12.17.2005

VARIKOKEL

Varikokel atau varicocele adalah pelebaran pembuluh darah balik (pleksus pampiniformis) dalam skrotum. Diagnosis varikokel pada pria biasanya ditemukan secara tidak sengaja pada waktu melamar untuk menjadi polisi/tentara atau setelah bertahun-tahun menikah belum mempunyai anak juga. Varikokel akan menyebabkan daerah skrotum menjadi "panas" / beda lingkungan sehingga mengakibatkan terganggunya proses spermatogenesis (pembentukan sperma). Oleh sebab itu orang yang mendapat varikokel sering diikuti dengan gangguan fertilitas karena kualitas sperma yang dihasilkan tidak sebagus orang normal ; akibat adanya perubahan "suhu" dalam skrotum tadi.
Operasi varikokel dilakukan agar keadaan patologis diatas dapat dihilangkan sehingga diharapkan spermatogenesis dapat berjalan normal dan gangguan fertilitas dapat dihilangkan.
Sebelum operasi biasanya harus dilakukan analisa /uji sperma, kemudian 8 bulan setelah operasi dinilai kembali analisa / uji sperma untuk mengevaluasi apakah proses spermatogenesia sudah kembali normal atau belum.
Varikokel pada stadium yang sudah lanjut, pada perabaan skrotum akan terasa adanya kumpulan seperti cacing akibat adanya pelebaran pembuluh darah vena . Sedangkan pada stadium yang ringan biasanya penderita hanya merasakan 'kemeng' di daerah skrotum / kantong kemaluan.
Jika tidak ada penyulit, operasi varikokel tidak lama, dan penderita dapat pulang keesokan harinya.

140 komentar

, Anonymous Anonymous wrote ...

Pagi Bu Dokter,
Maaf baru saya buka sekarang blog Dokter.
Seperti yang sudah diberitahu kemarin sore, saya dan istri siap melaksanakan test sperma.
Setelah hasilnya ada saya akan kontrol lagi seperti yang dipesankan.
Jika hasilnya normal, apakah tetap dioperasi ?
Ada sepupu juga mempunyai kelainan yang sama tapi tidak mempunyai gejala apa-apa.
Bagaimana soal ini ...
Blog Dokter saya tunjukkan ke sepupu saya juga ...
Tanya lagi, ada saudara yang patah tulang ; ada dokter yang boleh lepas gips ada yang belum (dia berobat di RS Cengkareng)
Terimakasih atas bantuannya,
kamaljakarta@yahoo.co.id

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Pak Kamal dan Ibu,
Jika dari pemeriksaan dicurigai adanya varikokel biasanya hasil analisa spermanya pasti berpengaruh, nanti kita lihat sama-sama ya jika hasil analisa spermanya sudah jadi.
Indikasi Operasi a.l, jika sudah ada gangguan fertilitas, jika sudah amat sangat menggganggu (kemeng, nyeri di daerah skrotum yang terkena)
Untuk pertanyaan kelainan yang sama maksudnya apa ya ? sama-sama varikokel ?
Varikokel kadang-kadang memang tidak memberikan keluhan bahkan sering di temui secara tidak sengaja pada waktu pemeriksaan fisik biasanya sewaktu mendaftar mau jadi tentara atau polisi.
Soal patah tulang, nanti saya buatkan ceritanya.
Terimakasih buat komentarnya Pak Kamal,
Salam

 
, Blogger KHD wrote ...

Dear bu Dokter,
Saya tinggal di manado, bulan Dec 2005 saya di operasi varicocle sebelah kiri oleh dr.Agus Molyono di klinik Sam Marie. Saya masih merasakan ngilu/nyeri disekitar batang penis, dibawah belahan bekas operasi. Saya belum sempat konsult lg dgn doketer saya. Apakah itu normal? Sampai berapa lama rasa sakit itu bisa hilang ya dok.
Sampai sekarang kita bleum diberi kesempatan utk mendapat keterunan. Satu bulan lalu kami mencoba inseminasi pun masih belum berhasil. What shlould we do next ya do? Pls help us..

 
, Blogger KHD wrote ...

Dear Bu Dokter,
Any comments with my questions? Pls help us since it's take a long way just to consult my doctors.
I still feel pain after operation. Di bawah jahitan dekat pangkal kemaluan (maaf)
HUDA

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Maaf Bapak dan Ibu Huda karena terlalu lama saya menjawab komentar Bapak ..
(baru sempat membuka email malam ini).
Lain kali jika ada hal yang mendesak boleh telfon saya di nomor ini 081 380 209 277
Ada 2 masalah yang saya tangkap, pertama rasa nyeri yang menetap post varikokelektomi yang kedua belum dikarunia keturunan
(jika salah mohon koreksi).
Setahu saya setelah dilakukan varikokelektomi, pasien hanya merasa nyeri pada luka operasi, 2 minggu setelah itu dapat beraktifitas seperti semula begitu juga dengan organ-organ seksual yang lain tetap sama keadaannya seperti sebelum operasi (artinya operasi tidak akan menyebabkan nyeri pada penis seperti yang terjadi pada Bapak).
Saran saya coba kembali konsultasi pada dokter yang mengoperasi kemarin, besar dugaan rasa nyeri yang ada sekarang sepertinya tidak ada hubungannya dengan operasi yl.
Untuk masalah memperoleh keturunan, sebelum operasi hasil analisa sperma Pak Huda bagaimana ?
Setelah operasi apakah sudah dicek kembali ?
Semoga jawaban saya bisa membantu.
Salam,

 
, Blogger Akmila wrote ...

malem bu Dokter,

bu, dari hasil periksa di dokter urologi saya dinyatakan mengalami varikokel grade 2. apakah varikokel bisa makin parah? apa yg harus dihindari agar tidak makin parah? apa seharusnya saya operasi saja? karena dibeberapa site dibilang grade 3/4 yg direkomendasikan operasi. Terimakasih
rumahpetak@yahoo.co.id

 
, Blogger Akmila wrote ...

malem bu Dokter,

bu, dari hasil periksa di dokter urologi saya dinyatakan mengalami varikokel grade 2. apakah varikokel bisa makin parah? apa yg harus dihindari agar tidak makin parah? apa seharusnya saya operasi saja? karena dibeberapa site dibilang grade 3/4 yg direkomendasikan operasi. Terimakasih

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Malam juga rumahkecil (?),
Soal grade untuk indikasi operasi, grade3/4, Anda samakan dengan Grade untuk hemoroid ya ? Jika memang benar itu adalah varikokel, di operasi saja .
Semoga jawaban saya bisa membantu.

 
, Blogger Adi wrote ...

Selamat Siang Dr.Lakshmi

Saya ingin menanyakan sesuatu tentang varikokel cukup panjang sepertinya, saya masih single 33 thn tapi sejak 1 tahun terakhir ini sepertinya saya menderita varikokel seperti gejala-gejala yang ibu sebutkan di atas, karena saya juga ada benjolan sepeti cacing pada skortum dan juga kadang "kemeng" awalnya saya ingat sewaktu SMA saya merasa terasa panas dan bengkak pada salah satu buah zakar saya, tapi cukup saya beri antibiotik dah hilang rasa kemeng dan panasnya.
Namun sepanjang perjalanan usia kok semakin susah saya mimpi basah, bahkan lama sekali ada kalo bulanan baru bisa mimpi basah, hingga saat ini saya tidak pernah mengalami mimpi basah lagi, namun jika saya melakukan "onani" (maaf) bisa keluar sperma, saya takut cek sperma karena kalo lihat hasilnya ngeri kalo saya azoospermia, dari keluarga tidak ada keturunan mandul dan saya tidak pernah "jajan" sih...gimana ya dok saya sebaiknya? Apakah sperma yang keluar itu masih sehat? Mungkinkah ada atropi? Haruskah Operasi? apakah ada obat oral? apakah
Terima kasih sebelumnya...
Tahun ini saya merencanakan menikah.

Atur Suksma
AdiAgung

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Bli Adi yang baik,
Saran karena sudah terasa pada perabaan, konsultasikan dulu ke spesialis bedah umum atau bedah urologi.
Dari cerita yang Bli Adi ungkapkan saran saya di operasi saja.
Pre operasi, analisa sperma dulu dan 8 bulan setelah operasi analisa sperma lagi ...
Semoga saran saya bisa membantu ya,
suksma,

 
, Blogger Rully Rudianto, S.Ked wrote ...

Salam knal bu dokter, salam kenal calon teman sejawat. Nama saya Rully .Saya adalah Dokter Muda FK UHT, saya new blogger. Saya suka menulis, Insya Allah tulisan saya dapat bermanfaat. Kunjungi dan add blog saya ya. Semata- mata kegiatan saya ini adalah sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT. Semoga apa yg saya lakukan dapat memperoleh rahmad, hidayah, serta ridho Allah.
Alamat blog saya :
http://catatancalondoktermuslim.blogspot.com
Mohon masukan, saran, dan kritiknya

Syukron..............
Terima kasih.............
Thank you.................
Arigato...................

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Dear Rully,
Salam kenal juga ya ..
Terimakasih karena sudah mampir di blog ini

 
, Blogger Aditya wrote ...

ibu dokter, saya gagal masuk seleksi TNI taun lalu, setelah saya konsultasi dengan panitia penerimaan, ternyata saya gagal di tes kesehatan akhir tingkat pusat...dan setelah saya perhatikan testikel sebelah kiri saya tidak tergenggam dengan kuat, apakah ini varikokel bu?? saran ibu, saya harus periksa ke dokter apa? dokter sipil atau tentara? insya Allah tahun ini saya akan coba seleksi lagi..mudah2an ada kesempatan...amin,

terimakasih banyak ibu,

regards,
Putra
kreasipratama@yahoo.com

 
, Blogger Aditya wrote ...

ibu dokter, saya gagal masuk seleksi TNI taun lalu, setelah saya konsultasi dengan panitia penerimaan, ternyata saya gagal di tes kesehatan akhir tingkat pusat...dan setelah saya perhatikan testikel sebelah kiri saya tidak tergenggam dengan kuat, apakah ini varikokel bu?? saran ibu, saya harus periksa ke dokter apa? dokter sipil atau tentara? insya Allah tahun ini saya akan coba seleksi lagi..mudah2an ada kesempatan...amin,

terimakasih banyak ibu,

regards,
Putra
kreasipratama@yahoo.com

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Dear Putra ...
Coba tanyakan lagi pada panitia apa yang menyebabkan kegagalan ?
Testis yang tidak tergenggam kuat, maaf saya belum mengerti maksudnya
Kalau Putra khawatir ada varikokel, coba konsultasikan pada dOkter Bedah terdekat ..
Semoga jawaban saya bisa membantu ya ...
salam,

 
, Blogger de-bdg wrote ...

Malam dok,
Saya pernah baca bahwa ada pengobatan varicocele tanpa melalui operasi. Kalo gak salah dengan cara embolisasi pembuluh darah.
Di Indonesia (khususnya bandung) cara ini sudah ada yang menerapkan belum ? Mohon infonya.
Terima kasih sebelumnya dok...

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth,
Soal embolisasi pembuluh darah untuk terapi varikokel saya belum tahu ; apakah sdh ada di Bandung atau belum.
Coba tanyakan pada Dokter Bedah disana ya ...
Maaf tidak bisa banyak membantu,
Salam,

 
, Blogger oscar wrote ...

siang bu dokter,
saya lagi buka blog ibu dan saya mau nanya tentang varikokel lebih lanjut. bu suami saya sudah operasi varikokel thn 2005 tetapi sampai sekarang jumlah sperm nya tidak bertambah juga. apa ada penyebabnya yah bu??? tolong sarannya bu terima kasih.

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Bu Oscar,
Operasi pada varikokel ditujukan untuk menormalkan temperatur testis sehingga diharapkan dapat meningkatkan produksi sperma.
Sehingga biasanya operasi ditujukan untuk kasus infertilitas dan atrofi testis.
Tapi adakalanya walaupun sudah operasi, tetap saja infertil. Untuk itu perlu pemeriksaan lagi, apakah betul vaskularisasi ke testis sdh cukup baik, selain itu perlu dicari lagi kemungkinan ada penyulit lain untuk infertilnya.
Saran saya konsultasikan lagi pada dr bedah yang mengoperasi kmrn. Suami Ibu operasi dimana dan dg dokter siapa ?
salam,

 
, Blogger wawan wrote ...

dear Bu Lakshmi,

saya pria umur 26 th, th 2004 saya melakukan operasi varikokel. metode operasi dg cara memotong urat (yang seperti cacing) sepanjang 3cm.saya pernah melihat video operasi varikokel di internet, metode yang digunakan tidak melakukan pemotongan terhadap urat.apa memang ada beberapa metode???apakan metode yang diterapkan dengan cara pemotongan urat dapat membahayakan???sebab sudah 11 bulan usia perkawinan saya, belum ada tanda2 kehamilan pada isteri.apakah meskipun sudah dioperasi masih berkemungkinan saya infertil???sebab saya belum pernah cek kualitas n kuantitas sperma.mohon penjelasannya Ibu Lakshmi.

salam,
wawan

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Bpk Wawan,
Urat yang dipotong itu adalah pembuluh darah balik / vena.
Semua op varikokel melakukan dg cara spt itu.
Setelah operasi ada kemungkinan masih infertil, coba baca komentar saya untuk Pak Oscar.
Silahkan kunjungi dokter bedah yang melakukan operasi untuk berkonsultasi lebih lanjut.
salam,

 
, Blogger wawan wrote ...

Selamat siang Ibu,

jadi langkah terbaik yang perlu saya lakukan apa???
1. saya harus ke dokter spesialis bedah yang melakukan operasi varikokel saya?apakah sp. bedah mengetahui tentang infertility???
atau
2. saya harus melakukan tes sperma dahulu n konsultasi dengan dokter spesialis andrologi???

mohon infonya kembali Ibu Laksmi.

Salam,
Iswanto

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Pak Iswanto,
Saran saya kembali ke dokter bedah yang melakukan operasi, critakan permasalahan yang terjadi.
Dokter akan menyarankan lebih lanjut.
Salam,

 
, Blogger fredty wrote ...

bu dokter.sya sdh mlakukan opreasi varikokel.tp saya tkt klo varikokel it tmbuh lagi,apa saja langkah2 supaya varikokel it gak tumbuh lagi?????makasih dok

 
, Blogger budi87 wrote ...

Salam sejahtera Bu Dokter,
Saya Budi pria usia 21 tahun ( suka olahraga kayak basket dan sepakbola ) dan didiagnosis menderita varikokel....saya dianjurkan dokter untuk operasi....yang mau saya tanyakan :

1. Berapa lama saya harus istirahat pasca operasi ini untuk bisa main atau latihan basket atau sepakbola lagi ?
2. Apakah setelah dioperasi ini rasa kemeng di sekitar testis pasti hilang ?
3. Adakah kemungkinan varikokel ini muncul lagi di kemudian hari ?

Tolong dibalas ya bu dokter... Terima Kasih atas perhatian dan bantuannya... GBU

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Fredty,
Dokter yang mengoperasi (di RS mana ? dg dr bedah siapa ?), bilang penyebab varikokelnya karena apa ?
salam,

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Budi87,
1. Biasanya 2 mg setelah operasi, sudah dapat beraktifitas kembali (kasus istimewa tergantung penyulit operasi yang ditemukan, dokter akan menjelaskan)
2. Seharusnya rasa kemeng akan berkurang kemudian menghilang
3. Ya, tergantung penyebabnya apa .
salam,

 
, Blogger Kokonut wrote ...

Sore bu dokter,
Langsung saja ya bu dokter. Saya berusia 21 tahun. Saya ada varikokel grade 3/4 dan sepertinya sudah dari 3 tahun yang lalu. Apakah ada jalan lain untuk menyembuhkan varikokel selain operasi? Kira-kira, berapa biaya yang harus disediakan untuk operasi varikokel?
Mohon bantuannya dan Terima kasih.
handoko_halim6987@yahoo.com

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Handoko,
Jika mmng sudah grade 3/4, saran saya dilakukan operasi aja.
mengenai biaya dapat ditanyakan langsung pada RS yang dituju.
Selamat menjalankan operasi.
Salam,

 
, Blogger Hardianto wrote ...

Yth Ibu Dr Lakshmi Nawasasi,
Saya sudah punya 2 putri (si bungsu 2,5 thn). Saya analisa sperma 3 minggu yang lalu & hasilnya jelek terutama dalam hal morfologi dimana yang normal hanya 4% (kriteria standart WHO, minimum 30%).
Lalu dokter menduga hal itu bisa disebabkan beberapa faktor. Yg menarik, salah satunya faktor anatomi dimana terjadi pembengkakan pembuluh darah di testis. Atas saran beliau saya mengikuti USG testes di Laboratorium Klinik Utama BIO TEST - Jakpus & hasilnya saya dinyatakan Varikokel Grade II.
Setelah saya konsul ke Urolog, disarankan untuk operasi. Tetapi masih ada beberapa hal yang mengganjal dalam benak saya yang mau saya konsultasikan ke Bu Dokter anatar lain:
Pertama, Dokter Urolog & radiologi saat itu (dan bebera dokter yang pernah saya tanya) menjelaskan bahwa penderita Varikokel pada umumnya tidak merasa sakit pada sekitar buah zakarnya. Sementara saya, merasa sakit pada buah zakar dan sekitarnya (sebelah kiri). Apakah ada korelasi antara varikokel dengan rasa sakit tersebut?
Kedua, Apakah hal yang umum penderita varikokel juga merasa sakit (nyeri) di sekitar buah zakar?
Ketiga, Rasa sakit tersebut juga mengganggu aktifitas saya termasuk fungsi ereksi. Apakah dengan operasi Varikokel, maka rasa sakit (nyeri) itu hilang?

Terima kasih,
Hardi

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Pak Hardi,
1. Tergantung stadium berapa varikokelnya. Jika stadiumnya lebih berat, pembengkakan yang terjadi kan semakin besar, tentu saja akan mengakibatkan rasa nyeri/sakit/kemeng.
2. Ya, rasa sakit memang pada buah zakar/kantong kemaluan.
3. Jika bukan karena penyakit yang lain (tentu saja harus dijelaskan pada dokter bedah yang memeriksa dan yang mengoperasi), setelah operasi varikokel, nyeri akan berkurang dan menghilang.
Selamat menjalankan operasi ya Pak ..
Salam,

 
, Blogger ari wrote ...

dok saya mau tanya
langsung aja ya dok
- apa seorang yang menderita varikokel grade 1,bisa sembuh total?kalo bisa caranya gimana
- terapi farmakologi untuk pasien varikokel apa ya dok?
- pada varikokel grade 1,dengan langsung menikah apakah kemungkinan punya keturunan semakin besar?

 
, Blogger paransius wrote ...

dok,saya mahasiswa yang merasa ada pembengkakan pada testis saya..saya terkadang merasa kemeng dan nyeri...

ini terjadi pada kantong sebelah kiri...

apakah operasi adalah satu-satunya jalan...secepatnya ga dok ???

 
, Blogger SMANDALA wrote ...

assalamualaikum dokter.
saya nanda
saya mau tanya seputaran varikokel,saya tinggal di NAD ( aceh ),singgle, umur 22 tahun.
pada tahun 2007 yang lalu saat saya hendak mendaftar di akademi kepolisian, kata panitia kesehatan , saya menderita varikokel, sehingga saya jatuh/ gagal.
kata panitia dokter, saya harus dioperasi karena kalo enggak saya sulit memperoleh keturunan.
dan kata dokter panitia tsb saya gak bisa kerja berat lagi, gak tahan lari / jogging, dll.
namun sampai sekarang saya masih sanggup / kuat untuk berlari jarak jauh, hanya kadang2 sedikit nyeri dibagian kemaluan saya.
dan pada saat mandi saya juga sering memeriksa kemaluan / meraba ( maaf)
dan memang saya menjumpai seperti urat yang bergumpal.
awalnya saat saya menjalani pendidikan awal ( diktukba polri tahun 2004 ) saya tidak ada hernia, buktinya saya lulus.
namun thn 2007 sprt yang saya sebutkan diatas, baru saya tau saya ada hernia.
apakah saya harus operasi?
apa gak ada cara penyembuhan lain selain operasi dok?
mohon bantuan dan solusinya?
oh ya dokter, apakah hernia dan varikokel adalah penyakit yang sama?

 
, Blogger paransius wrote ...

halo bu dokter...

saya pernah didiagnosa varikokel..
tapi baru saja saya konsultasi dengan dokter bedah kalau saya epididimistis...

bedanya apa ya dok???

thxxx

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

halo Paransius,
Varikokel beda dengan epididimitis ; yang satu problemnya di embuluh darah balik yang satu peradangan.
Mudah-mudahan jawaban saya bisa membantu ya
salam,

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Ass Nanda.
Hernia beda dengan varikokel.
Jika memang sudah terdiagnosa hernia, saran saya dilakukan operasi saja.
salam,

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Ari,
Varikokel jika tidak memberikan keluhan dan tanda infertilitas biasanya tidak dilakukan terapi.
Jika punya atau tidak punya keturunan dihubungkan karena akibat varikokel nya maka tidak ada kaitannya dengan langsung atau tidak langsung menikah. Artinya kalau memang varikokelnya tidak sampai menimbulkan efek infertilitas, langaung atau tdk langsung menikah yaa tetap fertil demikian sebaliknya.
salam,

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Yth Dokter Basuki,

Dok, dulu saya sering fitness sekitar 4 thn lalu dan tidak ada masalah serius. Sekitar 3 minggu lalu saya mencoba fitness kembali dan seringkali perut bawah saya tidak enak (panas), saya ke tukang urut (2x) dan katanya ada sedikit penurunan di perut, walau sampai belum tahap turun bero. Akhirnya sekarang saya putuskan tidak mengangkat beban lagi dan hanya berlari di treadmill karena disarankan oleh tukang urut utk tidak angkat beban meski cukup ringan. Tepatnya kemarin lalu setelah berlari, skrotum (biji kemaluan) saya di sebelah kiri agak sakit jika disentuh saja dan sampai hari ini. Yang jadi pertanyaan saya Dok:
1. Apakah itu berarti saya sdh tidak bisa fitness lagi? karena sudah beberapa kali angkat beban dan setelahnya selalu sakit.
2. Kenapa biji kemaluan saya bisa sakit seperti itu Dok? Apakah itu varikokel? apakah nanti bisa sembuh sendiri? Haruskah dioperasi?
Terima kasih atas bantuannya.

 
, Anonymous mahmul wrote ...

malam bu dokter
saya seorang pelajar, usia saya 21 tahun, saya berada di luar negeri bu, dan belum menikah.
Saya menderita varicocle sejak 2 tahun yang lalu hingga sekarang, kurang lebih selama satu tahun lalu saya menkunsomsi obat untuk menguatkan pembuluh darah saja tanpa adanya operasi. Dan juga minggu kemarin saya konsultasi dengan dokter yang ada di sini, serta dengan melihat hasil dari tes semen menandakan saya normal, dan hasil urologi menandakan bahwa ukuran kanan 1,3 mm dan kiri 3,7 mm, terus kata dokter di sini lebih baik jika tidak menempuh operasi dikhawatirkan infertilitas, kalaupun mau di operasi menunggu saya menikah dan dilihat dulu saya mempunyai anak ataupun tidak, kalaupun saya mempunyai anak maka tidak di operasi dan kalau saya tidak mempunyai anak maka saya di operasi. Yang saya bingungkan ini tentang bagaimana seharusnya varicocle saya ini sementara kadang saya terganggu dengan itu, apakah dengan operasi sekarang itu bisa membuat saya tetap subur bu? ataukah sebaiknya saya menunggu hingga saya menikah dahulu?serta brapa persenkah kemungkinan subur dan tidak suburnya bu?

trima kasih sebelumnya ibu

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

assalamualaikum dokter
mf, saya nanda
ingin meralat comment saya yang sebelumnya, jadi yang terdeteksi oleh dokter adalah varikokel bukan hernia.
apa saya tetap harus menjalani operasi?
sementara saya sampai sejauh ini masih sanggup melaksanakan kegiatan2 berat, semisal lari jarak jauh, dll
apa setelah menjalani operasi saya bisa kembali melaksanakan kegiatan2 berat tsb?
Bila saya tidak menjalani operasi, apa benar saya tidak bisa mendapatkan keturunan?
dalam pelaksanaan operasi apa langsung dibagian kemaluan saya yang dibedah atau dibagian perut sebelah bawah?
mohon bantuannya ya bu dokter
syukran

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

mahal ga operasi vaikokel??

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

dok,saya mau tanya.....saya punya adik yang sekarang umurnya 20th. waktu kecil sekitar umur 9th adik saya mengalami testis besar sebelah.
waktu di periksa, dokternya bilang tidak ada masalah apa-apa.tapi setelah dewasa ini, dia mencari tahu tentang hal itu. ternyata varikokel. bagaimana cara penyembuhannya?? apakah dengan operasi atau dengan pengobatan alternatif?
Terima ksih sebelumnya

 
, Anonymous Joe wrote ...

Selamat sore Bu dokter..
Saya joe..
Saya mau tanya,apakah setelah operasi varikokel,testis sebelah kiri akan manjadi lebih besar dr normal??jd sehari2nya ukurannya lebih besar dr normal sblm operasi ya bu??
bisa ga di kecilin lg menjadi normal seperti sblm operasi?karena mengganggu dalam hal estetika..
terim kasih

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Wass, Nanda
Operasi dilakukan pada varikokel, tergantung pada stadium, rasa nyeri yang dirasakan dan problem infertilitas.
Setelah kurang lebih 3 bulan paska operasi dan dokter menilai tidak ada keluhan/kelainan lain maka kegiatan berat / olah raga dapat diakukan.

Keturunan ? apakah sekarang keadaannya infertil ?
Operasi biasanya di kemaluan bagian atas.
Terimakasih kembali,

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth .. "tanpa nama"
Biaya operasi varikokel, tergantung dari RS yang dituju.
Silahkan bertanya pada RS yang dituju.
Mohon maaf tidak banyak membantu.
salam,

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth .. "tanpa nama"
Jika memang telah didiagnosa varikokel oleh dokter Bedahnya lakukan sesuai terapi yang ditentukan oleh dokternya.
Untuk pengobatan alternatif, saya tidak bisa memberi banyak komentar, saran saya berobat ke dokter saja.
salam,

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Joe,
Pada operasi varikokel, tidak dilakukan apa-apa pada testisnya.
Masalahnya kan bukan pada testisnya (?)
Maaf, pertanyaannya saya kurang paham.
salam,

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Mahmul,
Prinsip operasi varikokel adalah jika telah mencapai stadium 3 - 4. Keluhan nyeri, kemeng dan rasa tidak nyaman yang mengganggu. Selain itu ada keluhan infertilitas (biasanya berdasarkan test analisa sperma).
Jika memang tidak ada infertilitas, maka tindakan operasi tidak akan menyebabkan infertilitas.
Semoga jawaban saya bisa membantu ya ..
salam,

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

saya menikah 4 tahun lalu tapi belum dikaruniai anak. atas permintaan dokter saya melakukan pemeriksaan sperma dan hasilnya oligoatenoteratospermia. kira2 10 thn yg lalu saya pernah mengalami sakit pada skrotum dan oleh dr diberikan antibiotik dan analgesic.Kalo saya raba di daerah pangkal skrotum ada seperti gumpalan.Apakah itu varikokel? Seberapa besar refertilitas post operasi varikokel. Untuk mendiagnosa varikokel tersebut kami harus ke rumah sakit mana mengingat di tempat kami tidak ada dokter spesialis andrologi. Trimakasih atas bantuannya.

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Bapak,
Bisa jadi itu varikokel, untuk pastinya tentunya harus melalui pemeriksaan.
Kunjungi RS terdekat, konsultasikan pada dr bedah urologi setempat atau dr bedah umum.
Mohon maaf tidak bisa banyak membantu.
Salam,

 
, Blogger ayoee wrote ...

Assalamu'alaikum Bu Dokter..senang sekali ada blog ini..ibu baik sekali..saya Ayu..suami saya doter umum,beliau bilang terkena Varikokel..kami sudah punya 3 anak..pertanyaan saya, apa varikokel PASTI mandul??dan apa bisa bila tidak di operasi?

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Ibu Ayu,
Varikokel tidak selalu menyebabkan mandul.
Indikasi operasi adalah stadium 3-4disertai dengan keluhan nyeri dan atau infertilitas.
Untuk lebih jelasnya konsultasikan lagi pada dokter Bedah terdekat.
salam,

 
, Anonymous dhiandri wrote ...

Assalamualaikum bu dokter, saya mau tanya letak varikokel itu dmana?
apakah di penisnya, atau di zakar nya ?
soalny pd penis saya pada bagian kanan dan kiri terdapat urat yang menonjol, saya mau tanya apakah itu varikokel atau otot pembuluh darah biasa?
mohon jawabannya, trimakasih

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Dhiandri,
Saya pikir itu hanya pembuluh darah biasa.
Untuk pastinya memang harus diperiksa.
Saran coba konsultasikan pada dokter bedah terdekat.
Terimakasih,
Salam

 
, Blogger bajra wrote ...

slamat pagi Bu Dokter...
saya punya masalah dengan alat kelamin saya,ini terjadi belum lama ini.ketika saya perhatikan ternyata ada urat yang seprti cacing,apakah ini farikokel Bu?awalnya memang sering kemeng2,dan ini muncul tiba2 Bu.saya tidak tahu harus periksa kemana.
untuk itu saya harus kemana Bu?dan apakah ini bisa disembuhkan,apakah nanti juga dioperasi.
trimakasih atas bantuan Bu Dokter,smoga Tuhan Yang Maha Kuasa membalas kebaikan Bu Dokter

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Bajra,
Periksakan ke dokter bedah terdekat saja Pak supaya didapatkan diagnosa yang pasti.
salam,

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

pagi bu dokter

saya dhani mahasiswa umur 19 tahun,

setelah diperiksa saya terkena diagnosis varikokel

saya juga sedang menunggu hasil tes sperma saya!

yang saya tanyakan apa kah jika saya mengalami infertilitas, bisa disembuhkan dengan pola hidup sehat

seperti tidak merokok
rajin olahraga
makan2an yg bergizi

atau cara apa yg paling tepat untuk mengatasi problem kurangnya jumlah sperma tadi. apabila saya sudah dioperasi?

terima kasih ya dok

mohon jawabannya

semoga Tuhan memberkati

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

malem bu dokter,
saya dulu pernah oprasi varikokel stadium 4. sekarang saya merasa buah zakar sebelah kiri lebih besar dari yang kanan. apakah ada pengaruhnya sama kualitas sperma saya?terima kasih atas jawabannya.

 
, Anonymous HENGKY wrote ...

mlm dok.....

saya insan pendaftar SECABA POLRI tp gagal tes kes1 gra2 penyakit varikokel saya....

dok selain di operasi penyakit varikokel apabisa disembuhkan dengan suntik atau obat jalan?..

kalau di operasi kira-kira biaya operasi berapa..?

terima kasih...

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

@Dhani
Tergantung penyebab infertilitasnya Dhani. Apakah setelah operasi harus diberikan penanganan lagi atau tidak.
Meskipun demikian Pola hidup sehat harus diterapkan walaupun tidak terkena penyakit.
Semoga Tuhan memberkati

@anonymous
Kualitas sperma tidak ditentukan oleh besarnya buahzakar.
Konsultasikan kembali pada dokter bedahnya ya.

@Insan
1) tergantung stadiun varikokelnya. Apakah memerlukan tindakan operasi atau tidak.
Konsultasikan pada dokter bedah terdekat ya
2) Biaya operasi ditentukan oleh RS ybs

Salam,

 
, Blogger Deamank wrote ...

Pagi Bu Dokter.
Setelah 3 tahun menikah, istri saya tidak kunjung hamil, akhirnya saya dan istri ke dokter untuk memeriksakan diri ( Terlambat ya Bu Dokter )
Dari hasil pemeriksaan saya dinyatakan terkena varicocel ( saya tidak merasakan gejala apapun ).kemudian saya diberi resep.
1 bulan kemudian setelah obat habis saya periksa ke Lab lagi ternyata hasilnya tetap sama.
Saya di sarankan untuk operasi....

Yang ingin saya tanyakan
1.Apa ada efek samping dari operasi tersebut.
2. Berapa persen kemungkinan saya bisa mempunyai keturunan.
Terimakasi bu. Saya tunggu jawabanya

 
, Blogger EMIL wrote ...

Assalamuaialaikum,,
Sore dokter,,
Saya Jamil..
Mau tanya dok, Buah zakar saya sakit, bersamaan dengan itu perut saya juga sakit,, ini ada kaitannya dengan variskokel dokter?
mohon jawaban dari dokter..
Email saya: emil_acom@yahoo.com

 
, Anonymous Alif wrote ...

Malem bu Dokter,
Saya blm pernah periksa ke urologi,tp kl ngeliat ciri spt testikel sblh kiri lbh besar apakah bisa dipastikan varikokel, saya menikah sdh 4 thn b\dan blm di karuniai anak....please advice...

 
, Anonymous tomi wrote ...

Bu Dokter,

Saya sudah menikah 1,5thn namun belum dikarunai keturunan.Saya sudah ke androlog, dan langsung analisa sperma, hasilnya tidak bagus, dgn kesimpulan:Oligoasthenoteratozoospermia dan detailnya adlh:
Konsentrasi: 18jt/ml (nilai normal: >20jt/ml)
Motilitas:
a)Gerak Cepat : 0%
b)Gerak Lambat : 6%
c)Gerak ditempat : 39%
d)Tidak bergerak :55%
Morfologi bentuk ideal : 2% (normal: >25%)
Dan Leukositnya tinggi : 5-10 (normal: <3/LPB)

Dan melalui pemeriksaan fisik, saya didiagnosa memiliki verikokel di testis sebelah kiri, dan dokter memberi saran untuk segera dioperasi.
Kmd saya USG testis, ditemukan adanya varikokel kiri derajat kecil(grade 1). Namun yg mjd perhatian dokter adlh adanya 2 spermatokel pd kaput epididymis kanan 5,9x5mm & pd kaput epididymis kiri : 4,1x35mm.
Apakah solusinya agar sperma bisa membaik, saya memang harus tetap dioperasi dl dok?

Mohon sarannya dok.. Terimakasih sebelumnya..

 
, Blogger Enal wrote ...

nama saya Saianl bintang umur 18 thun, baru seminggu saya merasakn panas dan nyeri dibuah zakar sebelah kiri saya, dan kadang terasa demikian disebelah kanan, setelah saya raba ternyata terdapat gumpalan semacam cacing diataa testis sebalah kiri sya, apakah itu varikokel?
dan apabila saya menjalani operasi, apa stelah operasi saya boleh kembali beraktivitas berat, seperti olahraga (joging, futsal) karena 3 bulan lagi saya mau mengikuti seleksi polri, dan kir2 berapa lama proses penyembuhan setlah operasi agar rasa nyri saya hilang dan saya dapat olahraga kembali?? mohon dijawab yah dok, terima kasih

 
, Blogger rozi wrote ...

siang dok

saya telah diobserve dan diinfokan saya sebaiknya melakukan surgery untuk variskokel tingkat ringan, untuk itu ada referensi informasi dari dokter dimana dokter yang baik serta rumah sakit yg tidak mahal untuk melakukan operasi ini

terima kasih

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

@Yth Emil / Jamil
Wass, maaf baru balas
Buah zakar yang sakit tidak harus varikokel, sebaiknya konsultasikan pada dokter bedah terdekat agar dilakukan pemeriksaan.
Semoga saat ini kondisi sudah jauh lebih baik ya ..
Insya Allah,
@Yth Alif, maaf baru balas
Testis lebih besar dan infertilitas primer tidak selalu menunjukkan diagnosa varikokel.
Saran saya konsultasikan pada dokter bedah terdekat.
@Yth Tomi, maaf baru balas
Saran saya jika memang dokter bedahnya telah menyarankan untuk operasi, lakukan operasi saja.
Semoga setelah operasi kondisi sperma membaik.
@Yth Enal, maaf baru balas
Mudah2mudahan saat ini kondisi sudah jauh lebih baik ya.
Olah raga berat dilakukan kira2 3 bulan setelah operasi atau sesuai batas waktu yang ditetapkan oleh dokter bedah yang mengoperasi dengan melihat keadaan masing2 pasien
@Yth Rozi
Maaf baru balas. Operasi dapat dilakukan oleh bedah urologi dimanapun berada. RS pemerintah mgkn bisa dijadikan pilihan.

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Halo Bu Dokter,saya David
Mau tanya. Saya pria 26 tahun dan masih single. Sekitar 6 tahun lalu, saya cek sperma, hasilnya jumlah spermanya normal di atas 2 juta tapi sebagian spermanya gak aktif, lalu saya melakukan operasi varikokel kiri dan kanan. Waktu itu yg kiri stad 3 dan yg kanan stad 2. Setelah operasi skrotum saya membesar, lalu saya konsul ke dokternya lagi dan diberi suntikan,hasilnya kembali normal. Tapi yg saya rasakan testis sebelah kiri ko masih terasa ada seperti cacingnya dan setelah operasi saya tidak melakukan tes sperma lagi. Lalu sekarang ini, varikokel itu muncul lagi di kanan kiri testis. knp varikokel itu muncul lagi dok, bukankah saya sudah melakukan bedah waktu itu? mohon penjelasannya. terima kasih

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Selamat pagi Dok,
saya pria berumur 24 tahun. kemarin lusa, saya kecapekan bepergian naik motor selama beberapa jam. ketika tiba di rumah, saya buang air kecil. tanpa terasa ada beberapa gumpalan darah yang ikut keluar bersama air seni. yang ingin saya tanyakan adalah :
1. apakah saya menderita varikokel?
2. setelah keluar darah, apakah saya sudah terbebas dari penyakit tersebut?
terima kasih

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

makasih bu tulisannya...ini sangat membantu sekali untuk org2 yang butuh informasi..
saya ingin menanyakan adakah pantangan untuk org yg menderita varikokel?? (misal makanan or aktivitas)
dan juga adakah pantangan pasca melakukan operasi varikokel?
selanjutnya lebih tepat mana mengunjungi dokter bedah umum atau bedah urologi?
terima ksih bu...

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

oia dok maaf da yang tertinggal jawaban pertanyaan saya tentang pantangan tadi bisa tolong dikirim ke email saya
blo_imoet@yahoo.com

 
, Blogger Stelia wrote ...

Dok, suami saya sudah operasi varikokel. trus kemarin pas dites 1 bulan setelah operasi hasilnya malah lebih buruk dibanding tes pertama. Hasil sekarang (oligoasthenotetospermia)sedangkan hasil yang dulu (oligoasthenospermia). apakah hasil sekarang itu menunjukkan kegagalan operasi atau hanya adaptasi pasca operasi? mohon infonya dok.tks

 
, Blogger zanira wrote ...

william.zanira@gmail.com
Malam dok...
saya umur 23thn blm menikah, kemaren saya telah melakukan operasi verikokel.itu terjadi karena sebelumnya saya merasakan nyeri pada buah zakar sebelah kiri.Dan setelah konsultasi dengan Dokter Urolog saya menderita verikokel.
Dokter tersebut hanya menyarankan operasi, tidak disarankan untuk test sperma dulu.

Pertanyaannya:
Apakah setelah operasi verikokel itu dapat membuat penderitanya jadi INFERTIL???
saya takut apabila operasi malah menjadi INFERTIL, apa yang harus saya lakukan, Dok???

Thx....

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

pagi dok,,..
salam kenal sebelumnya..,,
nama saya savir umur 19 thn
setelah baca beberapa postingan di bolg bu dokter saya ingin mnajukan pertanyaan,,..
selama kurang lebih 1 minngu ini buah zakar saya merasa nyeri,...
pas kondisi saya lagi sakit panas n pusing,,..
kemaren pagi saya periksa ternyata buah zakar saya besar sebelah,..
sebelah kiri lebih besar ketimbang yg kanan.
tidak itu aja dok,rasa juga nyeri n semakin besar,...
pertanyaannya :
1.kira2 saya terkena penyakit apa dok?
2.apa peneyebabnya dok?
3.bagaimana pengobatannya?
cz selama ni lum saya periksakan.
karena gak tw masalahnya cz masih awam n agak takut juga dok,...

mhon bantuannya dok,,..
sebelumnya makasih banyak.,,

email :blacksavir@rocketmail.com

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Bu, kurang lebih sebulan yang lalu, jari kelingking tangan kanan ayah saya terkena pisau. Karna emergency, lukanya dijahit. Tak lama kemudian, jari kelingking tangan kanan ayah saya di rontgen. Hasil rontgen menyatakan bahwa syaraf tendon jari kelingking tangan kanan ayah saya putus. Kira-kira, kalau diadakan tindakan operasi, menurut dokter biayanya berapa? dan, ini termasuk operasi ringan, sedang, atau besar? Dan kira-kira dokter sendiri bisa menanganinya, tidak? Kalau bisa, tidak usah dirumah sakit. Maksudnya, kalau dokter bisa mengadakan praktek dirumah. Posisi kami ada di Bekasi Timur. Kira-kira, kalau posisi dokter jauh dari tempat kami, ada tidak refrensi dokter lain? Mohon jawabannya. Terima kasih

 
, Anonymous dios wrote ...

salam bu dokter...
saya dios, umur 23 tahun
beberapa bulan yang lalu saya operasi varicocele di luar negeri bu, kebetulan saya pelajar di luar negeri.
pernah waktu masih masa2 jahitan ataupun masa2 penyembuhan saya ngangkat barang2 berat. Sehingga skarang kadang terasa sakit di daerah jahitan...padahal itu sudah lama bu...
nah yang mau saya tanyakan kepada bu dokter...
-kok lama ya terasa sakitnya, padahal saya udah lumayan lama operasinya?
-kenapa setiap mengangkat berat terasa sakit di daerah jahitan?
-kira2 kapan saya bisa ngangkat2 berat lagi? ato normalnya kembali seperti semula?
-pantangannya apa aja setelah operasi, baik itu baru operasi ataupun lama setelah operasi ?

maaf bu pertanyaannya banyak, terima kasih banyak sebelumnya bu dokter.

 
, Anonymous Barryn.Mardito wrote ...

saya habis oprasi varikokel 1 bulan yg lalu..
varikokel saya sudah mencapai grade 3 tetapi setelah dioprasi kok masih ada yah pembuluh darah vena nya masih bergeliut-geliut di dalam scrotum saya...

itu knp yah ??

mohon bantuannya dongg
terimakasih

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Bu dokter, saya mau tanya..
Membaca blog ibu, saya jadi teringat dengan kejadian yang menimpa teman saya, Dia punya varikokel, scrotum turun bagian kiri, setelah USG ada verikokel 2mm saja. Tidak ada keluhan dan kata Dokter Bedah juga tidak msalah. Teman saya sudah punya anak, dan ingin punya anak lagi, tapi belum sampai sekarang. Apakah hal itu pengaruh verikokel tsb?? Mohon penjelasannya, thnx.

 
, Anonymous eka marhaepi wrote ...

pagi bu dokter...

saya dan suami sdh seblas bulan menikah tp blm juga mempunyai buah hati..
kami sdh 5bln kontrol kdokter sampai akhirny kmrn kami melakukan HSG untk saya dan test sperma untk suami..
dan hasilny untuk saya tidak ada kelainan dan dnyatakan tdk ada mslh apa2 oleh dokter kandungan saya...
tp hasil suami yg kurang baik..
hasilnya "oligoastenozoospermia"
kira2 pa yah penyebabny?? dan gmn cara menangulanginya..
kmrn di sp.0G suami dkasi obat 2jenis dan hargany cukup mahal 600rb.. dan dminum setiap hari..
tolong dbantu yah dok..
trims...
eka_hepi2000@yahoo.com.au

 
, Blogger Sam wrote ...

Malam Bu Dokter.
saya ingin tanya, apakah operasi varicocle berbahaya Bu?? apakah ada kemungkinan gagal yang dapat mengakibatkan cacat y Bu?? lalu berapa lama waktu pemulihan?

Terima kasih.
Salam

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Dox, saya sudah operasi 4hr yg lalu,
tapi sktr 3mggu lagi saya musti tes fsik ipdn,(lari 2,4km, push up, pull up(rengen), n sit up)
apakah sudah boleh??

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

selamat pagi bu dokter,saya penderita varikokel bilateral,5 tahun yg lalu diperiksa oleh urolog yg kiri stadium 2-3 yg kanan stadium 1,trus kakak saya bertanya sm urolognya apa g analisa semen dulu dok,urolog menjawab: apa kalo subur g mau oprasi,ato sebaliknya.habis itu aku bertanya dokter "dokter bisa hilang tidak gumpalan vena itu" dokter menjawab "bisa hilang bisa tidak,but dokter menjamin rasa sakitnya yg bakal hilang" dari situ saya bimbang bu dokter,akhirnya saya pulang yg bimbang dengan operasi itu,q q menginginkan estetika skortum jg bu dokter,habis itu saya keurolog lainnya bu dokter ,tapi diagnosa yg urolog ini cuma yg kiri,padahal saya merasakan yg kanan ada jg bu dokter,dokternya sambil tergesa2 entah kenapa,q diberi pengantar analisa semen,hasilnya "asthenozopermia" tapi kenapa saya disuruh mengulang analisa lg y bu dokter sama laboratnya? saya bertanya sama suster yg dipenjaga lab,dia bilang semennya cukup bagus,cuman lambat ajah .yg menjadi pertanyaan saya : kenapa venanya bisa hilang bisa tidak ,mohon penjelasanya bu dokter.trimakasih. kamal.

 
, Anonymous enjang wrote ...

sore bu dokter..
saya baru lulus SMA.usia saya 18 tahun. kemarin waktu saya check up di RS Bhayangkara, saya dinyatakan mengidap gejala varikokel. waktu itu ental saya langsung drop karena takut.
yang ingin saya tanyakan, adakah cara penyembuhan varikokel selain dengan operasi?
apakah gejala varikokel yang saya alami bisa hilang tanpa operasi?
jika ya, bagaimana caranya dok??
terima kasih atas penjelasan bu dokter.

 
, Anonymous Tyo_race46@gmail.Com wrote ...

Dok, sya pria 18th akn mgikuti test AKMIL. .ttpi Bbrp bln yg lalu saya prnah mngalami kcelkaan dan bgian skrotum saya mngalami benturan yg mmbuat bgian skrotum sya mngalami nyeri, stlah bbrapa lma nyeri itu menghilang. Ttpi akhir2 ini nyeri itu terasa kmbali, saya juga sempat meraba (maaf) bgian skrotum sya, dan saya merasakan ad usus2 halus yg terasa dbgian skrotum sblah kiri saya yg trkena benturan dlu.! Apakah sya trkena varikokel dok.? Mohon pencerahannya..Trims
tyo_race46@gmail.com

 
, Blogger muhammad wrote ...

apa ada jalan lain selain harus jalur operasi dok? kirim kan ke email saya ya dok

 
, Anonymous aries wrote ...

met sore dok,
saya aries, umur 27 thn, single
mohon informasi dok,
1. apakah operaso varicocel bilateral bisa dilakukan dalam waktu yg bersamaan?? dan
2. setelah operasi, berapa lama waktu normal untuk penyembuhannya??
3. Pasca operasi varicocele, apakah tidak mengganggu dlm hubungan intim suami istri??
terimakasih atas perhatian dari bu dokter, semoha kebaikan ibu di balas olehNya

 
, Anonymous bundaBagas wrote ...

Salam bu dokter Lakshmi..
Suami saya di diagnosis menderita Varikokel. Suami saya bilang pembesarannya dari ketika masih SMP (sekarang usia suami saya 26 th). Dokter umum sudah memberi surat rujukan ke dokter bedah di daerah saya. Yang saya tanyakan, apakah semakin lama menderita penyakit tsb, resiko (ke arah 'mandul') semakin besar?

Terima kasih..
Salam..

 
, Blogger hendy wrote ...

dear bu dokter
Dok sebelumnya saya ucapkan trimakasih atas tulisannya....!

saya pernah mendaftar menjadi taruna akpol namun saya gagal di kesehatan tahap 1.. katannya hal yang mengakibatkan saya gagal adalah pennyakit varikokel...dokter polda menyarankan agar saya melakukan oprasi....
meski saya adalah seorang petarung...namun saya sangat takut akan hal-hal yang berbau operasi atau bedah...
dok yang mau saya tannyakan apakah operasi varikokel terasa sakit....?

terimajasi atas bantuannya dok...
di tunggu jawabannya....
arigato...

 
, Anonymous putra wrote ...

sore bu dokter,,
lgsung saja saya putra ingin brtanya...
apa varikokel positif yg menyebabkan mandul ?
apa varrikokel grade 1 tidak di oprasi dpt menyebabkan mandul..?
tolong jwaban bu dokter..
wass..

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

dok mu tnya...pasca oprasi varikkokel skitar 1 mnggu saya melakukan hubungan intim dngan istri saya..apa tidak apa2 dok...trus pa ada dmpak pd hsil oprasi dok ...mkasih

 
, Blogger Agung wrote ...

saya ingin berbagi msalah pnembuhan varikokel,
caranya: siapkan bahannya trdiri dari daun soro 9 lembar,gamping sdikit saja biar tdk trlalu panas, jeruk pecel 1,n minyak kayu putih scukupnya.
1. daun soro di ulek atau d lembutkan dengan gamping
2. setelah lembut,di pindah aja k wadah kecil trus d aduk dengan minyak kayu putih n jeruk pecel yg d peras.
terus ramuan itu ditempelkan aja atau biasa dsebut mbobok secara merata ke buah zakar
(batang penisnya jngan d ksih)
emang terasa sakit kyak d gigit semut gto, tp klo d lakukan rutin 1 bulan lsg sembuh.
1hari 1 kali saja
trus jng bnyak brgerak klo trasa clekit2,nanti ramuan tuh akn lepas sndiri karena mngering
jdi g prlu d ambil
klo dambil sndiri tanpa mnunggu kering akan terasa gatal.
semoga saran saya bisa membantu,karena saya juga mngalaminya.
untuk info lbh lanjut hub.aja saya di (085730224411)
saya hanya ingin brbagi aja pengalaman untuk sesama
cz dr pda d operasi n mnimbulkan bekas.

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

salam sehat bu dokter..
saya nanda di bandung..
rencananya saya akan daftar TNI, setelah chekup rupanya d kaki saya terdapt varices, letaknya d belakang lutut..
rencananya saya akan d suntik d bagian pas urat varicesnya..
apakah akan berjalan dengan baik? tanpa operasi varices bisa sembuh tdk dok??
mohon saran dan tipsnya bu dokter..
sblmnya terimakasih bnyak dok..

opak_pakop@yahoo.com

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

selamat pagi bu dokter..
saya pendy dari bandung..
rencanannya saya akan daftar POLISI tahun ini, tetapi ketika chekup ternyata saya terdapt varikokel ringan,tp krna akan msuk polisi kata dokter saya harus d operasi..
setalah sekarang beres operasi skrg saya jd merasa takut lama untuk sembuh, sperti d katakan varikokel akan mnyebabkan kemandulan..yg sangat membuat saya takut seperti terror bagi saya d kemudian nanti saya beristri, dan apakah setelah d operasi varikokel akan lama untuk pemulihan kembali dok??
saya mnta saran dn tipsnya dok agar cpt sembuh, krna pendaftaran POLISI akan segera d buka..
saya ucapkan sangat terimakasih, dn mohon bgt bantuannnya dok..

pepen_bedor@yahoo.co.id

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Dear B.Dokter..
Akhir2 ini setelah olahraga perut kiri bawah saya terasa nyeri dan menjalar sampai ke testis sebelah kiri, apakah itu varikokel Dok, atau hanya kram otot biasa? tapi saya ragu itu varikokel, karena tidak ada gejala varikokel, seperti ada gumpalan cacing di testis dan testis membesar, bagaimana ini Dok? karena saya mau mendaftar di kemiliteran, mohon pencerahannya, terima kasih sebelumnya...

 
, Blogger luhsuastiti wrote ...

dok...suami sy ada masalah dg penyakit ini. sekitar 3 bulan lalu sudah menjalani operasi. tapi sekarang gejalanya muncul kembali. sepertii? nyeri & penurunan pada buah zakar bagian kiri. setelah operasi saya bisa hamil. karna saat terkena baru grade 1.
pertanyaan saya:
1. apa yang harus dilakukan dok?
2. ada tidak obat untuk itu tanpa harus operasi lagi?
3. apakah dengan pijat ke alternatif bisa mambantu?
$. kenapa hal itiu bisa muncul kembali.
trims atas informasinya.
salam

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Ibu dokter mohon petunjuknya.. saya mengalami varikokel grade III dan saya sudah di oprasi pada bulan february 2009.

tapi sekarang koq masih ada ya urat" yang menyerupai cacing di kantung scrotum saya !! mohon infonya ya bu dokter .

ini email saya : Barryn_alone@yahoo.com tolong di balas ya bu, terimakasih.

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

@david : varikokel dapat muncul kembali tergantung penyebab awal. Coba diskusikan kembali pada dokter bedah yang mengoperasi.
@anonymous : sepertinya bukan varikokel.
@Anonymous : kunjungi dokter bedah urologi
@Stelia : biasanya 6 bulan paska op di test kembali. Jika hasilnya masih tidak memuaskan pasti ada hal lain penyebabnya. Diskusikan kembali pada dokternya untuk mencari sebab lain. Karena infertile tidak melulu hanya karena varikokel.
@Zanira : justru operasi varikokel adalah mencegah infertil
@Anonymous / black savir
Harus dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu, baru bisa menentukan diagnose. Saran saya hubungi dokter bedah terdekat
@Anonymous : jika memang diagnosanya tendo putus, memang harus operasi.
Biaya biasanya ditentukan oleh RS yang bersangkutan termasuk criteria jenis operasi.
Saya tidak praktek di rumah.
@Dios : post operasi biasanya 2 bulan memang menghindari angkat berat, dan sesudahnya pasien akan merasa lebih baik.
Jika sekarang masih ada keluhan bisa hubungi dokter bedah terdekat untuk dilakukan pemeriksaan
@Anonymous : Saran konsultasikan pada dokter bedah urologi terdekat, untuk dilakukan pemeriksaan kalau perlu USG testis untuk lebih memastikan.
@anonymous :
Coba konsultasikan pada dokter bedah urologi terdekat. Karena untuk memastikan apakah kelainan tersebut varikokel atau bukan harus melalui pemeriksaan.

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

makasih bu dokter

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Bu Dokter yth.
Saya pria umur 39 tahun sudah memiliku putra 2. Testis sebelah kiri mengalami pembengkakan tanpa rasa sakit. Saat ini sudah sebesar telur ayam kampung. Kalau membaca artikel ini sepertinya saya juga menderita varikokel. Apa tindakan yang harus saya lakukan, walaupun aktivitas saya tidak/belum terganggu.
Mohon jawabannya bu.. terimakasih
dpbuanasakti@yahoo.co.id

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Ijin bertanya ibu.,
Baru 1minggu ini saya melakukan oprasi varikokel.tapi Sampai saat ini besar buah zakar saya masih belum sama antara kiri dan kanan.kira2 butuh berapa lama untuk bisa sama ukurannya ibu?
Dino
Terimakasih

 
, Anonymous ruslan wrote ...

assalamu"alaikum,
bu, sya mnderita varikokel udah parah,
1.apakh varikokel bsa d smbuhkn tnpa operasi, cma dngan alternatif ja|(tkang pijet)?
2.gmna klo varikokel d biarkan saja tnpa d operasi,
walaupn "kemeng" nya sudah hilang,
selain mnyababkn kmndulan, apa bhya lainnya?
3.brpa biaya operasinya, trs apakah shbis operasi sakit kemenya akn hlang?
4.trs apa ja efek smpngnya stelah operasi, selain infeksi,
apakh akn trkna hidrokel?
sekian terimakasih

 
, Anonymous Rina wrote ...

Salam,bu dokter yg baik
sy rina,mw mnikah.calon sy curhat trkena gejala varikokel.ktka kumat rasanya nyeri kdang sblh kiri trkadang sblh kanan tdk ada bnjolan.katanya pas msk TNI tdk ada tp sthun kmudian periksa divonis varikokel.dan ktka ereksi atau sdng kumat bs dkeluarkn dg cra onani (emh..maaf),katany stlh itu mnjdi ringan/tdk nyeri.Bgmn sbaikny cara menangani ktka kumat krn kata dokter tdk prlu operasi dlu..

 
, Anonymous Gusti wrote ...

Selamat Pagi Ibu Dokter,

Saya telah melakukan operasi Varikokel (kanan dan kiri) pada tgl 11/06/11, karena divonis Varikokel grade 2 untuk yg kanan dan 3 untuk yg kiri.. Pertanyaan saya adalah : setelah berapa hari bisa berhubungan dengan istri? dan kapan bagusnya melakukan test sperma lagi? Terimakasih atas sarannya.

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

slamat sore bu dokter,
saya mau tanya,saya sudah cek sperma, secara umum normal tapi ada agulutinasi,saya cek testis sebelah kiri ada seperti gejala varikokel(tidak terlalu kelihatan akan kelihatan bila testi di tekan keatas)apa ini termasuk varikokel?mengigat tidak terlalu kelihatan,kl di opersasi berapa ya kira2 maharnya,saya tinggal di jagakarsa.

terimakasih dokter atas penjelasanya

miko

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

maaf bu.. saya mau tanya ,, kenapa di kententaraan varikokel tidak boleh masuk bu...
mohon penjelsannya ya bu...

 
, Blogger rapibetuah wrote ...

terims bu dokter...
blog ini sangat membantu saya,karena saya sangat bingung dengan varikokel saya,setelah membaca blog ini saya jadi tau,apa yang mesti saya lakukan dengan varikokel saya...
sekali lagi terima kasih..

 
, Blogger rapibetuah wrote ...

terimakasih banyak bu dokter...
blog ini sangat membantu saya..
sudah lama saya bingung dengan varikokel saya,sekarang saya jadi tau langkah apa yang mesti saya ambil untuk mengatasi varikokel saya..
sekali lagi saya ucapkan terima kasih..

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Siang dok..semoga dokter selalu dilindungi oleh yang Maha Kuasa,...dok..sy pernah mendengar terapy embolisasi varikokel, apa itu sudah ada di Indonesia, tks

 
, Blogger raidermen wrote ...

mlm dok....
saya f usia 23 th
saya mw naya dok klw testis kemeng itu udh pasti gejala varikokel apa?
saya wktu usia 20 th ikut tes polisi/TNI saya dikatakan panitianya varikokel tp saya dulu gk ada menunjukan gejala testis kemeng krna saya berambisi msk TNI saya lngsng operasi tnpa pikir panjang tp skr stl postop malah menujukan gejala2 itu,apakah varikokel itu dpt mencul kmbl wlpun saya adh operasi dok?
ada gk obat altrernatif selain operasi krna saya msh mw ikut tes TNI lg. tolong yadik bantu saya mencari jalan terbaiknya?
sblmnya terima kasih dok.

 
, Blogger umar wrote ...

pagi Bu Dokter,
maaf saya mau nanya?
dua minggu yang lalu saya hbis operasi varicocele luka udah kering
tapi saluran vasdeferens kok sampai sekarang kaku kayak tersumbat dan entah terisi cairan /gas sehingga bengkak dan nyeri apakah ini kelainan atau gmn Dok.makasi

 
, Anonymous Dimas Dwiki wrote ...

pagi bu, saya mau tanya masalah operasi varikokel nih bu. setelah varikokel dioperasi tersebut apakah tidak boleh melakukan aktivitas berat seperti olahraga atau semacamnya, karena saya ingin melakukan operasi untuk pendaftaran akabri.
terimakasih atas bantuannya

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Dok..saya juga punya gejala yang sama..ad semacam penyumbatan di saluran vas deferens smpai ke testis..dan ini sudah berlangsung sejak saya masih SMP..tapi tidak menunjukan gejala atau rasa sakit apapun..baik gejala kanker testis ataupun varikokel..hanya saja ada semacam gumpalan cacing di atas testis..

Apakah itu kanker testis atau varikokel??krn saya sangat takut itu mempengaruhi hidup saya..

Mohon jawabanny dok..dan solusi untuk tes yang tidak terlalu mahal, mohon rekomendasi, saya tinggal di jakarta timur..ini email saya Rheza_29@yahoo.co.id trimakasih n mhon cpat di balas..

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Siang bu dokter,
suami saya juni lalu (3 bln yg lalu) operasi varikokel slbh kiri. kata dokter operasinya lancar dan ud smbuh total. nmn rasa sktnya masi ada sdkt2 hingga kmaren merasakan skt lg spt sblm operasi dulu dsblh kanan. mohon sarannya dok. trims

 
, Blogger Bambang Berdi wrote ...

Bambang Berdi
Dokter saya menderita verikokel grade 3/4, tetapi oleh dokter Bedah urology ( Dr. Trisula di Jogjakarta) beliau berpendapat tidak setuju dengan tindakan operasi karena ada beberapa efek samping dari tindakan operasi tsb.
Pertanyaan saya : Apakah saya mengikuti saran Dr. Trisula atau saya harus pindah dokter Bedah Urology yang lain? karena indikasi operasi kan ada

 
, Blogger djoen wrote ...

Terimakasih infonya dok,

Untuk tindakan pre dan pasca operasi varikokel apa saja yang perlu diperhatikan dok?berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk bisa beraktivitas normal lagi?

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Berapa lama masa recovery sperma untuk kembali normal pasca operasi varicocle?

 
, Blogger M. Arif Junianto,SP wrote ...

malam bu dokter...
Saya telah menikah selama 2,5 thn dan belum dikarunia keturunan. awal tahun kami mencoba konsultasi ke dokter. Setelah pemeriksaan, diketahui bahwa saya menderita varicocel ringan dan saya jarang sakit seh....diketahui bahwa aglutinasi positif...hasilnya normozoospremia
disarankan untuk operasi varicocele agar sperma dapat bergerak normal & sehat.
apakah lebih baik di operasi varicocele ?
Mohon saran & masukannya.. terima kasih

 
, Blogger wahyudi blog wrote ...

bgaimana cara mngetahui apah kta mndrita varikokel apa tidak dok,,??
tnpa harus cek k dokter

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

almat mlm bu dokter??
saya sepertinya terkena varikokel!!
tp saya blum periksa k dokter, kira klo biaya operasi nya berapa y bu! tru ad efek samping g bu! trus klo dibiarin dulu tanpa pengobatan awal gimana bu!

terima kasih atas jawabannya

 
, Blogger eva wrote ...

dok...saya mohon tolong saya... saya menikah 1thn 5bln tapi belum juga di karuniai anak...suami telah menjalani tes sperma dan hasilnya nol tidak ada sel sperma dalam air maninya...apakah suami saya terkena fericocel?? dan apa cirinya karna suami saya tidak merasakan ada keanehan pada buah jakarnya hanya saja memang suami saya selalu pergi kerja dengan motor gede/tandernya apakah itu berpengaruh...? tolong saya dok...dan apakah operasi itu mahal kira2 bisa habis berpa tolong informasinya dok agar saya bisa menabung karna melihat suami saya yg hanya sopir...mungkin saya bisa menabung

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Selamat siang dok,
Maaf dok,suami saya wkt itu pernah d periksa sperma dan hasilnya 0 terus saya dan suami saya konsul k dr Agus Mulyono dan dinyatakan verikokel dan d sarankan untuk operasi>>yang saya tanyakan apakah pd operasi verikokel ada efek sampingnya seperti bisa jadi infoten atau keluhan lainnya soalnya suami saya kerja di pelayaran dok yg kerja beban berat dan apakah setelah hasil operasi akan m'dapatkan hasil sperma yg lbh baik dan kembali normal menjadi subur.
Terimakasih dok...saya tunggu jawabannya..

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Malam buk, saya tw varikokel karena saya mengikuti tes kesehatan ipdn, tetapi dokter tersebut tidak mmberitahukan apakah sudah stadium3/4, apabila tidak di oprasi 1 tahun kedepan apakah akan berdmpak ke yang lainnya buk?
Dan setelah oprasi apakh saya bisa untuk beban berat separti latihan samapta?

 
, Blogger arisetiaardi wrote ...

malam bu dokter.
saya mau naya ciri2 varikokel ringan gmn?
sayakan udah di vonis varikokel ringan ama dokter nah saya cari alternatif lain selain operasi nah setelah saya coba katanya dlm 3 hari udah sembuh nah saya ingin mengetahui udah sembuh apa belum.
mohon bantuannya ya bu dokter. :)
makasih bu dokter. :)

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Sore bu dokter, saya seorang remaja bernama angga berumur 17 tahun, kira-kira 3 minggu lalu saya sudah selesai menjalankan operasi varikokel, yang saya tanyakan kapan saya boleh berolah raga seperti main sepak bola dan sebagiannya. Mohon bantuan nasehatnya. dikirm saja ke email saya bu dokter.
ankga_22@yahoo.com
Terima kasih.

 
, Anonymous rai wrote ...

salam kenal bu dokter,
saya mau menanyakan di buah jakar sebelah kanan saya terjadi benjolan kecil, kenapa itu ya dok?
dalam beberapa tahun ini saya ngerasa linu tapi sembuh lagi, terakhir kerasa 1 minggu yang lalu,
apakah itu penyakitnya sudah buruk atau masih ringan dok?
untuk mengobatinya bagaimana ya dok?
terimakasih banyak, mohon jawabanya,

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

perkenalkan arif jogja,

Saya sudah menikah 1,8thn namun belum dikarunai keturunan.Saya sudah ke androlog, dan langsung analisa sperma, hasilnya tidak bagus, dgn kesimpulan:normozoospremia
dan detailnya adlh:
Konsentrasi: 61,6juta/ml
Motilitas:50% grade 3 dan 2
Morfologi bentuk ideal : 87%
pergerakan : 20/30/20/30% grade 3/2/1/0

dan melalui pemeriksaan fisik, saya didiagnosa memiliki verikokel di testis sebelah kiri, dan dokter memberi saran untuk segera dioperasi.

Apakah solusinya agar sperma bisa membaik, saya memang harus tetap dioperasi dl dok?

Mohon sarannya dok.. Terimakasih sebelumnya

Balas

 
, Blogger evy_ariska wrote ...

Salam bu dokter,,

suami saya kena varicocel.. yg saya liat, varicocele banyak menyerang rentang umur 18-27 tahun,dan rata2 mereka tdk menyadari karena tdk ada gejala atau tanda2 yang terjadi.

1.apa yg bisa dilakukan untuk mencegah varicocele?
2. jika sdh terkena varicocel,apa opsi yang bisa dilakukan?selain operasi.

terimakasih atas jawabannya dok.

 
, Blogger catur wrote ...

Salam Kenal Bu Dokter,
Saya baru saja ops varicocele, kanan kiri dinyatakan varicocele, tetapi sebelumnya saya ada history Operasi Hernia di sebelah kanan. setelah operasi varicocele saya merasakan hernia saya membesar.
Apakah ada hubungan Dok? antara varicocele dengan Herni

 
, Blogger akhmad diqiyah wrote ...

bu dokter saya berusia 20tahun waktu saya main sepak bola tiba2 di bagian buah zangkar saya terasa nyeri..setelah saya istirahat selama 4 hari/tidak bermain sepak bola lagi rasa nyeri itu hilang dan lalu saya melakukan aktifitas saya seperti biasa bermain sepak bola dan rasa nyeri itu kembali lagi setelah saya periksa ke dokter kata nya saya terkena penyakit varikokel rasa nyeri saya terasa saat olahraga dan berjalan bungkuk kalau lagi jalan seperti biasa tidak terasa rasa nyeri. rasa nyeri yang saya rasakan sudah 2bulan...dan dokter cuma mengasikan obat PONSTAN ASAM MEFENAMAT.
SARAN BU DOKTER APAKAN PENYAKIT VARIKOKEL SAYA HARUS DI OPERASI DOK??
JUJUR BU.DOKTER SAYA SANGAT FRUSTASI DENGAN PENYAKIT INI KARENA TIDAK OLAHRAGA SECARA MAKSIMAL DAN PENYAKIT INI KATA NYA BISA BIKIN KEMANDULAN PADA LELAKI.

 
, Blogger bayu wijaya wrote ...

Dear dokter,

Saya bayu pria berusia 25 thn...saya suka merasakan panas disekitar paha sebelah kanan jika duduk terlalu lama,apakah ada kaitannya dengan penyakit varikokel karena testis bagian kanan saya lebih besar dan bagian kiri turun kebawah...trim's ya dok.

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

dear bu dokter
saya sudah 2 tahun menderita spermatokel dan varikokel.pertanyaan saya pada ibu:
1.dibagian mana sayatan dibuat untuk operasi keduanya (untuk spermatokel dimana dan varikokel dimana?)
2.saya sering mengalami perut bagian bawah saya seperti tertarik dan bagian bokong saya terasa pegal,apakah itu pengaruh dari varikokel dan spermatokel tadi.
sebelumnya atas jawabannya saya ucapkan terima kasih dok.

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

bu dokter,, aq juga ad varikokel di zakar saya, terasa ad gumpalan usus,, tapi saya tidak brani periksa, karna malu,, apa ad cara lain sembuhin dok

 
, Blogger Fathul Huda Sufnawan wrote ...

saya didiagnosa menderita varicookel grade 3, dan sudah bertahun-tahun lebih dari 5 tahun , apakah jika dioperasi sekarang rencananya bulan april 2013 ini mau coba operasi, kira2 apakah sudah terlambat atau belum ya bu,
?
hudaf_01@yahoo.com

 
, Anonymous AA wrote ...

Sore Bu Dokter. Saya mau menanyakan 2 pertanyaan:
1) Pemeriksaan infertilitas baiknya dilakukan brp bulan setelah pernikahan? (jika istri belum hamil juga stelah rutin berhub intim)

2) Jika terkena varikokel. Berapa biaya operasinya. Mhon kasih tau nilai nominalnya di RS yang ibu tau (buat perkiraan)

Terima Kasih banyak :)

 
, Blogger Erry_Collection wrote ...

salam kenal bu dokter,
saya mau tanya gejala varikokel itu seperti apa?
papa saya mengalami masalah pada testis nya, seperti ada otot otot yang tak beraturan, dan disertai rasa sakit, tapi kalau di buat berbaring otot otot itu hilang dan rasa sakit nya pun berkurang, apa varikokel. saya baca dari berbagai sumber kalau varikokel bisa mempengaruhi produksi sperma dan menyebabkan kemandulan, tapi kalau untuk papa saya sepertinya itu tidak masalah karna papa saya sudah memiliki 5 org anak dan usia papa saya sudah lumayan tua. apa papa saya masih harus operasi, kalau tidak di operasi apa bahaya nya. trima kasih.

 
, Anonymous Doni wrote ...

Sore bu dokter,
mau tnya dok, kalau hasil sperma nya normal tpi ada varikokel itu apa harus di operasi juga dok?

 
, Blogger nurriani utami wrote ...

malam dokter ,
saya ingin menanyakan tentang penyakit saya vare kokel dan itu sudah 5 hari di oprasi dan ternyata ada pembengkan pada testis maupun penisnya itu hal yg wajar apa tidak ya ? makasih

 
, Blogger risky yusroni wrote ...

pagi bu dokter
saya mau nanya nihhh tentang varikokel , d'kantung sebelah kiri saya bila saya raba ada seperti urat tapi tidak terasa sakit sama sekali saya takut sekali terkena varikokel , apakah itu sudah terjangkit bu . ?

saya takut jika cita'' saya menjadi TNI tida tercapai gara' penyakit ini

 
, Anonymous joni wrote ...

Halo dokter, saya baru aja operasi varikokel kiri 2 minggu yang lalu, sekarang testis sebelah kiri saya bengkak dan kadang masih nyeri. Selain itu sperma yang keluar sedikit sekali. Apakah itu wajar dok? Atau operasinya tidak sukses? Mohon dibalas, terima kasih.

 

Post a Comment

<< Home