4.12.2006

PARONYCHIA Sering disebut juga cantengan ... Ada cuplikan obrolan email soal cantengan .... From: Alida Susanti To: Lakshmi Nawasasi Sent: Tuesday, April 11, 2006 11:24 AM Subject: dear dokter bedah, plz advicenya...thnx (dok, koq blognya ga bisa post comment ya? jd japri aja ya dok) bgini...pas lg cuti lahiran, saking sibuknya ga perhatiin nih ama jempol kaki hehehe kata org2 sih cantengan...slama ini ga pernah dok cantengan...biasanya kuku rajin saya potong,mungkin terakhir kali potong kuku jempolnya ga teratur ya jdnya ada kuku yg ga rata di potong trus pas numbuh makin lama makin keluar jalurnya alias nusuk ke daging, akhirnya jd bengkak dan bernanah.kesenggol dikit aaw sakiit bgt...saya termasuk org yg paling ga bisa nahan sakit yg 'hebat'...takut/ngeri deh.apalagi pas lahiran di induksi ga mules2 pas tambah dosis jd mules ruaaarrr biasa...ga nahan deh tersiksanya...trauma bgt dok,waduh jd ngelantur.gini,balik lg ke cerita saya ttg 'cantengan'...deket rmh saya ada dokter umum, krn ga bs ninggalin rmh lama2 jd akhirnya ke dokter di komplek aja...blio biasa nangani mshl sunat2an jg...pdhl tempat prakteknya biasa aja loh dok dan krg nyaman...koq bisa ya dok bedah-membedah dgn ruangan praktek yg tdk pas lah utk membedah anak di sunat.naah...akhirnya pas konsultasi,jempol saya hrs di bedah sedikit lah dikeluarin kuku yg keluar jalur dan udah nancep ke dagingnya.kunjungan ke 2 barulah saya bersedia utk di korek2 hehehee...bius sedikit katanya...trus tanpa assisten loh hebat ya dok...dikeluarin deh tuh kuku yg nyempil dan udah menusuk daging yg paling ujung itu loh,sambil berdarah2,emang sih rada meragukan ke-steril-an ruangan prakteknya wlpn msh layak....tp utk membedah? koq gmn gitu...maksudnya peralatan sterilnya itu looh...yaah saya ga ada pilihan lg en bingung hrs ke dokter mana.trus...dibungkus deh jempol kaki saya, kata blio 'dijamin deh ga bakalan cantengan lagi..'woooww makasih ya dok...pulangnya dpt resep AB dan bbrapa obat penghilang rasa sakit.naah,bbrapa bln kemudian...koq jempol saya cantengan lagi ya (tp saya ga menyalahkan dokternya looh)...memang saya aja yg motong kukunya ga rapi jd tuh kuku numbuh keluar lg dr jalurnya ato saya tll rajin memotong kuku ampe ujung2nya yg nyempil itu looh...sampe skr sih hanya saya tetesin dgn ASI memang takjub saya,cantengan ttp msh ada tp mengurangi rasa sakit dan mengurangi bengkaknya, jd tdk separah waktu pertama kali,pdhl klo disenggol sakit jg...tiap hr saya tetesin ASI jd minimal saya msh bisa beraktifitas tp tdk bs memakai sepatu yg ada 'hak'nya,klopun pake ga lama2...yg mau saya tanyakan :

1.jika saya nanti ke dokter lagi trus dibedah kcl,apakah saya hrs mengkonsumsi AB? lakshmi : saya menjawab sesuai pengalaman di lapangan aja ya :) Untuk kasus ini (paronychia = cantengan) biasanya saya berikan AB yang topikal / salep di lukanya. AB minum ... bisa dikasih bisa tidak tergantung cantengannya. Kalo cantengannya banyak nanahnya atau cantengannya dengan disertai ada granuloma yang dieksisi ... harus saya kasih AB. Amoksisilin aja cukup (BUSUI atau BUMIL kan ga papa minum amoksisilin) 2. klo stlh bedah kcl itu, wajarlah klo memang di resepkan AB tp koq kunjungan kontrol ke 2 di resepkan lagi,apa perlu diminum dok? lakshmi : Bedah kecil cantengan maksudnya ? Ya itu tadi tergantung cantengannya ... kalo nanahnya buanyaaak ya perlu AB minum. Tapi kalo ga ada nanahnya tanpa AB minum, cuma dikasih AB salep aja ... 3.sejauh mana ya pengaruhnya meminum AB sampe 2minggu,jika saya masih menyusui? lakshmi : Ada AB tertentu yang memang di rekomendasikan untuk diminum oleh bumil dan busui (jika memang diperlukan). Untuk operasi kecil, saya jarang memberikan AB (apalagi sampai 2 minggu) kecuali kalau lukanya kotor. 4.tiap periksa ke blio sll disuntik pantat saya, klo ditanya menurut blio 'ga apa2 koq'...soale galakan blio dok.kira2 suntik apa ya dok? perngaruh ke ASI saya ga dok? lakshmi : Coba ditanyakan obat suntiknya obat apa ? mungkin cuma vitamin aja ? pake di skin test segala ga ? 5. kira2 saya hrs ke dokter apa ya ,krn cantengan saya timbul lagi,kpn sembuhnya ya dok klo cantengan mll?ada solusi ga dok? lakshmi : Kalau cantengan timbul lagi yaa harus ke dokter bedah lagi di operasi lagi ... Kalau kambuhan begitu pasti ada granuloma atau kulit samping kuku yang meninggi ... jadi seharusnya waktu di operasi kemarin, bagian kulit yang meninggi itu harus sekalian di reparasi / di plasty sehingga ga terjadi kekambuhan lagi. Ada lagi produk dari gehwohl (biasanya dijual di apotik century), katanya ada cairan untuk melunakkan kuku sehingga ga akan terjadi cantengan lagi ... tapi untuk produk ini saya belum yakin apakah betul atau ga ... tapi iklannya sih bilangnya begitu .. :) Mungkin bisa dicoba Mbak Alida, kalau berhasil melunakkan kuku sehingga ga menjadi cantengan lagi, boleh deh diinformasikan ke saya biar untuk referensi pasien yang lain :). Ada yang ingin berbagi soal "cantengan" ??

22 komentar

, Blogger Tonang Dwi Ardyanto wrote ...

Dok, ikut tanya, bagaimana dengan tindakan nail-removal (saya lupa nih, apa ya istilah bakunya?) apakah masih sering dilakukan? Misalnya karena trauma, infeksi/jamur. Katanya ada juga cara kimia untuk melepaskan kuku ini. Apakah mirip dengan grewhol yg disinggung ini?

Soalnya dulu rasanya seneng kalau dapat kasus seperti ini. Pernah tengah malam ada 2 orang karena KLL, datang ke klinik dan terpaksa kita nyabut kuku. Kalau bisa memberi anesthesi yang benar-benar membuat pasiennya nyaman pad nyabut kuku, kayaknya "puas" gitu lho hehehe ... (tapi bukan berarti maksain diri bikin diagnosa lho ya). Terima kasih Dok.

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Roser plasty kali ya Dok untuk istilah nail removal itu ? Buat paronikia alias cantengan itu, selain kukunya di ambil juga dibikin plasty 'sedikit' di pinggiran kuku atau kalau ada granuloma disekitar situ ; diharapkan ga akan kambuhan lagi karena pinggiran kuku yang bikin ujung kuku selalu 'nancep/nusuk' sudah di buang.
Selain cantengan, indikasi karena ada jamur pada kuku juga kukunya harus diangkat .
Produk gehwohl itu katanya sih ceritanya salah satunya yang untuk ingrowing nail, bisa melunakkan ujung kuku jadi diharapkan si kuku itu ga akan nancep ke pinggiran kulit kuku.
Cuma sampai saat ini saya belum pernah merekomendasikan pemakaian produk gehwohl itu, soalnya belum yakin efektifitasnya.
Ya, anestesi lokalnya memang kudu mantep ya Dok .. biasanya pasien merasa nyeri sekali pada saat dilakukan anestesi, setelahnya sih udah seneng-seneng lagi .....

 
, Blogger Bunda wrote ...

Sedikit komen ya Dok...
Jaman dulu, pas sma... sering banget cantengan. Bolak-balik ke dokter, sampe mulut capek dan berbusa nge-bujuk. Tapi Pak Dokter gak mau juga nge-bedah cantengan yang gak bosen mampir.

Pesan belio cuma begini. Tiap habis mandi, kuku jempolnya diangkat ke atas biar gak masuk ke daging. Dibiarin panjang sampe lewat daging, terus baru dipotong sejajar daging. (duh, belibet gak ya bahasanya. soalnya dulu dijelasinnya sambil diperagain sih...)
Hasilnya sampe sekarang gak pernah cantengan lagi tuh, Dok...
Padahal dulu pengen banget dioperasi kecil, biar bisa bolos sekolah:-)

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Ya Bunda .. cantengan memang asalnya karena ujung kuku yang menusuk lipatan kulit disamping kuku atau karena memakai sepatu yang kekecilan diujungnya .. sepatu yang kekecilan ujungnya yang menyebabkan pertumbuhan ujung kuku jadi menyempit dan menusuk lipatan kulit disamping kuku. Jadi intinya karena ada bagian kuku yang menusuk. Tindakan mengambil kuku yang infeksi memang bukan tindakan akhir untuk kasus "cantengan". Selama si ujung kuku masih punya "kebiasaan" menusuk lipatan kulit disamping kuku, maka cantengan akan timbul berulang. Selain itu pada saat pembedahan, sebenarnya bukan hanya 'sekedar' kukunya saja yang diambil tapi di buat 'plasty' di lipatan kulit pada samping kuku sehingga nantinya pertumbuhan ujung kuku ga menusuk. Mungkin ini bedanya tindakan terapi cantengan yang dilakukan dokter umum dan dokter bedah apalagi bedah plastik. Jadi harus di 'plasty' terutama pada mereka yang lipatan kulit sampingnya agak menonjol.
Saran lain untuk menghindari kekambuhan, potong kukunya jangan kependekan, lebih enak sih buat mereka yang struktur kukunya bermasalah, potong kukunya ke salon aja .. pasti aman (pedicure) - si ujung kuku tidak akan menusuk lagi. Saran dari Bunda boleh juga dicoba dipraktekkan buat mereka-mereka yang kebetulan cantengan. Nanti akan saya sebarluaskan pada pasien saya juga .. tks
Pengalaman setelah dilakukan plasty, Insya Allah sepertinya tidak akan cantengan lagi, dengan catatan 'plasty' nya betul dan pasiennya juga menjaga benar-benar pada saat memotong kuku. Rajin berendam kaki juga banyak membantu.
Thanks buat komentarnya ya ..

 
, Blogger Very wrote ...

Mo sharing, dok.
Setelah istri saya melahirkan bulan Februari 2007 kemarin, dia mulai mengeluh kedua jempol kakinya sakit, di tandai dengan bengkak dan kadang bernanah.

2minggu lalu, saya baru concern bahwa ada yang tidak beres karena sudah lama sekali keluhan itu, saya browse, dan banyak mendapat pengetahuan mengenai cantengan dari blog dokter ini. thx.

setelah satu kali konsultasi ke dokter bedah di Dharmala Building, beliau tidak menganjurkan nail remover, beliau menganjurkan untuk memotong dan merapikan sendiri ingrowed-nail tersebut. Lucunya, dokter tersebut juga punya history Cantengan..hahaha...jadi dia tunjukkan hasil nail-removal di salah satu jempolnya.

3hr yg lalu, 27 Juli 2007, ada keperluan di Plaza Indonesia, saat menuju parkir ingin pulang, di lantai paling bawah tuh ada Guardian gede banget, insting bilang, coba sek Gehwol gih, nah cari2 deh tuh...eh rupanya disitu Gehwol dan ada tempat khusus untuk perawatan dengan well-trained assistant dari Gehwol, lengkap dengan seragam dan kursi yang khusus serta peralatan kuku dan kaki yang tidak pernah lihat sebelumnya.

Setelah sharing mengenai cantengan, kakak di Gehwol tidak memaksa untuk beli produknya, lebih menawarkan untuk treatment, buat janji tuk esok hari karena hari sudah larut.

Nah, keesokkan harinya, dalam waktu hampir 2 jam perawatan, kedua kaki istriku dirawat dengan fokus cantengan.dapet bonus bersih-bersih kaki dan menghaluskan kulit kaki yang kasar. Ajaib, keluhan sakit dan nanahnya hilang, professional sekali. Tidak ada keluhan hingga saat ini. Layak dicoba dengan biaya treatment 90.000, tanpa harus beli produk.

semoga bermanfaat.

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Terimakasih banyak Very atas informasinya ..
pasti amat sangat berguna untuk mereka yang saat ini mengalami "cantengan" .
Yang paling penting adalah "maintenance" nya abis kuku lunak harus rajin berendam kaki, boleh di salon ber foot spa ria atau pas pedicure atau dikerjakan sendiri dirumah.
salam,
lakshmi

 
, Anonymous idris wrote ...

sy mau tanya jg nh, sy pnya kuku jmpol yg rusak,sisi kanan/kirinya menghitam, bentuknya gk braturan dan trdapat rongga disisi bawah kuku.memang sy dah sering cantengan sejak sekolah dasar dn tidak dirawat dgn baik.akhirnya sperti ini.kuku tsb dah pernah dicabut di klinik hingga 2 kali, tp tetap keadaanya gk membaik, kmbali sperti smula. sy brharap ada treatment tanpa harus surgery. apa produk gehwohl bs dpakai utk kasus sperti sy ya?.
thks,idris

 
, Anonymous tino wrote ...

mo nanya,

ada ga obat tradisional untuk ngobatin cantengan?
Soalnya takut kalo harus dioperasi

makasih

 
, Blogger pangastutiblog wrote ...

saya cantengan lagi,lagi,dan lagi.... bosen...tolong advice nya

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

@Idris : ya setahu saya produk gehwohl itu komplit - aneka perawatan.
@Tino : saya tidak begitu tahu soal pengobatan tradisional.
@Pangastutiblog :
Antara lain, cari penyebab mengapa kuku tumbuh kedalam.
Apakah menggunakan sepatu yang menekan dalam waktu yang lama ? apakah punya kebiasaan mengorek2 kuku ? apakah selalu memotong kuku terlalu pendek / dalam ? apakah tidak pernah melakukan rendam kaki minimal seminggu sekali ? apakah jarang menggunakan lotion untuk kaki ?
Jika sudah tau penyebab terjadinya cantengan, mudah2an penyebabnya dapat ditanggulangi sehingga tidak akan kambuh lagi.
Saya sendiri mantan pasien cantengan tapi hanya satu kali, setelah itu ga pernah lagi :).

 
, Blogger putri wrote ...

dok, maaf mau tanya, sepupunya umur 4 tahun kuku jempol kakinya kebentur...semakin lama timbul kebiruan di bawah kukunya...sekarang sudah tidak sakit lagi...pengobatannya apa ya dok? apa kukunya harus diambil? kalau memang iya, nanti perawatan di rumahnya bagaimana berhubung ini anak kecil...

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

coba liat di www.kukucantengan.com
disitu ada obat dari herbal tanpa operasi, katanya sih bagus, mudah2an bermanfaat...

 
, Anonymous Zulkarnaen wrote ...

Saya ada solusinya buat yang cantengan, silahkan kunjungi www.kukucantengan.com mudah2an bermanfaat...

 
, Anonymous kukucantengan wrote ...

Sekedar tambahan untuk informasi, buat teman2 yang mungkin ingin tahu atau memiliki masalah dengan kuku cantengan, saya punya informasi bagus, silahkan kunjungi ke www.kukucantengan.com aja, mudah2an bermanfaat...makasih

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Dok, 2 minggu yang lalu saya operasi cabut kuku jempol sebagian di dokter bedah di rs di bandung, seminggu kemudian sewaktu jadwal buka jahitan di poliklinik kantor, ternyata hujan dan saya paksakan jalan kaki, sekitar 5 menit, kemudian luka saya bengkak dan bernanah, sdh di treatment sejak saat itu hingga pagi ini (21/12/2010), lukanya sdh mulai sembuh, namun yang masalah jempol saya hingga saat ini masih baal (enggak berasa), dan di sekeliling jempol ada darah beku dibawah kulit, kemaren2 rasanya nyeri kalo disentuh, sekarang sdh berkurang karena sdh beku, tadi pagi oleh dokter poliklinik di tempat saya kerja di beri rujukan kembali ke dokter bedah tempat saya bedah kemaren, kira2 apa yang salah dok?

Tks

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Anonymous :
Mudah2an saat ini sudah kembali pulih ya luka operasinya ?
Saya tidak bisa mengira2 bagaimana kelainan yang timbul.
salam,

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

@kukucantengan : terimakasih informasinya pasti sangat bermanfaat untuk penderita lainnya.

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Pengalaman Pribadi saya, udah pake bermacam cara, dari alkohol, rivanol, minyak tanah, rendam air anget bergaram, obat tetes yg dijual diinternet, dll dan tau kah ternyata obatnya selama ini udah sering kita dengar, tapi tidak ada yg pernah mencoba pada penyakit cantengan…. ALBOTHYL yak benar !!!!, ternyata obat ini sangat powerfull, dia mematikan permukaan jaringan yg ditetesi obat ini, termasuk kulit infeksi akibat cantengan… teteskan beberapa kali sehari terserah.. dan lihat hasilnya… saya udah buktiin, dan ingin berbagi.. sebab saya bisa merasakan desperate nya orang yg menderita cantengan dan dibayangi2 solusi harus cabut kuku… hi sereemmm… :)
selamat mencoba Insyaallah sembuh…. :)

 
, Anonymous Sanny wrote ...

dok,saya kena cantengan ud 3 tahun nih, sebelumnya sih sempet sembuh & ga begitu parah. tapi yg sekarang ini ud parah bgt deh kayanya, soalnya uda sampai numbuh daging jadi gitu dok. Sebenernya sih saya paling takut yg namanya operasi, tp kalau uda begini kayanya satu-satunya jalan cuma operasi yah dok? Yang saya mau tanyain itu anestesi nya nanti sakit bgt ga yah dok? karena kata orang bius untuk cantengan itu bius suntik, dan itu sakit banget katanya. untuk operasi cantengan ini ada bius lain selain bius suntik ga dok? saya paling takut banget dok sama yang namanya sakit & suntik, soalnya saya ada trauma sama jarum suntik nih dok. Trus untuk kasus saya ini, kuku nya ga harus sampai di cabut semua kan dok?soalnya yg cantengan cuma di sisi kanan aja, kalau sisi kirinya sehat dan aman2 aja. Thanks dok. :)

 
, Anonymous Yoo wrote ...

dok,saya mau nanya saya cantengan udah lama ya sekitar 2-3 bulan terus pake denomix salep ga sembuh2 dok. masih bengkak, kadang keluar nanah dan pernah potong kuku di area cantengan keluar darah. ada kaya daging tumbuh gitu. Itu bahaya ga dok, terus tadi aku potong 2 kali pertama ga sakit, kedua rasanya perih banget dan panas gitu kenapa ya dok?

 
, Blogger phia wrote ...

Dear Dokter Lakshmi,

jempol kaki kanan ku cantengan sudah hampir 3 bulan..akhirnya aku k Poli Kulit RS. Mitra Keluarga Depok (Dokter Adi)..kalau sudah selama itu apa perlu di lakukan pembedahan ya dok?jempol kaki saya juga sudah sampai ada benjolan kecilnya di samping kuku..kata dokter Adi, di bedah tapi kalau kasusnya sudah benar2 besar bengkaknya..

Aku minta sarannya dong dok...

Thx
Ulfia

 
, Blogger baso gama wrote ...

Saya pernah kena kuku cantengan, sangat menyiksa karena ibu jempol tangan kanan yang kena, jadi tdk PD. Untung saya dapat resep dokter salep racikan yang bisa mengobati cantengan. Alhamdulillah sudah sembuh 90%.
Kalau mau lihat resepnya di www.obatkuku.blogspot.com

 

Post a Comment

<< Home