4.14.2006

SEPUTAR CERITA TENTANG PAYUDARA Beberapa kelainan pada payudara yang WAJIB diperiksakan lebih lanjut ke Dokter 1. Benjolan pada payudara Berupa benjolan nodul, asimetris atau simetris, abses /peradangan yang dengan antibiotik tidak menyembuh serta benjolan berupa kista 2. Nyeri pada Payudara 3. Keluarnya cairan tidak normal / abnormal pada puting payudara 4. Retraksi atau distorsi puting (puting masuk kedalam), eksim pada puting.
5. Perubahan warna dan kontur kulit payudara
ABSES / NANAH PADA PAYUDARA Merupakan komplikasi akibat peradangan payudara / mastitis yang sering timbul pada minggu ke dua post partum (setelah melahirkan), karena adanya pembengkakan payudara akibat tidak menyusui dan lecet pada puting susu. Pada lokasi payudara yang terkena akan tampak membengkak, kemerahan, nyeri dan teraba masa yang fluktuatif / ‘empuk’ Kadang-kadang keluar cairan nanah melalui puting susu. Bakteri terbanyak penyebab nanah pada payudara adalah stafilokokus aureus dan spesies streptokokus. Terapi : Evakuasi abses dengan cara dilakukan operasi (insisi abses) dalam anestesi umum. Setelah diinsisi, diberikan drain untuk mengalirkan sisa abses yang ‘mungkin’ masih tertinggal dalam payudara. Abses / nanah kemudian diperiksa untuk kultur resistensi dan pemeriksaan PA. Jika abses diperkirakan masih banyak tertinggal dalam payudara, selain dipasang drain juga dilakukan bebat payudara dengan elastic bandage. Setelah 24 jam tindakan, pasien kontrol kembali untuk mengganti kassa. Pasien diberikan obat antibiotika dan obat penghilang rasa sakit. TUMOR PAYUDARA adalah benjolan abnormal yang terdapat pada payudara. Tumor terbagi atas tumor jinak dan tumor ganas. Tumor ganas payudara disebut sebagai kanker payudara Untuk mendeteksi DINI adanya kanker payudara maka : Teratur melakukan SADARI (perikSA payudaRA sendiRI) setiap bulan sekali. Dilakukan beberapa hari setelah menstruasi selesai. Disaat payudara tidak dalam keadaan membengkak dan tegang seperti pada waktu mens. Jangan panik jika menemukan benjolan pada payudara. Segera periksa lebih lanjut ke dokter. Delapan dari 10 kasus benjolan pada tumor adalah tumor jinak. Usia lebih dari 40 tahun ditambah dengan secara teratur melakukan mamografi Tehnik SADARI Langkah PERTAMA Berdiri didepan cermin, dada dibusungkan dan tangan diletakkan di pinggang. Perhatikan UKURAN, BENTUK dan WARNA payudara, serta puting. Wajib memeriksakan ke dokter, jika ada kulit payudara pada satu tempat ‘masuk’ kedalam, berkerut, kemerahan , terdapat luka yang sulit menyembuh atau membengkak. Puting susu retraksi/masuk kedalam atau letak abnormal.

Langkah KEDUA Kemudian angkat tangan, perhatikan payudara seperti pada langkah pertama diatas. Kemudian tekan / pencet puting susu. Jika ada cairan abnormal yang keluar, maka segeralah periksakan diri ke dokter.

Langkah KETIGA

Berbaring dengan tangan (pada sisi yang sama dengan payudara yang akan diperiksa) , diletakkan dibawah kepala. Tangan kiri dipakai untuk memeriksa payudara kanan begitu sebaliknya. Raba seluruh payudara (seperti pada gambar) mulai dari atas kebawah, sisi kiri ke sisi dalam, dari lekukan ketiak sampai kearah payudara. Bisa juga mulai dari puting, dengan arah melingkar terus sampai ke sisi luar lingkaran payudara. Pastikan seluruh payudara terdeteksi, raba dengan kekuatan yang ringan, halus tapi mencapai seluruh kedalaman payudara (bisa merasakan tulang iga dibelakang payudara) Langkah KEEMPAT

Langkah terakhir, lakukan dengan berdiri atau duduk. Lakukan perabaan seperti pada langkah ke tiga. Beberapa wanita sering melakukan pada waktu mandi, karena lebih mudah melakukan perabaan payudara dalam keadaan kulit payudara basah. Secara berkala memeriksakan diri ke dokter, terutama jika mempunyai FAKTOR RESIKO terkena kanker payudara. FAKTOR RESIKO KANKER PAYUDARA, hubungannya dengan 1. Usia Penderita ( lebih dari 30 tahun ) 2. Usia melahirkan anak pertama 3. Tidak / belum menikah 4. Tidak memiliki anak 5. Riwayat menyusui 6. Riwayat menstruasi (mencakup usia menstruasi pertama kali, keteraturan siklus menstruasi, dan menopause usia berapa) 7. Riwayat pemakaian obat hormonal 8. Riwayat keluarga sehubungan dengan kanker payudara atau kanker lain 9. Riwayat pernah operasi tumor payudara atau tumor kandungan 10. Riwayat pernah mendapat pengobatan radiasi di dinding dada Pemeriksaan Histopatologik atau PATOLOGI ANATOMI (PA) Adalah pemeriksaan gold standard untuk menentukan jenis tumor payudara. Setiap tumor pada payudara harus di ambil / BIOPSI dengan jalan operasi, kemudian diperiksakan ke bagian PA. Setelah melakukan operasi / eksisi-insisi biopsy Tumor Payudara 1.Elastic Bandage dipakai sampai 24 jam setelah operasi, bisa dibuka atas rekomendasi dari dokter yang mengoperasi. 2.Obat-obatan oral/yang diminum harus dihabiskan dan luka di rawat terbuka 3.Hasil lembaran PA (pemeriksaan jaringan tumor) HARUS DISIMPAN, jangan sampai hilang (kalau perlu di foto kopi), untuk arsip. Sangat berguna untuk tindakan pengobatan selanjutnya. Jika hasilnya TUMOR JINAK maka : Setiap bulan sekali melakukan SADARI Setiap enam bulan sekali kontrol kembali pada dokter yang melakukan operasi Jika hasilnya TUMOR GANAS maka : Ikuti petunjuk dokter, tindakan terapi selanjutnya yang sesuai dengan stadium tumor yang bersangkutan. Apakah harus di operasi (mastektomi simple atau mastektomo radikal) dan kemudian dilanjutkan dengan pengobatan sitostatika dan radiasi ATAU tanpa dioperasi tapi dengan pengobatan hormonal dan sitostatika (mengingat stadium kanker yang sudah berat).

Ada yang ingin berbagi soal Tumor Payudara ?

174 komentar

, Blogger BeFa wrote ...

dok,saya (18th)mempunyai benjolan disamping atas payudara kiri saya. ketika saya perikasakan saya divonis lipoma,katanya tidak berbahaya,tapi apakah perlu untuk melakukan operasi?kalu tidak apa akibatnya?dulu ketika masih sma kls 1(16th)hingga terakhir ini,payudara saya tidak merasa nyeri,tapi akhir2 ini sering merasa nyeri!bahayakah itu ,dok?

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

halo Befa ...
Sebaiknya setiap benjolan yang abnormal (tumor) dimanapun tempatnya, harus di 'ambil' untuk diperiksa melalui pemeriksaan PA (patologi anatomi). Dari hasil PA, akan diketahui jenis tumor tersebut lebih detail, sehingga terapi lanjutannya juga lebih jelas.
Mengenai benjolan mu itu, jika memang betul bahwa itu lipoma .. tidak dioperasi juga ga papa tapi masalahnya apakah memang benjolan itu betul-betul lipoma ?
Nyeri payudara atau mastalgia .. coba deh iseng-iseng Befa baca dongengan saya soal mastalgia di blog ini. Pertama, pemeriksaan payudara waktunya harus tepat. Kedua jika ada benjolan, harus di ambil untuk di liat jenisnya. Jika ada abses / pus / nanah, maka nanah harus di keluarkan. Jika tidak ada / tidak jelas ada benjolan / peradangan-nanah maka harus dilakukan USG payudara atau bisa juga mamografi.
Semoga jawaban saya bisa membantu ya ...
Salam,

 
, Blogger eptia wrote ...

Halo Ami... :) Apa kabarnya? Artikelnya mau aku posting di intranet kantorku bolehkah? Sangat berguna untuk pengetahuan teman2 perempuan di kantor, nanti saya cantumkan penulis dan sumbernya. Boleh ya...

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Halo juga Eptia ...
Sangat boleh dong ... malah ini suatu kebanggaan artikel ku bisa mejeng di kantor mu ...
Thanks yaa .. boleh di edit sana sini supaya kalimatnya/kata-katanya lebih komunikatif :)

 
, Blogger Priscyl wrote ...

Dok, perkenalkan nama saya priscyl. Saya tertarik ikut posting karena nenek saya (sekitar 60 tahun lebih) menderita kanker payudara, saat ini sudah stage 4, metastatis katanya. Menurut orang tua saya, kondisinya saat ini, benjolannya semakin banyak seperti anggur dan mengeluarkan nanah. 2 tahun lalu memang salah satu payudara sudah diambil karena ada benjolan juga kemudian menjalani kemoterapi dll.Kami sekeluarga sudah siap mengalami kemungkinan terburuk. APakah ada saran untuk kami dalam melakukan perawatan? Saat ini nanah dsb dibersihkan dengan alkohol.Trims

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Sebelumnya, turut prihatin dengan kondisi nenekmu ya Priscyl.
Sementara saat ini pengobatan sifatnya paliatif saja artinya tindakan pengobatan yang membuat nenek merasa nyaman dan senang dalam menikmati hidupnya.
Luka rajin dibersihkan dengan kompres betadine. Jika dirasa terlalu sulit bisa meminta bantuan perawat untuk datang kerumah (banyak RS yang sudah menyediakan fasilitas untuk itu).
Untuk kanker yang sudah mengalami metastase memang sulit ; minimal yang bisa dilakukan sekarang adalah membuat nenek selalu merasa nyaman .. dan cepat mengantisipasi jika ada keluhan timbul. Rajin kontrol ke dokter, makan yang baik serta rajin untuk perawatan luka saya pikir sudah lebih dari cukup.
Tak kalah penting adalah perhatian dan dorongan semangat serta nenek harus selalu merasa "ditemani" oleh orang-orang yang ia sayangi.
Salam,

 
, Blogger rita_kusumawati wrote ...

salam kenal dr.laksmi,mo curhat ni,boleh kan? Sebenarnya aku sudah mengirimkan comment di artikel dokter yang berjudul mamografi, tapi pas aku buka ke esokan harinya belum dijawab mungkin dikarenakan kesibukan dokter, dan pas aku baca artikel yang pas aku kirimkan comment yang sama. Semoga berkenan dan mohon jawabnya. Sudah 2x aku operasi pengangkatan benjolan di payudara kanan, sudah 3 benjolan diangkat. Sekarang 1th berlalu setelah operasi yang ke-2,setelah diraba ada benjolan lagi. Sabtu kemarin aku baru aj meriksa ke dokter. Ketika dokter menekan benjolan itu, gatau kenapa kok sakit ya, namun anehnya tidak seperti 2x kasus tumor sebelumnya, dokter memberikan resep vitamin dan menganjurkan 1 bulan kemudian balik lagi untuk USG. Dokter bilang aku bakat keloid,karena walau sudah pake salep resep dokter tapi tetap aj keloid. Sedih banget deh,kan aku belum merit. Memang dokter nyaranin banget aku untuk menyegerakan merit. Sebenarnya apa sih hubungannya merit dengan penyembuhan tumor?Lalu apa kalau uda merit tumor ini bisa hilang, tidak ada efek samping lain yang akan muncul?Kenapa setelah 2x operasi masih belum bisa menghilangkan tumor ini?Sedih deh,belum merit, belum punya anak tapi onderdilnya uda diambilin semua. Memang ketika aku perhatikan badanku semakin membengkak,mungkin karena kelebihan hormon ini. Belakangan aku giat banget fitnes biar hormon ini tersalurkan. Plz banget mohon jawabannya. Thanks ya

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Mohon maaf Rita, baru bisa saya balas sekarang, saya kirim no HP saya (lewat japri ke email Anda) mudah-mudahan lain kali jika mau kirim cerita lewat blog - saya diSMS dulu shg bisa langsung saya jawab lewat komputer di RS ... maaf sekali lagi.
Saya masih agak bingung baca cerita Rita ... benjolan yang tumbuh lagi itu tumor payudara atau keloid ?
Kalau keloid kan penebalan pada bekas luka operasi ? jadi bukan tumor tapi kalau tumor payudara memang bisa tumbuh lagi . Tumor payudara yang di operasi sebelumnya hasil PA nya apa ?
Tumbuhnya tumor payudara erat kaitannya dengan hormonal. Ada kemungkinan kalau menikah sebelum usia 30 tahun, mempunyai anak kemudian menyusui anak akan memperkecil resiko untuk mendapatkan tumor payudara (kalau ada waktu coba baca lagi dongengan saya tentang faktor resiko mendapat tumor payudara di blog ini).
Badan membengkak ga ada hubungan langsung dengan hormonal Rita.
Saran saya jika memang ada tumor pada payudara, di operasi saja kemudian perhatikan apa hasil PA nya ....
Kemudian evaluasi tiap 6 bulan sekali ...
Mudah-mudahan jawaba saya bisa membantu ya ....
Salam,

 
, Blogger Sevy wrote ...

Dok..salam kenal..Umur saya 23 tahun..waktu umur saya 21 tahun, saya didiagnosa multiple FAM..Terus saya sudah dioperasi, 2 kali dalam jangka 1 bulan.Operasi pertama ada 8 yang diangkat, operasi kedua, ada 4 yg diangkat.
Dari hasil patologi hasilnya memang FAM.
Nah, baru-baru ini saya melakukan USG mammae. Dari hasilnya, sudah muncul 5 benjolan lagi, walaupun ukurannya sangat kecil dibanding yg dulu. Diagnosanya sama dengan dulu, n dalam waktu dekat saya akan menjalani operasi kembali.
Pertanyaan saya, ada tidak cara untuk mengurangi resiko kambuhnya lagi? Terima kasih sebelumnya ya Dok..

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Salah satu cara untuk menghentikan nya dengan memberikan pengobatan hormonal. Tapi melihat efek samping yang terjadi setelah pemberian, tindakan terapi yang masih mungkin hanya mengoperasi kembali jika tumor jinak kembali tumbuh.
Keadaan tersebut salah satu faktor resiko terjadinya kanker payudara selain faktor resiko lain seperti menikah diatas usia 30 th, tidak mempunyai anak, tidak menyusui, menarche awal dan menopause lambat dll (ada semua dongengannnya di blog saya). dr. Erik Tapan dalam komentarnya di blog saya pernah menceritakan soal obat herbal yang bisa untuk mencegah timbulnya FAM .. tapi saya sendiri sampai saat ini belum pernah merekomendasikan pada pasien saya karena belum mengerti jelas apakah obat herbal tersebut bermanfaat atau tidak ...
salam,
semoga membantu ya

 
, Blogger lonely-poet wrote ...

dokter, saya ada benjolan keras (lump) di dalam (tidak menonjol)payudara, persisnya di lingkaran luar puting (diluar aerola) sebelah kiri. kebetulan di kota saya saat ini para dokter di RS sedang sibuk ngopeni korban gempa, sehingga spesialis onkologi belum melayani pasien umum. apakah saya bisa langsung melakukan mamografi atau konsultasi dulu dengan dokter? beberapa kawan saya terlambat mengetahui bahwa mereka mengidap kanker yang cukup ganas, beberapa survive, beebrapa meninggal. saya tidak ingin terlambat...
makasih ya dok..

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Lebih baik konsultasi dulu saja dengan dokter. Jika benjolan sudah teraba jelas di payudara, untuk apa dilakukan mamografi ?.
Langsung operasi (eksisi biopsi) saja kemudian benjolan di periksakan ke lab PA untuk dilihat apakah jenis jinak atau ganas.
Mudah-mudahan jawaban saya bisa membantu ya ...
Salam,

 
, Blogger heltias wrote ...

Dokter, perkenalkan nama saya Helena. Umur 39 th. Blm married. Bermula 3 bln yg lalu saya merasakan hal yg lucu di payudara saya. Dokter kan pernah kedutan, ya. Kebanyakan biasanya pada mata atau tangan. Tapi kalo saya merasakannya di puting payudara. Setiap hari begitu, dok. antaranya 2-3 jam sekali. Rasanya menganggu sekali. Terlebih kalo pas konsentrasi kerja eh tiba2 berasa begitu. Atau wkt hampir terlelap tidur. Berasa begitu juga. Sampai kaget. Jengkel banget loh. Saya coba sadari dan menurut saya tdk ada yg aneh. Tp belakangan (1 bln terakhir) disertai nyeri (kayak kalo mau masuk angin). Pernahkah mejumpai keluhan begitu. Apa ada hubungannya dgn gangguan hormon. Kalo mau periksa tepatnya ke dokter spesialis apa ya dok. Biar gak salah jurusan begitu. Terima kasih sebelumnya.

 
, Blogger dhiaz wrote ...

salam kenal dokter, saya 30th. tahun 94 saya pernah operasi diketiak katanya sih lipoma (yg sebelumnya dokter bedah tersebut tdk bisa meraba adanya jaringan lemak yg sering terasa sakit itu, ktnya nggak apa2, tp begitu udah semakin sakit dan membesar saya balik lagi ke dokter itu diputuskan untuk operasi). Februari 2005 lalu saya hamil tapi keguguran dan di kuret di usia hampir tiga bulan, setelah saya rasakan ada pengembangan di daerah payudara dan keluar sedikit cairan warna putih setelah dikuret dari payudara.
setelah itu saya merasakan lipoma di ketiak bekas operasi dulu (yg dikatakan dokter waktu itu) mulai terasa sakit dan kayaknya mulai membesar. ditambah masa sakit sebelum mens pada payudara menjadi lebih panjang, bisa sampai dua minggu dan ternyata sekarang kadang terasa rasa sakit di payudara seperti sakit yg ada di ketiak.
Apakah mungkin jaringan lemak itu menjalar ke payudara atau gimana dok, sekarang ini saya sangat ketakutan. Apakah kalau saya hamil lagi akan memicu perkembangan itu akibat hormonal (saya belum mempunyai anak) ? saya tidak merasakan adanya suatu benjolan di payudara.
mohon penjelasannya lebih lanjut, kalau bisa saya minta alamat email atau no hp untuk meminta penjelasan lebih lanjut, terimakasih.

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Halo Ibu Heltias, sebaiknya konsultasi ke dokter spesialis bedah untuk dilihat lebih lanjut apakah ada kelainan di payudara Ibu ...
Mudah-mudahan jawaban saya bisa membantu ya ?
Untuk ibu Dhiaz, email saya lakshminawasasi@centrin.net.id, untuk HP boleh dicoba ke nomor 081380209277 ...
Salam sehat,

 
, Blogger Kanyasita wrote ...

halooo dokter...
Aku kania,umurku 19 tahun..tepat tgl 25 juli 2006 kmrn, aq merasa ada benjolan di payudara kiriq..terus langsung aq bawa ke dokter, diusg dan hasilnya aq terkena tumor payudara jinak..bsok rabu setelah menjalani lab..aq mw langsung operasi..doakan y..
nah, yang mau aq tanyakan gmn caranya biar tumor itu gak kembali lg??aq bnr2 takut..

 
, Blogger ani wrote ...

dok, saya ibu beranak satu berumur 2,5 tahun, sudah dekat waktu menstruasi, jadi payudara saya terasa agak kencang, agak nyeri, jadi saya pijat, di sebelah kanan payudara, di dasar kanan sepertinya tulang, tapi agak bulat, seperti benjolan, tidak elastis. besarnya kalau disentuh dalam posisi tidur menyamping dan terlentang tidak sama, kalau berdiri di tekan, agak dalam baru terasa keras, apakah itu tumor, atau hanya karena sudah mendekati siklus menstruasi? apakah boleh dipijat? karena saya dengar dari teman saya, dia juga pernah ada benjolan, sebesar kacang iji, lalu dia melakukan pijatan setiap hari, ternyata benjolannya hilang. terima kasih banyak atas waktunya.

ani

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Halo Kanyasita ..
Selamat menjalankan operasi ya ... ? supaya tumor tidak balik lagi ? tumor mu PA nya jenis apa ? .. coba tanya ke doktermu yang mengoperasi .. bagaimana supaya tidak muncul kembali dan yang terpenting waktu kontrol sesuai jadwal yang telah ditetapkan.
Untuk Ibu Ani, coba periksa lagi setelah 1 minggu menstruasi selesai, apakah benjolan tersebut masih ada ?
Kalau Ibu ragu, boleh berkonsultasi dengan dr.Bedah terdekat, supaya bisa dilihat lebih jelas lagi ...
Untuk Kanyasita dan Ibu Ani mudah-mudahan membantu ya ?
Jika kurang jelas boleh hubungi saya di nomor 081 380 209 277
salam,

 
, Blogger riak wrote ...

Dok, saya (33 th) baru saja menjalani MCU..dan dari hasil mammografi serta USG payudara tertulis hasilnya "adenopathy axilla bilateral, non specifik untuk maglinancy'. apa artinya ya Dok? Apa benar maglinancy = ganas?

Secara fisik, lipatan ketiak sebelah kanan memang lebih tebal dari sebelah kiri. Awalnya sejak menyusui anak pertama kurang lebih 6 tahun yang lalu.

Dokter MCU menyarankan untuk melakukan mammografi ulangan 3 bulan yang akan datang, sementara ini saya diberi obat, yang katanya untuk meredakan pembengkakan di ketiak tersebut.

Tolong sekali ya Dok...saya sangat cemas dengan diagnosa ini.

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Apakah benjolannya terasa sekali ? Klinisnya sekarang bagaimana ? sakit atau tidak ?
Jika dokter Bedah yang memeriksa hanya memberi obat saja sambil menunggu peradangan berhenti, ikuti saja dulu sambil terus di observasi.
Menurut saya, jika benjolannya tidak tampak dan secara klinis juga tidak mengganggu, di evaluasi saja dulu ....
Semoga bisa membantu ya ..
salam,

 
, Blogger dean wrote ...

dok,saya (24 th)mempunyai benjolan dijam 11-12 sebelah kiri payudara dan terasa nyeri. setelah diperiksa saya dianjurkan untuk menjalani operasi & hasil histopatology menyebutkan penyakit fibrokistik payudara tidak tampak tanda ganas.dokter mengatakan benjolan saya hanya pengaruh hormon, memang sih menstruasi saya tidak teratur setiap bulan kadang sampai 3 bln sekali. setelah operasi benjolan kenapa masih ada dan setiap dipegang terasa nyeri?kemarin saya periksa kedokter kandungan mengenai siklus mens saya dan dokter memberikan obat primolut N tablets apakah ada pengaruh terhadap payudara saya dan apa sebenarnya pengaruh siklus mens terhadap benjolan dipayudara, thanks

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Coba kembali kepada dokter yang mengoperasi, seharusnya benjolan tidak muncul lagi dalam waktu sesingkat itu.
Timbulnya tumor jinak erat hubungannya dengan hormonal.
Dulu di operasi di RS mana ? Anda tinggal dimana ?
Semoga jawaban saya bisa membantu ya ?
salam,
lakshmi

 
, Blogger dean wrote ...

maaf br dibalas dok, saya dioperasi di RS Mitra Int Jatinegara, saya tinggal di bogor tp saya kost didaerah saharjo tebet dkat kantor saya. saya sudah sering menanyakan kedokter yg mengoperasi sy sewaktu kontrol mengapa benjolan msh ada walaupun memang lebih kecil dr sebelum operasi tetapi dia hny mjawab klo itu akan hilang terserap oleh tubuh tp smpai sekarang msih ada tuh, sewaktu sy melakukan sadari sy menemukan tidak hnya 1 benjolan saja tetapi ada beberapa benjolan apakah memang FAM spt itu mengapa wkt usg tdk terdeteksi?apakah saya hrus melakukan operasi lg dok? bisakah benjolan ini hilang tnp operasi? saya msh blm mngerti hub antara siklus mens saya yg tidak teratur dngn timbulnya benjolan dipayudara saya. apakah saya msih perlu mminum obat primolut n rekomendasi dr dokter kndungan bila trnyata mens saya msh blom teratur krn saya pernah membaca klo obat hormon memicu kanker payudara? mohon sekali penjelasannya ya dok thanks

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Banyak faktor yang dapat berperan untuk timbulnya tumor payudara, salah satunya adalah hormonal. Tumor jinak payudara memang bisa timbul kembali.
Jika masih bingung boleh telfon saya di 081 380 209 277
Semoga bisa membantu ya,

 
, Blogger Ray wrote ...

Dokter Lakshmi,

Kawan wanita saya dlm 6-8 bulan terakhir merasakan
ada benjolan pada payudara kirinya. Bulan kemarin ia
memeriksakan diri ke dokter bedah umum dan dilakukan
biopsi jarum halus untuk menentukan jenis tumornya,
dengan hasil sebagai berikut:

"Sediaan FNAB dr payudara, terdiri atas eritrosit,
sedikit lekosit PMN, profilerasi jaringan ikat
dan kelenjar-kelenjar payudara yg terjepit. Tidak
dijumpai sel tumor ganas. Kesimpulan: sediaan FNAB
sesuai dengan fibroadenoma mamma"

Namun setelah biopsi jarum halus tsb, kawan sy mulai
merasakan benjolan & denyutan yg sama pada bagian
kanan dadanya, sehingga satu bulan kemudian ia
memeriksakan diri kembali ke dokter yg sama.
Kali ini sang dokter menyarankan dilakukan USG
(ultrasonografi) dan setelah melihat hasilnya, sang
dokter menyimpulkan: "Di dada sebelah kanan tidak
terdapat apa-apa.. Di dada sebelah kiri, 1 cm di
bawah puting terdapat 2 FAM yg mengapit kista, dan
3 cm di kiri puting hanya terdapat kista"

Menurut Dokter, apakah keadaan ini bisa membahayakan?
Apakah memeriksakan ke dokter bedah umum sudah tepat?
Atau lebih baik ke specialist OB/GYN atau Oncology?
Tindakan apa yg paling baik untuk diambil sekarang?

Terimakasih - Ray

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Saran saya konsultasikan lagi dengan Dokter Bedah yang kemarin melakukan FNAB pada payudara nya.
Jika ukuran benjolannya memungkinkan, di operasi saja lagi - eksisional biopsi (jadi massa tumor diambil in toto / keseluruhan ). Kalau boleh tahu benjolan yang dahulu ukurannya berapa ? kenapa di lakukan FNAB ?
salam,
lakshmi

 
, Blogger wulan wrote ...

halooo dokter...
Aku wulan,umurku 21 tahun..seminggu yang lalu aq merasa ada benjolan di payudara kiri..terus langsung aq bawa ke dokter, kata dokter aq terkena tumor payudara jinak..trus katanya nunggu 2 minggu kalo masih sakit akan di periksa ke lab..apakah tumor jinak harus dioperasi? trus bagaimana caranya biar tumor itu gak kembali lg??aq bnr2 takut..

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Silahkan mengunjungi Dokter nya lagi. Saran saya, benjolan sebaiknya dioperasi - eksisi biopsi. Dari hasil lab patologi anatomi, kita bisa mengetahui lebih jelas jenis tumor nya.
salam,

 
, Blogger Indah Muhariani wrote ...

dok, ibu saya pernah punya tumor payudara di kedua payudaranya, tp sudah diangkat. beberapa tahun kemudian, tumor itu ada lagi, dan sudah diangkat jg. apakah ada kemungkinan bahwa saya bisa jg terkena tumor payudara?? smpai sekarang saya periksa tidak ada benjolan apa2 tp saya jg takut dok.terima kasih

 
, Blogger Nia wrote ...

Dokter, bisakah saya mendapatkan nama dokter2 ahli bedah tumor? Saya harus oprasi tumor tapi sekarang ini saya saya berobat di dokter yang mahal tidak terjangkau oleh saya. Tolong bantuannya ya, karena saya sudah lebih dari 3 bulan menunda operasi karena biaya.

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

dear Indah, siapaun bisa terkena tumor payudara apalagi yang memiliki faktor resiko. Antara lain ada saudara / keluarga yang memiliki tumor payudara (salah satu faktor predisposisi/faktor resiko). Coba lakukan SADARI / periksa payudara sendiri seperti yang saya tulis dalam blog ini. Jika masih ragu, konsultasi dengan dokter Bedah di tempatmu.
Semoga jawaban saya bisa membantu,

Dear Nia,
Coba kunjungi RS Pemerintah di tempatmu. Hampir di setiap RS Pemerintah, ada ahli bedahnya juga ahli bedah tumor. Biasanya harganya lebih rendah dibandingkan RS swasta.
Salam,

 
, Blogger Nini wrote ...

Dokter Lakshmi,
hari ini saya sengaja browsing internet, cari tau info soal tumor payudara, dan saya menemukan blog dokter.
Begini, 2 hari lalu sewaktu kakak saya bangun tidur merasa ada yang tidak beres dengan payudaranya, ternyata saat dipegang terasa keras sekali dan jadi agak bengkak. Saat saya pegang langsung kaget karena hampir seluruh permukaan payudara areal puting terasa kaku seperti ada lempengan keras.

Besoknya, kami ke dokter internis lalu dirujuk langsung ke dokter spesialis bedah. Saat diperiksa dokter bedah diperkirakan itu tumor jinak (menurutnya selama tidak ditemukan benjolan di dekat ketiak berarti itu tumor jinak, bukan ganas). dan ternyata, ditemukan ada 2 tumor, satu dekat puting ukuran sekitar 8x8cm, satu lagi di jaringan bawah payudara sekitar 6x6cm. Pemeriksaan dilakukan dokter dengan SADARI. Dokter langsung menyarankan untuk segera dioperasi, mengingat ukurannya yang sudah besar.

Saya agak shock mendengarnya, tapi belum langsung menyetujui operasi. Bila keluarga sudah setuju dokter sudah memberikan surat untuk pemeriksaan radiologi, pemeriksaan lab, konsul ke dokter jantung, internis, dan dokter syaraf (kebetulan kakak mempunyai penyakit harus minum obat teratur dari dokter syaraf, takut operasi berefek terhadap penyakitnya ini).

kami berencana mencari second opinion terlebih dulu, memeriksakan secara lengkap lagi, baru mengambil keputusan.

kami heran, 3 hari sebelumnya payudara kakak baik2 saja, kenapa 3 hari kemudian tiba2 muncul benjolan sebesar itu entah darimana munculnya. Selama ini keluhannya hanya suka sesak di dada kiri, agak tegang di dada kiri, sakit tembus ke belikat kiri..entah itu ada hubungannya dengan gejala pertumbuhan tumor itu atau tidak. Seminggu sebelumnya kakak habis refleksi membetulkan urat2nya yang terjepit, sehari setelah refleksi kakinya sempat bengkak lalu 2hr kemudian ditemukan tumor ini.

Kira-kira apa yang harus kami lakukan, dok.

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

dear Nini,
Benjolan yang bukan berupa peradangan, abses / kumpulan nanah memang harus di operasi - harus di biopsi. Eksisi atau insisional biopsi untuk menentukan jenis tumor, jinak atau ganas.
Jika dokter Bedah yang memeriksa sudah memutuskan untuk dilakukan operasi, pasti dokter ybs sudah yakin bahwa benjolan tersebut bukan peradangan atau abses yang tidak membutuhkan tindakan operasi.
Saran saya, dilakukan operasi saja. Jika masih ragu dengan keputusan dokter pertama boleh minta pendapat ke dua dengan dokter Bedah yang lain, di RS yang berbeda.
Sedikit mengherankan, 3 hari sebelumnya benjolan tidak ada ? Apakah memang benjolan tersebut benar-benar tidak ada sebelumnya atau tidak terdeteksi ?
Karena kalo memang benjolan tersebut adalah tumor non radang seharusnya sudah ada jauh-jauh hari sebelumnya.
Semoga jawaban saya bisa membantu ya ...
Jika masih ragu, boleh telfon saya
081 380 209 277
salam,

 
, Blogger putu arie wrote ...

dok,, saya 23th mempunyai benjolan di puting payudara sebelah kiri sebesar kedele. udah ada sejak smp. tapi ga membesar....

sudah pernah diperiksa (1,5 th yang lalu), dokternya bilang cukup dioperasi kecil saja untuk PA. tapi karena takut saya biarin aja.

kalo diperiksa di bawah kulit payudaranya tidak ada benjolan. baru hari ini setelah bangun tidur, pada waktu mandi di ketiak ada pembengkakan. terasa agak nyeri...
jadwal menstruasi biasanya tanggal 25 atau 27.
saya harus periksa ke dokter bagian apa?

 
, Blogger putu arie wrote ...

dok,, saya 23th mempunyai benjolan di puting payudara sebelah kiri sebesar kedele. udah ada sejak smp. tapi ga membesar....

sudah pernah diperiksa (1,5 th yang lalu), dokternya bilang cukup dioperasi kecil saja untuk PA. tapi karena takut saya biarin aja.

kalo diperiksa di bawah kulit payudaranya tidak ada benjolan. baru hari ini setelah bangun tidur, pada waktu mandi di ketiak ada pembengkakan. terasa agak nyeri...
jadwal menstruasi biasanya tanggal 25 atau 27.
saya harus periksa ke dokter bagian apa?

 
, Blogger lakshmi wrote ...

Coba konsultasikan ke Dokter Bedah ya,
salam

 
, Blogger Si coreng wrote ...

Halo Dok,
Saya baru googling dan mampir melihat2 blog Anda..
2 bulan yang lalu saya merasakan ada benjolan di payudara kiri saya, kemudian dianjurkan oleh dokter (dokter pribadi, dokter umum bukan ahli bedah ato spesialis), dianjurkan untuk usg payudara. Hasilnya adalah memang ada benjolan sebesar 1.2 cm
Dokter tsb mengatakan tidak perlu diangkat dulu, nanti 6 bulan lagi periksa (usg lagi). Tapi akhir-akhir ini saya makin cemas, karena ketika saya bercermin, lalu mengangkat tangan kiri saya ke atas, benjolan tersebut terlihat jelas di permukaan...
Payudara saya memang tergolong kecil sekali (dada rata), jadi yang saya ingin tanyakan:
- apakah perlu saya ask for second opinion, jika ya, kemana ? apakah harus ke dokter bedah atau dokter ahli, boleh minta rekomendasi?
- kira2 apakah ada tindakan pencegahan supaya benjolan tsb tidak semakin membesar ?

Yang saya rasakan sekarang adalah ketika tidur menghadap ke sebelah kiri... maka payudara saya rasanya tidak nyaman sekali... karena seperti tertekan..
Mohon advice nya....

Terima kasih.

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Segera periksakan ke Dokter Bedah terdekat ya ?
Umumnya setiap benjolan di payudara harus dilakukan biopsi
Terimakasih karena telah mampir di blog saya,
salam,
lakshmi

 
, Blogger titoreds wrote ...

halo dok,

Saya mau tanya sedikit nih..
kebetulan beberapa hari ini istri (26th) yg sedang menyusui anak pertama kami (1 bln) mengalami nyeri dan rasa seperti ditusuk-tusuk di payudara sebelah kanan. Kebetulan pula payudara kanan istri pernah mengalami operasi pengangkatan tumor pd waktu kuliah dulu (sekitar umur 20th). Mohon pencerahan dari dokter Laksmi, karena sekarang istri sedang menyusui, apakah gejala tsb berdampak ke pemberian ASI ke anak? Maksudnya, apakah ASI yg diberikan dr payudara kanan tsb aman buat anak? Dan apakah gejala nyeri yg terutama muncul setelah menyusui tsb normal?
Gitu aja dulu dok, trm kasih sebelumnya. Very nice & informative Blog :)

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Halo Hermaone Arddy (titoreds),
Terimakasih telah mampir di blog saya,
Untuk jelasnya harus diperiksa payudaranya ..
Nyeri dan seperti ditusuk2 itu kan hanya keluhan subjektif saja. Nyeri sekali pada waktu ditekan ? badan panas ? teraba benjolan dengan batas yang tegas ? ASI masih keluar ?
Jika bukan abses tapi hanya tumor padat saja tidak ada pengaruhnya terhadap ASI, jadi silahkan saja ASI nya diteruskan.
Tapi kalau berupa abses (biasanya disentuh nyeri sekali), abses nya ya harus dikeluarkan ..
Jika kurang jelas boleh hubungi saya di 081 310 166 750
salam,

 
, Blogger titoreds wrote ...

Thanks dok reply nya :)
Mengenai hasil perabaan, katanya ada benjolan di samping, tapi bukan di bekas operasi terdahulu.
Cuma nyerinya sekarang udah jarang lagi..
Pertanyaannya, apakah nyeri2 tsb normal muncul pada orang yg pernah dioperasi sebelumnya, plus pada masa nifas, mendekati 40 hari?
Penasaran aja, sapa tau ternyata mrpk gejala normal saat masa nifas.
Rencananya setelah masa nifas selesai kita akan periksa, untuk memastikannya, periksanya ke dokter bedah kan dok?

regards, tito

 
, Blogger dini wrote ...

Dok,saya berusia 23 tahun.
pada 13 juni yang lalu saya menjalani operasi tumor payudara. tapi sampai saat ini saya masih belum mengetahui apakah tumor itu jinak atau ganas. menurut mama saya bentuk tumornya bulat seperti anggur berwarna merah darah dengan sedikit berwarna putih pada ujungnya..
yang ingin saya tanyakan kenapa sampai sekarang luka bekas operasi belum kering juga.. dokter yang mengoperasi saya hanya memberikan sejenis salep anti radang sejenis Chloramfecort, tidak ada obat oral yang saya minum..
Saya juga masih sering merasa nyeri pada payudara yang telah dioperasi.
dok, bagaimanakah cara merawat luka bekas operasi agar tidak meradang dan tidak infeksi?
menurut dokter yang mengoperasi saya, luka ini dijahit dengan benang yang langsung menjadi daging. terimakasih.

 
, Blogger dini wrote ...

dok, saya berusia 23 tahun. baru 2 minggu yang lalu saya menjalani operasi tumor payudara. tapi sampai saat ini saya belum tahu apakah tumor itu ganas atau jinak.
sedangkan pada luka bekas operasi saya belum kering..dokter yang menangani operasi saya saat ini hanya memberi salep anti radang sejenis Chloramfecort.
Dok, kenapa luka operasi saya belum kering dan kenapa masi sering terasa sakit pada payudara yang dioperasi?

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Hi Dini,
Waktu itu operasi dimana ? dokter Bedahnya siapa ?
Tanyakan pada dokternya hasil PA / Patologi Anatomi jaringan payudara saya bagaimana ?
Setelah operasi keluarga menandatangani form yang menyatakan bahwa benjolan / tumor akan diperiksa lab /PA kan ?
salam,
lakshmi
081 310 166 750

 
, Blogger Naraya wrote ...

dok, sekitar tahun 2000 saya pernah ada benjolan, saya periksa di bedah tumor dan dokter memeriksa payudara dengan tangan saja. dokter bilang tumor jinak,dan langsung operasi saja bisa langsung pulang.saya waktu itu tidak mau, karena takut.sampai sekarang tidak ada perubahan apa2 pd payudara, cuma kl dulu kecapekan sering pegal tangan seblah kanan.krena yg ada benjolan seblah kanan.kemarin saya seminngu sehabis menstruasi didalam payudara terasa perih, apakah itu berbahaya dok? hanya sebagai informasi saja, saya sudah mempunyai suami.atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih. dari anna.

 
, Blogger Naraya wrote ...

dok,sekali lagi saya mau tanya,kalau nanti saya hamil dan menyusui apakah ada kemungkinan mempengaruhi timbulnya benjolan lagi, soalnya sekarng ini benjolannya ilang, tapi kadang saya masih merasakan nyeri(perih) seminggu setelah haid.dan kadang saya masih merasakan tangan kanan pegal2. terimakasih.

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Ibu Anna, 1 minggu setelah menstruasi coba lakukan SADARI / periksa payudara sendiri (cara seperti yang tertulis dalam blog ini), apakah ada benjolan dlsb. Jika yakin tidak ada, tdk usah dipikirkan lagi ulangi SADARI rutin tiap bulan sekali dan 6 bulan sekali kontrol ke Dokter Bedah. Jika belum yakin ada benjolan atau tidak pada waktu SADARI, ada baiknya kontrol kembali ke Dokter Bedah. Jika ada benjolan, Dokter Bedah pasti menyarankan untuk dilakukan operasi / biopsi memastikan apakah tumor/benjolan tsb jinak atau ganas melalui pemeriksaan lab - PA. Jika ada rencana untuk hamil dan menyusui silahkan saja, tidak ada masalah apa-apa dengan tumornya.
Semoga jawaban saya bisa membantu ya ..
salam,
081310166750

 
, Blogger Lyz wrote ...

salam kenal dok, perkenalkan nama saya Lyz (30th single), saya mempunyai benjolan di payudara kiri dekat puting, setelah saya periksakan ternyata tunor jinak, dokter menyarankan agar saya melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke bagian onkologi, tapi saya belum melakukan pemeriksaan kembali, yang ingin saya tanyakan apakah nantinya saya harus melakukan operasi ? adakah solusi lain selain operasi ? kalau toh akhirnya saya harus melakukan operasi kira - kira biayanya berapa ? apakah setelah operasi ada kemungkinan tumor itu akan ada lagi ? bisa tidak dok tumor jinak menjadi tumor ganas ? terima kasih sebelumnya ya dok...

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

dear Lyz,
Langsung saja ya, benjolan harus di operasi kemudian di periksa di lab (patologi anatomi) untuk melihat jenis benjolan jinak atau ganas. Solusi lain tidak ada Lyz, karena kita harus mengetahui benjolan tsb jinak atau ganas. Biaya operasi tergantung dari RS masing-masing, RS pemerintah biasanya lebih murah biayanya. Setelah operasi bisa jadi akan timbul tumor lagi, coba deh baca lagi artikel saya :) di blog ini. Itulah pentingnya SADARI. Tumor jinak merupakan faktor resiko untuk timbulnya tumor ganas .. lengkapnya faktor resiko apa saja untuk timbulnya tumor ganas, baca lagi di blog saya ini ya :)
Saran saya, lakukan operasi saja .. pada RS yang baik dan pada dokter Bedah.
Banyak doa, supaya diberikan ketenangan ..
Semoga jawaban saya bisa membantu ya ..
Salam,

 
, Blogger Lyz wrote ...

This comment has been removed by the author.

 
, Blogger Lyz wrote ...

Terima kasih ya dok atas jawabannya, kalau boleh tau dokter dinas di RS mana ya ? trus boleh minta alamat email & no telpon ga ?

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

dear Lyz,
Email saya lakshminawasasi@centrin.net.id, kalau mau telpon atau SMS boleh juga saya bisa dihubungi di 081 310 166 750
salam,

 
, Blogger wulie wrote ...

Dok, saya wulan (24th) sedang menyususi anak saya usia 7bln.
Saya raba semenjak sekitar 3bln terakhir ada benjolan di sisi luar payudara kanan, letaknya di dasar, benjolannya keras dan menetap(sulit digerakkan),tidak sakit klo ditekan, n tidak menonjol/tdk terlihat benjolan dari kulit luar payudara.
Apakah benjolan ini bisa diketahui jenisnya hanya dgn USG payudara atau perlu biopsi??
Untuk biopsi saya agak ragu,karena pernah dengar klo biopsi, bisa menimbulkan tumor atau kanker pada jaringan yg diangkat. Benarkah?

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Dear Wulan,
Jenis benjolan apakah jinak atau ganas, hanya bisa dilakukan melalui eksisional atau insisional biopsi dilanjutkan dengan pemeriksaan patologi anatomi.
Tindakan biopsi tidak menyebabkan tumbuhnya tumor.
Semoga jawaban saya bisa membantu ya,
salam,

 
, Blogger mycuteboss wrote ...

Dok, saya 33 tahun, menikah, punya 1 anak laki-2 usia 4.5 tahun. Saya curiga dengan kondisi payudara yang sering nyeri clekit-clekit menjelang mens dan saya berinisiatif untuk periksa mammografi. Hasil pemeriksaan mammografi saya di bulan Sep lalu menunjukkan adanya lesi di kedua payudara saya. Kiri ada dua lesi antara 10 mm s.d 25 mm dan kanan ada 12 mm. Minggu depan rencananya saya akan operasi pengangkatan kelenjar tsb untuk biopsi di sebuah RS di Jakarta Selatan. Menurut dokter, apakah sebaiknya diangkat kedua kelenjar di kedua payudara saya tsb? atau satu saja dulu? Secara mental, saya siap tapi ada sedikit rasa takut dok. Apakah sama dengan operasi caesar? Karena saya melahirkan dgn cara operasi. Terima kasih atas waktunya untuk membaca ini, dan saya tunggu jawaban dari dokter ya... Sukses selalu buat dokter.

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Langsung saja ya Bu,
Siapa yang menyarankan untuk dilakukan mamografi ? sebetulnya dengan pemeriksaan fisik yang dilakukan dokter saja sudah cukup. Kecuali jika pada pemeriksaan fisik tidak ditemukan benjolan baru dilakukan pemeriksaan lain, itupun bukan mamografi tapi cukup USG payudara saja.

Saya tidak melakukan pemeriksaan fisik pada Ibu, jadi belum bisa menjelaskan secara detail.
Jika Ibu sudah berkonsultasi dengan dokter Bedah dan dokter Bedah tsb menyarankan untuk dilakukan operasi, lakukan saja.
Jangan lupa tanyakan hasil PA nya.

Operasi beda dg operasi secar.
Pada operasi ini Ibu dilakukan bius total / ditidurkan, malamnya Ibu sudah bisa pulang.
Untuk lengkapnya Ibu bisa tanyakan pada Dokter Bedah yang akan mengoperasi ya ...
Semoga jawaban saya bisa membantu.
Salam,

 
, Blogger nildahasly wrote ...

This comment has been removed by the author.

 
, Blogger nildahasly wrote ...

dok...saya affida umur 20 tahun belum menikah...saya punya masalah di payudara sebelah kanan, di atas puting susu saya timbul seprti bisul dan berwarna kemerahan dan sakit, setelah sy periksa sendiri, tidak ada benjolan di sekitar payudara...saya curiga itu adalah bisul karena saya sering mengalami bisul2 di sekitar tubuh,, apa yg yg harus sy lakukan...sy juga takut menanyakan ke orangtua karena takut membebani...tolong bantuannya, salam

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Dear Nilda yang baik,
Kalau hanya lewat blog seperti ini sulit untuk menjelaskan apa yang terjadi pada keluhanmu itu.
Saran coba pergi ke dokter terdekat biar diperiksa, setelah itu jika masih ada yang kurang jelas boleh cerita lagi disini.
Semoga jawaban saya bisa membantu ya ?
Salam,

 
, Blogger nildahasly wrote ...

dok,,,terima kasih,,, sebagai pemberitahuan saya sudah makan antibiotik amoxicilin 500mg,di kompres rivanol,dan salp ottogenta dan ternyata bisul yg lain juga tumbuh di Anus (maaf) saya, tetapi bisul ini sudah meradang dan bernanah, hal ini selalu menghampiri saya 3 bulan sekali di tempat yg sama,sedang yg di payudara saya sy obati serupa dng di tempat (anus) saya,sekarang sudah membaik, nanah keluar (di bag.Anus) dan mengempis, sedang yg di payudara saya jg sudah mengempis tetapi tidak meletus hanya berubah wana menjadi kebiruan,yg mau saya tanyakan apakah yg menjadi penyebab bisul saya di bagian vita khususnya anus (maaf) krna sudah berkali2 di t4 yg sama, kata orang karna kebanyakan makan telur,dan juga yg sy mau tanyakan apakah bisul yg berulang2 bisa berubah menjadi tumor atau kanker??
maaf merepotkan dengan masalah saya...dok...
salam

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Dear Nilda,
Syukurlah jika sudah berangsur membaik .. tetap kontrol pada Dokter nya ya, supaya kalau ada perubahan kearah lebih buruk bisa diatasi dini.
Untuk bisul di anus, Dokter yang memeriksa bilang apa ?
Agak sulit mendiagnosa lewat email spt ini ..
Jika hanya bisul biasa saya pikir terapi seperti yang Nilda lakukan biasanya akan berangsur membaik, tapi kalau bisul itu sebetulnya merupakan abses para anal akibat fistula ani ... ini yang repot. Dokter Bedah yang akan bisa menjelaskan dan biasanya berakhir dengan tindakan operasi (jika memang betul2 fistula ani).
Jadi kembali ke pertanyaaan awal, Dokter yang memeriksa mengatakan bisul di anus Hilda diagnosanya apa ?
Semoga jawaban saya bisa membantu ya ..
Salam sehat,

 
, Blogger kresencia wrote ...

salam kenal dok..dok apakah ada hubungannya antara FAM yang belum diambil di payudara sebelah kanan saya dengn rasa nyeri/ pegal di sekitar tulang belikat sebelah kanan juga???karna itu yang saya rasakan saat ini. mohon informasinya dengan jelas. trima kasih dok

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Salam kenal kembali Kresencia,
Jika memang betul benjolan yang ada di payudaramu adalah FAM, saya pikir tidak ada hubungan langsung dengan rasa nyeri / pegal di sekitar tulang belikat.
Untuk lebih jelasnya coba konsultasikan lagi dengan Dokter terdekat agar bisa diperiksa lebih jelas.
Salam,

 
, Blogger julike wrote ...

dok,saya gadis 26 tahun mempunyai benjolan di payudara sebelah kanan sejak 6 tahun lalu. ketika saya periksa ke dokter, katanya itu sejenis tumor jinak.saat itu benjolannya masih bergerak-gerak ketika di raba, namun sejak 2 tahun terakhir ini benjolan itu sudah melekat dan tidak bergerak lagi saat di raba. berbahayakah itu dok?? perlu saya sampaikan sekitar 2 bulan lalu payudara saya terasa nyeri dan setelah dilihat ternyata ada luka di lingkaran puting susu saya dan terdapat cairan kental berwarna putih di sekitar lingkaran itu, namun saya tidak tahu apakah cairan itu berasal dari luka atau keluar dari puting susu saya. dok, apakah saya menderita kanker payudara??ataukah cuma tumor jinak saja. Trims atas jawabannya.

 
, Blogger trisde wrote ...

Kebetulan saya pernah operasi tumor payudara di umur 18 tahun (tahun 1994). Itu juga gara2 saya yang terlalu nganggur baca2. Biasanya sih saya malas baca tentang kesehatan yang ada kaitannya dengan tumor. Apalagi tumor payudara. Lagian saya tidak merasa ada gangguan dan rasa nyeri.eh... kok waktu saya lakukan sadari, kok seperti ada benjolan... kebetulan ibu saya dokter, waktu saya tanyakan..besoknya langsung deh di bawa ke dokter dan itu diminta untuk operasi.lusanya saya langsung foto rontgen. Setelah operasi selesai, FAM saya 4 cm, lumayan besar juga. Tapi heran kok ga sakit, ya? Untung deh waktu itu baca2. Jadi ketahuan duluan, sebelum jadi parah. Sampai sekarang kalau mau menstruasi kenapa yang sangat sakit itu yang di payudara tempat operasi ya?katanya itu karena hormon. apa iya?

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Dear Julike,
Saran saya konsultasikan pada Dokter Bedah yang dipilih, lakukan operasi saja supaya jelas benjolannya itu apa ...
Mengingat perangai benjolannya sudah berubah yang tadinya masih bergerak-gerak / mobil dan sekarang menjadi tidak mobil lagi

Apakah suatu kanker atau bukan, tentunya harus melalui pemeriksaan fisik dan pemeriksaan biopsi setelah dilakukan operasi.

Saran saya, segera ke Dokter dan lakukan operasi biopsi saja ..
Jika ada yang kurang jelas boleh bersurat lagi ...
Salam,

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Dear Trisde,
Semoga selalu sehat dan baik-baik saja ya ..
Menjelang menstruasi payudara kadang-kadang terasa nyeri.
Kalau diperhatikan dari "kisah" mu sepertinya rasa nyeri yang sekarang tidak ada hubungannya dengan operasi tumor payudara th 94lalu.
Jangan lupa selalu lakukan SADARI / bulan ..

Salam,

 
, Blogger wnd wrote ...

Dear Dr. Lakshmi
Dok saya wnd punya tmn yg mengidap tumor jinak di payudara (menurutnya dan hasil pemeriksaan lab.). Apakah ada pantangan yg hrs dihindari entah itu dr makanannya ataupun yg lainnya? Apakah hrs segera dioperasi, dan bagaimana perkembangan sel tumor itu, apakah cepat atau lambat krn tmn saya itu lbh memilih pengobatan alternatif?? Mohon jawaban dr Dr., trima kasih....

 
, Blogger wnd wrote ...

Dear Dr. Lakshmi,
Dok saya wnd, saya punya seorang tmn yg mengidap tumor jinak payudara (menurutnya dan hasil pemeriksaan lab.),apakah ada pantangan yg hrs dihindari atau bahkan tidak boleh entah itu dr makanan ataupun yg lainnya? Apakah hal itu hrs segera dioperasi, dan bagaimana perkembangan sel tumor, apa cepat atau lambat krn tmn saya lbh memilih pengobatan alternatif?? Mohon jawaban dr Dr., terima kasih....

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Dear WND,
Coba tanyakan pada teman Anda, diagnosa tumor jinak hanya bisa ditegakkan setelah tumor dilakukan operasi dan dilakukan pemeriksaan patologi anatomi.
Sedangkan dari cerita Anda, teman Anda belum dilakukan operasi.

Jika belum operasi, saran aya konsultasikan dulu dengan Dokter Bedah yang dipilih, jika memang tumor lakukan BIOPSI agar dapat diketahui, jinak atau tidak jinak.

Saran : Jangan pernah melakukan pengobatan alternatif untuk tumor payudara ...
Salam,

 
, Blogger Ratna wrote ...

PagI Dok, saya umur 33 th, di dada kiri sy ada benjolan yg sy temukan scr ga sengaja 4 bln yl.kmrn sdh melkkn usg benjolan sbr 0,70cmx 0,57cm. Dr usd blng ga pa2 ga ush dioperasi. tp saya msh pensrn apa memang ga perlu dioperasi ? dia jwb kl mau dioperasi lbh baik lg, anak umur 4 th, saya menikah umur 27, mens pertm 14 th. Yg mau sy tanyak..operasi spt apa nantinya dng kondisi saya spt itu. trs trng aja, pasti yg meraskn spt saya hampir sebagian besar takut utk menjalani tindakn operasi. apakh hanya di bius lokal ato bagaimana.Bisa ga Dokter memberi rekomendasi dokter bedah tumor ( ato yg expert di bidang ini ) yg bagus, komunikatif, menenangkah di Jkt n tmpt prakteknya. Krn saya pengalam bertemu dng bbrp dokte, ada yg disiplin bicara apa adanya, kadang bikin sy takut. Terimakasih Dokter.

 
, Blogger wnd wrote ...

Makasih dok atas jwbnnya... Dok sy mau tanya lg nih, gpp kan dok...
1. Hsl yg didapat itu dr hsl USG bahwa ada benjolan sebesar 2cm di payudara kiri (tepatnya diatas puting), apakah dr hsl USG sj msh kurang tepat ya dok sehingga hrs Patologi anatomi(PA)?
2. Sebenarnya sprti apa si tindakan PA itu, dan stlah di PA apa sdh hilang tumor tersebut atau hrs operasi lg?
3. Dok apa tumor itu sm dgn FAM? benjolan dipayudara tmn sy itu trsa skt ketika ditekan kadang dia merasa ngilu dan bengkak pd kedua payudaranya, apa itu akibat benjolan/tumor tersebut?
4. Dok sy sdh katakan pd tmn sy itu agar lebih baik periksakan lbh detail lg ke Dr. tp dia takut akan kenyataan yg akn dia trma dan dia takut kalau hrs sampai operasi (jgnkan operasi,katanya sama jarum suntik aja takut..).
Maaf dok kalau nanyanya terlalu banyak...Skali lg sy minta bantuan dokter untuk memberikan informasi... Btw dok ada no yg bs dihubungi untuk konsultasi ga (tmn sy itu yg minta)??? Sy hrp dokter mau membalas, makasih banyak ya dok...

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Wnd,
1. Untuk menentukan jinak atau tidak jinak, melalui pemeriksaan PATOLOGI ANATOMI.
2. PA, pemeriksaan yang dilakukan pada benjolan setelah dilakukan BIOPSI / operasi.
3.FAM adalah tumor jinak payudara.
4. Kalau tetap takut untuk berkonsultasi, nanti ga slesai2 permasalahannya ...
Anda dan teman tinggal dimana ?
salam,

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Bu Ratna,
Kalau dilihat dari besar benjolannya, evaluasi saja tiap bulan dengan SADARI.
Jika benjolan tambah besar, perangainya berubah konsultasikan lagi ke Dokter Bedah .. Bedah umum atau Bedah tumor.

Tapi jika sangat mengganggu, di operasi juga tidak papa ..
Operasi dengan bius umum, hanya rawat satu hari saja.
Pagi di operasi, sore / malamnya Ibu sudah bisa kembali kerumah.
Relatif tindakannya sangat tidak menakutkan ...
Jika pemeriksaan kondisi Ibu sebelum operasi baik-baik saja, maka operasi juga akan berjalan baik.

Ibu dapat berkonsultasi ke Dokter Bedah umum atau ke Dokter Bedah Tumor di mana saja ...
Ini bukan tindakan operasi yang khusus, jadi semua RS dapat melakukannya dengan baik.
Semoga jawaban saya bisa membantu ya Bu ...
salam,

 
, Blogger eriez_poenya wrote ...

dok,saya(21th) pada tanggal 30 januari 2008 telah menjalani operasi pengangkatan tumor sebanyak 3 benjolan.

2 benjolan sebelah kiri dgn ukuran 5,5x5x2,5 cm dan ukuran 4,5x3,5x2 cm, 1 benjolan sebelah kanan dgn ukuran 2,5x2,5x1,5 cm. Hasil PA menunjukkan FAM Multiple 3.

2 minggu setelah operasi saya menstruasi, kemudian kurang lebih seminggu setelah menstruasi saya mendapati terdapat 2 benjolan lagi pada payudara sebelah kiri. yang satu sebelah kanan bawah dgn ukuran seperti kelereng kecil, dan satu lagi kiri atas seperti kacang kedelai.

Saya ingin bertanya, apakah pertumbuhan tumor yg begitu singkatnya dipicu oleh faktor hormon saja atau karena banyaknya sel-sel tumor yang tertinggal setelah operasi pertama, atau karena gaya hidup sehari-hari?

Apakah dikemudian hari FAM dapat berubah menjadi kanker payudara?
Terima Kasih Saya ucapkan atas perhatiannya.

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Dear Eriez,
1. Banyak faktor yang mempermudah timbulnya tumor payudara (faktor predisposisi), kalau sempat coba dibaca dongengan saya di blog ini soal faktor predisposisi tumor payudara.
2. Pernah memiliki FAM, juga termasuk faktor predisposisi untuk timbulnya kanker payudara.

Mudah-mudahan jawaban saya cukup informatif ya ..
Kalau ada yang kurang jelas boleh telp/SMS saya
Salam,
081 310 166 7505/3/08

 
, Blogger Ichigo wrote ...

Dok, adakah alternatif lain untuk pengobatan tumor payudara selain operasi?
Dengar2 di rs.elizabeth singapore tumor bisa hilang dengan disuntik, benarkah itu?dan adakah pengobatan seperti itu di indonesia?
Thanx...

 
, Blogger ARTIKEL wrote ...

Dok, mo nanya neh..
kakak sy umurnya 22th, punya anak 1 umur 2th,didaerah payudaranya terdapat benjolan. kakak sy perokok, dan pekerja keras. yg mo sy tanyakan apakah merokok dan sering kelelahan bisa menyebabkan timbulnya tumor, untuk sekarang apa yang harus kakak sy lakukan...?
thx.

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Ichigo,
Setahu saya tidak ada pengobatan alternatif (non medis maksudnya) untuk tumor payudara.
Soal pengobatan tumor dengan disuntik .. terus terang saya baru mendengar dari Anda. Jika memang ada, boleh di "share" di blog saya .. biar semua orang ikut mengetahui juga jadi tidak sekedar 'dengar-dengar'
Terimakasih telah mampir di blog saya ..
Salam,

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

This comment has been removed by the author.

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Artikel,
Saran saya untuk kakak Anda, silahkan berkonsultasi dengan Dokter Bedah terdekat ..
Semoga jawaban saya bisa membantu ya ..
Salam,

 
, Blogger yakanpatrol wrote ...

dokter apakah tahu atau kenal dengan dokter oncology cewek yang prakteknya di Bandung, soalnya domisili saya di Bdg,dan saya lebih merasa nyaman berkonsultasi dengan dokter cewek...thanx dok

 
, Blogger trisde wrote ...

Halo dokter Nawasari,

Jumat lalu saya USG, ternyata ada 5 benjolan. Dokter radiologi nya menuliskan tumor. Saya masih belum bisa berpikir jernih sekarang. Karena sebelumnya saya periksa tidak apa2. Ada yang menyarankan saya untuk alternatif dan lain sebagai nya. Saya bingung.

Saya juga mau minta ijin untuk menulis ulang artikel dokter ini untuk saya pasang di blog saya, dengan tetap menuliskan nama dokter, boleh?

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Dear Yakanpatrol,
Mohon maaf tdk bisa banyak membantu ..
Saya belum tahu ahli Onkologi wanita di Bandung .. coba ditanyakan di RS ybs yang dipilih ya ?
Terimakasih telah mampir di blog saya ..
salam,

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Dear Tris,
Silahkan jika tulisan saya mau ditulis ulang di blog-mu Tris ..
Web mu saya cantumkan di blog saya juga ya .. :)
Soal tumor yang terdeteksi lewat USG, berapa ukurannya ?
Kalau masih kecil, evaluasi aja dulu.
Jangan lupa SADARI tiap bulan, 7 hari setelah mens.
Saran tidak usah ke pengobatan alternatif, ke pengobatan yang pasti-pasti aja deh.
Konsultasikan ke dokter Bedah mu ya jika masih ragu.
Ok,

 
, Blogger trisde wrote ...

Halo dokter,

terima kasih kalo dokter mau taruh blog saya. Boleh saja.

benjolannya macam2 diameter. ada yang 0,8 ada yang 0,9 tapi ada juga yang ditulis FAT, ada yang di tulis tumor solid. Tapi yang bingung itu waktu saya tanya ke dokter radiology nya jawabannya judes banget. Sampai ga bisa mikir ingat jawabannya. Padahal belum tentu ganas. Mudah2an semua dokter seperti dokter Nawasari.

Sekarang saya masih baru recovery operasi AITFL, jadi kalo kebayang harus operasi lagi untuk tumor, ya jelas blank, dokter...

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Dear Tris,
Waktu itu yang menganjurkan untuk USG payudara siapa ?
Kalau dilihat dari ukuran benjolannya keciiil banget (< 1 cm), EVALUASI AJA !!
Lakukan SADARI tiap bulan sekali, 7 hari setelah menstruasi.
Jika "perangai" benjolan2 tsb berubah konsultasikan ke dokter Bedah terdekat.
Saran saya , memang tidak perlu dilakukan tindakan / operasi.
Evaluasi saja dalam beberapa bulan ini.
Soal AITFL, operasi apa ya ? saya kok ga familiar dengan istilah itu ?

Ok mudah-mudahan jawaban saya bisa membantu.
Salam,

 
, Blogger trisde wrote ...

Halo dokter,

Yang menganjurkan USG bukan dari dokter, tapi permintaan sendiri. Karena saya kan pernah operasi FAM 14 tahun yang lalu. Maksudnya sih supaya lebih aware.. maksudnya...

AITFL (Antero inferior tibio fibular ligament). Kaki saya kejeglong lubang dan meluntir di dalam lubang(apa ya, bahasa bakunya kejeglong?)

 
, Blogger vivi wrote ...

dok,usia saya sekarang 24 tahun, sejak usia 15 tahun di kedua payudara saya terdapat benjolan(tidak sakit/nyeri,benjolan bersifat licin atau berpindah2) dan sudah melakukan tindakan operasi tapi setahun kemudian benjolan itu muncul kembali dengan jumlah yang lebih banyak, hingga saat ini saya sudah menjalankan operasi sebanyak 6 kali karena kambuhan, dokter bedah saya hanya mengatakan benjolan itu sebagai farm dan bersifat jinak. yang ingin saya tanyakan adalah : apakah farm masuk dalam kategori tumor? kalau farm tersebut jinak mengapa tiap tahun kambuh lagi dengan jumlah yang banyak ( sekarang di payudara kanan saya terdapat 5 benjolan dan belum dioperasi, salah satunya terdapat di dekat puting dengan diameter kira2 3-4 cm), apakah benjolan di payudara saya telah bermetastase karena yang tadinya hanya di payudara kanan sekarang yang kiri juga di serang, dan perlukah saya mengganti dokter bedah saya karna bukan dokter spesialis bedah tumor payudara, apa kasus saya dapat didiagnosa sebagai fibroadenoma yang biasa menyerang pada usia 15-25 th, mohon di jawab secepatnya supaya dapat saya jadikan acuan guna melakukan pengobatan selanjutnya karena sekarang saya mulai putus asa dengan pengobatan medis, saya juga malu karna sekarang saya sudah menikah karena di payudara saya terdapat banyak goresan bekas operasi (koloid)walaupun dia tidak masalah dengan hal tersebut.

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

dear Tris,
USG biasanya dilakukan kalau ada keluhan pada payudara tapi melalui pemeriksaan fisik (yang dilakukan oleh Dokter Bedah) tidak ditemukan benjolan.
Kalau pada pemeriksaan fisik sdh jelas ada benjolan, tidak perlu lagi dilakukan USG.
salam,

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Vivi,
Benjolan / tumor pada payudaramu adalah FAM (fibroadenoma mammae) termasuk tumor jinak ..
Coba baca lagi faktor predisposisi / faktor yang mempermudah timbulnya tumor payudara pada blog saya ...
Selama hormon estrogen / wanita masih ada maka kemungkinan terkena tumor payudara juga masih ada ... selain faktor2 lainnya tentunya.
Jadi FAM memang bisa berulang2.

Penanganan tumor payudara (FAM) dengan eksisi biopsi.. saya pikir masih dapat dilakukan oleh dokter Bedah umum.
Soal keloid .. sayatan di daerah dada memang mempermudah timbulnya untuk timbulnya keloid.
Sudah kembali ke dokter Bedahnya ? Bisa dilakukan suntikan untuk meminimalkan keloid selain itu ... apakah semua sayatannya ada di payudara ? Biasanya dilakukan di dekat daerah hitam / areola payudara jadi bekas sayatan tidak kelihatan ..
Kecuali kalo letak tumor memang sangat jauh sekali dari areola ..
Semoga jawaban saya bisa membantu ya ...
salam,

 
, Blogger MAU KAYA? wrote ...

terima kasih, dok atas balasannya.
posisi saya ada di jakarta timur. kira-kira dokter yang direkomendasikan dmana ya?

terima kasih

Hanggoro

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Pak Hanggoro,
O Anda di Jakarta ya ? saya pikir di luar daerah ... kalau Jakarta sih lebih mudah Pak ..
Untuk kasus istri Bapak itu, tidak ada spesifikasi khusus , jadi Bapak dapat kunjungi dokter Bedah (siapa saja) di RS yang Bapak pilih ...
Ok Selamat berkonsultasi, cepat pulih untuk istri Bapak ya ..
salam,

 
, Blogger ChU_ChU wrote ...

dok, tadi siang saya periksa ke dokter bedah..saya divonis kena tumor di bagian payudara kanan..sudah 6 tahun saya tahu kalau ada benjolan, tapi saya biarkan, soalnya mnurut mama palingan itu cuma kelenjar doang, yang kejang sewaktu mau mens..
yang saya mau tanyakan disini, dengan lama waktu segitu, mungkinkah tumor ini ganas? saya belom melakukan operasi, karena harus ujian selama 2 minggu ke depan, mungkin juni baru bisa..
saya takut dok..

 
, Blogger ChU_ChU wrote ...

oiya dok..
jawabnya tolong di send ke email saya juga ya..
makasih
email saya: c_imoet_caem@hotmail.com

thnks dok!

 
, Blogger cobacoba wrote ...

Dear Mbak Laksmi..saya mau nanya nih,
saya ada benjolan di payudara kanan, kemudian saya bawa ke dokter, oleh dokter (specialis onkologi) saya disarankan USG dan Biopsi. hasil USG multiple kista pada mammae kanan dan kiri, kista yang besar berukuran 24*30mm, kemudian saya disuruh biopsi hasilnya tidak nampak sel ganas, kesan jenis lesi fibrokistik.
Oleh dokter yang pertama saya disarankan tidak perlu operasi, saya diminta minum vit e selama satu bulan dulu dan kemudian dilihat lagi. saya kemudian mencari dokter spesialis (sp. onkologi) lain sebagai second opinion, beliau menyarankan langsung diambil saja untuk memastikan jenisnya dan karena ukurannya yang sudah besar. Pertimbangan lain adalah tante saya juga ada kena kanker payudara. Nah, saya kemudian ketemu dokter bedah umum, beliau menyarankan saya vitamin e saja dulu, tidak perlu dioperasi segera..Terus terang saya jadi bingung nih, karena pertimbangan lain saya adalah saya mau pergi ke daerah terpencil selama 6 bulan dan waktu saya untuk menentukan operasi atau nda hanya satu bulan ini. Pertanyaan saya apa sebenarnya lesi fibrokistik tersebut, dan kalo saya menunda sampe 6 bulan ke depan apakah akan berbahasa. Catatan saja, saya belum menikah dan usia 30 tahun. terima kasih banyak

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Dear "coba-coba",
(maaf ya saya ga tau nama Anda sih)
Menurut saya operasi saja, 30 mm berarti 3 cm kan ? Eksisi biopsi, minta hasil PA nya jadi tahu hasil jaringan tumornya.
Jika harus tugas ke daerah terpencil, operasi bisa ditunda. Selama ditunda, Anda harus rajin lakukan SADARI, tiap bulan 7 hari setelah menstruasi. Jika benjolannya "sifatnya" / "perangainya" sama - tidak usah khawatir, tapi jika sifat/perangainya berbeda, harus lakukan operasi segera ...
SADARI lakukan hanya sebulan sekali, jangan gara-gara khawatir berlebihan dilakukan tiap hari.
Mudah-mudahan jawaban saya bisa membantu ya ..
Kalau ada hal lain yang masih membingungkan boleh telp/sms saya ...
Salam,

 
, Blogger aryani wrote ...

dok, saya[24th] sejak 3 tahun lalu memiliki benjolan di payudara, bulan ini saya perikas usg payudara dan menemukan 8 benjolan di payudara kiri dan 3 benjolan di payudara kanan, rata" diameter 1-2cm. boleh minta penjelasan tentang proses operasi payudara dan anestesi?karena benjolan di sebelah kiri menyebar di sekeliling payudara sampai di bawah ketiak saya. sedikit banyak penjelasan dokter bisa menenangkan kekhawatiran saya akan tindakan operasi tersebut.
terimakasih.

 
, Blogger aryani wrote ...

mo nambahin dok, saya sekitar 2 tahun lalu pernah mencoba terapi herbal untuk tumor payudara dan menunjukkan hasil positif, tapi berhenti di tengah jalan karena dokter saya berlainan kota dengan tempat saya kuliah, sehingga pengobatan herbal saya diskontinyu. sekitar 6 bulan lalu saya mencoba kembali terapi herbal, akan tetapi sedikit lambat menunjukkan hasil daripada terapi pertama, mungkin jg karena tumor saya sudah berlipat ganda jumlahnya dari 2 tahun yg lalu.
yg mau saya tanya, apa tubuh jg bisa resistant untuk terapi herbal seperti resistant terhadap obat kimia tertentu?

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Dear Aryani,
Prosedur pembedahan/operasi untuk tumor payudara hampir sama dengan prosedur operasi lainnya yang menggunakan anestesi umum.
Sebelum operasi, dilakukan pemeriksaan laboratorium dan ronsen dada untuk menilai kecakapan tubuh apakah siap untuk dioperasi / tidak.
Operasi tidak lama, setelah operasi jaringan tumor di periksa di lab (patologi anatomi), pasien hanya rawat 1 hari. Setelah itu pakai kemben (dari leucocrepe yang dililitkan di dada) sampai 24 jam post op. Banyak bertanya pada Dokter Bedahnya ; jangan lupa berdoa. Mudah-mudahan semuanya lancar ya ..
Soal terapi herbal, saya belum tahu pasti dan tidak menguasai cara kerja pengobatan herbal ..
Jadi maaf belum bisa memberikan komentar ...
Ok, selamat menjalankan operasi, semoga semuanya berjalan baik.
salam,

 
, Blogger dinda wrote ...

Nama saya Dinda 21 tahun. Sekitar 1,5 tahun lalu, saya menjalani operasi FAM. Ukurannya sekitar 4x3 cm. Pertanyaan saya, bisakah jaringan yang hilang tumbuh kembali? Soalnya, payudara saya jadi tidak seimbang nih dok

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Dear Dinda ...
Mengingat jaringan yang diambil tidak begitu banyak (4X3 cm) harusnya sih tidak menimbulkan perubahan ukuran yang signifikan pada payudara.
Saya masih belum mengerti istilah "tidak seimbang" pada payudaramu.
Lagi pula saya kan tdk bisa melihat yang Dinda maksud dengan tidak seimbang itu bagaimana ?
Coba konsultasikan pada dokter bedah yang dulu mengoperasi Dinda. Jika memang ada perubahan yang signifikan (mungkin karena adanya jaringan parut/sikatrik yang membuat kulit diatasnya tertarik ?) Dokter akan memperbaiki kembali.
Ok, semoga jawaban saya bisa membantu ya ..
salam,

 
, Blogger Rifqi wrote ...

Dok, Istri saya baru saja menjalani USG payudara, dan ditemukan 2 buah cyst berukuran < 1 cm, setelah berkonsultasi dgn dokter ongkologi, di anjurkan utk diobservasi selama 3 bulan, dan kembali di USG utk mengetahui apakah ada penambahan ukuran atau tidak, dokter jg tetap menyarankan utk dioperasi, pertanyaan saya apakah cyst tsb termasuk fam? atau jenis lainnya? apakah memang hrs di ambil mengingat ukurannya masih kecil? terima kasih..
mungkin kalau tidak keberatan, boleh minta email dokter, sehingga saya bisa konsultasi via email. email saya: rifqi.rozani@gmail.com

Rifqi

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Pak Rifqi,
Anda konsultasi di RS mana? dr bed onkologinya siapa ?
Kalau saya mendapat kasus yang seperti ini, tidak saya operasi.
SADARI setiap bulan (7 hari setelah mens). Perhatikan perangai tumor, apakah berubah ? maksudnya apakah tambah besar, tambah mobil, tambah melekat, disertai dg tanda2 lain spt infeksi di payudara dll
Kalau perangainya berubah, langsung ke dr Bedahnya lagi.
Tapi jika perangainya sama evaluasi dengan USG lagi 3-6 bulan kemudian.
Jika disertai nyeri yang sangat mengganggu, boleh diberikan obat penghilang rasa sakit.

Untuk mengetahui apakah ini tmsk kista, FAM atau dysplasia mamae harus dilakukan pemeriksaan lab PA (patologi anatomi).

Mudah-mudahan jawaban saya bisa membantu ya ..
Salam,

 
, Blogger Rifqi wrote ...

Dokter,

Kebetulan kami berada di Balikpapan, jd utk RS,kami dirujuk RS Pertamina BPN, utk dokter bedah onkologinya jg dokter bedah onkologi di BPN.

Terima kasih atas masukan yg dokter berikan, memang utk sementara ini saya dan istri memutuskan utk di observasi dulu mungkin selama 3 bulan, disertai dgn diet lemak utk konsumsi makan istri (apakah ini perlu?), kalo ada perubahan dari pemeriksaan SADARI ataupun USG mungkin baru akan di ambil tindakan lainnya.

Utk memastikan jenis tumor (apakah kista, FAM, atau yg lain), dikatakan perlu dilakukan PA, mungkin bisa dokter kasih gambaran, bgmn proses PA tsb? apakah perlu di operasi jg utk PA?

Maaf banyak bertanya, krn di BPN belum banyak ahli yg bisa kami tanyai mengenai hal ini.

terima kasih banyak,
rifqi

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Pak Rifqi,
Hasil PA (patologi anatomi)diketahui dari benjolan yang didapat dari operasi.
Jadi harus operasi dulu, kemudian benjolan tsb diperiksa PA.
Semoga, jawaban saya bisa membantu ya ...
Intinya SADARI jangan lupa.
salam,

 
, Blogger arissa wrote ...

dok, saya cewek usia 23 thn. saya punya keluhan, saya punya benjolan d payudara sebelah kiri. kadang2 rasanya sakit(nyeri), apalagi pas keadaan capek. kalo mau d operasi, kira2 butuh biaya berapa ya dok??saya blm berani periksa karena saya blm tahu kira2 butuh biaya berapa.karena saya takut kalo ternyata biayanya gede dan uang saya tdk cukup.trus kalo dah periksa dan d vonis tumor, apa memang harus d operasi??apa ada alternatif lain??tolong bantu saya mengatasi ketakutan ini ya dok..
trima kasih sebelumnya..

 
, Blogger arissa wrote ...

dok, sbg informasi..benjolan ini baru saya rasakan selama 5bln terakhir..sebelumnya tdk ada karena saya rajin melakukan SADARI.
trima kasih dok V(^_^)V

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

dear Arissa,
Saran saya periksakan benjolan pada dokter Bedah yang dipilih, mungkin di RS pemerintah saja. Jika harus dilakukan operasi, biasanya biayanya tidak terlalu besar spt di RS swasta.
Soal pengobatan alternatif saya tidak begitu tahu, saya menganjurkan konsultasikan ke dokter saja.
Semoga jawaban saya cukup membantu ya ...
salam

 
, Blogger astri wrote ...

Dokter, saya lia baru saja melahirkan 3 bulan yang lalu (13 april 08).Payudara saya terasa sakit dan terdapat benjolan.Setelah di USG ternyata terdapat beberapa kista dan tumor, dokter bedah menyarankan untuk operasi untuk mengetahui jinak/tidaknya benjolan tersebut. Saya saat ini sdg menyusui, dan saya sangat trauma dengan operasi. Apa yg sebaiknya saya lakukan, apakah bisa diketahui ganas/tidaknya tanpa operasi?Dokter apakah saya bisa konsultasi melalui hp dengan dokter? terimakasi sebelumnya.

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Ibu Astri,
Dokter bedahnya bilang bagaimana ? curiga ke jinak atau sebaliknya ?
Melalui pemeriksaan fisik biasanya bisa di curigai ke arah jinak atau sebaliknya, diagnosa pasti ditentukan melalui hasil PA / patologi anatomi yang di dapat dari pemeriksaan jaringan setelah operasi.
Saya tidak memeriksa Ibu secara langsung jadi belum tahu arahnya kemana ?
Kalau saya mendapat pasien dengan kecurigaan kista atau tumor jinak dan pasien adalah busui, maka saya anjurkan untuk pasien untuk menyusui terlebih dahulu (asi ekslusif terlampaui), setelah itu baru operasi. Karena operasi payudara pada busui tidak dibenarkan, nanti luka operasinya sulit kering. Selama itu si pasien harus selalu melakukan SADARI, pantau dan evaluasi perangai tumor apakah berubah kearah yang mencurigakan atau tdk ada perubahan.
Demikian Ibu Astri, semoga jawaban saya bisa membantu.
Silahkan jika ingin telfon/sms ..
salam,
hanya kista dan tumor jinak, karena ibu menyusui, operasi

 
, Blogger noname wrote ...

Dok, Saya noname, dr hasil biopsi yg saya lakukan hasilnya fam pd yg kiri 7x7 dan yg kanan krg lebih 3, heranya benjolan ini udah lama ada sejak saya kuliah (umur 20 an) skrg umur saya 35 dan blom merid dok,tapi kenapa membesarnya belakangan ini dok dan yg membesar adalah yg kiri sdgkan yg kanan dr dulu segitu gitu aja.apakah pengaruh dr haid saya yang selalu dtg lebih cepat seminggu dr waktunya dok? masalahnya belakang ini haidnya selalu maju lbh cpt seminggu dok? yang kata dokternya ini tdk boleh? dokter menyarankan operasi tapi saya katakan bln agustus krn saya mau melakukan operasi jg takut dok, katanya jahitannya harus dibuka setelah seminggu dok? apa tdk ada jahitan yg langsung bisa jadi daging dok? atau jahitannya lebih bagus yg dibuka atau yg lasung jadi daging dok? dan operasi fam itu sakit ga dok? dan kenapa fam bisa balik lagi apa operasi yg ga bersih atau krn pengaruh hormon atau makan atau apa lagi dok? makasih sblomya

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Dear noname,
ukuran tumornya dalam cm atau dalam mm ?
Kalau dr bedahnya sudah menyarankan untuk operasi, lakukan operasi saja.
Jangan lupa tanyakan hasil PA nya setelah operasi.
Jahitan setelah operasi tumor payudara biasanya tidak diambil lagi, jahitannya di berikan jahitan yang menyerap.
Ok selamat menjalankan operasi.
salam,

 
, Blogger noname wrote ...

dok, saya noname, saya sambung ya dok, berarti ukuran tumor saya itu 7x7x4 cm kan besar bgt dok dan yg kanan kurang lebih 3 cm maksudnya setelah dilakukan biopsu baru keluar PA nya ya dok hasilnya fibroadenoma mama yang kiri dan yang kanan giant fibroaadenoma mamma maksudnya fam atau tumur jinak kan dok?

 
, Blogger noname wrote ...

jadi, maksudnya dokter saya tsb apa dok? napa dia bilang setelah seminggu operasi buka jahitan gitu? maksudnya jahitannya dibuka apa gimana dok saya ga ngerti? perawatan setelah operasi nanti, apa yang harus dilakukan dok? tdk bolen ngangkat berat2 dulu ya? trus makanan apa yg harus dihindari? klo saya haidnya selalu maju lbh cpt seminggu berarti fam saya timbul krn pengaruh hormon yg tdk seimbang gitu dok? jadi supaya hormon itu seimbang gimana caranya dok? thank dok...

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth "noname"
Dokter bedah anda siapa, dan di RS mana?
Sudah menjalankan operasi ?
salam,

 
, Blogger noname wrote ...

saya di medan dok, operasinya akan dilakukan minggu atau sabtu ini dgn dokter gerhat. apa yang hrs saya lakukan menjelang operasi? dan gimana menghadapinya biar bisa tenang?

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Noname,
Dokter Gerhat ? di RS mana ya ?
Berdoa saja, supaya semuanya berjalan lancar.
salam,

 
, Blogger dena wrote ...

saya dena(21 th),,

dok,saya mempunyai tumor jinak pada payudara saya!
tetapi sy lebih memilih untuk melakukan pengobatan alternatif.

yg sy ingin tanyakan adalah
1. apakah yg menyebabkan terjadinya tumor pyudara?
2.apakah tumor itu muncul kembali setelah di operasi?

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

halo Dena,
Tumor bisa muncul kembali setelah operasi.
Pengobatan alternatif apa yang dipilih ?
salam,

 
, Blogger yayu wrote ...

dear bu dokter..

Salam kenal..Saya (27th)..sekitar 6 bln yang lalu yang mempunyai 2 tumor jinak (FAM) dan sudah dilakukan usg..dokter yang menangani hanya memberikan obat berupa chitosan dan menganjurkan untuk mengkonsumsi kunyit putih..2 bulan kemudian setelah saya usg ulang (dengan inisiatif sendiri) tumor saya sudah menjadi 4.. sebagai orang awam saya bingung kenapa obat yang diberikan dokter tidak berpengaruh apapun. Bagaimana ini dok?

 
, Blogger lyruei wrote ...

Dok, perkenalkan saya lily 28th.
Sekitar 9 bulan yang lalu saya iseng USG mamae. Menurut dokter yang melakukan USG tersebut ditemukan Fibrocystic Mamae 2 buah dengan ukuran 5 dan 7 mm di payudara kanan.
Esoknya setelah USG tersebut payudara terasa nyeri.
Sejak USG tersebut saya tidak ada keluhan apa-apa, dan mencoba cari tau tentang ini.
Saya flashback, 11 th yg lalu saya pernah kecelakaan lalu lintas dan payu dara kanan memang pernah terkena benturan, saat itu memar (lebam kebiruan).
Dan saya memang merasa sering sedikit pegal di payu dara kanan sejak saat itu.
Dengan rabaan (SADARI) tidak teraba.
Berbahaya kah Dok ?
Terima kasih sebelumnya atas sarannya.

 
, Blogger kangaranga wrote ...

Dear dr. Lakshmi,

Saya Yreen di Jogja, saya baru periksa ke dokter di RS di jogja dan saya postive terkena FAm. ada 4 benjolan dengan ukuran 2 com (2) dan 2-nya masih 0,sekian centimeter. Saya ingin tanyakan kira2 di mana saya bisa melakukan operasipengangkatan FAM di indonesia yang tidak meninggalkan bekas/scars. Karena saya takut sekali. Maklum saya belum berumah tangga. Terima kasih

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

dear Yayu,
Salam kenal kembali.
1. Yang memberikan chitosan dan kunyit putih itu dokter bedah di RS mana ?
2. Pada pem.fisik, ukuran tumor payudaranya berapa cm ?
salam,

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Dear Lily,
Saran saya di observasi saja dulu benjolannya.
Setiap bulan 7 hari setelah mens lakukan SADARI, cara2nya seperti yang ada di blog ini.
Jika perangai benjolan berubah, segera konsultasikan ke dokter bedah terdekat.
Soal riw trauma di masa lalu, rasanya tdk perlu dikhawatirkan, sudah lama kan 11 tahun yl ?
Lakukan SADARI saja setiap bulan.
Ok mudah-mudahan jawaban saya membantu ya
salam,

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Dear Yreen,
Operasi dilakukan pada dokter bedah terdekat.
Biasanya jika tidak ada bakat keloid, luka operasi akan baik hasilnya.
Hasil luka operasi ditentukan oleh banyak hal.
Prinsipnya bagi dr bedah dimanapun pasti akan melakukan operasi dengan sebaik2nya termasuk dalam hal penjahitan supaya hasil operasinya bagus.
Ok, selamat operasi ya

 
, Blogger cipto wrote ...

salam kenal ya dok,sy dr chrisdiyanto dr umum,sy masih bingung dgn mamae abrans menurut dr itu kan congenital di ICD 10 WHO jg begitu tetapi definisi congenital kan "telah ada saat dan sudah ada saat kelahiran" nah klo timbul/terlihat ny payudara tambahan itu setelah usia 20 th apa termasuk congenital jg .sekalian dok sy tanya jg indikasi medis operasi ny apa ya dok soalnya sepengetahuan sy kan hanya mengganggu secara kosmetik saja, thx ya dok.

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Salam kenal kembali TS dr.Chrisdiyanto,
Mammae aberans kelainan kongenital. Sering kelihatan pada saat dewasa, meskipun demikian tetap namanya kelainan kongenital karena didapat semenjak lahir.
Indikasi operasi kelihatannya adalah kosmetik karena biasanya pasien datang karena masalah kosmetik - benjolan minta untuk dihilangkan.
Padahal mamae aberans memang harus di eksisi / operasi karena pada mamae aberans sering mudah untuk mengalami inflamasi dan kecenderungan untuk berubah kearah keganasan /malignancy lebih besar.
Demikian TS dr Chrisdiyanto,
salam,

 
, Blogger Radius wrote ...

Dok saya mau tanya ada bencjolan di payudara sebelah kiri cewek saya. dai mengatakan keapda saya ada benjolan di payudaranya tapi tidak membengkak, tidak memerah, dan tidak mengeluarkan darah atau nanah dari puting susunya. namun dia merasakan nyeri di payudaranya dan tembus sampai kebelakang dekat belikat. ini membuatnya takut dan pasrah saya tidak bisa menolong hanya memberikan cara padnangan ini saja. mohon di jawab dok saya sangat takut terjadi apa2 padanya.

 
, Blogger Darma Putra Dahler wrote ...

Dok, saya suami, istri saya kemarin kecelakaan motor terjatuh, kemudian dikeningnya terbentur dan meninggalkan bekas luka sayatan sepanjang 10 cm kemudian dijahit 10 jahitan, saya mau tanya apakah bekas jahitannya dapat hilang, karena kasihan dia sekarang kayaknya depresi sekali, kalau ada obatnya tolong kasih tahu atau tempat operasi muka yang bagus dimana dok dan berapa kira2 biayanya ? terima kasih dokter...Wassalam Dharma

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Radius,
Periksakan saja teman wanita Anda pada dokter bedah terdekat supaya dapat di[eriksa sehingga diagnosa dapat ditegakkan.
salam,

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Pak Darma,
Konsultasikan saja pada dokter bedah terdekat, supaya dapat dilihat bentuk lukanya. Jika memungkinkan bisa dilakukan penjahitan ulang jika memang lukanya tidak "rapih"
salam,

 
, Blogger Ini Aci, bukan Oli ^_^ wrote ...

Assalamualaikum..

Salam kenal dok, saya Arsy berusia 24 taun..saat ini saya merasakan seperti ada pembengkakan d payudara kanan saya dan rasanya cukup sakit jika ditekan..memang minggu ini adalah menjelang menstruasi,namun biasanya tidak bengkak seperti ini..(sbnrnya pmbgkakan tdk terlalu besar).Lalu krn saya khawatir,saya pergi k dokter..namun hanya k dokter umum krn saya blm tau hrs pergi k dokter spesialis apa..setelah diperiksa oleh dokter (diraba bagian payudara) dan tentunya terlebih dahulu beliau menanyakan apakah ini adalah hari2 menjelang haid atau tidak, kemudian dokter mengatakan klo tampaknya memang ada sedikit benjolan n katanya itu FAM (tumor jinak), lalu beliau memberi saya obat dan beliau bilang klo dari hari ke hari terus membesar..itu artinya harus diambil/biopsi..Nah yg ingin saya tanyakan adalah
1. apakah hny dengan diraba saja bisa lsg memutuskan "tumor jinak/fam?", yg saya tau bukankah harus d usg atau patologi anatomi terlebih dahulu br bs di judge apakah itu benar tumor atau bukan?!(yg saya tau dr baca2 d web).
2. Langkah selanjutnya saya harus bagaimana?jujur saya penasaran dengan apa yg terjadi sebenarnya dgn payudara saya..saya ingin konsul k dokter yg ahli d bdgnya..namun saya blm tau tepatnya k dokter apa n dimana?mungkin pny rujukan?
3. Saya sempat search d internet..dan byk org yg menyebut2 YKI (yayasan kanker indonesia) mrp wadah/sarana yg tepat bgi qt yg pny keluhan tentang tumor payudara,rahim,dll..dan katanya biaya pemeriksaan n perawatan d YKI relatif lebih terjangkau..apa benar begitu?
4.Yg terahir adalah apakah untuk melakukan konsul dgn dokter tentang penyakit saya ini dan pemeriksaan ny harus dilakukan setelah saya menstruasi?apa benar bgtu?karena kmrin saya coba telp YKI dan pihaknya menyebutkan klo mau konsul n melakukan tindakan spt usg dll harus setelah menstruasi..mengapa begitu ya?apa karena ada efek hormonal saat menstruasi?

Mohon pencerahannya..maaf sebelumnya kalo pertanyaannya terlalu banyak.Terimakasih..

 
, Blogger Ini Aci, bukan Oli ^_^ wrote ...

Assalamualaikum..

Salam kenal, Saya Arsy berusia 24 taun..saat ini saya merasakan seperti ada pembengkakan d payudara kanan saya dan rasanya cukup sakit jika ditekan..memang minggu ini adalah menjelang menstruasi,namun biasanya tidak bengkak seperti ini..(sbnrnya pmbgkakan tdk terlalu besar).Lalu krn saya khawatir,saya pergi k dokter..namun hanya k dokter umum krn saya blm tau hrs pergi k dokter spesialis apa..setelah diperiksa oleh dokter (diraba bagian payudara) dan tentunya terlebih dahulu beliau menanyakan apakah ini adalah hari2 menjelang haid atau tidak, kemudian dokter mengatakan klo tampaknya memang ada sedikit benjolan n katanya itu FAM (tumor jinak), lalu beliau memberi saya obat dan beliau bilang klo dari hari ke hari terus membesar..itu artinya harus diambil/biopsi..Nah yg ingin saya tanyakan adalah
1. apakah hny dengan diraba saja bisa lsg memutuskan "tumor jinak/fam?", yg saya tau bukankah harus d usg atau patologi anatomi terlebih dahulu br bs di judge apakah itu benar tumor atau bukan?!(yg saya tau dr baca2 d web).
2. Langkah selanjutnya saya harus bagaimana?jujur saya penasaran dengan apa yg terjadi sebenarnya dgn payudara saya..saya ingin konsul k dokter yg ahli d bdgnya..namun saya blm tau tepatnya k dokter apa n dimana?mungkin pny rujukan?
3. Saya sempat search d internet..dan byk org yg menyebut2 YKI (yayasan kanker indonesia) mrp wadah/sarana yg tepat bgi qt yg pny keluhan tentang tumor payudara,rahim,dll..dan katanya biaya pemeriksaan n perawatan d YKI relatif lebih terjangkau..apa benar begitu?
4.Yg terahir adalah apakah untuk melakukan konsul dgn dokter tentang penyakit saya ini dan pemeriksaan ny harus dilakukan setelah saya menstruasi?apa benar bgtu?karena kmrin saya coba telp YKI dan pihaknya menyebutkan klo mau konsul n melakukan tindakan spt usg dll harus setelah menstruasi..mengapa begitu ya?apa karena ada efek hormonal saat menstruasi?

Mohon pencerahannya..maaf sebelumnya kalo pertanyaannya terlalu banyak.Terimakasih..

 
, Blogger thomas wrote ...

kpd dokter yg terhormat,

nama saya thomas
dok saya mau ikut nanya nih…
saya berada di kota cirebon.dan ingin menanyakan tentang anak saya.
anak saya perempuan sekarang baru berusia 2th.
ini mengenai kelenjar yg membentuk tonjolan yg ada di dalam payudara sebelah kiri ( bawah puting ) anak saya. yg sudah ada sejak lahir dan besarnya mengikuti perkembangan usia anak saya.
yg awal nya sejak lahir cuma sekitar sebesar biji jeruk sekarang 2th sudah semakin besar diameternya .

saya menuju klinik pramita untuk usg anak saya atas rujukan Dr. umum dan Dr spesialis anak yg ada di crb saya melakukan konsul dg 2 Dokter setempat.
dan hasil usg sdh kluar dan menurut keterangan Dr usg bahwa hasilnya hanyalah sekedar kelenjar payudara bukan tumor. saya baru rencana akan pergi konsul lg ke Dr minggu depan

saya mo cari tau kebenarannya atas apa yg sebenarnya terjadi pada anak saya , apakah itu hormon bawaan dari lahir, kelenjar lemak , pembekuan darah , atau kelenjar payudara yg tumbuh di usia dini ataukah itu tumor jinak.
sebagai keterangan tonjolannya agak keras dan kenyal mengenai mobil atau tidaknya saya tidak berani untuk mengecek lbh lanjut dan anak saya tidak merasakan nyeri pada tempat tersebut dan diketiaknya tidak ada kelainan tonjolan apapun.
berikut hasil USG nya :

Mamma sinistra :
cutis dan subcutis tak menebal
jaringan fibroglanduler normal
tak tampak lesi hypoechoic , anechoic maupun hyperechoic
ductus lactiferus tak melebar
musculus pectoralis tak tampak kelainan

Mamma dextra :
cutis dan subcutis tak menebal
tampak jaringan fibroglanduler prominent dengan ukuran 24.1 x 6.5 mm
batas relatif tegas

kesan : hypertrophy mamma sinistra

jadi dok tolong bantuannya karena saya selaku orang tuanya tidak banyak mengetahui mengenai hal ini dan bingung apa yg harus saya lakukan , tolong dokter beritahu saya secara detail mengenai hal apa saja yg ada pada isi usg tersebut? dan apakah sebenarnya hasil usg itu? berbahayakah bagi anak saya.
sekian dan terimakasih sebelumnya dan saya tunggu jawaban dokter tolong emai ke saya
thomasacun@yahoo.com

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

@Arsy :
1. Benar, Jinak atau ganas, ditentukan dari ahsil pemeriksaan patologi anatomi.
2. Temui dokter Bedah saja
3. Saya tidak begitu tahu soal biaya yang relatif terjangkau di YKI.
4.Ya, tepatnya 7 hari setelah menstruasi.

@Thomas :
Untuk menjawabnya saya harus melakukan pemeriksaan terlebih dahulu Pak.
Tapi kalau melihat usia, saran saya evaluasi saja 6 bulan kedepan.

 
, Anonymous dian wrote ...

Dok saya baru aja menemukan blog dokter ,nama saya dee, wanita berusia 33 tahun ... sekitar 6 bulan yang lalu payudara sebelah kiri (arah jam 1 ) saya terasa sakit dan rasanya panas ,dokter saya menyarankan untuk mamogram dan USG dan ditemukan hasilnya adalah cyst dan kecil sekali berdiameter sekitar 9 mm, lalu 3 bulan kemudian saya kembali memeriksakan diri karena rasanya masih panas dan saya merasa tidak nyaman, lalu dokter saya menyarankan untuk mammogram dan USG ulang, hasilnya masih sama cyst juga, yang ingin saya tanyakan apakah cyst seperti yg saya alami ini memang punya gejala panas dan meradang seperti ini dok? apakah saya perlu biopsi, bagaimana dengan Inflammantory breast cancer yg memang tidak bisa terdeteksi dengan mammogram atau USG
terima kasih sebelumnya ... kebetulan saya bermukim di amerika, kebetulan bulan depan saya ada rncana pulang ke indonesia ..mungkin saya bisa berkonsultasi lebih jelas dgn dokter ... tolong no telp dan email dokter yg bisa saya hubungi ... terima kasih

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Dok, sy memiliki kista periareola di PD kanan, kmrn cek ukurannya 29,6 mm x 8,6 mm (hari ke 14 stlh HPHT). Setahun lalu hanya 19,6 mm x 7,7 mm (mnjelang haid). Dokter yg dulu hanya sarankan utk segera menikah dan menyusui krn itu hnya mslh hormonal. Tp koq menurut sy bukan hormonal ya, dok, krn nyerinya tdk hanya pd waktu menjelang menstruasi sj.
Kmrn cek lg krn sdh setahun dan belakangan rasa senut2nya jg smkn sering terasa. Dokter sarankan utk disedot plus obat utk nekroting pembungkus kistanya, atau dioperasi saja utk diangkat kistanya secara utuh (scr estetika krn dkt areola shg luka bekas op tdk terlihat). Sebaiknya bagaimana ya, dok? Oya, usia sy 31 thn, blm menikah, rencana tahun ini. TKB, dok.

 
, Blogger shella wrote ...

dok saya berusia 20 thn, skitar be2rapa minggu lalu sya mendapati benjolan seperti bisul di puting saya. dan ada nanah yang keluar dari benjolan ( bisul ) tsb. dan sekarang benjolan yang tdnya besar dan bernanah itu menjadi mengecil tp terlihat sudah tidak bernanah. tetapi masih benjol kecil, dan ketika saya tekan langsung bereaksi k sekitar payudara saya. apakah ini berbahaya, dan apakan itu hanya bisul?????

dan saya juga datang bulan tidak teratur, dan sering sekali merasa sakit yg sangat luar biasa ktka haid....

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

dok sekitar satu bulan yang lalu payudara saya terasa sangat nyeri,kadang terasa di payudara kanan, kadang di kiri,sekitar 2minggu terakhir frekuensi dan kekuatan nyeri berkurang.Saya sudah konsul ke dokter obsgyn dan saya di rujuk untuk melakukan USG mammae.tadi siang saya USG hasilnya
mammae dextra
1.Tampak lesi cystic batas tegas ovaldengan posterior enhancement di jam 12/0,5 cm dr areola mammae ukuran 0,62 x 0,25 cm
2. tampak lesi solid hipoechoic batas tegas bentuk lobulated di jam4/ samping areola ukuran 1,61 x 0,5 cm
mammae sinistra
1. tampak lesi cysticbatas tegas memanjang oval dengan posterior enhancement di jam 11-12 samping papilla mammae ukurab ukuran 2,12 x 0,63

yang saya tanyakan:
1.hasil USG tersebut maksudnya apa ya dok?
2.dari hasil USG tsb apa bisa dikatakan kalau di payudara saya ada tumor?
3.dokter bedah perempuan di daerah yogya atau di surabaya ada g dok?

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

dok,, saya kiky (18thn)..
saya mempunyai benjolan sebelah kiri atas dan sudah di operasi..
apakah setelah operasi benjolan itu akan datang lagi walaupun makanan yang dilarang tidak di makan lagi??

 
, Blogger marabeta wrote ...

Salam kenal Dok, Saya Lisna, umur 26 tahun, blm menikah. Tgl 21 April 2010, seminggu sebelum menstruasi, saya melakukan USG Mammae krn saya sering merasakan nyeri dan ada benjolan pada kedua payudara saya.
Hasil USG Mammae :
Mamma Kiri :
- Kutis, subkutis normal
- Jaringan fibroglandular normal
- Pada kwadran superior, pd posisi jam 12 sampai jam 2 tampak massa hipoekoik multipel (5 buah), diameter terbesar 17mm dan terkecil 5mm.
- Pada Posisi jam 9 kwadran medial tampak lesi hipoekoik (2 buah), diameter 9mm.
Mamma kanan:
- Pada kwadran lateral posisi jam 11 tampak lesi kistik multiple (2 buah) diameter 6.6mm dan 5mm.
Axilla kiri kanan tidak tampak pembesaran KGB.
Kesimpulan : Multiple cyst pada kedua mammae.

Bisa Mohon penjelasannya dan sarannya dok, krn saya awam thdp hal tsb, apa yg harus saya lakukan, apa arti dari hasil USG tsb? apakah berbahaya? krn saya takut sekali dok…
Terimakasih banyak sebelumnya dok.

 
, Blogger marabeta wrote ...

Salam kenal Dok, Saya Lisna, umur 26 tahun, blm menikah. Tgl 21 April 2010, seminggu sebelum menstruasi, saya melakukan USG Mammae krn saya sering merasakan nyeri dan ada benjolan pada kedua payudara saya.
Hasil USG Mammae :
Mamma Kiri :
- Kutis, subkutis normal
- Jaringan fibroglandular normal
- Pada kwadran superior, pd posisi jam 12 sampai jam 2 tampak massa hipoekoik multipel (5 buah), diameter terbesar 17mm dan terkecil 5mm.
- Pada Posisi jam 9 kwadran medial tampak lesi hipoekoik (2 buah), diameter 9mm.
Mamma kanan:
- Pada kwadran lateral posisi jam 11 tampak lesi kistik multiple (2 buah) diameter 6.6mm dan 5mm.
Axilla kiri kanan tidak tampak pembesaran KGB.
Kesimpulan : Multiple cyst pada kedua mammae.

Bisa Mohon penjelasannya dan sarannya dok, krn saya awam thdp hal tsb, apa yg harus saya lakukan, apa arti dari hasil USG tsb? apakah berbahaya? krn saya takut sekali dok…
Terimakasih banyak sebelumnya dok.

 
, Blogger nirmala wrote ...

dok,saya (28th),5 bulan lalu saya merasakan ada benjolan di payudara kiri disekitar atas puting yang kemudian memerah dan nyeri mengeluarkan nanah keterangan dok saya abses payudara dan telah dioperasi hasil dari lab kesimpulannya fibroadenoma mamma disertai mastitis kronik tidak spesifik,dalam masa pengobatan luka operasi dilubangi untuk mengeluarkan sisa nanah yang masih ada dan saya harus menganti perban setiap 2 kali sehari akan tetapi benjolan diatas luka operasi itu masih ada dan kalau ditekan akan mengeluarkan cairan bening keluka operasi yang dilubangi,apakah menurut dok benjolan tersebut masih bahayakah dok?

 
, Anonymous jabon wrote ...

wah kalau terkena yang namanya kangker ayudara .. sangat mengerikan ya .. untung saya laki laki ... he heehe

 
, Blogger ai wrote ...

dok, saya perempuan 21th. Setahun lalu saya divonis mengidap fibrocystic mammae di payudara kanan dan kiri saya. Apakah penyakit ini berbahaya dok? Apakah penyakit ini akan berpengaruh terhadap kemampuan saya menyusui anak2 saya nantinya?
Saya tidak berencana operasi, melainkan menempuh alternatif dok, apakah itu baik? Terima kasih

 
, Anonymous Vira wrote ...

dok, saya 30thn, minggu lalu sy menjalani USG screening PD, dengan hasil ada benjolan di masing2 PD kiri & kanan. Yg kiri ditemukan 3benjolan dgn pembulh darah yg mnrt dok USG bs membuat benjolan tambah besar. Kesimpulan USG : “sugestif FAM, adanya kalsifikasi & vaskularisasi”. Awalnya sy lakukan pemeriksaan ini bukan krn merasa nyeri di PD, tp justru nyeri pada badan sebelah kiri (termasuk tangan & kaki kiri terasa sedikit lemah dibanding yg kanan) Sy sudah konsultasi dgn dok bedah, dan disarankan diangkat untuk diteliti jenis tumor nya. Pertanyaan saya, apakah tidak ada solusi lain misal dgn treatment / obat2an yg bisa mengusahakan benjolan mengempis? apakah nyeri/lemah di organ kiri sy ada hubungan dgn benjolan di PD? thx

 
, Anonymous Vivian wrote ...

Salam dok...
Saya Vivian 26 tahun, belum menikah dan belum pernah mempunyai anak.
Saya sedang dalam keadaan menstruasi dan ini hari yang ke-6.. Kemarin payudara kanan saya mengeluarkan sedikit cairan ketika saya pijat.
Cairannya tdk sampai 1ml, aromanya seperti susu dan agak asam dan baru sekali ini terjadi. Ketika saya ulangi cairan tersebut tidak keluar lagi. Di payudara saya juga tidak terdapat benjolan. Yang ingin saya tanyakan :
1. Apakah ini normal?
2. Apakah payudara dapat menghasilkan susu walaupun sedang dalam kondisi tidak menyusui atau dala kondisi menstuasi?
Terimakasih Dokter...

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

@dian : notel saya 081310166750
@anonymous : bisa disedot saja atau dieksisi / operasi tergantung pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter bedahnya.
@shella : untuk menentukan apakah bahaya atau tidak harus dilakukan pemeriksaan, coba konsultasikan pada dokter bedah terdekat
@Jabon : kanker payudara dapat mengenai laki2
@Ai : sy tidak begitu tahu mengenai terapi “alternative”, kalau menurut sy ke medis saja
@Vira :
jika memang disarankan untuk dioperasi, dilakukan saja. Lemah dibagian kiri apakah berhubungan sy tidak bisa menjawab karena harus dilakukan pemeriksaan

 
, Anonymous fatimah az zahra wrote ...

Dok, saya kirimkan email kepada dokter, mohon balasannya segera ya dok. terimakasih banyak..

 
, Anonymous vony wrote ...

sore dok.. 2-3 bulan yang lalu terasa benjolan di payudara kanan saya (28th, anak 1 14bln dan berhenti menyusui sekitar 8-9bulan yang lalu) di arah jam 3, di bagian luar payudara sekitar 3cm dari tulang/belahan dada. benjolannya kurang lebih sebesar kacang tanah, batas tegas, bentuk oval, mudah digerakkan & tidak sakit. akhirnya saya cek ke dokter umum dengan diagnosa suspect FAM, lalu dirujuk ke dokter bedah onkologi & diagnosanya masih sama FAM. disuruh USG, hasil ternyata benjolannya padat, suspect FAM juga. akhirnya tgl 4 agustus saya operasi untuk mengambil benjolan tsb. ternyata hasil patologinya sbb:
-Makroskopis: jaringan penampang 0,7cm pada irisan berongga satu berisi massa kekuningan seperti pus
- Mikroskopis: sediaan terdiri dari acini dan ductuli kelenjar mamae bentuk tubuler dilapisi epitel torak inti dalam batas normal. stoma jaringan ikat bersebukan sel radang limfosit dan PMN serta beberapa foam cell.
- Kesimpulan: Mastitis oleh non spesifik proses.

pertanyaan saya:
1. bagaimana cara membedakan mastitis padat dengan FAM dok? krn kalau bisa dibedakan kan mastitisnya bisa diobati dulu ga harus operasi untuk memastikan FAM atau bukan.
2. kebanyakan yg saya baca mastitis berupa cairan & ybs sakit/demam. mengapa yg saya padat dok & tidak terasa apa2? apakah krn baru tahap awal atau justru tahap yg lebih parah dari yg berbentuk cairan?
3. apakah keputusan saya untuk menjalani operasi mengangkat benjolan tsb tepat? krn mengingat hasilnya mastitis saya jadi merasa terlalu terburu2 siapa tahu ada dokter lain yg bisa membedakan mastitis dgn FAM.. (kemarin cepat2 memutuskan operasi krn di keluarga ibu ada riwayat tumor baik jinak maupun ganas/kanker, jadi saya pikir kalau ada apa2 bisa terdeteksi sejak dini)

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Dok, perkenalkan nama saya wulan (26 th) mempunyai benjolan di ketiak kanan diameter krg lbh 2,5 cm. Saat pra menstruasi terasa nyeri dan agak membesar dr ukuran sblum pra menstruasi. Setelah dilakukan USG, kata dokter saya menderita mamae aberan...dan kata dokter, mamae aberan tsb harus dioperasi krn bila tdk dioperasi, nanti ketika saya hamil mamae aberan tsb bisa semakin membesar..yang ingin saya tanyakan, apakah mamae aberan tsb bs kambuh lgi? dan apakah mamae aberan tsb berbahaya? Mohon secepatnya penjelasan dr dokter...trimakasih dok.

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Pagi Dok..
Saya terdapat benjoan di payudara sebelah kanan atas saya. Saya ke dokter dan memutuskan operasi. Tetapi saya baru ingat kalau di tanggal saya operasi, biasany saya mengalami menstruasi.
Yang ingin sy tanyakan, amankan operasi dilakukan pada saat menstruasi?
Makasih sebelumnya dok.

 
, Blogger anna wrote ...

dokter lakshmi,
saya anna berumur 21 tahun, belum menikah.
4 bula yang lalu saya menjumpai ada benjolan dipayudara kanan saya didekat ketiak.
benjolannya dapat digerakan,dan tidak sakit, namun terkadang sakit ketika sangat ditekan.
saya telah konsultasi dengan dokter bedah dan katanya itu adalah tumor jinak (dengan sekali pegang saja).
saya disuruh oleh dokternya untuk melakukan operasi, dan katanya tidak akan meninggalkan bekas pada payudara saya,
yang ingin saya tanyakan :
1. apakah benar ini tumor jinak?
2. apakah tumor jinak dapat hilang dengan sendirinya?(tanpa melalui jalan operasi)
3. kalau dibiarkan saja apakah dapat berbahaya?
4. apabila operasi seperti yang dikatakan dokter (tidak ada bekas nya) itu diapakan ya dok? disuntik saja kemudian di ambil cairan tumornya?
atau harus di bedah?menggunakan pisau bedah.
terus terang dokter, saya sngat takut dengan yang namanya operasi,,

terimakasih dok..

 
, Blogger Menita Fitri Hestiningtyas wrote ...

dok saya mey (23th) saya mempunyai benjolan di payudara sebelah kanan dan kiri,2th yg lalu saya konsul ke om saya yg kebetulan dokter bedah,saya di anjurkan untuk mendatangi salah satu dr disemarang,pertama priksa dan d mamografi,dokter tesebut menyuruh saya untuk pengawasan selama 1thn,n selama 1thn tersebut saya merasa semkin sakit di payudara sebelah kanan,setelah 1thn kemudian saya memeriksakan diri k dokter tersebut dan melakukan mamografi kedua dokter tersebut menyarankan ke saya untuk melakukan OP di kedua payudara saya...,rasanya kaget & ga percaya,tapi sampai sekarang saya belum melakukan OP karna saya masih merasa takut...,saya mau tanya dok,apa mungkin penyakit pada payuda tersebut ada salah satu Genetik..??karna kebetulan nenek saya juga ada riwayat CA mamae,terimakasih.........

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

dok, jika mau melakukan tes mammografi, sebaiknya ke dokter spesialis apa?biaya tes mammografi tu berapa ya dok,?thanks

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Dok, 3 ,g lalu saya baru saja menjalani operasi drainase payudara kanan karena ada mastitis payudara. Setelah operasi dipasang selang untuk mengeluarkan cairan selama 3 minggu. Saat ini masih ada bagian payudara kanan yg keras dan setelah di USG masih ditemukan peradangan. Apakah bagian yg keras tsb bisa melunak atau harus dilakukan operasi lagi?

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Dokter,
Saya 39th, belum pernah hamil. Bbrp hr yg lalu tumbuh benjolan spt jerawat dan mengeluarkan nanah di sekitar puting. Disarankan USG, setelah di USG hasilnya penyakit fibrokistik mamae bilateral. Apakah ini sama dg FAM? Apakah penyebabnya & bagaimana pengobatannya, apa hrs dipoerasi? Terima kasih ya dok

 
, Anonymous Rina wrote ...

Malam dok, saya mau Tanya, usia saya 26 tahun, saya sudah operasi fam 1 bulan lalu kedua payudara saya kiri Dan kanan, menurut hasil lab ternyata tidak ganas, tapi sekarang di payudara sebelah kiri saya menjadi mengeras, kata dokternya itu karena bius nya, karena pada waktu oprasi yang sebelah kiri itu bius di tambah karena saya masih merasa sakit, mohon penjelasannya dokter, karena saya takut tumornya kambuh lagi, pada waktu itu diameter tumornya hanya 1 cm, tapi sekarang bagian yang mengeras lebih dari 5 cm di sekitar puting

 
, Blogger Dhia Larasati wrote ...

Dok, beberapa bulan lalu di daerah aerola saya terdapat bintik2 yg gatal, karena saya waktu itu menderita eksim kulit di kaki dan gejalanya sama (bintik2, lalu kalau digaruk menjadi eksim) jadi langsung saya beri salep eksim yg biasa sy pake di kulit eksim saya dok di aerola saya, namun berbulan-bulan kemudian payudara saya jd sering gatal dok dibagian yg sy pakaikan salep eksim itu. pernah waktu itu gak sengaja saya garuk, saya melihat kulit terkelupas sedikit lalu tiba2 muncul cairan dari aerola saya yg pernah saya pakaikan salep eksim itu. Kira-kira itu apa ya dok? soalnya saya takut banget baca rincian soal kanker payudara, saya soalnya masih 14tahun:( ohya kalau mau check up nya di dokter umum apa gimana ya dok? makasih dok:)

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

hai dok, mau nanya nih :) tolong banget di jawab ya dok...
jadi gini dok, udah seminggu ini payudaraku luka gitu dok. lukanya muncul sendiri, terus kering, tapi waktu ngelepas bra itu luka yang kering terkelupas dan bernanah dok. kadang tanpa melepas bra, luka kering itu bernanah sendiri dok.
kata mama itu grgr kebiasaan jelekku yang jarang mandi sore, akhirnya mama nyaranin buat pake bedak caladine. tapi tetep ajasih dok, luka itu kering sebentar habis gitu luka lagi, ada nanahnya juga.
apa itu ciri-2 dari kanker payudara dok? aku jadi takut sendiri dok waktu search penyakit itu di google..
tolong dijawab ya dok :(

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Salam kenal dokter, saya vica usia 31th blm menikah.
yang saya ingin konsultasikan adalah timbulnya bisul di payudara sblh kiri saja. bisul tersebut stlh berdarah dan mengering,bekas luka bisulnya itu mengeras dan berwarna coklat dan spt benjolan. bisul itu timbul hanya di payudara saya yang kiri saja. kalau di kanan tidak terlalu seperti yg kiri. yang skrg ini bisul yg ke 5.

 
, Blogger woro wrote ...

maaf dokter mengganggu sebentar, saya usia 32thn dan belum menikah. Pada tahun 2004 sy pernah melakukan USG dgn hasil : tampak satu lesi hypoechoic homogen berbatas tegas terletak dikuadran lateral atas kiri uk. 16,6x16,3x11,6 mm (echolevel 22) tak tampak pembesaran kgb aksila. Kesan FAM soliter kiri.
Sampai saat ini sy tdk melakukan tindakan medis apa2.
apa yg hrs sy lakukan? Apa sya harus periksa lagi melihat perkembangannya skrg ini?
Terima dokter untuk waktunya.

 
, Blogger anggita monica wrote ...

dok nama sayaa gita saya berumur 18 tahun,, 2 hari yg lalu saya baru menyadari kalau tulang rusuk kiri (tepatnya 3 jari dibawah payudara)mengalami perbedaan dengan sebelah kanan,,saya merasakan jika diraba antara kanan dan kiri ada pembengkakan di sebelah kiri,, tapi saya tidak merasakan sakit dok,,
apakah itu normal atau ada yg harus dikhawatirkan,, saya butuh informasi yg jelas..
tolong di blas, terimakasih dok :)

 
, Blogger vidi anty wrote ...

dok saya vie, mau tanya 1 hari yang lalu saya memijat payudara kok keluar cairan kuning bening kental gak banyak sih tapi kalo di pijat akan keluar lagi. hal itu baru kali ini terjadi dan setelah haid. saya belum menikah. itu kenapa yah dok ? saya tunggu infonya. terima kasih

 
, Blogger zahra dion wrote ...

hai dok, saya 21 tahun, dok mau tanya payudara saya bagian kanan kok ada kayak semacam daging tumbuh gitu.warnanya coklat. apakah itu berbahaya.please,di jawab dok.

 
, Blogger elma azzahra fhie wrote ...

dok..saya ulfi umur 20thun dan belum menikah,,saya bingung dok dari kecil payudara saya kedalem sampe skarangpun masih itu merupakan kelainan bukan sih dok..nah jika mau dikeluarkan caranya seperti apa dok..dan membahayakn atau tidak?..mhon jawabannya ya dok terima kasih

 
, Blogger ANITA SIANTOERY wrote ...

maaf dokter mengganggu,
saya anita usia 24 tahun, akhir-akhir ini saya mulai risau dengan benjolan kecil dan kenyal dibawah payudara sebelah kiri saya, namun bila ditekan tidak merasa sakit...apa saya terkena tumor payudara ya dok?
terimakasih sebelumnya.


 
, Anonymous Anonymous wrote ...

haryati
Dok,saya(35th)ada benjolan di bawah ketiak kanan kiri.Kesan Hasil USG tak tampak kelainan/massa pada mammae.Massa aberant Duplex.yang saya tanyakan:1.bisakah tumbuh kembali setelah dioperasi?2. berbahayakah apabila dibiarkan?3.bisakah berubah menjadi ganas?jawaban dokter sangat saya harapkan.terimakasih.

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

perkenalkan dok saya lusi berusia 23 tahun..
sebelumnya sy berterimakasih karena telah membuat blog ini...
2 hari yang lalu tiba-tiba terdapat benjolan seperti bisul pada payudara sebelah kiri saya tepatnya di bagian atas puting...rasanya sangat nyeri dan mengeluarkan nanah..
kalau saya boleh tau ini bisul atau kanker dok?
terimakasih

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

malam dok.... saya oci 26 tahun, sudah dua minggu payudara kanan saya muncul luka seperti luka gorresan dan kluar cairan... setiap hari lukany kering dan malam kembali muncul di puting sisi lain.. apakah penyebab hal itu terjadi? terimakasih jawabannya

 
, Anonymous Dinnarmelanie wrote ...




Slm Kenal dokter Lakshmi, sya Melanie (24) thn, sya Blum menikah.
Dok, sya mau curhat sekalian Tanya.
Beberapa kali pd sat mau mandi sya menemukan di puting sya seperti ada ampas sisa susu kering. Jd begitu sya bersihkn dgn jari, ampas tersebut jd seperti daki, cuma warna nya Putih seperti susu, kuantitasny tdk terlalu bnyk. kejadian ini tdk selalu terjadi dok. Jd terkadang sja. Ampas tersebut kadang Ada di puting kanan, kadang dikiri, namun lebih sering di sebelah Kiri. Sya kurang ingat seberapa sering terjadinya dok. Dlu sya pernah SADARI utk mengecek, namun tdk ditemukan kelainan dok. Nah, kemarin sehabis berenang sya mandi Dan menemukan ada ampas tersebut di Kedua puting. Pd saat mandi setelah berenang sya menyadari ternyata sya mendapat haid pertama (jadwal haid menurut hitungan sya seharusnya 2hr lg). Sya tny teman, kata teman sebaikny di periksa. Sya sdh lama tdk SADARI hampir1thn dok. Yg mau sya tanyakan:
1. Apakah boleh SADARI pd masa menstruasi? Krn sya ingin segera cek sendiri secepatnya dok, namun saat ini payudara terasa lebih kencang dan sensitif bila disentuh.
Sya jd takut Dan cemas stlh diberitahu teman Dan baca di web. Tadi sya coba Pencet payudara baik Kiri maupun kanan tdk ada cairan yg keluar.
2. Dok, apakah yg sya Alami ini tdk normal?
Sebaiknya sya ke dokter spesialis apa utk bsa memastikan Hal ini dok?
Mohon bgt utk pencerahannya ya dok. Krn Hal ini sya jd resah Dan gelisah.
Terima kasih atas perhatiannya .
D_melanie

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

dok, saya aul (18th) kemarin dada kiri saya terkena bola ketika saya main futsal, dan lumayan keras dok, dan sekarang dada saya nyeri dok, apakah itu tidak papa dok? apa itu bisa mengakibatkan tumor atau kanker dok?
terimakasi dok

 
, Blogger Riski Anisa wrote ...

dok saya anisa (20th)
2 tahun lalu saya operasi farm tpi setelah itu payudara terlihat mengcil ya dok.knp??
apa tidak bisa kmbali normal??

 

Post a Comment

<< Home