3.16.2006

Nanah Post Operasi
Setelah menjalani operasi, luka operasi terlihat baik. Luka tidak basah, tidak nyeri, tidak kemerahan dan tidak mengeluarkan pus /nanah. Pasien diperbolehkan untuk pulang.
Beberapa hari setelah pulang, pasien kembali dengan luka operasi yang memerah, nyeri dan agak membengkak.
Kemudian oleh dokter jahitan operasi dibuka sedikit, tampak pus / nanah keluar melalui lubang tempat jahitan yang dibuka tadi.
Selain dengan perawatan pemakaian tampon kassa betadine dan kassa betadine selama beberapa hari banyak diantara pasien yang juga mengkonsumsi obat-obatan tertentu.
Ada yang pernah mengalami kejadian seperti ini ?
Ingin berbagi cerita / pengalaman ?
Ada kisah tidak menyenangkan atau yang menyenangkan yang dirasakan bersama dokter yang merawat ?

15 komentar

, Blogger kiki wrote ...

DOKTER, SAYA PINGIN CARI TAHU DEFINISI CITO OPERASI MENURUT DEPKES ATAU KAQMUS YANG LAIN, TERUS KRITERIA BAGAIMANA ?

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Dear Kiki,
Definisi menurut DEPKES ? maaf saya belum menemukan ..
Setahu saya CITO itu sama dengan urgent / mendadak / segera.
Jadi segala tindakan operasi yang sifatnya segera / mendadak namanya cito.
Cito waktu masih belajar dulu adalah istilah yang mengarah ke diagnosa kasus.
Sekarang ada beberapa RS, yang mengistilahkan kalo operasi hari libur namanya cito (jadi tidak melihat diagnosa nya).
Mudah-mudahan ada rekan dokter lain yang kebetulan membaca komentarmu dan bisa membantu definisi CITO menurut DEPKES.
Terimakasih Kiki, karena telah mampir di blog saya.
salam

 
, Blogger dhefi_ratnawati wrote ...

dr.Lakshmmi yang terhormat,
saya dhefi mahasiswi FK UGK jur.gizi kesehatan. saya skrg sdng menyusun skripsi tentang luka operasi pasien bedah,saya mau tanya,luka operasi itu diklasifikasikan jadi brp dok?kira2 jurnal ttg bedah(esp.luka operasi) yang bagus dan free itu apa dok?
Terima Kasih....

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

dear Dhefi,
Banyak sekali jurnal2 yang mengupas soal itu. Buku2 bedah pun juga banyak ...
Kalau mau coba berkunjung ke perpustakaan bedah di FK/RS manapun, banyak sekali buku2 yang mengupas soal itu ...
Semoga membantu ya ..
salam,

 
, Blogger Unknown wrote ...

Halo Bu Dokter. Saya tgl 3 kmrn operasi usus buntu yg sdh pecah/perforasi namun kata dokter bedahnya belum tersebar, di RS Cikini. setelah konsul tgl 11 dan luka operasi dinyatakan baik, saya kembali ke Lampung menggunakan mobil/darat. Yg ingin saya tanyakan, apakah luka operasi yg dicurigai bermasalah selalu dgn ciri2 memerah, nyeri dan agak membengkak? Tidak ada tanda khas lain? Tadi saya ke internist, tensi 90/70, suhu badan 37,8 drjt C. Yg saya rasakan di bekas operasi adlh seperti ada tarikan2 kecil dr dalam, dan berkontraksi ke pinggang belakang hingga ke (maaf) pantat dan seterusnya ke otot kaki (jd seperti pegal linu). Mohon pencerahan. Trims.

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Iy,
Luka operasi yang dicurigai bermasalah maksudnya luka operasi yang terinfeksi ya ? ya biasanya ditandai salah satunya dengan memerah, nyeri dan membengkak.
Tanda khas lainnya harus melalui serangkaian pemeriksaan fisik, kadang perlu dilakukan pemeriksaan penunjang seperti laboratorium (perhatikan nilai leukosit darah) dan USG ..
Coba konsultasikan pada dokter Bedah yang mengoperasi (operasi dimana dan dg dr siapa ?)
salam,

 
, Blogger Unknown wrote ...

saya mau bertanya, apa klasifikasi dari luka operasi bersih,bersih tercemar/kontaminasi,kotor

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Indi,
Untuk keperluan apa ya ?
Pernah mengalami operasi atau ?
salam,

 
, Blogger Mutiarasani wrote ...

Ibu dr. lakshmi
seperti yang ditanyakan saudara indi, bagaimana merawat luka sehabis operasi, biasanya setelah rawat jalan, dokter bedah bilang dah baik, ndak usah rawat jalan lagi, nah bagaimana car kita menjaganya agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, apa musti dikasih betadin, dibalut, matur nuwun

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Ibu Mutiarasani,
Jika dokter yang mengoperasi mengatakan luka operasi yang tertutup itu sudah menyembuh, sudah baik dan kering - setelah 7 hari biasanya tidak perlu ditutup lagi.
Biasanya ada yang menggunakan bioplacenton zalf ada yang pakai garamycin zalf tapi kalau saya, saya biarkan saja rawat terbuka apalagi kalau habis operasi usus buntu biasanya 3 hari sudah rawat terbuka ...
Mudah-mudahan jawaban saya bisa membantu ya Bu ..
salam,

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Halo Dok,

Mau tanya. Teman saya habis menjalani biopsi dan ternyata kena tbc kelenjar. Saat ini sedang menjalani pengobatan. Hanya saja bekas jahitannya (yg sudah dibuka) bbrp minggu lalu ternyata menganga (agak terbuka), bernanah, nyeri, dan berwarna merah. Kami saat ini sedang di luar negeri, jadi sebisa mungkin menangani sendiri tanpa pergi ke dokter. Saat ini hanya diberi betadine, dan ditutup kasa agar tidak tergesek2 oleh baju. Bisa minta sarannya, apa yang harus dilakukan? Terima kasih banyak.

- brata -

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Halo Juga Brata,

Ditutup dengan kasa betadin saja. Ganti setiap hari, 2 kali sehari jika nanahnya banyak.
Pada saat mengganti, sebelum luka ditutup kasa, luka nya dipencet2 dulu supaya nanah / darahnya keluar setelah itu baru ditutup dengan kasa betadin.
Jika pengobatannya telah berjalan, lama-lama luka akan membaik dan menutup lagi.
Semoga saat ini kondisi sudah jauh lebih baik ya ..
salam,

 
, Blogger Unknown wrote ...

Yth Bu dokter,
Kalau boleh sy ingin minta opini dktr ttg kondisi sy. 3 mggu yg lalu sy mnjalani laparatomi u/ mengangkat us.buntu sy krn ada massa di dkt us.buntu sy yg mnybabkan sy sukar u/ bab. Skitar 9cm daerah skitar caecum sy dibuang.
2 mggu post operasi kondisi sy cukup baik & bab lancar (hasil PA -). Tp stlh mggu ke3 sy mrasakan nyeri yg hebat di ulu hati sy & disertai mual + muntah stlh makan. Stlh sy kontrol ke dktr bedah + internis sy, diagnosanya hanya gangguan lambung & sy diberikan obat" maag.
Tp s/d skrg stiap hbs mkn nyeri nya muncul lgi & kdg disertai mual (tp sy tdk demam & hsl usg jg pankreas sy tdk bengkak). Apa kira" penyebabnya ya dktr? Krn jika sy tdk mkn rasa nyeri nya berkurang & kdg" hilang sama sekali.
Apa ada kmungkinan pankreatitis? Krn jika sdg kambuh rasa nyeri nya sgt hebat shg sy sampai tdk bisa tidur.
Smoga dktr berkenan u/ mbrikan opini..

Regards,
Robert

 
, Anonymous mey wrote ...

Malam dokter,

Minta sarannya, saya terkena hpv tumbuh kutil dan sudah di kurete atau pembakaran..dokter setelah pembakaran sekarang keluar nanah ,dokter minta saran nya..stlh kurete dokter saya menyarankan 2 minggu lagi datang berobat tp ini baru 5 hari keluar nanah dok,saya diberi salep pibaksin..apakah salepnya terus digunakan dok jika keluar nanah,,makasih dokter

 
, Blogger Aray wrote ...

Siang Dokter,
Salam kenal. 2 bulan lalu saya biopsy dan diketahui saya terkena TB kelenjar. saya sudah melakukan pengobatan tapi luka operasi saya masi saja basah. padahal jahitan saya ini sudah 2 kali di bongkar. ini sudah hampir minggu ke 3 dan seharusnya sabtu besok saya sudah buka jahitan. tetapi kemarin luka nya basah lagi (ngerembes).itu kenapa ya dok ? saya sudah hampir putus asa karena lukany tidak kunjung sembuh dan di bongkar terus.

 

Post a Comment

<< Home