5.03.2007

JIKA HARUS MENJADI PASIEN BEDAH 1. Pilih Dokter Spesialis Bedah yang mantap di hati. Mantap di hati maksudnya baru melihat dokter Bedahnya, kita langsung 'sreg' - percaya - yakin bahwa saya datang pada Dokter yang tepat. Untuk mencari dokter yang seperti ini, banyak tanya kepada rekan-rekan - tetangga - saudara yang kebetulan pernah menjadi pasien bedah. Pasti mereka akan merekomendasi coba ke dokter ini saja atau ke dokter itu saja dll. Banyak cari informasi melalui milist (mailing list), pasti banyak rekan senasib yang pernah jadi pasien bedah, cari informasi juga melalui majalah kesehatan popular yang sering menampilkan banyak nama dokter Bedah beserta keahliannya dan 'sepak terjang'nya. Dokter yang mantap di hati, komunikasi nya harus jelas, 'nyambung' jangan sampai ada miskomunikasi. Usahakan bertemu dengan dokter Bedah yang mau menjelaskan sedetail-detailnya segala kegundahan dan ganjalan yang kita rasakan. Mulai dari diagnosa penyakit, komplikasi, efek samping, keberhasilan terapi dll. 2. Memilih RS yang tepat. Dengan memilih RS yang "cocok"artinya RS yang dapat menuntaskan permasalahan kesehatan yang menimpa pasiennya, maka dokter Bedah yang bekerja didalamnya minimal juga akan cocok di hati pula. Jika RS tsb "diduga" a) jumlah pasien yang datang setiap harinya sedikit - RS nya sepi seperti kuburan hanya 1-2 pasien lalu lalang harus dicurigai !! b) Jika dokter spesialis untuk 5 penyakit besar hanya tertulis "dengan perjanjian" di daftar nama dokter - inipun harus dipertanyakan c) RS yang dalam perjalanan panjang baru menjadi RS juga harus di waspadai karena belum tentu sekarang ini ia betul-betul mantap menangani banyak kasus selayaknya RS, kecuali jika RS tersebut, fisik bangunan nya total di rubah dengan perubahan susunan orang-orang yang bekerja di dalamnya d) RS pendidikan, harus sabar antri dan tabah jika diperiksa bukan oleh dokter yang dimaksud (karena tidak jarang kunjungan ke ruang periksa diwakilkan pada dokter yang lain) ; dan harus tabah jika sering di visit / dikunjungi oleh banyak dokter yang berganti-ganti ; kebaikannya di RS pendidikan, lengkap berkumpul dokter-dokter yang ahli di bidangnya masing-masing dan tentu saja dengan pengalaman yang luar biasa menangani banyak kasus. e) RS dengan ISO bisa menjadi pilihan untuk menenangkan hati karena biasanya semua sistim yang berada didalamnya amat sangat menenangkan. 3. Ingatlah bahwa Setiap tindakan Bedah adalah berarti membuat luka baru pada tubuh. Jadi tindakan pembedahan (apapun) pasti dapat melahirkan komplikasi-komplikasi. Hal-hal inilah yang harus digali lebih banyak dari Dokter bedahnya, bagaimana kemungkinan komplikasi yang terjadi dan cara mengatasinya. 4. Harus banyak tanya tentang penyakit nya dan perkembangan terapi. 5. Harus patuh terhadap ketentuan yang diberikan oleh perawat di ruangan (jika harus rawat inap) Ada yang pernah menjadi pasien Bedah ? mungkin ada yang mau ditambahkan ?

26 komentar

, Blogger Dani Iswara wrote ...

berarti termasuk promosi via blog dok ya.. :D
o i a dok, bbrp pertanyaan konsumen ttg kasus bedah yg masuk ke mail saya (dan kebetulan dok lakshmi pernah ngebahas di blog ini) saya tautkan ke blog dokter beserta alamat dan no hp dokter yg ada di blog ini..

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Hehe ga juga lah Dani,
Ga boleh promosi lewat blog ..
Ngomong2 blog saya ini ga berbau promosi kan ? Mudah-mudahan jangan ya .. blog ini kan cuma sarana untuk ngobrol apa aja soal bedah, jadi bukan mendorong seseorang (calon pasien) untuk berkunjung ke dokter ttt.
Soal alamat blog dan no HP boleh2 aja .. tapi bukan promosi ya :) ..
Lewat blog ini, Saya malah pingin dengar banyak kasus yang aneh2 yang dialami pasien dan pasien sendiri mau menulisnya di blog ini
Lepas dari semuanya, makasih banyak lho ..
salam,

 
, Blogger Unknown wrote ...

dimana saya bisa menghubungi dokter lakshmi secepatnya??
bisa tolong kirimkan email ke saya untuk no telp dan alamat dokter??
terima kasih sekali untuk bantuannya.

regards,
Fairy
email : fairy_babe9@yahoo.com

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Ada apa Resty ? sepertinya mendesak sekali ...
Email saya lakshminawasasi@centrin.net.id nomor tel saya 081 310 166 750

Terimakasih karena sudah mampir di blog saya ..
Maaf jawabannya lama, beberapa hari ini komputer saya rusak, centrin-nya lagi bolot,mo ganti provider nih ...
salam,
lakshmi

 
, Blogger Vina Revi wrote ...

gimana kalo ditambahin: sebaiknya cari dokter bedah yang cantik ato ganteng? ... xixixi ...

btw,blognya langsung saya link disini ya, Dok!

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

halo Vina ...
Thanks komentarnya ya ... blog mu cantik lho yang punya juga cantik hehe - sampe sekarang saya bingung nempelin foto di blog maklum gaptek ...:)
Kalau ada waktu boleh deh ilmunya dibagi ...
salam,

 
, Blogger Rini wrote ...

Salam kenal ya dok ..
Saya Nurini, ibu 2 anak, telah menjalani operasi bedah tumor dibawah payudara, 2 kali (2005 & 2007), ingin sekali mendapatkan tambahan wawasan lebih detail mengenai penyakit saya ini.
Ijinkan saya menuliskan detail penyakit saya ke email dokter ya ...
Terimakasih sebelumnya.

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

dear Ibu Nurini,
Terimakasih karena telah mampir di blog saya .. silahkan kalau mau berbagi lewat email.
Jika di rasa cerita pengalaman Ibu dapat bermanfaat untuk orang lain, boleh juga berbagi di blog ini.
Salam,

 
, Blogger triantito wrote ...

saya penderita ambein sudah 10 hari ini kumat karena diare terus menerus sehingga benjolan semakin besar pada samping kiri dubur perih sakit bukan main. sudah 6 hari saya takut makan yang akhirnya saya tidak ke belakang karena merasakan sakit saat buang hajat. saya hanya minum susu dan jus buah ternyata sampai saat ini benjolan tidak juga sembuh saat saya coba buang air tidak bisa akhirnya saya kasih ducolax hasilnya begitu ada rangsang buang air besar rasa sakit luar biasa akhirnya tidak bisa keluar bagaimana saran dokter

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Bpk Triantito,
Coba hubungi RS terdekat, konsultasikan dengan dokter Bedahnya.
Jika benjolannya sudah keluar dan tidak dapat dimasukkan kembali, sesampai di RS dokter akan memasukkan benjolannya.
Dirawat / pulang untuk rawat jalan dulu beberapa hari, setelah pembengkak-annya berkurang/menghilang baru dilakukan operasi.
Demikian Pak semoga keterangan saya bisa membantu ya ?
salam,

 
, Blogger Dr. Aryo wrote ...

tolong bantu saya ??
saya butuh infi tentang OREF.
terimakasih

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Anda S.Ked dari FK Univ mana ?
OREF ? saya kurang mengerti istilah itu ... mungkin maksudnya ORIF (open Reduction Internal Fixation)ya ?
salam,

 
, Blogger Markas @rtech Community wrote ...

saya mo tanya.saya minum obat rutin selama 2 tahun. dan udah jalan selama 1,5 tahun. tapi kemarin saya lupa minum obat saya. apakah saya harus ngulang lagi minum obat dari awal? padahal tinggal 6 bulan lagi jadwalnya.saya harap anda mau menjwb pertanyaan saya.TQ

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Markas@tech ....
Tindakan pembedahan apa yang dilakukan sehingga harus mengkonsumsi obat rutin selama 2 tahun ?
salam,

 
, Blogger fina wrote ...

Dokter,

Saya butuh bantuannya. Bayi saya usia 10 bulan timbul benjol sebesar 2 cm spt kelereng di lipatan paha. Kita sudah cek kt dr spesialis anak bukan hernia, dan menurut dokter bedah anak krn vaksin BCG, jadi harus dibedah dan diobservasi ke patologi. Kita minta opini lain dr dokter bedah umum, katanya bisa diobservasi dulu ke patologi tanpa dibedah, dari hasil lab akan tahu sakit krn tumor atau TBC. Pertimbangannya krn bayi dibedah bisa menimbulkan trauma. Mohon saran yg terbaik, mana yg harus dilaksanakan krn menurut dr bedah anak yg awal, operasi sekarang sudah canggih.Mohon juga diberikan referensi dokter bedah anak di area Bekasi.

Terimakasih banyak.
Salam,
fina

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Bu Fina,
Dokter bedah anaknya waktu itu siapa ? di RS mana ?
Jika memang harus dilakukan operasi / eksisi biopsi dilakukan saja ..
Saya tidak mengetahui jelas kelainan yang terjadi, jadi tdk banyak bisa memberikan komentar.
Kalau masalah usia bayi sudah dioperasi takut timbulkan trauma (?), Ibu tdk perlu khawatir.
Masalahnya adalah apakah memang perlu dioperasi atau tidak, karena bayi usia 2 hari pun kalau memang ada indikasi di operasi yaa harus wajib dioperasi Bu ..
Semoga jawaban saya bisa membantu ya ..
salam,

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Salam kenal dok. Blog ini cara penyampaiannya bagus sekali. Boleh belajar cara bikin blognya dok?

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth "bedahumum"
Terimakasih sekali atas komentarnya.
Blog ini masih sederhana sekali, sering ada keinginan untuk memperbarui cuma belum sempat karena kan perlu belajar, harus tanya sana sini ... hehe
Kalau mau buat blog bisa konsultasi dengan pakarnya blog, dr Erik Tapan - blog nya bisa di klik lewat blog saya.
salam,

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

5 penyakit besar ...apa saja?
Supaya bisa melototi daftar dokter jaga/praktek di RS2

 
, Blogger Unknown wrote ...

Dokter, saya ibu menyusui, akhir2 ini saya merasakan nyeri sangat hebat pada payudara kanan saya, saya pikir lecet karena gigitan bayi, tapi saya amti tidak ada yang luk dan tidak ada benjolan, tapi kenapa nyeri sekali ya dok, dan nyeri baru hilang setelah saya minum ultracet. mohon sarannya dok, trims

 
, Blogger renal.hendrik wrote ...

yth:Dr.Lakshmi Nawasasi
salam dok.dok sy mau tanya sy mempunyai bakat keloid dan sy punya banyak benjolan2 daging di tubuh sy.yg terutama di daun telinga yg sngat menggangu dan mengurangi percaya diri sy.sy sudah 2x melakukan bedah plastik tetapi benjolan tersebut tumbuh lagi malah lebih besar dari sebelum nya.dengan pengobatan apakah supaya benjolan di teling sy bisa hilang??? terima kasih

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

mohon maaf saya ada masalah waktu kecil umur 2 th kena air panas di dada lumayan parah lukanya, luka itu membekas kecoklatan dan menebal(koloid mgkn namanya ya?)skarang saya umur 30 thnn tapi bekas luka itu msh ada walau sudah berkurang 50%, adakah obat untuk menghilangkan bekas luka tersebut?atau perlu tindakan operasi?berpa biayanya dan berapa lama proses sembuhnya dari operasi?mohon penejelasnya, terimakasih

 
, Blogger Wati wrote ...

Nama saya Wati. saya memiliki bayi lelaki yg mempunyai kelainan Hypospadia. sy pernah konsultasi ke seorg DR bedah, dan beliau menyarankan untuk dilakukan 2x bedah (pelurusan penis & pembentukan lubang penis baru) namun pembedahan dilakukan dalam 1x operasi secara bersamaan. sdgkan sy pernah baca bahwa antara bedah 1 dan ke 2 shrsnya diberi jarak min 6 bulan. Mohon tanggapannya mengenai hal tsb. apakah akan berpengaruh thdp keberhasilan operasi (tidak ada kebocoran pd lubang penis lama), dan mohon referensinya untuk Dokter bedah anak yang berpengalaman dalam melakukan operasi Hypospadia. Terimakasih.

 
, Blogger The ZHORVANS wrote ...

Saya laki-laki umur 29 tahun, mempunyai benjolan di siku lengan kanan yang saya sadari baru muncul sekitar 1 minggu yang lalu (pic terlampir di >> http://farid-tale.blogspot.com/2012/11/kelenjar-getah-bening.html)Sebelumnya juga saya pernah tanya di blog bu dokter, tapi belum dimuat.

Pertanyaan saya:
1. Apakah jenis penyakit tsb tumor?
2. Apa mesti dioperasi?
3. Berapa biayanya? (hanya untuk estimasi saja)
4. Tempat praktek terdekat bu dokter dimana? (Lokasi saya di Tangerang Kota)
5. Kapan waktu yang tepat untuk operasinya?

Terima kasih atas jawaban bu dokter.


-Farid-

 
, Blogger Unknown wrote ...

Sore Dokter Laksmi. Saya Yani.
Saya menderita hemoroid. 1,5tahun yg lalu saya pernah berobat ke Dokter Laksmi di Mitra Bekasi Timur, tapi krn saat itu saya sedang hamil jd tindakan yg dokter berikan hanya obat/serbuk warna ungu yg digunakan untuk rendam. Saya mau tanya, nama obatnya apa ya Dok, apakah dijual di apotek umum?apakah menggunakan ultraproctN setiap kali kambuh ada efek sampingnya (misal lebih dari 1 bulan? Mohon penjelasan dokter. Terima Kasih

 
, Blogger hariyanti wrote ...

Dear Ibu Dr.Lakshmi Yth,

Saya ingin minta tolong kepada ibu tentang kondisi yg di alami ibu saya

Seminggu yg lalu ibu saya menjalani operasi bedah pengangkatan batu ginjal dan berhasil mengangkat 1batu ginjal ukuran 2.8cm dan sekitar 20 batu ukuran kecil

seminggu pasca operasi kondisi ibu saya baik dan bagus dan saat ini sedang melakukan latihan duduk....tetapi setelah mencoba duduk sebentar badan ibu saya langsung panas tinggi dan menggigil....

sampai saat ini ibu saya belum bisa berdiri karena untuk duduk agak lama saja badan ibu saya langsung demam...

kira kira apa yg terjadi dengan ibu saya Bu

atas bantuannya kami ucapkan banyak terima kasih

 

Post a Comment

<< Home