12.02.2006

KANKER PROSTAT Nomor dua tersering setelah karsinoma buli. Gejala bervariasi biasanya muncul setelah usia 50 tahun. Ditemukan pada saat prostatektomi jadi merupakan karsinoma insidentil. Skrining dengan menggunakan pemeriksaan colok dubur, USG dan PSA. Penyebaran karsinoma prostat ditandai dengan klinis nyeri pada tulang, fraktur patologis atau hematuria (kencing warna merah) Penatalaksanaan tergantung stadium. Pada low stage (stadium T1 dan T2) dilakukan prostatektomi radikal atau radiasi kadang diberikan juga androgen ablation pre surgical dan pre radiasi. Pada stadium lanjut (T3, T4) dilakukan radiasi ditambah dengan orkiektomi. Ada yang ingin berbagi soal kanker prostat ?

25 komentar

, Blogger Dani Iswara wrote ...

kalo poligami.., risiko kanker prostatnya berkurang ngga ya Bu.. :)

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Hehehe .. ada crita 2 eks psn kanker prostat saya kebetulan istrinya lebih dari 1, tahunya pas tiap kali saya visit kok yang nungguin selalu wajah baru - dan selalu memperkenalkan sebagai istrinya. Usut sana sini ternyata si Bapak punya istri lebih dari 1, yang menyedihkan pas saat2 mendekati 'hari-hari sulitnya' hanya istri yang kelihatan 'lebih tua' yang nungguin dengan setia. Istri pertama selalu setia sampai akhir ya ? :)

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Sempat nge blog ? ya iya lah hari gini ... nge blog kan ga perlu waktu banyak Moki (boleh saya panggil Moki ?). Dimana-mana kan kita bisa internet-an, sambil nunggu bis, sambil nunggu pasien di RR, kalau di ruang praktek sepi pasien hehe ...
OK salam kenal juga, sekarang praktek dimana ?

 
, Blogger Larasati wrote ...

mbak dokter, denger2 neh ...resiko kanker prostat aakan berkurang kalau sering dipakai..bener gak sih.Ini cerita dari temn yg bapaknya baru saja operasi prostat...
Salut ah! dokter bedah ngeblog..pasiennya gak keteteran po..?

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Halo Larasati,
Sampai saat ini sih ga sampe-lah bikin pasien keteteran.
Malah lewat blog atau email bisa jadi sarana yang efektif juga buat komunikasi dengan pasien.
Mumpung di RS juga disediakan layanan email gratis, kan bisa dipergunakan dikala senggang.
Terimakasih telah mampir diblog saya.
salam,

 
, Blogger Titah Rahayu wrote ...

mbak laksmi, salam kenal...
artikelnya kok pendek banget mbak, tolong dipanjangin dong biar orang awam seperti saya lebih ngerti. makasih ya, sebelumnya.

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

dear Mbak Titah, salam kenal juga dari saya ..
Sengaja ulasannya memang pendek-pendek, supaya banyak yang berkomentar menanyakan ini itu atau mungkin menambahkan hal-hal baru seputar kanker prostat.
Namanya juga obrolan yang nyantai Mbak, lagipula kalau ulasannya banyak nanti seperti pelajaran .. bacanya juga capek.
Tapi, terimakasih banyak atas masukannya .. terimakasih juga telah mampir di blog saya
Salam,

 
, Blogger Anang, yb wrote ...

Hai bu dokter,
Ibu praktek di bekasi ya... RS apa ya?
Komplain deh untuk RS MKBT, ibu saya dirawat disana habis banyaak banget... Kayaknya semua fasilitas RS harus dipakaikan ke pasien!
Baru masuk UGD udah wajib CT Scan plus sewa ambulan (CT Scannya musti di RS kembarannya, RS MKBB)..
ampun deh...
(Eit, saya komplain-nya salah alamat ya..)

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Halo Pak Anang ..
Kalau boleh tahu waktu itu Ibu diagnosanya apa ?
Apakah waktu itu Pak Anang sempat tanya ke dokternya untuk apa pemeriksaan penunjang dilakukan ?
Saya yakin setiap RS pasti punya indikasi untuk melakukan pemeriksaan penunjang. Jadi tidak asal melakukannya saja. Terlebih RS dengan embel-embel ISO, akan ekstra hati-hati dan teliti dalam melakukan pemeriksaan / tindakan apapun.
Terimakasih karena sempat mampir di blog saya,
salam

 
, Blogger Heru Suryo wrote ...

Bu dokter..sy Heru suryo tinggal di depok, jabar. Cukup menarik tulisan ibu mengenai kanker prostat..sy cuma share aja, kalo sy punya info menarik sbg solusi alternatif yaitu dgn terapi BioFIR. Apa itu? Info lengkapnya silahkan kunjungi situs sy di http://www.biofir-shop.com

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Pak Heru Suryo,
Terimakasih telah mampir di blog saya.
salam,

 
, Blogger Mevyenna Agizta wrote ...

Halu bu/mba lakhsmi..
*bingung tkut ga sopan,,hehe.i'm 20 actually*
huhu,sdih bgt susah nyari artikel kanker prostat brbhasa indo,,thx god ada dokter yg punya blog.. =)soalny kan istilah2ny ga ngrti..
Bu dokter,aku butuh bgt info soal gejala/efek dr kanker prortat,,apa mereka jd susah u/makan?mual,muntah,dll..soalnya eyang aku kaya gitu,berat bdnnya udh turun 20kg.dokternya eyang ga ksh info yg buat kita ngerti..mungkin krn dokter itu sibuk n kbanyakan pasien..oiya apa ada pembengkakan?soalnya eyang ga ada..
Eyang aku *sekarang 76 th* didiagnosa prostat sktar 1 atau 2 th lalu n lgsg dioperasi,& yg bikin bingung,stelah operasi dokterny br bilang kl ada tumor..ko gt siih?
Skrg kondisi eyang malah makin menurun,Hb dibawah normal,ga bisa makan krn mual,kalau di paksa jd muntah,lemas,air seni warna merah n pipisnya udh ga bs dikontrol..
Eyang lg di rmh sakit,seharusnya operasi lg tp blum bisa krn kondisi kesehatannya.
Plis i really need 2nd opinion,s0alny eyang sblmnya tuh bukan "kakek2",masih nyupir mobil jkt-bdg *yg masih harus belok2 turun naik lewat puncak* sampe umur 74.masih bs baca buku ga pake kacamata..now,he's not juz like he used to be..

thx a bunch,doc!
Gizta

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Halo juga Gizta,
1. Penderita kanker prostat bisa jadi jadi susah untuk makan, mual; atau muntah.
2. Soal pembengkakan, pembengkakan di daerah mana ?
3. Tumor jinak atau tumor ganas ? apa hasil PA nya / lab nya ?
Biasanya dokter memberikan keterangan soal jinak atau ganas nya tumor setelah hasil biopsi nya selesai, jadi tidak langsung setelah operasi.
Kecuali memang sudah terdeteksi adanya tanda-tanda keganasan sebelum operasi - melalui pemeriksaan fisik dsb.
4. Kondisi Eyang yang mulai menurun tentu saja tergantung dari kondisi nya saat ini.
Coba tanyakan baik-baik pada Dokter yang mengoperasi .. apa penyakit Eyang dan penyulit yang dihadapi ..
Kemudian kenapa harus di operasi lagi.
Saya tidak bisa memberikan keterangan banyak karena tidak tahu secara jelas kondisinya bagaimana.
Usia yang sudah lanjut dan mendapatkan penyakit yang tidak ringan tentu banyak berpengaruh untuk kondisi tubuhnya.
Kalau boleh tahu di rawat di RS mana dan dengan dokter siapa ?

Jika sudah mendapat informasi yang lengkap boleh crita-crita lagi ..
Semoga Eyang tetap kuat, tabah dan sabar.
Selalu berdoa, mohonkan yang terbaik untuk Eyang.
Salam,

 
, Blogger antoni wrote ...

bu dok salam kenal,saya ada yang ingin di tanyakan berhubungan dengan prostat,yang saya tahu masalah prostat baru di alami pria biasanya pada umur 45 th keatas,walau saya baru 27 saya ingin tahu cara2 pencegahannya,dari yang saya baca dg mengkonsumsi buah tomat dan bawang putih setiap hari apakah sudah dapat di pastikan akan terhindar dari masalah prostat?kemunginanya berapa persen?
terima kasih dok

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Antoni,
Terimakasih telah mampir di blog saya. Soal tomat dan bawang putih terus terang saya tidak tahu banyak apalagi kalau ditanya ttg hubungannya dengan pencegahan hipertrofi prostat.
Semoga ada pakar pengobatan tradisional yang sempat mampir di blog saya dan membantu memberikan komentar ttg pertanyaan Antoni.
Maaf tidak banyak bisa membantu ya ..
Salam,

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Bu Dokter, saya alumni FT Undip. Saya menemukan blog ini dari web ikabi korwil semarang (kebetulan yg ndesain saya he.. he..).

Oiya, saya mau tanya Apakah kanker prostat itu penyakit turunan? Maksud saya, karena bapak saya kena kanker prostat, apakah berarti semua anak laki2-nya juga pasti terkena kanker prostat termasuk saya? Bagaimana pencegahannya?

Soalnya ( maaf ) kalo pipis saya kurang begitu lancar dan lama. Mohon solusi secepatnya, ya bu dokter ...

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Pak Yuwono,
maaf baru balas menjawab komentar.
Wah salut, web ikabi korwil semarang itu bagus lho, dan informatif.
Mungkin kalau boleh saran ditambahkan kolom konsultasi langsung dengan para "senior/guru2" pasti lebih siiip.
Btw soal prostat, sepertinya bukan keturunan.
Soal keluhan BAK, Pak Yuwono bisa langsung konsultasi dengan dr bedah Urologi biar dilakukan pemeriksaan lebih seksama.
Mudah-mudahan jawaban saya bisa membantu ya Pak.
salam,

 
, Blogger Setya wrote ...

Ibu Lakshmi Yth,

Ayah saya 67th hasil tes terakhir PSA 132 & Free PSA 9. Dokter menyarankan untuk dilakukan biopsy yg mahal biayanya (15jt) & juga dokter menginstruksikan untuk tidak mengkonsumsi obat2an apapun dulu. Padahal saya ingin memberikan obat2an herbal yg terbuat dari keladi tikus (Thyponium Flagelliforme) yg katanya ampuh untuk memerangi sel2 kanker. Saya mohon pendapat anda ttg hal ini.

Terima kasih.

Setya

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Setya,
PSA nya cukup tinggi ya ?
Saran saya ikuti ssaran dokter bedahnya untuk dilakukan operasi / biopsi.
Kalau memang terlalu mahal, sidah coba di RS pemerintah ?

Saran saya yang kedua, jangan gunakan obat2an non medis (dalam hal ini termasuk herbal dlsb).
Saya tdk pernah punya pengalaman yang baik dengan obat2 tersebut, banyak pasien datang setelah mengkonsusmi obat2an herbal sudah dalam kondisi yang kurang baik.

Semuanya kembali ke pada Ibu/Bpk.
Konsultasikan kembali pada dokternya ya ..

Punya facebook pak/bu ? jika sempat add group "bedah banget" , mudah2an bermanfaat.

salam,

 
, Blogger Setya wrote ...

Ibu Lakshmi Yth,

Terima kasih atas tanggapannya.
Perkembangan terakhir dari ayah saya, beliau sekitar 2 minggu yang lalu menjalani operasi prostat untuk mengambil jaringan. Hasil patologinya menunjukkan kanker ganas stadium lanjut. Menurut dokter yang bisa dilakukan adalah menghambat perkembangan sel2 kankernya dengan disuntik Tapros sebulan sekali sampai min 1 tahun sambil dipantau level PSA-nya.

Terima Kasih,

Setya

 
, Anonymous Victor wrote ...

Yth.dr Lakshmi

saya victor, mau tanya yang saya alami:
1.tentang kenapa kondisi sperma saya, yaitu jumlahnya sedikit, dan kadang berwarna kemerahan seperti bercampur darah (atau nanah pada bisul yang sudah matang)
2.kenapa pada buah zakar saya sebelah kanan seperti ada benjolan lain selain buah zakar kadang membesar, sering sakit sekali kalau sedang sangat terangsang.
3.perlu diketahui saya penderita hipospadia yang sudah dioperasi tapi masih belum sempurna, jika saya akan melakukan operasi repair,adakah rumah sakit/dokter yang ibu rekomendasikan dijakarta,terima kasih.
4.usia saya sudah 29th, dulu pada saat 26 tahun mau menikah tapi tidak jadi karena saya diketahui menderita hipospadia jadi dibatalkan,(jadi sedih) tahun ini saya berencana untuk menikah lagi,jadi saya sebelumnya ingin merepair dulu penis saya agar bisa melakukan coitus sebagaimana mestinya.
terima kasih sebelumnya dok.

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Setya,
Semoga Ayah cepat pulih ya
salam,

 
, Blogger r0n wrote ...

selamat siang ibu..
ayah saya berumur 55 th.
setelah mengalami gelaja seperti kencing yang nyeri dan kondisi badan yang turun, maka melakukan tes darah.
dan ternyata hasil PSA nya 70
karena hasil tsb, saya sengaja mencari artikel di google dan menemukan punya ibu,

yang saya ingin tanyakan,
sekarang kondisi badan ayah sudah membaik dan kencing yang tidak menetes. apakah jika penderita kanker prostat jika kencing merasa nyeri?, dengan maksud saya jika kencing sudah normal apakah sudah membaik atau bagaimana?,

tolong minta solusi juga
trimakasih sbelumnya.

 
, Blogger gunung wrote ...

Salam
ibu dokter saya ijin share di blog saya ya....

 
, Blogger gunung wrote ...

ini cerita ibu dokter kayak mottonya yon armed 6 saja...
"SETIA HINGGA AKHIR"

 

Post a Comment

<< Home