11.16.2005

Tumor kulit pada Wajah

Tumor kulit pada wajah biasanya disebabkan karena paparan sinar matahari yang berlangsung lama. Jika mendapatkan tumor wajah yang seperti pada gambar disamping ini, sebaiknya dioperasi.
Dokter akan mengangkat tumor dengan irisan yang cukup luas dengan meninggalkan batas sehat. Setelah dioperasi, massa tumor akan diperiksa di bagian patologi anatomi untuk menentukan jenis tumor ybs. Jika terbukti keganasan maka akan di lakukan tindakan lebih lanjut sesuai jenis patologi anatominya / jenis kankernya. Kanker kulit terbukti amat destruktif, sehingga jika terlambat diambil bisa menimbulkan kerusakan setempat dan daerah-daerah sekitarnya. Kalau sudah terjadi destruksi yang lanjut maka operasinya bisa tambah sulit karena memerlukan tindakan rekonstruksi wajah ..... seperti terlihat pada foto dibawah. Ini adalah tumor kulit curiga kearah keganasan yang terlambat dioperasi karena yang bersangkutan menolak.
Setelah datang kembali sang tumor sudah destruktif pada daerah sekitarnya sehingga jika dilakukan operasipun akan mengalami kesulitan karena diperlukan rekonstruksi wajah yang luas.
Pada kasus seperti ini operasi dilakukan secara team, bedah tumor bekerjasama dengan bedah plastik dan spesialis mata
Waspada terhadap benjolan seperti andeng-andeng / tahi lalat di wajah apalagi kalau tambah membesar, timbul rasa gatal, kemerahan di sekelilingnya dan mengeluarkan cairan/darah.
Segera periksakan pada dokter Bedah, untuk dilakukan tindakan lebih lanjut.
Jangan sampai terlambat !!!

8 komentar

, Blogger Dani Iswara wrote ...

kl andeng2nya gak patologis..tp krn alasan kosmetis..baiknya diambil gak bu ya..ke bedah umum, bedah kosmetik..atau bedah plastik..?[nb: kl di kota besar semuanya ada..]

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Andeng-andeng ga patologis ? Yakiiin ? Kalau yakin, biasanya diambil atas pertimbangan kosmetik atau feng shui (apalah namanya .. kan ada tuh kalo letak andeng-andeng di bagian tubuh tertentu, katanya akan berakibat ga baik - buat yang percaya feng shui). Operasi bisa dilakukan oleh bedah umum atau bisa juga oleh bedah plastik/kosmetik (tergantung pilihan pasien). Bahkan terakhir saya dengar spesialis kulit dan kelamin juga melakukan operasi yang seperti ini. Sepertinya ga ada masalah, asalkan operasi dilakukan dengan benar. Mengangkat seluruh jaringan tumor, membuat irisan yang seminimal mungkin dan sesuai dengan garis kulit sehingga penyembuhannya bagus, meminimalkan terjadinya sikatrik. Penggunaan benang dan tehnik operasi yang baik sangat menentukan keberhasilan dan keindahan hasil operasi. Maklum andeng-andeng kan biasanya dimuka ... penyembuhan harus bebas sikatrik sehingga hasil dapat semulus-mulusnya. Saya paling "gatel" kalo liat orang punya andeng-andeng yang cukup besoaaaar, bawaannya mau ngambil aja ...hehehe (kayak andeng-andengnya Ita Purnama Sari, Dina Mariana dan SBY hahaha)
Salam sejawat,

 
, Blogger E2N wrote ...

Dok,
Sejak kecil saya punya tahi lalat besar di atas (maaf) pantat, tadinya gapa2 sih,,,tumbuh normal (tumbuh rambut 1).
Saat saya dewasa , tumbuh tumor d payudara kanan sy selang 1 th kmdn saya operasi, (sebelum saya berniat hamil, krn saya takut mempengaruhi janin)& alhamdulillah pertumbuhan tumor tdk pesat , saat diangkat sbesat biji rambutan berwarna putih & PA menunjukkan tdk ganas.1 th kmdn setelah melahirkan sang bidan merasa aneh melihat tahi lalat saya (yg di atas pantat), saya jd kaget saat melihat kembali (krn tdk prnh saya amati), tahi lalat tersebut tumbuh tdk beraturan (spt kembang kol & tumbuh rambut setiap tongolan), diagnosa dokter Papiloma, kmdn diangkat.
2,5 th berselang,,ad benjolan lg di payudara kanan, saya takut,,,krn sedkt skt, sy tdk tau apa krn saya blm mendapat haid atau hanya perasaan saja,,,haid saya sdh telat 2 mgg & seminggu sblm ini sya menderita keputihan (cair bening & gatal, kebetulan mmg kulit saya gampang iritasi shhg serg luka akibat gtl tsb), tp skrg sdh sembuh stlh rutin memakai Lactacyd.
Yang Saya tanyakan...knp skrg Saya jd cenderung pnya bakat tumor, pdhl stlh oprs dulu, sy sngt menjaga makanan & tdk KB (Klrg makn makanan yg sm dg saya, tp knp Saya serg banyk keluhan kesehatan)Bgmn crnya agr tdk tumbuh lg?Saya takut , walo sdh dioperasipun ka tumbuh keluhan lain.Saya berniat mengkonsumsi Ekstrak Keladi Tikus (Thiponium Plus),yg berkhasiat utk kanker, apa perbedaan tumor ganas dg kanker?ap tdk berbahaya dikonsumsi utk tumor jinak?
Terima kasih jawabannya Dok.

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth E2N
1) Tumor ganas sama dengan kanker
2) Saya tidak punya pengalaman dengan ekstrak keladi tikus, jadi belum bisa byk memberikan komentar.
Saran saya, konsultasikan pada dokter bedah terdekat.
salam,

 
, Blogger hari.fx wrote ...

Nenek saya punya luka sama persis dengan foto bwah dari ke 2 foto tersebut, hanya letak di sebelah mata kanan dari mata kanan, jadi hampir memebutakan mata kanan. 2 tahun lalu hanya berupa benjolan kecil sekarang sebesar itu. mohon info bagaimana cara penyembuhanselain operasi. Terima Kasih Saya di 08179143732

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Hari.fx,
Maaf baru balas.
Sebaiknya periksakan ke dokter bedah tumpor terdekat, biasanya operasi yang dilakukan melibatkan banyak disiplin ilmu.
Dan pasti perlu rekonstruksi juga.
Setahu saya penanganannya hanya operasi.
Semoga saat ini, nenek sudah mendapat penanganan yang baik ya.
salam,

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

diwajah saya banyak sekali komedo tertutup. Sy sdh konsultasi ke Dr. kulit, katanya sejenis tumor jinak, penanganannya bisa ke skin centre melalui terapi sinar. Adakah solusi lainnya ? saya di Kalimantan.

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

@anonymous : coba konsultasikan pada dr SpKK terdekat

 

Post a Comment

<< Home