3.06.2006

MASTALGIA Nyeri pada payudara .... Cek apakah ada hubungannya dengan siklus menstruasi ? Apakah ada benjolan ? teraba benjolan ? abses ? Jika tidak teraba benjolan, mamografi atau USG bisa dipakai untuk menentukan tindakan lebih lanjut ... Pemberian analgetik dengan pola tertentu dapat membantu menghilangkan mastalgia .. Ada juga yang berkurang dengan pemberian obat anti estrogen .. tentunya pemberian obat hormonal ini harus mendapat pengawasan yang lebih serius. Klik
http://lakshminawasasi.blogspot.com/2006/01/mamografi-adalah-suatu-pemeriksaan.html Pernah selama sebulan praktek di sebuah RS swasta di Bekasi, pasien yang datang hampir semua ibu-ibu dengan keluhan mastalgia .... Ingin berbagi soal mastalgia ? pengalaman ?

2 komentar

, Blogger Erik Tapan wrote ...

Sori, mungkin kurang lazim,
tetapi apakah sejawat pernah berpikir untuk mengecek level / kadar beberapa hormon dari sang pasien?

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Makasih Dokter Erik,
Hormon yang Dokter Erik maksud apakah ER dan PR itu ?
Soal ER dan PR memang dilakukan pengecekan Dok.
Biasanya untuk terapi adjuvan. Berdasarkan menopausal status nya kita harus cek ER dan PR.
Dulu waktu di RS daerah karena fasilitas pengecekan hormon itu belum tersedia, saya merujuk pasien untuk diperiksa di RS yang lebih lengkap. Tapi biasanya kendalanya jauhnya RS yang dituju dan masalah biaya. Jadi tanpa hasil ER dan PR untuk terapi adjuvan, untuk kasus-kasus tertentu saya melakukan bilateral oovorektomi (tentunya setelah mendapat persetujuan dari pasien).
Saat ini saya selalu melakukan pengecekan ER dan PR karena di RS tempat saya bekerja sekarang memang telah tersedia fasilitas untuk itu.
Salam,

 

Post a Comment

<< Home