12.11.2005

Stapling hemorrhoidectomy

Tehnik operasi terbaru untuk hemoroid / wasir. Tindakan operasi ini adalah tindakan yang amat minimal invasif. Dan dari penelitian yang dilakukan, setelah operasi memakai tehnik ini rasa nyeri nya amat sangat sedikit serta masa rawat inap nya lebih pendek dibandingkan tehnik operasi yang konvensional. Meskipun banyak faktor juga yang mempengaruhi tapi secara garis besar tehnik operasi ini lebih baik dibandingkan tehnik operasi terdahulu dengan catatan hanya untuk kasus yang betul-betul direkomendasikan untuk memakai tehnik ini. Sisa jaringan yang di eksisi akan tetap berada se anatomis mungkin, artinya tidak banyak jaringan sehat yang ikut rusak.

Image hosted by Photobucket.com Alat stapler itu bentuknya seperti dalam gambar ini.

Jadi alat tersebut dimasukkan kedalam anus yang sebelumnya dimasukkan alat dilator anus . Kemudian dilakukan penjahitan pada tempat hemoroid dan stapler dimasukkan sambil jahitan tadi diikat kencang. Stapler di tarik untuk memberi tempat ikatan betul-betul kencang. Setelah itu stapler dimasukkan maksimal, kemudian dilakukan stapling /pemotongan. Setelah stapling selesai, evaluasi pada daerah stapler line, jika masih ada perdarahan lakukan penjahitan. Tapi jika dilihat perdarahan tidak ada, operasi dinyatakan selesai. Operasi ini relatif cepat dan memberikan kenyamanan pada pasien karena rasa nyeri yang minimal tadi. Hanya ada kelemahannya, tidak semua jenis hemoroid bisa dilakukan dengan metode stapler dan metode ini butuh operator yang betul-betul biasa melakukan tehnik ini. Apapun tehnik operasi yang dilakukan, dokter pasti akan memberi tahu prosedur yang akan dilakukan.

30 komentar

, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Pak Indra,
1. Operasi bisa dilakukan di RS mana saja ; yang melakukan dokter bedah umum atau dokter bedah digestif
2. Open hemorroidektomi
3. Biaya biasanya tergantung RS yang dituju. Biaya lebih 'miring' biasanya di RS pemerintah.
Maaf, apakah Bapak ikut asuransi tertentu ? tentunya dengan ikut asuransi, biaya operasi tidak menjadi masalah kan ?
Menurut saya dengan melihat kondisi hemoroid yang Pak Indra derita lebih cocok dilakukan hemoroidektomi open ... jadi bukan yang metode stapling ...
Selamat menjalankan operasi ....
Salam,

 
, Blogger zayyana wrote ...

Yth Ibu Dokter,

Ada pendapat bahwa teknik operasi (Open hemorroidektomi) beresiko besar, rawan infeksi, karena luka akibat operasi akan terkena kotoran saat kita buang air besar. Mohon pencerahan Ibu mengenai pendapat tersebut.

Terima kasih.

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Semua tehnik operasi hemoroid baik yang open maupun yang memakai stapler (mungkin ini yang Yana maksud ya ?) saya pikir sama-sama rawan infeksi karena lapangan operasinya memang pada daerah yang "kotor".
Kita kan bermain di anus Yan ... menjahit massa hemoroid di anus yang setiap hari selalu dilewati oleh kotoran.
Jadi resikonya sama-sama besar, tergantung "kerajinan" si pasien untuk menjaga kebersihan dengan cara (salah satunya) merendam pantat dengan cairan tertentu yang akan di rekomendasi oleh dokter yang mengoperasi.

Pada beberapa kasus saya lebih senang melakukan dengan tehnik stapler apalagi pada hemoroid yang grade 4. Cuma yaaa kesulitannya tidak semua pasien mampu untuk membeli alat stapler (yang habis pakai buang). Jadi pada pasien yang keuangannya terbatas, saya sarankan untuk open hemoroidektomi.
Pada stapler rawan infeksinya sama hanya beda rasa nyerinya saja dan kenyamanan pengerjaannya.

Semoga jawaban saya bisa membantu ya Yana (boleh kan saya memanggil dengan sebutan Yana ?)

 
, Blogger Shepard Feirey wrote ...

ibu laksmi yg terhormat,
Saya ibu rumah tangga,umur 44th.Saya menderita wasir 1 minggu ini.Wasir yg saya alami tidak mengeluarkan darah,hanya pada bibir anus terasa ada benjolan yg keluar.pertolongan pertama yg saya lakukan dg memberi salep ultraproct dan minum obat ardium.Walaupun skrg terasa mengecil tetapi benjolan itu masih saja dpt dirasa bila diraba.
Yg ingin saya tanyakan adalah:
1.Apakah benjolan itu dapat sembuh?
2.Dengan kasus seperti itu apakah hrs dioperasi?
3.Dapatkah ibu memberitahu alamat praktek dokter bedah disgestif yang wanita,krn saya malu utk dtg ke dokter pria.
4.Apabila berobat dg alternatif seperti yg diberitahukan ke saya oleh teman2 utk dtg ke bungur raya akan aman?
Terima kasih banyak
Salam ibu handoko

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Ibu Handoko,
Langsung saja ya Bu,
1. Dapat sembuh bagaimana Bu ? maksudnya benjolannya menghilang ? sepertinya tidak akan menghilang. Kalau dari cerita Ibu kemungkinan hemoroid eksterna ya ? seperti kiwir2 gitu kan Bu ..?
2. Biasanya sih tidak perlu dioperasi, tapi kalau mengganggu sekali bisa dilakukan operasi.
3. Saya tidak tahu ahli bedah digestif yang wanita Bu ... kalau bedah umum ada :)
4. Saran saya : jangan lakukan pengobatan hemorrhoid dengan pengobatan alternatif.

Untuk mencegah agar keadaannya tidak bertambah parah, mulai saat ini pola kebiasaan BAB Ibu harus diperbaharui dengan cara a.l
- minum 8 gelas/ hari
- diet sayuran - buah2, tinggi serat
- biasakan BAB tiap hari / kali dan tidak keras, tidak mengejan.
Terimakasih juga Ibu karena sudah mampir di blog saya, semoga cepat membaik ya ..
Salam,

 
, Blogger mydoders wrote ...

yth ibu dokter lakshmi,
setelah membaca blog yg telah ibu dokter buat ini, sy jd tertarik untuk berkonsultasi secara lgs, jika ibu berkenan, dimana saya dapat berkonsultasi dengan ibu secara langsung...mohon di jawab langsung saja ke email saya di mydoders at yahoo dot com
terimakasih

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth mydoders ...
Terimakasih telah mampir di blog saya
salam,

 
, Blogger novita wrote ...

Ibu laks,
senang sekali saya bisa konsultasi dengan ibu. bu, saya baca diinternet tentang artikel dr niko, cara suntik hemoroid bukan dengan obat-2an kedokteran barat tetapi beliau dengan obat cina (kalo ga salah). menurut ibu gmn? saya penderita hemoroid eksternal (mungkin ada internalnya) sudah 6tahun ini. tetapi sejak 3 tahun ini saya mulai terganggu dengan benjolan yang tidak dapat masuk dan perdarahan. kalo diukur2 kira2 benjolannya 1x1 cm, mgkn lebih besar. sekarang frekuensi berdarah dan nyeri cukup sering. saya ingin sekali berobat dengan dokter wanita, karena saya kurang nyaman konsul dengan dokter laki-2 (saya sampai sekarang belum konsul), di tempat saya hanya ada dokter spesialis bedah yang laki2 dan maaf, kok saya kurang yakin dengan dokter spesialis disini bisa membantu saya (faktor sugesti, mgkn ya Bu?)
saya sudah coba ultraproct, faktu, antihemoroid supp, ambeven, dan ardium(ardium baru 9 tab). tapi kok saya ndak yakin ya bisa sembuh.
saya tertarik dengan skleroterapi, karena saya tidak mau operasi. tapi saya baca di internet, skleroterapi juga kurang efektif.
saya pernah berpikir coba obat alternatif seperti teh mahkota dewa dll punya Ibu Aning. tapi... bayak yang tidak merekomendasikan untuk coba alternatif.
satuu lagi permasalahan, saya juga masih belum cukup dana untuk berobat kemana2. karena itu, saya mau nanya.. kira2 budgetnya berapa ya dok? tabungan saya masih dibawah 10jt, masih kurang berapa ya? saya belum ikut asuransi karena saya baru saja mulai kerja.
trus, kalo boleh saya tau, evidence based-nya pengobatan hemoroid efektif di Indonesia ada gak? atau menurut pengalaman dokter sendiri bagaimana?

terima kasih ya bu, sudah mau baca, tolong dijawab ya, Bu. terima kasih....

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Dear Novita,
1. Soal obat Cina untuk pengobatan hemoroid, mohon maaf saya tidak bisa memberikan komentar karena saya tidak tahu pasti obat itu bekerjanya bagaimana .. berharap saja di blog ini ada rekan sejawat yang kebetulan menguasai TCM jadi bisa ikut menambahkan.
2. Jika benjolan tidak dapat masuk kemungkinan sudah grade 4 hemoroidnya .. untuk pastinya memang harus diperiksa secara langsung. Kalau memang sudah grade 4 sebaiknya tindakannya adalah operasi.
3. Soal dokter bedah untuk berkonsultasi, jika saat ini dokter bedahnya terasa belum "sreg" coba dibikin sreg, nanti lama-lama kan bisa sreg juga :)
4. Obat-obatan yang sekarang digunakan hanya simptomatis saja / mengurangi keluhan ; lebih baik di operasi saja.
5. Skleroterapi untuk hemoroid yang grade nya masih kecil kalau benjolan sudah besar (apalagi sudah keluar dan tidak dapat dimasukkan kembali) skleroterapi tidak akan efektif.
Rubber band ligation juga bgitu hanya untuk grade yang masih kecil.
6. Pengobatan alternatif ? sama seperti TCM saya belum bgitu mengerti cara kerjanya jadi belum bisa menjawab apakah efektif atau tidak untuk pengobatan hemoroid.
7. Operasi lakukan saja di RS Pemerintah, biayanya mungkin tidak bgitu banyak.
Untuk soal biaya, saya tidak mengetahui secara pasti, tergantung dari RS yang dipilih.
8. Terapi hemoroid untuk grade 3 dan 4 memang sebaiknya operasi.
Operasi dengan stapler dilakukan terutama pada grade 4.
Setelah operasi harus diikuti dengan perubahan pola BAB shg diharapkan hemoroid tidak akan terjadi lagi, komplikasi post operasi juga diminimalkan.

Mudah-mudahan jawaban saya dapat membantu ya ..
Ok, selamat menjalankan operasi
salam,

 
, Blogger jezz wrote ...

ibu dokter yg terhormat..

saya menderita wasir sekitar 4tahun.. sekarang umur saya 21 tahun. wasir saya setelah BAB tidak dapat masuk kembali.. dan harus didorong,, jika tidak harus tidur untuk beberapa jam supaya wasir tersebut dapat masuk,, apakah itu termasuk stadium 3 dok ? apa tindakan yg harus saya lakukan ? apakah harus operasi ? saya telah membaca beberapa blok mengenai wasir ini dan ada yg menulis mengenai cara penanganan wasir tanpa wasir yaitu cara dengan teknik baron (ligasi)..dan teknik ini resikonya apa ? apakah teknik ini bisa untuk wasir stadium 3 dan 4 ?.. terus terang saya ngeri sekali soal pendarahan dok.. jadi klo bisa saya tidak ingin menempuh jalan op
terima kasih sebelumnya dok atas saranny..

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Agus,
Maaf baru balas,
Wasir tidak dapat masuk kembali berarti stadium 4.
Jika memang benar demikian (stadium 4), saran saya adalah operasi.
Tehnik Baron ? Ligasi ?
Rubber band ligation mungkin maksudnya ? hanya untuk hemoroid stadium awal karena kalo stadium 4 benjolan sudah cukup besar, dikhawatirkan tidak cukup "terikat" seluruhnya
Mudah-mudahan saat ini keadaan wasirnya sudah tertangani ya Pak ..

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

ibu dokter yang terhormat, saya umur 31 thn, ingin bertanya...apakah wasir tingkat stadium 4 dapat menyebabkan badan kurus (tingkat nya brp %) ? walau sudah membentuk pola makan teratur tapi begadang hehehe...

terimakasih ibu dokter...

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Anonymous :
Yang menyebabkan kurus bukan wasirnya mungkin karena kebiasaan begadang itu :)

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Ibu dokter,

Saya menderita wasir stadium 3+ dan sudah berobat di dokter di kelapa gading, wasir nya tidak kumat tapi hasil nya tidak tuntas,di bibir anus masih tersisa tonjolan kecil. Saya malu dan ingin tonjolan tersebut hilang total, operasi apa yang harus saya lakukan untuk menghilangkan tonjolan tersebut? Terima kasih

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

dr.Lakhsmi yang terhormat
Sy putri dari seorang ibu dengan hemorhoid grade III. Ibu saya sangat takut jika operasi hemoroid akan timbul efek samping seperti inkontinensia urin&ani..
karena ada tetangga yang seperti itu.
Apakah dengan meode "staples" ini akan muncul efek samping seperti itu juga dok?
Trimakasih atas perhatiannya

 
, Blogger Matrix Furniture wrote ...

Bu Dokter yg baik :

Umur saya 34 tahun sudah lama menderita wasir...pada awalnya tonjolan pernah keluar dan perih sekali lalu saya minum obat dan tonjolan bisa masuk kembali selama 1 minggu...tapi 1 bulan yg lalu wasir saya kumat lagi dan sangat perih akhirnya saya kembali mengkonsumsi obat..perih nya sudah hilang dan saya beraktifitas kembali...tapi benjolanya tidak masuk kembali hanya mengempis saja..(ataow istilah ibu tadi kiwir2 hehe) Pertanyaan saya :
1. Apakah saya harus dioperasi ?? Jika tidak apa yg harus saya lakukan..(terus terang saya takut skali dioperasi)
2. Metode operasi apa yang harus dilakukan ?
3. Apakah dengan metode stapler benar2 bisa mangurangi sakit..dan di bius total...berapa lama penyembuhanya sampe normal kembali ?
4. Apakah perawatan Setelah operasi bisa BAB normal ??
5. Apakah benar setelah operasi efek sampingnya adalah tidak bisa menahan BAB karena o Ring sudah rusak ??
Terima kasih bu..mudah2an jawaban ibu bisa menenangkan hati saya..

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

@Anonymous : tidak ada efek samping seperti yang dimaksud. Coba diskusikan kembali pada dokter bedahnya.
@ C :
1.Konsultasikan pada dokter bedah terdekat agar dilakukan pemeriksaan, apakah ada indikasi untuk dilakukan operasi.
2.Metode yang dilakukan tergantung pemeriksaan fisik pada nomor 1
3.Stapler tetap sakit hanya mengurangi saja. Bius spinal /spt org melahirkan. Jika berjalan baik dan tidak ada penyulit macam2, 1 bulan setelah operasi pasien sudah merasa jauh lebih baik.
4.Harus BAB normal
5.Tidak benar

 
, Anonymous Budiman wrote ...

Bu Dokter Yang Baik,
Saya hanya ingin menanyakan, apakah Operasi dengan metode STAPLER/STAPLING itu ditanggung biayanya oleh PT. ASKES Indonesia ( karena saya Peserta ASKES WAJIB), dan kalau tidak masuk tanggungan: Berapa rata-rata Biaya Op. degan Stapling?, namun Jika Tanggungan tidak Penuh, Berapa Biasanya Biaya Tambahan yang harus dikeluarkan?, Thank....

 
, Anonymous heny wrote ...

ibu.. ayah saya terkena kanker usus besar yang menyebabkan beliau harus memakai lambung cadangan. dan sekarang harus duah operasi untuk mengembalikan fungsi cerna pada tubuh ayah saya. Dokter menyarankan untuk operasi menggunakan stapler tersebut. yang saya mau tanyakan, Dimana saya bisa membeli stapler tersebut, dan kira2 berkisar harga berapa. karna ayah saya di Manado, dan kata dokter klo di Manado berkisar 8jt.
terima kasih infonya bu..

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Ibu, Saya mau bertanya, berapa harga stapler tersebut? dan kira2 bisa didaptkan dimana?
Ayah saya terkena kanker usus besar yang menyebabkan beliau harus menggunakan lambung cadangan. Dokter menyarankan untuk operasi menggunakan stapler tersebut. hanya saja di Manado harganya berkisar 8jt. apakah di jkt atau daerah lain lebih murah? terima kasih infonya bu...

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Ibu Dokter yang baik hati, saya putri dari Ibu yang kurang lebih 3 bulan sudah menjalani operasi dengan metode ini. tetapi setelah menjalani operasi dengan metode ini, Ibu saya jadi susah BAB, pada bagian duburnya masih terasa sakik terutama saat posisi duduk berubah ke posisi berdiri, kotorannya kecil panjang, untuk kentut juga susah dan terasa amat sakit. jadi, BAB tidak seperti sebelum dioperasi. bagaimana dengan fenomena ini? apa yang menyebabkannya? menurut Dokter, tindakan apa yang seharusnya segera dilakukan?
terimakasih Dokter atas bantuannya

 
, Anonymous rohman wrote ...

ibu dokter yg baek hati ...

alhmdullah setelah operasi memakai metode STAPLER/STAPLING ne, kondisiku lebih baik dari sbelumnya (grade 4, ngeluarn darah tiap BAB n tidak bisa masuk kembali), meski hrs ngeluarin biaya yg g sedikit, diatas 20 jt.

tp masih ada sedikit benjolan (sebelah kanan) yg memang sengaja g d oprasi ma dokternya tp g menyiksa seperti dl seee...

kalo dokter berkenan, tolong IBU DOKTER memberi tau saya Obat/PIL pengempisanya ya ..

sebelumnya saya ucapkan terima kasih !!

 
, Blogger riri wrote ...

siang dok,
saya 2 hari yang lalu baru operasi hemoroid dengan metode stapler ini.. yang saya mau tanyakan koq hemoroid externa nya tidak di buang ya oleh dokternya? saya belum kemabli untuk konsul dok.. tp kmrn dokter op nya menjelaskan kalo dia buang hemoroid externa nya akan ada bekas luka yang sebedar ini juga? apa bener dok?

Karena utk op ini kan biaya nya tidak murah dok.. saya bingung apa benar nanti hemoroid yg externa nya bisa mengecil karna suda di stapler atau bagaimana dok?
mohon penjelasannya dok

thanks
Riri

 
, Blogger riri wrote ...

Siang Dokter,

Saya baru 2 hari yang lalu melakukan op hemoroid dengan menggunakan stapler.

yang saya mau tanyakan bu, apa benar kalo sudah distapler hemoroid externa nya tidak perlu dibuang? karna hemoroid externa saya tidak dibuang oleh dokternya. kata dokternya kalo dia buang maka akan menimbulkan bekas luka yang kurang lebih sama..

apa benar kalo sudah distapler maka hemoroid externa nya akan mengecil sndri?

Saya bingung bu karna terus terang untuk op hemoroid biayanya cukup besar juga.. tp saya merasa kecewa karan ridak sesuai dengan harapan saya.

Mohon penjelasnya bu dokter..

Thanks
riri

 
, Anonymous Heru wrote ...

Bu Dokter yang terhormat,

beberapa tahun terakhir, wasir saya sering kambuh setiap satu - dua bulanan. sy tidak merasakan ada benjolan di bibir a**s, kecuali abis bab terasa dikit dan sebentar sdh hilang/masuk. Pendarahan waktu bab seringnya berwarna merah tua, tapi kadang juga merah segar.
1. apa saya termasuk stadium 2? tapi rasa sakitnya akhir2 ini jadi semakin parah. klo buat jalan seperti robot n harus pelan2. kira2 6-8 jam rasa sakit baru reda.
2. apakah wasir sy tergolong internal or external
3. Kira2 metode operasi yang tepat apa ya dok?
4. Berapa lama kira2 waktu penyembuhan, mengingat aktifitas sy sering bepergian.

Terima Kasih banyak bu dokter, semoga dibalas dengan kebaikan.

Salam,
Heru

 
, Blogger Marinta wrote ...

Yth. Ibu dokter,

Saya sedang mengalami benjolan di anus (sudah 1 minggu)yg saya duga sebagai ambeien externa. Saya sebelumnya juga pernah mengalami hal ini sebelumnya, terutama ketika memakai pembalut panjang yg terlalu lama, kemudian bagian dubur terasa sakit dan muncul benjolan, tetapi kemudian setelah usai masa menstruasi (tidak memakai pembalut lagi) perlahan benjolan tersebut menghilang. Namun, kali ini saya merasa takut, karena sudah 1 minggu belum mengecil. Meskipun ada benjolan, saya BAB rutin setiap pagi dan tidak pernah merasa sakit, juga tidak berdarah. Saya bingung, tapi saya takut menghadapi operasi. Apakah saya perlu menunggu beberapa lama lagi untuk melihat kemungkinan mengempisnya benjolan atau saya sesegera mungkin ke dokter? Terimakasih untuk waktu dan perhatian Bu Dokter.

Salam. Marinta

 
, Blogger Jefry Dethan wrote ...

Salam Bu dokter...sy baru saja menjalani operasi wasir dgn metode stapler di salh stu RS d jogja,namun operasi sy bs dikatakan kurang berhasil karena berbeda dari pengalaman orang lain yg pernah menjalani operasi ini.Saya dioeprasi 3 minggu yang lalu dan sampai saat ini masi terjadi pendarahan hebat pada saat BAB, padahal smua anjuran dokter saya lakukan,setelah operasi hanya makan bubur dan sayuran jg minum air putih yg banyak. Sy suda tiga kali kontrol ke dokter yg mengoperasi sy,dan pd saat kali ketiga sy kontrol dokter mengtakan bahwa sy harus diopersi ulang untuk jahit karena ada jahitan yang lepas shgga trjadi pndarahan,sy kecewa krena suda mngeluarkan biaya yg tdk dikit dan harus bayar operasi ulang setngah bagian dr biaya operasi pertama.Yang sy mau tanyakan apakah harus sy yg tanggung biaya opersi kedua? padahl kesalahn pada dokter yg mengoperasi sy.
Sy jg mohon penjelasan, apakah operasi stapler ini akan mneyatukan kembali daging yg telah di operasi atau hy sebatas diklip sperti mnggabungkan kertas, dan adakah kemungkinan klipnya terleps dan daging yg disatukan tadi menjadi terpisah lg? trima kasi sebelumnya bu dokter!

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

ibu dokter sy mw op wasir eksternal tp dokter blm memberitahu dengan metode ap op wasir sy trus kalau op metode stappler brp biaya yg d keluarkan?

 
, Blogger Unknown wrote ...

Malam Dok saya mau tanya kalau melakukan operasi hemorroid dengan cara dilaser berbahaya tidak ya? Soalnya kan sekarang ada info tentang cara mengobati hemorroid dengan teknik laser. Terima kasih Dok :)

 
, Blogger Unknown wrote ...

Malam Dok saya mau tanya kalau melakukan operasi hemorroid dengan cara dilaser berbahaya tidak ya? Soalnya kan sekarang ada info tentang cara mengobati hemorroid dengan teknik laser. Terima kasih Dok :)

 

Post a Comment

<< Home