalut dan sampai hari ini hari ke 5 pasca operasi masih ada bercak/noda di pembalut)dan baunya tidak enak banget : ** biasanya akan menghilang lama2. Coba kontrol kembali ke dr bedahnya. Biasanya ada obat tambahan yang harus diminum.
2. Larutan PK baiknya dicampur dengan air hangaet atau dingin ** hangat
3. Berapa hari umumnya luka bekas operasi bisa kering. ** setelah 1 bulan biasanya membaik, kecuali ada hal2 khusus lainnya.
4. Kenapa setiap BAB masih terasa sakit sampai hari ke 5 pasca operasi ** masih wajar pak
5. Saya mengalami susah kencing, karena setiap buang air kencing terus terjadi tarikan atau apa istilahnya ya kontraksi terhadap anus maka langsung berhenti kencingnya dan terasa sakit saat kontraksi/tarikan/kejutan terhadap anus ** lama2 akan membaik
Semoga saat ini sudah jauh lebih baik ya ? maaf terlambat membalas.

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Mohon maaf terlambat untuk membalas.
@novita bela : bila tdk mengganggu biasanya tdk dioperasi. Hamil bisa menambah keluhan psn wasir
@anonymous : memang harus dilakukan operasi kah ? oleh dokternya ?
@hasri syam : semoga sedah dilakukan operasi ya pak
@Ucie : sy kurang jelas dengan benjolan, seperti apa ya benjolannya
@anonymous / Ana : semoga saat ini sdh membaik ya ? menurut dokter apa ? smoga bukan abses
@ari_over : semoga sdh jauh lebih baik sekarang ya
@ardyos : bila tdk ada komplikasi dan hal2 lain yang cukup srius, satu bulan biasa sdh membaik.
@anonymous : semoga sudah jauh lebih baik ya
@anonymous : bila tdk ada keluhan biasanya td perlu operasi. Coba konsutasikan dulu pada dokter bedah terdekat.
@anonymous :
1. apakah itu termasuk wasir?? ## harus diperiksa untuk memastikan
2. tp benjolan kecil tsb makin lama makin membesar. apakah berbahaya dok? ## harus diperiksa untuk memastikan
3. saat BAB tdk terasa sakit atopun keluar darah. hanya tersa sangat tdk nyaman krn terkadang terasa geli.. apakah itu normal dok klo mmg termasuk gejala wasir?? ## normal
4. klo sehabis BAB benjolan tsb sy tekan masuk kembali ke dubur. tp setelah itu keluar lagi dgn sendirinya. mengapa begitu ya dok?? ## sudah tdk bisa masuk kembali
5. apakah tdk ada alternatif lain selain tindakan operasi?? krn ada tmn mengatakan bhwa ada semacam obat minum yg bsa menyembuhkan wasir tanpa operasi sm sama skali.. ## wasir tdk harus selalu dioperasi.


 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Mohon maaf terlambat untuk membalas.
@anonymous /dian : di no tel 081 310 166 750 saja bu 
@anonymous : sy tdk komentar krn tdk melihat/memeriksa
@sayaga / erdie : alhamdulillah – Puji Tuhan ; terimakasih.
@anonymous / tria : bisa terjadi hal seperti itu setelah op. Unt lebih jelasnya harus diperiksa oleh dokter bedahnya Tria.
@anonymous : biasanya setelah op benjolannya belum muncul.
@asty : oles di wasirnya.
@hafidz arifin : semoga saat ini sudah pulih ya
@asep : semoga saat ini sudah membaik ya pak
@francka : kalau habis operasi jangan bpergian jauh dulu deh
@anoymous :
Bila tdk ada keluhan yang mengganggu, tidak usah operasi.
Melahirkan secar dengan indikasi op wasir adalah dua hal yang berbeda.
Sy bisa dihubungi di 081 310 166 750
@dimas raharjo : interna itu ahli penyakit dalam. Semoga kondisi bapak sudah jauh lebih baik ya.
@azury : selain diet tinggi serat yang harus sangat diperhatikan. Obat pelunak feses juga boleh diberikan.
@emilda : sy ga bisa komentar karena tdk periksa
@suci ; mugkin wasir mungkin juga yang lain. Bisa difotoin ga ?
@arin : wasir tdk selalu harus operasi
@anonymous : obat penghilang nyerinya mungkin kurang



 
, Blogger ruslan nurdin wrote ...

Mau tanya dok,apakah betul setelah menjalani operasi wasir nantinya tidak bisa menahan BAB?

 

Post a Comment

<< Home