3.14.2006

HERNIA
Obrolan ini lanjutan dari acara Talk Show radio Sonora Jakarta 92.0 FM topik HERNIA pada hari Selasa 21/3/06 pk 08.00 WIB.
Hernia dikenal sebagai turun berok atau burut atau kondor Gangguan ini sering terjadi di daerah perut - jadi hernia adalah penonjolan isi rongga perut melalui jaringan ikat tipis yang lemah (defek) pada dinding perut. Dinding yang lemah tersebut membentuk suatu kantong dengan pintu berupa cincin. Penonjolan ini sering terlihat sebagai suatu BENJOLAN. Benjolan tersering terjadi di lipat paha bahkan bisa turun sampai skrotum (kantung kemaluan). Benjolan keluar kalau berdiri, dan menghilang jika berbaring/tidur. Kondisi menjadi lebih parah bila ada dorongan akibat peningkatan tekanan di dalam rongga perut. Misalnya, akibat mengejan ketika buang air besar (pada penderita ambein/wasir), mengejan ketika buang air kecil (pada penderita hipertrofi/pembesaran prostate) batuk-batuk, atau pekerjaan sering mengangkat beban berat. Selain itu dengan adanya benjolan akan memberikan rasa tidak nyaman dan ukuran benjolan jika tidak di terapi besarnya tidak terbatas, bahkan ada yang mencapai 1/3 bawah paha (seperti terlihat pada gambar), namanya hernia permagna. Hernia tidak hanya terjadi pada usia lanjut tapi dapat juga terjadi pada anak-anak. - semua kalangan, semua umur dan semua jenis kelamin. Lebih sering dialami laki-laki dibandingkan perempuan. Ini terjadi karena adanya perbedaan proses perkembangan alat reproduksi pria dan wanita semasa janin. Pada janin laki-laki, testis (buah pelir) turun dari rongga perut menuju skrotum (kantung kemaluan) pada bulan ketujuh hingga kedelapan usia kehamilan. Lubang yang berupa saluran itu akan menutup menjelang kelahiran atau sebelum anak mencapai usia satu tahun. Ketika dewasa, daerah itu dapat menjadi titik lemah yang potensial mengalami hernia. Lokasi yang paling sering adalah daerah lipat paha (groin), skrotum dan femoral. Lebih sering terjadi pada sebelah kanan. Lokasi lain terjadinya hernia adalah hernia ventral, umbilical, epigastrik, insisional, spigelian, stoma hernia. Hernia insisional terjadi akibat luka pembedahan pada daerah perut (biasanya irisan tengah) yang tidak menyembuh komplit sehingga tempat irisan tersebut menjadi daerah terlemah / defek yang menyebabkan isi rongga perut menonjol. Keadaan yang membahayakan dari hernia adalah bila usus yang keluar tidak dapat kembali masuk ke rongga perut kemudian terjepit dan membusuk. Tindakan operasi harus segera dilakukan, selain menutup lubang dan memperkuat jaringan, pemotongan dan penyambungan usus yang mengalami jepitan tadi juga harus dilakukan jika usus sudah dalam keadaan membusuk / gangrenous PENYEBAB HERNIA Pada orang dewasa, hernia terjadi karena faktor kelemahan dinding perut. Otot dinding rongga perut yang melemah, bisa dikarenakan usia lanjut. Sejalan dengan bertambahnya umur, organ dan jaringan tubuh mengalami proses degenerasi. Pada wanita, kegemukan juga dapat memungkinkan timbulnya daerah yang lemah. Keadaan-tersebut dapat mengakibatkan usus terdorong ke dalam "daerah perbatasan" yang lemah tadi dan menonjol ke luar. Pendapat lain menyatakan, kebiasaan merokok, penyakit yang mengenai jaringan ikat, dan penyakit gula (diabetes melitus) juga dapat mempengaruhi timbulnya hernia. Hal tersebut berkaitan dengan gangguan metabolisme pada jaringan ikat. Selain faktor usia, dorongan pada rongga perut yang sering akibat penyakit / pekerjaan tertentu yang mengakibatkan timbulnya kelemahan dinding perut. Daerah terlemah pada dinding perut adalah kanal inguinal dan anal femoral juga daerah umbilical / pusar. TERAPI Tidak ada obat yang dapat menyembuhkan. Karena penyebab hernia adalah kelainan anatomi akibat dinding perut yang melemah, pembedahan memang menjadi satu-satunya terapi. Terapi nonbedah berupa pemakaian penopang (truss) hanya bersifat menunjang, sama sekali tidak memperbaiki hernia itu, apalagi menyembuhkan. Cara ini diperuntukkan bagi penderita yang menolak operasi atau, karena keadaan yang tidak memungkinkan, tidak dapat dioperasi. Namun, untuk penderita yang menolak operasi, perlu dijelaskan bahwa keadaan penyakitnya dapat berlanjut dan akhirnya tetap diperlukan operasi Pada orang dewasa, pembedahan dilakukan untuk menutup lubang dan memperkuat bagian yang lemah. Otot perut dirapatkan menutupi lubang yang ada. Pada zaman dulu, operasi dilakukan dengan menempatkan penderita dalam "posisi Trendelenburg" (kepala di bawah) agar isi hernia masuk kembali ke rongga perut oleh gaya gravitasi Bumi. Pembedahan dapat dilakukan terencana, tidak harus segera. Khusus untuk hernia inkarserata dan strangulate (hernia dengan usus yang terjepit / usus-benjolan yang tidak dapat masuk kembali kedalam rongga perut), tindakan operasi harus segera dilakukan. Bila tidak, bagian isi hernia yang terjepit lalu membusuk dan bisa menjadi sumber infeksi ke seluruh dinding usus (peritonitis). Akibat yang lebih buruk adalah kematian bagi penderitanya. Setelah operasi, semuanya jadi beres? Belum tentu. Penderita biasanya masih mengeluh soal lain. Setelah operasi ia merasakan bagian yang dioperasi seperti tertarik dan nyeri. Rasa nyeri ini lama-lama akan berangsur pulih. Pada anak-anak, sebelum anak mencapai usia satu tahun, biasanya belum dilakukan tindakan. Diharapkan, lubang akan menutup sendiri mengikuti pertumbuhannya. Namun, jika setelah berusia satu tahun, lubang masih terbuka, dokter akan menganjurkan operasi. Kalau dibiarkan, lubang dapat bertambah besar. Ketika anak mulai berjalan dan beraktivitas, lubang tadi dapat terus membesar akibat dorongan terus-menerus. Akibatnya, tidak hanya cairan yang keluar, usus pun dapat keluar, sehingga berlanjut menjadi hernia." Pada anak-anak, tindakan hanya ditujukan untuk menutup lubang. CEGAH REKURENSI / KEKAMBUHAN Penderita hernia pascaoperasi bisa mengalami kekambuhan. Bila kekambuhan terjadi dalam beberapa bulan atau setahun, hal ini mungkin merupakan akibat dari pembedahan yang dilakukan. Namun, bila kekambuhan terjadi setelah dua tahun atau lebih, tampaknya terjadi kelemahan fasia / dinding perut yang progresif. Hati-hati bila kekambuhan terjadi berulang. Kemungkinan hernia berkembang menjadi hernia inkarserata dan strangulata menjadi lebih besar. Untuk mencegah kekambuhan, penderita harus menghindari hal-hal yang dapat meninggikan tekanan di dalam rongga perut, misalnya batuk dan bersin yang kuat, konstipasi (sembelit), mengejan, serta mengangkat barang berat. Misalnya, untuk menghindari batuk-batuk yang persisten, kalau ia perokok sebaiknya berhenti merokok. Jangan sampai ia harus mengejan, kalau ada kesulitan buang air kecil atau besar, sebaiknya segera berobat dan diatasi dulu. Kalau pekerjaan penderita sering menuntut dirinya mengangkat beban berat, sebaiknya ia minta dipindahtugaskan. Pada wanita yang kegemukan, dianjurkan untuk mengurangi bobot badan. Instruksi Post Operasi Dokter memperbolehkan pulang jika sudah dapat berjalan tanpa rasa pusing, sudah dapat makan dan minum tanpa muntah dan mual, dapat BAK tanpa kesulitan dan tidak ada penyulit lain yang membuat pasien harus tetap dirawat di RS. Dokter akan memberikan resep obat dan harus di minum sesuai dengan aturan yang diberikan Luka operasi jangan terkena air selama 7 hari setelah operasi Kontrol ke RS pada hari yang telah ditentukan. Minggu pertama setelah operasi, istirahat dan melakukan kegiatan di dalam rumah. Jangan masuk kantor dulu (jika bekerja) Minggu ke dua bisa melakukan kegiatan di luar rumah yang ringan. Jika ada demam, segera kunjungi RS Kembali bekerja setelah 2 – 2 ½ minggu setelah operasi Menyetir mobil dapat dilakukan 1 minggu setelah operasi Kadang-kadang merasakan nyeri pada puncak skrotum / kantong kemaluan dan berkurangnya sensitifitas pada testis selama beberapa hari. Konsultasi untuk menyembuhkan faktor resiko seperti batuk kronis, keluhan BAB dan BAK yang sering mengejan, kegemukan, penyakit degeneratif yang cenderung melemahkan otot/fascia dinding perut. Keadaan lain-lain Hernia terjadi bersamaan pada kedua sisi, sehingga dilakukan operasi dua-duanya Dapat terjadi dua macam hernia pada satu sisi, hernia lateralis (sampai ke kantong kemaluan) dan hernia medialis (hanya sebatas pada lipat paha) Kantong hernia dapat dibentuk oleh usus besar dan organ lain yang terletak di bagian bawah perut. Hernia dapat disertai dengan tumor kelenjar lemak pada kantong hernia, pada proses yang lama pertumbuhan tumor kelenjar lemak ini dapat terus bertambah besar dan menggantikan jaringan serta fascia pada dinding perut disebelah atas funikulus spermatikus. Pada post operasi, cegah penekanan/trauma langsung pada daerah luka operasi. Dapat disertai dengan hidrokel, menumpuknya cairan peritoneum dalam kantong kemaluan – biasanya dilakukan operasi secara bersamaan. Hernia dengan riwayat dilakukan pemijatan, biasanya akan mengakibatkan terjadinya perlengketan hernia dengan struktur jaringan sekitarnya sehingga akan menyebabkan kerusakan jaringan sekitarnya dan merupakan suatu penyulit operasi. Dapat disertai dengan tumor testis. Tindakan operasi disertai terapi lain untuk tumor testisnya.
Pembesaran benjolan hernia tidak terbatas. Terapi tunggal dengan melakukan operasi. Operasi dengan memotong kantong hernia (herniotomi) dilanjutkan dengan hernioplasty (memperkuat dinding posterior abdomen dan cincin hernia) agar tempat terlemah tadi bisa menjadi lebih 'kuat'.
Pada anak-anak hanya dilakukan herniotomi saja tanpa hernioplasty.
Ada yang hendak berbagi soal Hernia .... ?
Pernah melakukan operasi Hernia ? Kambuh mengalami hernia setelah dilakukan operasi ?

64 komentar

, Blogger Siswanto Muhtasor Muhammad wrote ...

hi.. Bu dokter,
salam kenal dari saya...

Saya pasang link Blog Ibu di BLOG saya ya, moga berkenan...dan moga bisa jadi sahabat

my BLOG:
(Http://www.siswanto.co.nr)
dari,

Siswanto M. Muhammad

(Kuwait)

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

salam kenal juga dari saya Siswanto,
Senang blog saya bisa 'mejeng' di blog Anda ...
Blog Anda juga saya pasang di blog saya .....
Terimakasih banyak untuk bisa menjadi sahabat,
Salam,

 
, Blogger Adeline wrote ...

Wahh waktu itu saya ngeliat hernia segede bola bowling, seriously. Orangnya diem2 aja sampe segitu gede baru ke klinik, tsktstsk.

Di sini kalo untuk beberapa jenis hernia (bukan inguinal pastinya) itu operasinya pake local ana loh, tapi waktu dibilang bisa pake local ana, pasiennya takut sendiri dan minta general anaethesia, lol.

Berikutnya, saya pas on call ada emergency hernia repair jadi saya juga ikutan scrub in (horeee), trus surgeonnya (perempuan lohhh, the first female surgeon I met in the hospital) pake mesh yang double. Jadi 2 lapis gitu deh meshnya, gimana ya jelasinnya susah! Pokoknya 2 lapis. Yang satu (kayaknya) intra peritoneal, yang satu lagi di gap antara peritoneum dan kulit (kayaknya....). Taon lalu sih, dan saya masih bego2 gitu, jadi banyak yang ga meresap ilmunya haha... Dan kalau hernia kan jaitnya lama karena mesti satu per satu dimatiin, biar klo satu jaitan lepas, semuanya ga lepas klo ga recurrencenya tinggi.

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Menarik ya, Disini saya jarang melakukan herniorafi dengan anestesi lokal, karena hammpir semua mau di GA. Kecuali waktu di daerah banyak yang dilakukan anestesi lokal karena mesin anestesi nya tidak ada.
Sekarang, kebanyakan herniorafi dilakukan dengan laparoskopi karena lebih cepat.
Terutama untuk yang dewasa.
Ok, kapan-kapan kita diskusi lagi
salam,

 
, Blogger indigobluelex wrote ...

Halo, bapak2 dan ibu2 dokter, kebetulan saya juga hernia, sejak kecil. Belakangan ini saya berpikir untuk menjalani operasi hernia, oiya umur saya 36 thn pria di jakarta. yang ingin saya tanyakan ada rumah sakit mana yg bagus untuk menjalani operasi hernia dan dokter2 yg di sarankan siapa?

terima kasih
Edi

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

RS yang bagus maksudnya bagus apa ? Fisik RS nya, biayanya atau apa ? Semua dokter Bedah dapat melakukan operasi Hernia, jadi silahkan memilih dokter Bedah yang terdekat.
Salam,
lakshmi

 
, Blogger Didi Pr wrote ...

Salam kenal bu dokter Lakshmi...
Nama saya Didi Prastowo, umur 33 tahun, saya juga mengalami hernia...saya ingin nanya bu dokter Lakshmi : Sebelum operasi hernia, perlu di cek apa saja ya fisik saya dan memerlukan waktu berapa hari, karena saya karyawan swasta sehingga harus berhitung jika mau ambil cuti. Pertanyaan 2, lama waktu di RS sebelum dan sesudah operasi berapa hari ? Pertanyaan 3, apakah setelah 1 minggu operasi boleh masuk kerja ? (pekerjaan saya seharian duduk di layar laptop dan bertelepon). Pertanyaan 4, saya ingin RS yang berpengalaman dalam operasi Hernia ini, Ibu dokter Lakshmi menyarankan RS mana saja ya ?

Terima kasih dengan adanya blog ini, sangat membantu sekali....

Thanks atas jawabannya bu dokter Lakshmi.

Regards, Didi Prastowo

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Dear Pak Didi,
1. Sblm operasi, biasanya dokter menyarankan untuk cek kesiapan pasien menjalankan operasi (laboratorium dan ronsen), proses nya tidak lama.
2. Waktu di RS tidak sampai 3 hari terhitung dengan melakukan serangkaian pemeriksaan sebelum op.
3. Setelah operasi, biasanya istirahat 3 hari dulu setelah itu boleh melakukan aktifitas spt biasa hindari naik tangga dan mengangkat beban berat (selengkapnya tertulis dalam artikel HERNIA dalam blog ini)
4. Saya pikir hampir semua RS mempunyai dokter Bedah yang dapat mengerjakan operasi ini.
Sekedar informasi, sekarang operasi dapat dilakukan dengan tehnik laparoskopi.
Cari RS yang dekat dengan tempat tinggal supaya tidak menyusahkan dan yang sudah mempunyai ISO - sudah memiliki standart pelayanan yang baik secara internasional tentu pilihan yang jauh lebih baik.

Terimakasih kembali, selamat menjalankan operasi.
Salam,

 
, Blogger bunga wrote ...

dokter,papa saya akhir-akhir ini baru ketahuan penyakit hernia. dok, saya maw meminta rincian biaya operasi hernia itu berapa?? dan apakah terlalu beresiko bagi papa???
tolong dijawab ya dok....terimakasih sebelumnya

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Dear Bunga,
Rincian biaya operasi bisa ditanyakan pada RS yang dipilih, bilang saja biaya untuk operasi Herniorafi.
Untuk tehnik operasinya nanti dokter Bedahnya yang menentukan (juga pasien) apakah dengan tehnik open atau laparoskopi, masing-masing ada perbedaan biaya.
Beresiko atau tidaknya tergantung hasil pemeriksaan yang dilakukan sebelum operasi, meliputi hasil lab-ronsen-EKG dll.
Dokter akan menjelaskan resiko-resiko yang terjadi.
Saran konsultasikan pada dokter Bedah terdekat.
Semoga jawaban saya bisa membantu ya.
Salam,

 
, Blogger al wrote ...

malam bu dokter

numpang nanya nih,
saya sudah periksa ke dokter spesialis kulit & kelamin trus saya didiagnosa menderita hernia
kurang lebih begini
" left inguinal herniaa extending right down into scrotal sac. secondary chages to the testis"

trus saya dirujuk untuk operasi, tapi biaya operasinya sekitar $10.000 lebih di Australia, kira2 diindonesia estimasi biayanya berapa ya?

thanks before
salam



xy

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Al,
Operasi hernia, di Indonesia biayanya tergantung RS yang dipilih. RS pemerintah lebih sedikit biayanya dibandingkan RS swasta. Biasanya tergantung juga dengan tipe kamar yang dipilih, kelas III biayanya lebih sedikit dibandingkan kelas II, kelas I atau VIP.
Macam tindakan operasi yang dilakukan juga berpengaruh, apakah hendak dilakukan dengan tehnik OPEN / biasa atau dengan laparoskopi ...
Jadi jika memang hendak melakukan operasi di Indonesia, tentukan dulu RS yang dipilih, kemudian konsultasi ke dr Bedahnya dan tanyakan pada pegawai administrasi nya mengenai jumlah biaya nya ...
Ok, selamat menjalankan operasi ..
Salam,

 
, Blogger hasbullah wrote ...

Bu Dokter, saya pria umur 35 Th dalam 2 bulan ini saya merasakan sesuatu di sekitar buah zakar. Dimana permasalahannya adalah setiap saya duduk agak lama disekitar buah zakar ada terasa seperti mengganjal, jadi perasaan itu mengganggu activitas. Kaau saya bawa jalan atau berdiri rasa yang mengganjal itu hilang. Pertanyaan nya : apakah saya terkena penyakit HERNIA? atau penyakit apa yang saya derita kalo ciri-cirinya seperti yang saya sebutkan di atas....

Wassalam,

Hasbullah

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Pak Hasbullah,
Sepertinya sih yang Bapak keluhkan itu bukan hernia. Hernia syaratnya ada benjolan. Bukan rasa mengganjal, bukan rasa kemeng. Intinya harus ada benjolan dulu. Selanjutnya benjolan bisa hilang kalau pasien berbaring, tapi akan muncul lagi kalau berdiri/ jalan. Ada kalanya benjolan menetap (tdk hilang), dan biasanya disertai dengan keluhan lain yang lebih serius (karena biasanya benjolan berupa usus)

Saran saya coba periksakan ke dokter bedah terdekat, bisa jadi itu adalah varikokel.
Maaf tdk bisa banyak membantu ya Pak ..
Salam,

 
, Blogger hasbullah wrote ...

Bu dokter, terimkasih banyak atas informasi yang di berikan. Berdasarkan informasi tersebut akhirnya daku memberanikan diri pergi berobat pada hari Sabtu tgl 28 june 2008 di Awal Bross Pekanbaru. Dokter bedah analisanya bukan Hernia, jadi di sarankan ke bagian Urologi. Setelah di bagian Urologi di check semua termasuk periksa air seni and alhasil analisa dokter urologi (Santa Maria) tidak ada ditemukan Hernia dan Varikokel. Obat yg diberikan Cravit, Voltaren dan kapsul anti magh. Berdasarkan jenis obat tersebut penyakit apa ya yang kira-kira saya derita Bu Dokter? karna setelah 2 hari minum obat tsb saya masih merasakan ganjalan dikala duduk.

Wasalam,
Hasbullah

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Pak Hasbullah,
Kalau masih ada rasa yang mengganjal, coba di USG ..
Obat yang diberikan oleh Dokter Bapak adalah antibiotik dan penghilang rasa nyeri ..
Menurut saya kalau ga ada demam, tdk ada tanda peradangan ga perlu pakai obat, coba di USG dulu - USG testis.
Demikian, semoga membantu
salam,

 
, Blogger hasbullah wrote ...

Terimkasih Bu dokter, ya saat ini saya sudah tidak mengkosumsi obatnya lagi, karna setiap saya minum obat tersebut ada efeknya bagi saya, berikut efek yang ditimbulkan setelah meminum obat tersebut :
- sering merasa lapar / keroncongan
- sering pusing

anyway, nextnya saya akan coba petunjuk bu dokter.

Terimkasih ya buk atas infonya semoga Allah membalas semua kebaikan ibu dokter.

Wassalam,
Hasbullah

 
, Blogger dayat wrote ...

hi bu dokter....
salam kenal dari saya..
saya dayat dari lombok

saya mau menjalani operasi hernia yg saya mau tanya: yang dimaksud dengan bedah open dan laparoskopi itu apa? mohon penjelasan...
terima kasih.

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Bpk Dayat,
Anda mau operasi di RS mana ? Kalau mau dilakukan laparoskopi, harus cari RS yang memang sdh ada alatnya dan ada dokter yang bisa mengoperasikan alatnya.
Tehnik operasi open / yang biasa dg melakukan sayatan di atas lipat paha (spt biasa kalo hernianya hernia inguinal), tapi kalo laparoskopi sayatan yang dilakukan sangat kecil 3 mm (sebesar diameter trokar yang dimasukkan ke rongga perut). Operasi dg menggunakan alat yang dimasukkan ke r perut dengan bantuan kamera, kita melihat visualisasi tindakan operasi melalui monitor TV.
Itu bedanya, untuk lebih jelasnya Anda bisa langsung mendiskusikan dengan dokter Bedah yang akan mengoperasi.
Selamat menjalankan operasi.
salam,

 
, Blogger dayat13962 wrote ...

Makasi Bu Dokter,
Memang jenis hernia berapa banyak bu, kalo yg saya alami muncul atas lipatan paha sebelah kiri, kemudian turun ke kantong penis saya, kalo tidur masuk sendiri, kalo berdiri muncul dan turun lagi, kadang2 muncul tp gak turun dan rasanya sakit, kalo operasi kira2 apa saja efeknya dan apa yg bs saya lakukan minimal untuk mengurangi sakitnya, mohon penjelasan, makasi.

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Bpk Dayat,
Yang Bpk derita hernia skrotalis reponibel, efek setelah operasi adalah benjolannya tidak akan muncul kembali.
Rasa sakit yang timbul sekarang bisa didiskusikan kembali ke dokter bedah yang akan mengoperasi, mungkin ada penyulit lain karena biasanya hernia seperti yang bapak derita, tidak menimbulkan rasa sakit.
Ok konsultasikan lagi pada dokter bedahnya ya ..
Semoga operasinya berjalan lancar.
Salam,

 
, Blogger bono wrote ...

bu dokter mau tanya donk..
saya ini masih umur 22 tahun belum menikah tapi menderita hernia,,apakah kalau setelah dioperasi hernia, saya masih bisa punya anak?dan apakah aktivitas sexual dengan istri saya nantinya tidak terganggu?

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Bono,
Jika organ reproduksi dan seluruh hal yang terkait dg masalah reproduksi normal maka ada kemungkinan mempunyai keturunan. Operasi hernia tidak ada hubungannya dengan gangguan pada aktifitas seksual.
Mudah-mudahan jawaban saya bisa membantu
salam,

 
, Blogger Mik-Mik wrote ...

Salam Kenal bu dokter....
Numpang 'Nyoret' ya bu...
Usia saya 32 thn, saya baru selesai menjalani operasi Hernia ( usus saya turun di sebelah kiri dan sudah menetap tidak bisa balik lagi ) memang betul kata ibu dokter, di RS istirahat kurang lebih 3 hari kemudian masa pemulihan. Saya dioperasi dengan teknik open bukan laparoskopi ( lama operasi kurang lebih 1/2 jam ) selesai operasi lapisan kulit dalam di jait dan kulit luarnya di LEM sehingga tidak nampak luka bekas jaitannya.
Oiya bu dokter mau nanya ya, pasca operasi saya suka batuk atau bersin ( karena tenggorokan gatal atau udara dingin bukan karena sakit ) ketika bersin atau batuk bagian yang dibedah terasa sangat sakit ( mungkin karena tertariknya otot otot atau kulit disekitar tempat yang dibedah ) pertanyaannya Apakah ketika batuk atau bersin dapat mengakibatkan lepasnya alat yang dipasang oleh dokter bedah untuk menutup lubang tempat turunnya usus ( kalau ngggak salah namanya " MES " )kemudian ketika perban dibuka diujung kulit yang di 'lem' sedikit terbuka tetapi kondisinya tidak basah melainkan sudah kering bekas lukanya. Apakah itu baik baik saja bu? ( saya belum konsultasi lagi ke dokter bedahnya karena domisili saya di Bandung dan saya dioperasi di Bogor )
Terima kasih ya bu atas Blognya, Salam

 
, Blogger @dya wrote ...

mohon maaf, kalo boleh minta informasinya. biasanya kira-kira berapa biaya yang dibutuhkan untuk sebuah operasi hernia, karena keluarga saya ada yang menderita hernia sejak kecil tapi sampai usia 25 tahun belum juga di operasi karena terbentur biaya.
terima kasih

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Salam kenal kembali Mik-Mik,
Mengenai kondisi luka operasi, jika tidak basah, keadaan secara umum juga baik luka operasinya mudah-mudahan baik-baik saja.
Untuk lebih jelasnya memang harus bertemu dokter bedahnya lagi, biar diperiksa.
Mudah-mudahan jawaban saya bisa membantu ya
salam,

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

yth @dya,
Silahkan berkonsultasi pada RS yang dituju.
Pegawai RS nanti akan menjelaskan pada Ibu berapa biaya operasi untuk hernia.
Jika memang terbentur soal biaya, Ibu bisa berkonsultasi pada RS umum daerah yang terdekat dengan menggunakan fasilitas (maaf) askeskin atau semacamnya.
Apakah ini keluarga Ibu langsung ?
Semoga jawaban saya bisa membantu ya
salam,

 
, Blogger Randi Tukayo wrote ...

Hallo salam kenal bu dokter, saya pak randi dari papua, kebetulan saya menderita penyakit hernia, dan saya sudah di minta dokter untuk operasi, karena kantong testis sebelah kiri membengkak dan nyeri sampai di kepala, dan kaki kiri kadang-kadang keram dan seperti mau sesak napas,akhir-2 ini saya perhatikan perus saya mulai membesar. saya ingin bertanya dimana rumah sakit yang baik, dan biayanya terjangkau dan berapa biaya untuk operasi hernia tersebut karena saya dipapua dan saya kurang tahu biaya operasi di papua sama sekali, mohon infonya terima kasih sebelumnya. wasalam randi, email : rtukayo@gmail.com blog: www.kotajayapura.blogspot.com

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Hallo Pak Randi, salam kenal juga Pak,
Untuk kasus Hernia, Bapak bisa lakukan di RS mana saja yang nyaman dan enak di hati :)
Biaya operasi biasanya tergantung dari masing-masing RS.
Jadi sekarang jika Bapak ada waktu, Bapak segera ke RS terdekat yang dipilih.
Konsultasi ke poli bedah, bertemu dokternya untuk perjanjian waktu operasi.
DEmikian, semoga jawaban saya bisa membantu ya Pak
salam,



30/1/09

 
, Blogger bags wrote ...

halo bu dokter,..
saya seorang wanita n blm menikah,saya mw konsultasi.
masalahnya dalam vagina saya terdapat benjolan dan hal ini sudah saya periksa ke dokter kelamin juga. menurut dokter tsb, saya menderita hernia dan harus dioperasi. pertanyaan saya apakah jika saya operasi nanti akan berpengaruh terhadap rahim saya n mengganggu dalam berhubungan intim nantinya?? terima kasih

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Selamat siang bu dokter,

saya mempunyai penyakit apa ini disebut hernia dimana buah jangkar lebih besar sebelah kanan tapi ini tidak ada sakitnya dan yang saya mau tanya kan juga saat ini saya belum menikah apakah kalau tidak diobati bisa mempengaruhi dengan program punya anak nantinya ?

terima kasih


sandi

Nb di tunggu jawabannya

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth "bags"
Benjolan dalam vagina ? hernia ?
Coba konsultaskan dulu pada dokter bedah terdekat.
Saya masih kurang mengeti pernyataan benjolan dalam vagina dengan hernia.
Apakah betul hernia ?
Mohon maaf tidak bisa banyak membantu
salam,

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Sandi,
Bisa jadi keluhan yang dialami itu bukan hernia.
Untuk menetapkan diagnosa, coba kunjungi dokter Bedah terdekat ya
Mohon maaf tidak bisa banyak membantu
salam.

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Ibu salam kenal saya Fyan...
Dmanakah RS untuk operasi yang sekiranya tidak terlalu berat biayanya yaa...
posisi saya di Jakarta Timur.
Rawamangun..
terimakasih...
email saya di sofiabagus@yahoo.com

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Salam kenal kembali Fyan,
RS yang tidak "berat biayanya" - beratnya berapa Fyan ? relatif ya ?
Coba tanyakan pada RS yang dipilih, kalau memang dianggap terlalu berat bisa ditanyakan pada RS lain untuk perbandingan.
Ada asuransi ? kalau ada pasti bisa lebih ringan kan ?
salam,

 
, Anonymous imot wrote ...

hai bu dokter,
saya cowo berumur 17thn. sejak kecil buah zakar saya yg sebelah kanan tidak turun. lalu lama-kelamaan mucul benjolan kecil turun k kantung testis sebelah kanan, setelah itu benjolannya membesar, pada saat tidur benjolannya menghilang, dan pada saat berdiri atau melakukan aktivitas benjolannya kembali turun. setelah membaca artikel dan ngorek2 di google, saya rasa saya terkena hernia. nah yg ingin saya tanyakan :
1. apabila d lakukan pembedahan, buah zakar saya yang tidak turun bisa tidak d obati sekalian dengan hernia yg saya derita?
2. saya tidak ingin melakukan operasi sekitar 6-7 bulan ke depan, apa yg harus saya lakukan agar tidak memperparah kelainan yg saya derita?
3. mengenai buah zakar saya yg tdak turun, apakah saya mengalami gangguan kesuburan walaupun saya bisa mengeluarkan sperma?


mohon bantuannya dan terimakasih.

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

bu salam kenal, nama saya arben.
dari sejak kecil, buah zakar saya yang sebelah kanan tidak turun, tertahan d antara perut dan kantung pelir, lalu lama kelamaan, muncul benjolan d daerah kantung pelir sebelah kanan. lama kelamaan, benjolan itu membesar, dan membuat saya tidak nyaman. dan kadang bisa naik dan turun. bagian ulu hati saya kadang terasa sakit, apa itu di karenakan oleh hernia? dan kapan waktu yg tepat untuk operasi hernia? karena saya tidak ingin operasi dalam waktu dekat?apa buah zakar saya yang sebelah kanan bisa d operasi juga sekalian bersama hernia tersebut? dan apakah kesuburan saya terganggu?

 
, Anonymous Ayah Firza wrote ...

Dear Bu dokter,

Anak saya usia 9bln, mengalami sakit hernia sejak usia 4bln. Kadang benjolan di testis kanan tersebut hilang dengan sendirinya.

Saat anak saya Cholic, menahan sakit dan mengejang timbul benjolan di ujung pangkal paha kanan bagian atas, terasa keras. Dan benjolan tersebut tidak mau menghilang, apakah ini yang dinamakan 'terjepit'? Sampai berapa hari sel di dalam usus yang terjepit akan mati? Tindakan apa yang harus saya lakukan? (karena anak saya menangis terus dan diserati muntah) Apakah hernia bisa muncul dibeberapa tempat? Di RS manakah saya dapat mengoperasi anak saya dengan motode bedah laparoskopi?


Salam Hangat!

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

dok, bayi saya laki2 berusia 1 bula di vonis hernia dan disuruh dokter segera dioperasi,,
mengingat usiannya yang masih dini apakah boleh dilakukan pembedahan???
dan apa yang mesti saya siapkan sebelum melakukan pembedahan dan sekalian di sirkumsisi???

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

dok,, apakah laparaskopy bisa dilakukan dalam pembedahan hernia?? dan apa memungkinkan untuk bayi berusia 3 bulan???

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

@Imot
1) Bisa
2) Segera Operasi itu lebih baik
3) Apakah ada gangguan kesuburan atau tidak harus melalui pemeriksaan lagi Imot

@Arben
Sepertinya Arben dan Imot adalah pengirim yang sama ya ...
Komentar saya berarti sama juga dengan komentar untuk "Imot"

@Ayah Firza
Saran saya segera konsultasikan pada dokter bedah terdekat ya ...

@anonymous 1
Karena sudah diperiksa oleh dokter Bedah dan disarankan untuk dioperasi. Saran saya di lakukan operasi saja.
Operasi hernia dapat dilakukan sekalian untuk sirkumsisinya.

Persiapan sebelum operasi, akan ditentukan oleh dr bedah dan RS.
Ibu tinggal menjalankan instruksinya saja.
Ok selamat menjalankan operasi ya Bu

@anonymous 2
Laparoskopi dapat dilakukan utuk operasi hernia.
Untuk usia 3 bulan saran saya sebaiknya operasi OPEN / biasa saja tidak perlu laparoskopi.

Salam,

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

dok,, apakah hernia mungkin untuk sembuh sendiri,,,??? ( mengingat anak saya masih dibawah 1 tahun )
anak saya umur 1 bulan divonis hernia.. dan disuruh observasi sampai usianya 3 bulan,, sekarang udah 3 bulan dan kayaknya hernianya juga udah ilang ( gak timbul kalo nanggis dan ngeden) . hari ini saya ke SPA untuk imunisasi dan tanya kedokternya,, kata dokternya emank udah gak timbul,, coba observasi lagi,,
dengan USG apa ketauan dok,,?? atau ada cara lainnya selain USG dan raba sendiri,, hernianya masih ada atau udah hilang,, tq

 
, Anonymous apriyadi wrote ...

salam kenal bu dokter saya adi saya ru mo dioperasi hernia,,
yg ingin tanyakan:1. yg saya takutkan efek dri hernia adalah apkah bnar efekny tdk bsa mempunyai keturunan,2.pemulihannya brap lma?..
thanks" Im" waitt to Answer

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

@ Yth Anonymous,
Hernia usia 1 bulan memang bisa hilang sendiri.
Jika sekarang memang tidak tampak ada benjolan lagi, di evaluasi saja.

@ Yth Apriyadi
1. Tidak bisa mempunyai keturunan tidak disebabkan karena operasi hernia.
2. Masa rawat hanya 2 hari, jika menggunakan laparoskopi bisa lebih cepat.
Selama 3 bulan jangan angkat2 berat, naik tangga dan dorong2 berat.

Untuk Anonymous, Apriyadi .. punya facebook ? jika sempat add group "bedah banget" di facebook.

salam,

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

salam bu dokter..
saya wanita berumur 20 tahun...

maaf bu saya mau tanya..
di mulut kemaluan saya ada tonjolan seperti daging
di sebelah kiri.
Apakah itu hernia.
jika itu hernia apakah ketika saya selesai operasi dan menikah akan menggangu hub seks saya?
terimakasih atas jawabnya bu dokter.

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Anonymous
Saran saya konsultasikan pada dokter bedah terdekat supaya dilakukan pemeriksaan, sehingga diagnosanya jelas.
Mudah-mudahan saat ini diagnosa sudah ditegakkan ya ..
salam,

 
, Blogger dayat13bandits wrote ...

klo habis operasi hernia kira2 setelah 2 minggu,, saya berkendara motor setiap hari,, kira2 45 menit soalx jarak rumah dengan kampus jauh.... resiko kambuh datang g?

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Salam kenal Bu Dokter, Mau tanya,
Saya laki2 usia 30 tahun. Sudah lama saya merasakan ada usus yang masuk ke dalam scrotum sehingga menyebabkan salah satu buah pelir saya lebih besar, dan makin hari makin besar untuk yang sebelah kanan. Apakah ini yang dimaksud hernia?
Bolehkah di jelaskan lebih detail 2 tipe hernia Tehnik open dan laparoskopi. Apa bedanya dari 2 tipe tsb, terus apakah berpengaruh ke hasil operasi yang ada? Terus, apakah setelah operasi kita bisa melakukan kerja yang agak berat dan tetap berolahraga spt bola dsb?
Terima kasih

 
, Blogger Fatur wrote ...

Mau tanya untuk mas MIk MIK,

Dimana RS Bogor mana anda operasi hernia? Berapa biayanya? Terus apakah ada keluhan saat ini?
Terima kasih

salam

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

salam kenal, dok! ayah sy 73 thn hernia. kt dktr hrs operasi. apa resikonya jk hrs operasi di usia lanjut? bgmn pemulihannya? apakah memakan wkt lama? lalu apakah operasinya pakai bius lokal?
terima ksh byk, dok!

 
, Anonymous ary wrote ...

bu kira" biaya operasi hernia berapa ya bu?


terimakasih


Ary

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Hmm,
salam untuk semuanya...
Saya berusia 20 tahun
mempunyai masalah hernia ( usus ke kantong testis )( sejak kecil ) akhir2 ini pergi menjenguk dokter umum ( tetapi berpengalaman banget )
saya di suruh pergi operasi dan di perkirakan biaya operasi sekitar 6jtan ( semoga informasi ini
membantu untuk semua ) ( lokasi saya : batam - indonesia )

 
, Anonymous darius wrote ...

Salam bu dokter...sy merasakan ada sesuatu yg turun ke kantung zakar saya..bentuknya ada yg seperti usus dan ada yg benjolan..nah yg benjolan ini terasa sakit kalo tersentuh.. Apa ini hernia? Kalo memang hernia,berapa lama toleransinya sejak saya merasa sakit (sekarang) smp sy melakukan operasi? Sebab sy seorang pegawai,untuk merencanakan cuti untuk operasi mgkn br bs sekitar 1bulan dr sekarang..sebab sy kuatir jg membaca artikel ibu bahwa hernia dpt menyebabkan kematian...:) thank u atas jawabannya bu...

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

salam kenal dok..

saya pernah mendengar kalau pria yang dioperasi hernia bisa mandul. apakah hal itu benar adanya?

 
, Blogger Galih Prasetya Widodo, S.Si wrote ...

Perkenalkan saya P.Galih dari Malang Jawa Timur

Putra kami lahir 1 juli 2010, dengan berat badan 2.8 kg panjang 45cm, dengan cara bedah cesar. Putra kami sekarang umur 4 bulan. Berat badan saat ini 6.5 kg.

Tepatnya tgl 24 Agustus 2010, putra kami menjalani operasi hernia, dan syukur setelah operasi kondisinya menjadi jauh lebih baik.

Sekarang, muncul permasalahan lagi ....
Maaf .... buah pelir putra kami besar sebelah, kami mengetahui ini sekitar 3 minggu yang lalu.
Sabtu kemarin, tgl 23 oktober 2010, kami bawa putra kami ke dokter sps.bedah anak, selanjutnya diambil tindajan USG.

Menurut hasil USG, nampak volume pelir kiri lebih besar dibanding kanan. Terdapat semacam cairan di dalamnya, di kedua pelir ada cairan yg cukup banyak, yg kiri volume cairan lebih besar.

Dokter tsb merencakan konsutasi kembali 3 bulan yang akan datang. dengan pertimbangan nggak mungkin operasi sekarang, krn mengingat baru saja operasi bulan agustus kemarin.

Yang saya tanyakan :
1. Berbahayakah dengan kondisi anak kami yg seperti ini ?
2. Jika dewasa kelak, apa ada pengaruh pada aktifitas seksnya?
3. Untuk reproduksi kelak, apakah tidak ada pengaruhnya?

Terus terang kami sangat khawatir, karena ini putra pertama kami.
Terimakasih atas informasi yang diberikan, besar harapan kami putra kami bisa sembuh, normal dan ceria seperti biasa.
Sekali lagi terimakasih .

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

halo Bu dokter, saya juga mengalami adanya benjolan dalam kantung kemih, sangat amat jarang terjadi walaupun saya terkadang angkat barang berat2, setahun seingat saya pernah 2 kali, kalau ada benjolan tsb, agak sulit dan sakit untuk berdiri tegak jadi enaknya tiduran agar rasa sakitnya berkurang. dulu saya sering lompat2 jauh, ternyata setelah itu saya ada benjolan di kantung kemih ( sakit banget), karena frekuensi kambuhnya jarang saya memutuskan untuk menunda ( dan mungkin mengurungkan niat untuk operasi hernia). apakah benar tindakan saya ini? NB : umur saya 24 tahun, pertama kali kena sekitar umur 21 tahun. saya bisa dibilang agak sering angkat barang berat.

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Mlam Dok..
Saya Bagus
usia saya 19 thn, akhir2 ini saya menderita penyakit yang aneh, di sekitar lipatan paha kiri saya terasa nyeri setelah main futsal, anehnya saat saya pakai jogging tidak terasa nyeri sama sekali, dan kadang2 saat pagi hari di cd saya ada tetesan urin namun hanya beberapa tetes saja, tapi kencing saya tidak anyang-anyangan, penyakit apa itu bu?

Dan tidak ada benjolan sama sekali di daerah tersebut,trimakasih sebelumnya...

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

@dayat13bandits
Dalam 2 bulan kurangi angkat/dorong beban berat dan naik turun tangga. Serta naik motor atau olahraga berkuda.
@anonymous
Dengan laparoskopi sayatan lebih minimal, untuk aktifitas setelah operasi ada pembatasan selama 1-2 bulan.
@Anonymous : sebelum operasi, pasien harus diperiksa dulu untuk memutuskan apakah layak operasi atau tidak.
Operasi dapat dilakukan local bila memang kondisi nya mengharuskan untuk operasi tapi tidak dapat dilakukan dengan bius umum.
@Ary : biaya op tergantung RS yang dituju
@Anonymous : terimakasih untuk informasi biaya operasi di batam
@Anonymous : salam kenal kembali, hernia tidak ada hubungannya dengan kemandulan
@Galih Prasetya
1.Bahaya atau tidaknya harus dilakukan pemeriksaan. Waktu itu hernia nya sebelah mana ya ?
2.Hernia tidak ada pengaruh pada aktifitas seksual
3.Hernia tidak berpengaruh secara langsung pada fungsi reproduksi.
@anonymous : hernia dan benjolan di kantung kemih berbeda. Coba konsultasikan kembali pada dokter bedahnya untuk diagnose pastinya apa.

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

salam kenal ibu dokter...
saya baru 1minggu menjalani operasi hernia,dengan pembedahan open. yang saya ingin tanyakan kepada ibu dokter..
1. kapan saya boleh berhubungan intim dengan istri pasca operasi ini?
2.berapa lama waktu yang saya butuhkan untuk pulih total?
terima kasih atas jawaban ibu dokter....

 
, Blogger ary shoes n colection wrote ...

hormat saya utk ibu dokter sy ary umur 30thn sdh berkeluarga sy divonis dokter terkena hernia ada terasa benjolan naik turun seperti angin dan air jika dirasa turun sampai (MAAF)kekantong pelir sy sebelah kananbesar sebesar telur ayam tp lama kelamaan seperti usus dan air dulu sy pernah oprasi besar katanya sih peradangan usus usus sy di potong sepanjang 20cm panajang oprasi nya dari atas kantong kemih lurus sampai ulu hati yg sy mau tanyakan 1,jika sy oprasi hernia apakah ada pengaruh nya ntn dgn oprasi sy yg lama 2,apakah ntn ada pengaruh nya dgn organ seksual saya ntn berapa persen tingkat kemandulan nya soalnya say dengar kl habis oprasi hernia lubang cincin utk pelir di tutup jadi mandul 3,sy sekarang berdomisili di pekanbaru tp lg liburan di lebaran di palembang sekaligus mau oprasi di kampung ada org tua sy apkah dlm masa siap oprasi 5 hari sy sdh bisa kembali membawa mobil maaf gk ada sopir jarak tempuh nya +_ 18 jam 1 hari 1 malam nyopir kl pun santai jadi 2hari 2 malam apakah sy sdh bs mengemudi tlg jawaban nya segera ibu dokter soalnya besok jumat 1hr sy mau oprasi tgl menunggu keputusan sy aja atas jawaban nya sy ucap kan banya trimakasih semoga ibu selalu sukses dlm berkarir amin

 
, Blogger alfani erythrina koto wrote ...

salam kenal bu dokter.
ibu saya mnurut rekomendasi dri dokter penyakit dalamnya memenuhi kriteria hernia umbilical.
dan saat ini saya sedang mencari dokter ebdah dan RS yang cocok untuk operasi ibu saya.
saya berlokasi di bekasi dan jakarta timur.
ada saran dokter dan RS yang bagus bu?
trimakasih.

 
, Blogger nanang kampus wrote ...

Salam kenal
Dengan hormat Nama saya nanang sy tinggal di surabaya mau mita tolong sama ibu dokter saya mempunyai anak bayi yang masi umur 2 bln di atas buah jakar ter dapat benjolan dan sy sudah datang ke dokter sepesialis anak katanaya itu hernia' mendengar itu sy dan istri sy langung lemas'
apa lagi u/ mengatasi hernia nya harus di operasi terus terang aja sy kasian dengan anak saya. apakah ngk ad aternatif lain selain operasi u/ anak sy" terus dampak apa saja yg di alami bayi setela operasi dan kisaran berapa biaya operasi hernia u/ bayi umur 2-3 bln. tolong ya bu dokter sy sangat butuh info dan jawaban anda.terima kasih banyak. salam kenal nanang

 
, Blogger Ahmad Zaldy wrote ...

Salam kenal bu dokter,

Sy ada kasus, anak sy seminggu yg lalu operasi hernia, tetapi sampai saat ini..buah zakar msh besar dan berwarna kehitaman, dan anakku sering sekali mengeluh sakit pada hasil operasi dan dia jg tidak mau duduk maupun berdiri..

Kata dokter bedahnya, itu tdk apa2 krn bengkak pasca operasi dan akan mengecil sendiri pada akhirnya..

Sy hanya ingin tau.. Sebenarnya apa yang terjadi pada anak saya..sy takut ada penyumbatan aliran darah dll, dan setiap ingin kencing anak saya selalu menangis mengeluh krn sakit..

Mohon bantuannya bu dokter, min apa yg harus sy lakukan..

Terima kasih banyak atas bantuannya.

Zaldy

 
, Blogger hafiz hawari siregar wrote ...

Salam kenal bu dokter....-_-
Klw di operasi apa ada dampaknya ke kemaluan dan ke yg lainnya?
mohon penjelasannya bu dokter


 

Post a Comment

<< Home