8.22.2007

LIPOMA - BENJOLAN LEMAK
Umum dijumpai, termasuk tumor jinak yang berasal dari jaringan lemak. Benjolan lunak, berwarna kuning terang dan disekelilingi oleh kapsul yang tipis. Umumnya dapat digerakkan dari dasar dan tidak disertai nyeri. (nyeri timbul jika lipoma di tekan dan di pijat). Pertumbuhannya lambat dan tidak pernah mengalami perubahan menjadi ganas (meskipun type tumor ganas liposarkoma juga berasal dari jaringan lemak). Kebanyakan berukuran kecil meskipun dapat membesar dengan diameter lebih dari 6 cm. Ada beberapa macam lipoma yang dijumpai, seperti tipe Subkutaneus superfisial. ,Deep intramuscular, Spindle cell lipoma, Angiolipoma benign lipoblastoma, Lumbosacral lipoma, Diffuse lipomatosis, Lipoma of tendon sheath, nerves, synovium, periosteum, lumbosacral area atau tempat lain yang letaknya lebih dalam / deeper seperti pada jantung, otak dan paru-paru. Lipoma timbul tidak selalu karena faktor keturunan, meskipun bisa tampak seperti multipel lipomatosis herediter. Beberapa dokter percaya bahwa timbulnya lipoma biasanya dipicu dengan trauma kecil pada daerah ybs (minor injury). Tidak ada korelasi antara pertumbuhan lipoma dengan kelebihan BB (over weight) Biasanya tidak memerlukan pengobatan, kecuali jika menimbulkan rasa nyeri, mengganggu pergerakan dan secara kosmetik memberikan rasa tidak nyaman. Jika kapsul tidak secara keseluruhan terangkat, Kadang-kadang setelah pembedahan lipoma dapat timbul kembali (angka kekambuhan kurang dari 5 %). Lipoma dapat diambil dengan cara pembedahan (eksisi), atau liposuction. Liposuction biasanya diperuntukkan untuk lipoma ukuran besar. Menghasilkan bekas sayatan luka operasi yang minimal / sangat kecil tapi tidak dapat mengangkat keseluruhan kapsul lipoma sehingga dapat menyebabkan kekambuhan (lipoma tumbuh kembali). SETELAH OPERASI 1. Rasa nyeri akan timbul untuk beberapa hari. Tergantung banyak hal misalnya lokasi lipoma, ukuran lipoma, keadaan umum pasien secara keseluruhan. 2. Luka tidak boleh kena air minimal 7 hari (bisa lebih lama tergantung proses operasi yang dilakukan – Dokter akan menjelaskan) 3. Pada lipoma yang cukup besar dan letaknya dalam diperlukan pemasangan drain / selang pada luka operasi untuk mengalirkan sisa-sisa bekuan darah post op. Drain/selang akan dicabut oleh dokter. 4. Pencegahan agar tidak terjadi infeksi luka operasi, jaga agar kondisi luka tetap kering. Minum obat yang diberikan Dokter teratur, kontrol luka untuk ganti verband ke poli Bedah. 5. Daerah yang di lakukan operasi tetap mobilisasi / melakukan aktifitas seperti biasa, jika terjadi pengecualian dari hal-hal diatas Dokter akan menjelaskan.
Ada yang ingin berbagi soal Lipoma ?

191 komentar

, Blogger Inong wrote ...

Selamat pagi bu lakshmi...
gak nyangka saia menemukan ibu disini :) tanpa sengaja, saat browsing about lipoma.
Saia inong, PPDS anak undip. Satu almamater :)
Semoga ibu masih mengingat diriku.
ibu cantik... saia boleh konsul pribadi tak?
Bisa kontek ibu dimana? email/hape?

Saia tunggu

Best regards,

inongzain@yahoo.com

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Pagi juga Inong .. senang bisa ketemu temen se almamater , cuma sayang nih agak lupa2 dikit maklum kita ga sama2 sebagian ya .. tapi kalau ketemuan pasti saya ingat.
Lebih enak ngobrol di jalur lain saja ya, ini email saya lakshminawasasi@centrin.net.id
salam,
lakshmi
081 310 166 750

 
, Blogger yossy hamdan wrote ...

dok,slm kenal yah, sy mo nanya2 di email aja yah..tq

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

dear Bu Yossy,
Tanya lewat blog aja (dg catatan, kalau pertanyaannya ga begitu pribadi), kan bisa dibaca sama yang lain, mungkin ada gunanya :)
Salam kenal juga ya, terimakasih sdh mampir di blog saya,
salam,

 
, Blogger dinda wrote ...

dear dr lakshmi,
dok, pasien dgn luka ditangan kiri yg dokter operasi di RS Mitra Bekasi Timur 12 hari lalu mengeluh kesakitan dgn jeda waktu menit demi menit, setiap hari, sakitnya bukan di bekas jahitan operasi katanya, tapi sepanjang pangkal tangan, katanya rasa sakitnya itu membingungkan...entah di otot atau di tulang, jika rasa sakit itu datang, sekujur tubuh ikut terasa sakit....apa efek penyembuhannya memang spt ini?
insya allah rabu besok pasien check up lagi, perlu pain killer ga dok? trus benang jahitnya kapan dibuka dok? tidak pakai disuntik kan? hehehe..dokter tau kan si pasien penakut banget sama suntikan ;)
saya tunggu kabarnya ya dok, terima kasih.

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

dear Bu Dinda,
Ini dengan istri atau anak atau saudara pasien ? Kalau tidak salah pasien ini yang mengalami luka potong ya ? Yang tiba di UGD dengan darah yang mengucur mancur keluar ? Kerusakan yang terjadi pada saat itu tendo putus, pembuluh darah juga putus dan disertai dengan kerusakan otot yang cukup luas. Setelah di operasi - debridement disertai repair tendo dan suturing luka potong yang cukup luas kadangkala akan ada efek seperti itu, mobilisasi tangan saja seperti biasa. Hari rabu silahkan datang untuk angkat jahitan. Mudah-mudahan semuanya berjalan baik-baik saja ya ...
Hati-hati jika beraktifitas jangan sampai terjadi "kecelakaan" seperti itu lagi :)
Salam,

 
, Blogger G-NoX wrote ...

kasus yang sering dijumpai, makasih dok artikelnya.
salam kenal dokter lakshmi

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Salam kenal juga g-nox,
Terimakasih

 
, Blogger G-NoX wrote ...

siang dok, maaf out off topik. mau konsultasi (saran dan Kritikan yang pedes) pengembangan direktori kesehatan indonesia yang baru saya buat. tujuannya agar blognya dokter, paramedis dan mahasiswa dapat terkumpul dan tertata dengan baik
ini alamatnya dok: http://direktori.ilmukedokteran.net
Jangan lupa sekalian di submit web dokter
terima kasih

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Dear Elias,
Wah situs yang amat sangat menarik dan bagus lho ...
Sudah saya cantumkan dalam blog saya ...
Thanks buat tambahan informasinya.
salam,

 
, Blogger dr Rudy Dewantara wrote ...

Menurut dokter, kapan seorang dokter umum "tidak boleh" menangani kasus lipom (melakukan tindakan)?

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Dear TS Dr.Rudy,
Jika ditanya berdasarkan aturan-aturan yang mungkin ada yang dibuat oleh organisasi profesi spt IDI atau mungkin oleh PABI atau IKABI, terus terang saya belum mengetahuinya.
Prinsipnya menurut saya jika lipoma yang dikerjakan cukup membutuhkan anestesi lokal dengan infiltrasi sekitar tumor (bukan dengan blok nerve) maka seharusnya dokter umum juga boleh mengerjakan. Tapi jika sudah membutuhkan anestesi umum, tentu saja lokasi tumor pasti sudah berada dalam daerah yang memerlukan "kehati-hatian" dalam pengerjaannya karena akan melibatkan struktur2 penting disekitarnya atau ukuran yang sudah cukup besar dan letaknya agak dalam.
Saya pikir mungkin hal spt itu yang jadi pertimbangan.
Salam,

 
, Blogger rex wrote ...

Siang Dok,

Dok pada tahun 1993 saya pernah dioperasi pengangkatan lipoma (kayaknya)di punggung, trus brapa tahun belakang ini tumbuh lagi di punggung tapi posisinya beda dgn diameter kira2 1 - 1,5cm, tapi sekitar 20an desember kemarin mulai sakit dan agak bengkak juga kemerahan, sekarang sudah berkurang sakitnya tapi masih merah dan diameter sekitar 2,5 - 3cm, apa yang harus saya lakukan donk?

Salam,
Yudi

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Selamat siang juga Pak Yudi,
Karena tidak melihat sendiri benjolannya, saya tidak bisa memastikan benjolan apa yang dialami Bapak.
Mungkin lipoma (lagi) atau kista ateroma yang terinfeksi / ada abses - nanah didalamnya atau hal lain.
Coba tanyakan lagi pada Dokter Bedah terdekat, bisa jadi tindakannya hanya konbservatif / non operatif atau harus memerlukan tindakan operasi lagi.
Jika masih kurang jelas, setelah menghubungi Dokter Bedah, Anda bisa cerita-cerita lagi disini.
Semoga jawaban saya bisa membantu ya
Salam,

 
, Blogger rex wrote ...

Memang benjolan terdahulu dan yang sekarang ini ada bau nanahnya gitu dok.

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Dear Pak Yudi,
Wah kalau sudah ada bau nanahnya berarti kemungkinan ada infeksi / nanah / abses didalamnya.
Segera ke dokter bedah saja untuk diperiksa dan (mungkin) dikeluarkan nanahnya sesegera mungkin.
Salam,

 
, Blogger blue_taz wrote ...

Selamat pagi dok,
salam kenal..
terima kasih atas artikel tentang lipomanya, dari lahir saya punya benjolan di perut sebelah kanan saya, saya baru tahu klo itu adalah lipoma setelah saya baca artikel dokter, sebelumnya saya berpikir ini semacam tumor dan kemungkinan bisa menjadi kanker.
Sebenarnya benjolan ini tidak mengganggu walaupun benjolannya cukup besar menurut saya,tetapi karena posisinya berada di perut sebelah kanan, saya jadi khawatir ini akan berpengaruh kepada saya jika saya nanti hamil.
Dok, apakah ada cara lain untuk mengobati lipoma selain melakukan operasi mengingat biaya operasi itu cukup mahal?

Salam
Nia

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Dear Nia,
Coba konsultasikan ke Dokter Bedah terdekat terlebih dahulu, jika memang benjolan yang Nia maksud memang betul lipoma dan ada indikasi untuk dilakukan operasi / eksisi maka saran saya lakukan operasi saja.
Jika persoalannya masalah biaya, Nia bisa menghubungi RS pemerintah terdekat, tanyakan prosedur untuk biaya operasi jika memang (maaf) sangat terlalu mahal untuk Nia, staf RS pemerintah akan menjelaskan prosedur untuk membuat SKTM (surat keterangan tidak mampu), dan setelah ada SKTM maka operasi dapat dilakukan tanpa pembebanan biaya.
Semoga jawaban saya bisa membantu ya.
Mohon maaf jika ada kalimat yang tidak berkenan.
Jika kurang jelas boleh hubungi email saya atau telfon di 081 310 166 750.
Salam,

 
, Blogger Marisa Sarah wrote ...

Sore....salam kenal bu lakshmi
Dok sy punya anak perempuan umur 4th dgn berat badan 24 kg.
Saat ini terdpt benjolan di paha sblh kiri tanpa batasan yang jelas.
Sempat di lakukan Biopsi & MRI, hsl dr BIOPSI - LIPOFIBROMA dan hsl dari MRI - NEOFIBROMA.
Saya jadi bingung dok, sbtlnya hasil yg lbh akurat yg mana BIOPSI atau MRI?
Kemungkinan awal bulan depan akan dilakukan operasi utk mengetahui lbh jelas.
Saya tunggu infonya dari bu Lakshmi.

Regards, Marisa (icha.sarah@yahoo.com or icha.sarah@gmail.com)

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Ibu Marisa,
Yang akurat adalah hasil biopsi.
salam,

 
, Blogger Irfan wrote ...

Pagi! Salam kenal, dok!
Saya sudah dari kecil memiliki benjolan lemak seperti ini.
Ayah saya pun memiliki benjolan seperti ini.
Menurut dokter-anak saya dulu, itu hanya benjolan lemak & jika tdk mengganggu tdk perlu dioperasi.
Saat ini, benjolan lemak seperti itu semakin bertambah (tumbuh di tempat2 yg sebelumnya tdk ada) dan saya sudah merasa terganggu.

Menurut dokter, Apakah sebaiknya saya melakukan operasi? Dan apakah operasinya bisa dilakukan thd semua benjolan lemak ditubuh saya atau yg paling megganggu saja? (ket: Jumlah benjolan lemak yg saya miliki lebih dr 5 buah)
Mengapa benjolan lemak itu bisa bertambah? Apakah karena faktor kegemukan? Dan apa yg hrs saya lakukan utk mencegahnya bertambah lagi?
Umur saya saat ini 23 thn, tinggi 167 cm, massa 87 kg, saya memang tergolong gemuk.

Sebelumnya saya haturkan banyak terima kasih.

Salam,

Irfan S

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Pak Irfan,
Namanya lipomatosis, sepertinya tidak ada hubungannya dengan kegemukan.
Banyak pasien yang kurus tapi lipomanya lebih dari 10 buah !
Saran saya di lakukan operasi saja di RS terdekat.
Benjolan bisa dilakukan PA jika memang secara makroskopis bukan lipoma.
salam,

 
, Blogger Irfan wrote ...

Terima kasih banyak untuk penjelasannya, dokter Lakshmi!
Tapi, saya kurang paham yg dimaksud dg "PA"?

lakshmi nawasai said, "Benjolan bisa dilakukan PA jika memang secara makroskopis bukan lipoma."

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Pak Irfan,
PA itu patologi anatomi, pemeriksaan yang dilakukan terhadap jaringan tumor yang diambil, untuk melihat sifat jaringan jinak atau sebaliknya.
salam,

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Pak Irfan,
PA itu patologi anatomi, pemeriksaan yang dilakukan terhadap jaringan tumor yang diambil, untuk melihat sifat jaringan jinak atau sebaliknya.
salam,

 
, Blogger Wiken wrote ...

Hallo Dok, salam kenal,
Saya pernah menjalani operasi pengangkatan lipoma pada awal Mei lalu. Operasinya berjalan lancar (saat itu diameter lipomanya +/- 5cm) hasil PA juga menyatakan bahwa itu bersifat jinak, meskipun ada abses nanah (karena jaringannya rusak) dan sempat dipasang drain.
Beberapa hari ini (start 4 hari lalu) pada luka bekas jahitan (dipinggir) ada seperti nanah yang timbul (+/- panjangnya 1cm). Sudah saya beri bubuk antibiotik yang pernah diresepkan tapi tetap saja tidak hilang. Dua hari ini mulai ada rembesan seperti saat pertama selesai di operasi. Saat ini saya belum sempat menemui dokter bedah saya yang dulu untuk konsultasi. Jadi mohon saran & masukannya dari dokter mengenai kondisi saya ini.
Apakah ini berbahaya atau bagaimana.

Terima kasih sebelumnya,
Wiken

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Halo Wiken, salam kenal kembali

Pada luka op yang basah saya kurang setuju diberikan bubuk antibiotik. Kalau saya biasanya saya rawat dengan kompres betadin/hemolok berulang, nanti luka yang basah(bernanah) tadi akan kering dan menutup.

Kalau sekarang masih ada rembesan, pastikan dulu bahwa luka operasinya tidak perlu di jahit kembali.
Jika tidak perlu dijahit, bersihkan lukanya, tekan supaya nanah2 nya keluar semua kemudian kompres dengan betadin / hemolok.
Kalau lukanya harus dijahit dan harus perlu dilakukan debridement / pembersihan dan pemotongan jaringan mati, maka lakukan debridement kmdn di jahit terlebih dahulu, baru setelah itu kompres berulang dengan kasa betadin/hemolok.

Cukup serius jika luka infeksinya agak dalam dan banyak jaringan mati yang harus dibersihkan.
Tapi kalau hanya permukaan luar saja, biasanya cukup dengan cuci bersih diakhiri dengan kompres betadin/hemolok.
Saran saya coba konsultasikan kembali pada dokter bedah yang mengoperasi, biar dilihat kondisi lukanya.
Operasinya dimana dan dg dr siapa ?
salam,

 
, Blogger MErrytaRiyadi wrote ...

Dokter Laksmi, thx untuk informasinya.Saya tadii malam baru konsul ke dr Chasanah ttg benjolan di dagu saya, dan ternyata dr biang itu adalah Lipoma berdiameter 2 cm,dan sebaiknya segera diangkat.Sore ini saya akan kembali ke dr tapi kali ini ke dr Maria djatmoko untuk kembali memastikan Lipoma trsb.Cuma hal yg mengganggu buat saya adl pernyataan dr Chasanah td mlm, beliau mengatakan bhw lipoma ini akan di cek keganasannya stl diangkat nanti.Jujur saja saya jadi panik dan takut.Saya jadi ingin sekali mengetahui apakah lipoma memang berpotensi ganas?Please beri jawabannya dok...Thx b4 neh dok atas jawabannya,btw boleh saya link ya blog-nya?

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Merry,
dr Chasanah dan dr Maria Djatmoko itu dokter Bedah di RS mana ?
Lipoma adalah tumor jinak.
Mudah-mudahan jawaban saya bisa membantu ya ..
salam,

 
, Blogger korando wrote ...

Selamat pagi bu Lakshmi.
Dok sejak bbrp bulan lalu (saya tdk tahu kpn pastinya) dipunggung kanan saya ada benjolan kecil yg bila diraba agak keras (tp tdk terlalu keras) dan tdk sakit. Kalau dilihat dari kaca warna kulit disekitar benjolan sedikit agak gelap. Lalu belakangan ini ada juga benjolan2 kecil yg timbul di ketiak kanan saya. Kalau diraba sepertinya otot. Tapi awal2 timbul benjolan ada rasa sedikit nyeri dan kulit memerah, dan bila benjolan tersebut dipegang/ditekan sedikit sakit. Tapi lama2 benjolan di ketiak tersebut hilang dgn sendirinya, namun terkadang berpindah tempat dgn gejala yg sama dan masih didaerah ketiak juga.
1)Apakah benjolan2 itu (baik yg di punggung maupun yg di ketiak)? apakah berbahaya?
2)Apakah benjolan2 diketiak tsb ada hubungannya (dikarenakan) benjolan di punggung tsb?
3)Apabila saya mau periksa ke dokter, saya harus ke dokter bagian apa?
Mohon penjelasannya.
Terima kasih,
Wassalam.

Ando

 
, Blogger fathyashafa wrote ...

siang dok,seneng banget aq bisa konsul disini..
begini dok,waktu aq hamil anak 1 (skrn pun mash 1)aq ngerasain nyeri didaerah pusar sakit banget tp aq diamkan aja..dan stelah aq melahirkan secara caesar masalh itu timbul pusar aq mendadak jadi seperti 'bodong' kemudian aq konsul ke dokter kandungan beliau bilang kalo itu ada lemak sebesar 3 cm nyasar masuk ke pusar aq dan katanya lg itu lipoma..yg aq mau tnyain apa benar itu lipoma karna sampai saat ini aq belum konsul lg ke dokter..sebelumnya makasih banyak,dok...

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Ando,
1)Untuk lebih jelasnya memang harus dilakukan pemeriksaan.
Kalau berbahaya mungkin tidak ya, karena benjolan yang diketiak sudah menghilang kan ?
yang dipunggung mungkin bisa jadi kista aterom.
2)sepertinya tidak ada hubungannya
3)ke dokter bedah saja
wass,

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Bu Fathya,
Untuk lebih jelas harus di periksa Bu.
Bisa jadi itu adalah suatu lipoma seperti dokter kandungan Ibu bilang tapi saya kok cenderung ke hernia umbilikalis ya?
Mohon maaf tidak banyak bisa membantu ya Bu,
salam,

 
, Blogger apapunmaumu wrote ...

sore Ibu dokter Lakshmi :)

siang tadi(12:30-16/10/08) saya baru dioperasi pengangkatan lipoma di kaki sebelah kiri dekat jempol. benjolannya sebesar biji jagung. menurut dokter yang bedah saya dianjurkan untuk mengurangi aktifitas fisik yang berlebihan. saya sekarang berumur 23 thn dan sudah mulai ngegym sejak 18thn. ada kiat2 atau pola2 tertentu yang harus dijaga agar tidak terjangkit penyakit seperti ini lagi ? dan apakah betul aktifitas fisik yang berlebihan dapat menyebabkan lipoma ?

terima kasih

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Sore "apapunmaumu"
Jika memang betul diagnosa nya adalah suatu lipoma.
Rasanya tidak ada pengaruhnya dengan aktifitas fisik.
Artinya aktifitas fisik yang berlebihan bukan penyebab timbulnya lipoma.
Mudah-mudahan jawaban saya bisa membantu ya ..
salam,

 
, Blogger sadnes wrote ...

dear dok,
saya gadis berusia 21 tahun, sekitar satu tahun lalu saya menemukan benjolan di dekat puting saya.
lebarnya sekitar 2 cm.
setelah memeriksakannya, ternyata menurut dokter itu lipom. kemudian setelah itu, saya mengoperasi lipom tersebut. alhamdulillah berhasil.
tapi, beberapa bulan yang lalu lipom itu muncul lagi, dan makin besar, sekarang lebarnya sudah sekitar 3 cm.
yang ingin saya tanyakan adalah, apa yang menyebabkan lipom itu muncul kembali? apakah ada pencegahannya? apakah saya perlu mengoperasi lipom itu kembali?
apakah ada obat2an untuk mencegah munculnya lipom lagi?
mohon bantuannya,
makasi sebelumnyat

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

dear "sadnes"
apakah benar yang dioperasi itu adalah lipoma ?
kalau memang benar, biasanya setelah dioperasi jarang timbul lagi.
Waktu itu operasi dimana ? dengan dr siapa ?
Jika memang benar lipoma, biasanya tidak berbahaya.
Tidak dioperasipun tidak papa.
Demikian "sadnes"
Semoga jawaban saya bisa membantu ya
salam,

 
, Blogger Risxa wrote ...

Hallo dok, sy pria brumur 24th. Diketiak kanan sy ada semacam benjolan kecil sperti kapsul dgn pnjang sktr 2-3cm, mulany tidak nyeri tp baru bbrapa hr ini koq jd nyeri sekali, mnjadi agk kemerahan dan mengganggu prgerakan tgn kanan sy (apalg jg tgn di rapatkan dgn badan), smpai sy mgetik pesan ini pun msh trasa sakit..
Yg ingin sy tny apakah ini lipoma atau apa, brbahaya atw tidak, jika hrs doperasi brp kr2 biayany..
Thank's b4, mengingat benjolan ini sgt menggangu jd mhön pencerahan scepatnya..
Btw, jk diatas nmr ibu lakhsmi apa blh sy sms...?

 
, Blogger Risxa wrote ...

Hallo dok, sy pria brumur 24th. Diketiak kanan sy ada semacam benjolan kecil sperti kapsul dgn pnjang sktr 2-3cm, mulany tidak nyeri tp baru bbrapa hr ini koq jd nyeri sekali, mnjadi agk kemerahan dan mengganggu prgerakan tgn kanan sy (apalg jg tgn di rapatkan dgn badan), smpai sy mgetik pesan ini pun msh trasa sakit..
Yg ingin sy tny apakah ini lipoma atau apa, brbahaya atw tidak, jika hrs doperasi brp kr2 biayany..
Thank's b4, mengingat benjolan ini sgt menggangu jd mhön pencerahan scepatnya..
Btw, jk diatas nmr ibu lakhsmi apa blh sy sms...?

 
, Anonymous Andi wrote ...

Dokter Lakshmi,
di dagunya saya ada benjolan kecil sebesar 3 mm, spt jerawat batu, saya pencet-pencet keluar lemak putih tp blm sampai keluar semua, krn sdh merasa sakit.
sekarang jadi bengkak . apakah berbahaya?membesar berdiameter 1,5 cm. dan kemerahan sdh sebulan blm kempes. saat ini diobati dgn ichtiyol saja. Mohon advice nya. Terimakasih sebelumnya.

 
, Blogger Engi wrote ...

Dear Dr Lakshmi,
Sekitar Juni 2008 lalu saya menemukan benjolan di payudara saya. Setelah di USG ternyata didiagnosa ada tumor yg cenderung jinak. Saya takut untuk operasi, makanya sampe sekarang cuma konsumsi obat herbal. Hasilnya mengecil tp tidak signifikan.
Sekitar 3 bulan lalu muncul benjolan lain di betis saya, kata dokter di prsh tmpat saya bekerja itu adalah lipoma. Sedangkan di payudara saya adalah FAM. Saya takut dok, kenapa ada dua jenis tumor yang berbeda sekaligus di tubuh saya? Saya ingin operasi dua2 nya secepatnya. apakah itu berbahaya dok?
Terima kasih atas jawabannya:)

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Hallo Risxa,

Nyeri, berarti infeksi - radang ya ?
Jarang lipoma yang mengakibatnya rasa nyeri apalagi meradang.
Mungkin semacam bisul ? abses ?
Jika memang nyeri sekali, dan mengeluarkan cairan dari benjolan tersebut, segera konsultasikan ke dokter saja ..
Tidak harus dilakukan operasi, tergantung benjolannya seperti apa.
Intinya adalah radang / infeksi harus diatasi, sumber infeksi nya di bersihkan / dibuang.
Demikian, semoga jawaban saya bisa membantu ..
Silahkan telfon / sms bila belum jelas.

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Andi,
Kemerahannya bagaimana ? Coba konsultasikan pada dokter, agar dapat dilihat dengan jelas ..
Boleh dikirim fotonya jika saat ini belum membaik ..
Kirim ke alamat email saja.
Mohon maaf tidak bisa banyak membantu.
Salam,

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Dear Engi,
Jika memang diagnosa nya adalah betul2 FAM dan lipoma, maka benjolan tersebut tidak berbahaya.
Jika hendak dilakukan operasi boleh saja.
Kunjungi dokter bedah terdekat, agar diperiksa benjolannya terlebih dahulu.
Mudah-mudahan jawaban saya bisa membantu ya ..
salam,

 
, Blogger morang wrote ...

Siang bu Lakshmi...

Saya mau tanya, teman saya dulu pernah terkena lipoma di sekitar atas pinggang. Lalu dia sudah dioperasi. Namun saat ini, sepertinya ada muncul lagi di bagian dada. Apakah hal ini mungkin, lipoma tumbuh di daerah yang berbeda?
Apa mungkin karena operasi yang kurang tuntas?

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Morang,
Lipoma bisa saja tumbuh bersamaan di tempat yang berbeda.
Dan bukan disebabkan karena operasi yang pertama tidak tuntas.
Semoga jawaban saya bisa membantu ya.
salam,

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

apakah setiap benjolan pasti lipoma? apakah ada cara lain untuk menghilangkanya selain harus di bedah

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Tidak semua benjolan itu lipoma. Untuk memastikan tentu saja Bapak/Ibu harus konsultasi pada dokter bedah terdekat.
Mohon maaf tidak bisa banyak membantu.
salam,

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

selamat siang bu,saya ingin tanya bagaimana cara pencegahan lipoma??atau apa ada makanan - makanan yang perlu di hindari

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Selamat siang juga,
Lipoma tidak dapat dicegah.
salam,

 
, Anonymous fajar wrote ...

Salam Kenal dok,
wah hebat ada blog Bedah Banget spt ini, kebetulan saya suka Ilmu Bedah, saya perawat,mohon ijin untuk menulis kembali artikel dokter di Blog Saya dan menjadikan blog ini sebagai referensi saya untuk berbagi informasi ke masyarakat, mohon jawabannya, btk.

fajar
www.IndonesiaBisaSehat.blogspot.com
silakan mampir

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Selamat malam,

mau tanya dok, di ketiak kanan saya ada benjolan dok (3 benjolan, yang 2 kecil menonjol keluar kayak ada titik hitam nya di atasnya, lalu yang satu lagi benjolan berwarna kebiruan kayak lebam).
Saya sudah pernah periksa ke dokter umum dok, katanya hanya timbunan lemak saja dan tidak berbahaya dan tidak perlu di scan. Saya hanya dianjurkan untuk diangkat saja di dokter kulit. Kalo menurut pendapat dokter apa sebaiknya saya ke dokter kulit untuk diangkat ataukah saya harus ke dokter penyakit dalam dok untuk diperiksa lebih lanjut?

Terima kasih banyak dok atas bantuannya.

Regards,
Julia

 
, Blogger Johan Ari wrote ...

Met sore Bu Dokter,

Saya mempunyai 2 benjolan; 1 di dahi,1 lagi dipunggung.yg di dahi sudah lama kira2 10 thn yl,diameternya kurang dari 1 cm tdk sakit pernah dibawa ke spesialis kulit yg katanya kista,jinak tp kl mau dioperasi bisa tp hrs dijahit.
yg dipunggung jg katanya gumpalan lemak bisa dihilangkan dgn operasi.
yg saya tanyakan;
1.soal kista yg di dahi bisa nggak tanpa dijahit,mengingat tempatnya di dahi(bag wajah),saya takut kalo ada bekas jahitannya?mengingat sekarang kan ada semacam plester pengganti jahitan dioperasi2 besar spt cesar,kenapa yg lebih kecil tdk bisa...???
2.yg dipunggung diameter 5cm tdk begitu nonjol tp melebar,bisa nggak dilakukan tanpa operasi spt di sinari pake apa?(mengingat alat skrg sdh canggih)?"
3.kalo hrs operasi,bisakah lemaknya terangkat semua shg tdk ada lg kemungkinan tumbuh kembali...??"
3.ibu praktek diBekasi di RS mana?saya ingin ibu bisa menangani langsung penyakit saya.
demikian terima kasih sebelumnya.

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

@ Yth Fajar
Salam Kenal kembali ya ..
Silahkan jika ingin ditulis kembali semoga bisa bermanfaat.

Blog nya nanti saya add di blog saya.

@ Yth Anonymous (Julia)
Saran saya konsultasi ke dokter Bedah saja. Jika memang perlu diangkat, dokter Bedah akan menginformasikan lebih lanjut.

@ Yth Johan Ari
1. Jahitan yang dilakukan di dahi menggunakan benang yang ukuran kecil - biasanya sih tidak berbekas. Plester (steri strips) dapat dilakukan pada luka terbuka menurut indikasi. Jadi dilihat dulu ukuran luka dan jenis lukanya.2.Tidak perlu disinar, diangkat/dibedah saja lebih baik
3.Jika harus operasi, biasanya lipoma akan diangkat seluruhnya.
4.Saya tidak bisa menulis alamat praktek di blog seperti ini Pak, nanti dikira promosi :)


Yth Fajar, Julia dan Johan Ari ;
Punya facebook ? Jika sempat add group "bedah banget" di facebook ya
salam,

 
, Blogger eddyzoen wrote ...

umur saya 27 tahun, di punggung saya sebelah kiri ada benjolan lunak sebesar telur ayam tapi melebar dan tidak begitu menonjol. saya mengetahui kalau ada benjolan sekitar 4 tahun yang lalu, waktu itu masih kecil sekitar ujung jari kelingking dan tidak saya permasalahkan karena masih kecil.
Beberapa hari yang lalu saya periksakan ke RSU bag dokter bedah, dan dokter yang memeriksa saya menyarankan untuk dioperasi, tapi karena saya agak takut maka saya tangguhkan dulu oprasinya.
Kemudian saya sharing dengan beberapa teman saya. Ada 2 orang yang mengatakan bahwa operasi di punggung itu berbahaya karena banyak terdapat banyak urat syaraf, bahkan menyarankan kepada saya untuk tidak operasi, karena ada dari anggota keluarganya setelah 1 bulan operasi di punggung mengalami kelumpuhan.
Setelah mendengar cerita tersebut kemudian saya mengurungkan niat saya untuk operasi dan mencoba mencari pengobatan alternatif.
Yang ingin saya tanyakan adalah :
1. Apakah benjolan di punggung saya itu berbahaya ?
2. Dapatkah di sembuhkan tanpa operasi? Dengan obat mungkin?
3. Seberapa berbahayakan melakukan operasi di punggung? Apakah benar bisa menimbulkan kelumpuhan.
Demikian permasalahan yang saya hadapi, mohon di jelaskan dok. Terima kasih

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

slm kenal bu dokter,
saya punya anak umr 6 th yg mempunyai benjolan seperti lipoma yg berada tepat di siku, berbahayakan untuk dilakukan operasi pd usia tsb? bolehkan saya tahu jadwal praktek ibu di RS yg ada dibekasi?

Salam
Shinta

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

dok,
tanya dunk..1 bulan lalu saya ada benjolan kecil di selangkangan paha saya dan ada bekas biru/lebam..
masuk bulan ke 2 benjolan tersebut membengkak dan mulai sakit klo di tekan.. kmrn saya ke dokter bedah umum di salah satu rs di bekasi barat .. kt beliau itu merupakan kista yg bengkak krn ada infeksi .. saya dikasih obat movicox dan cepro .. saya masih ragu krn benjolan nya tidak di usg...sebenarnya benjolan itu apa ya dok?

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Dear Dr. Laksmi:
Saya ada benjolan di +/- 2 cm leher dan setelah di CT scan menurut dokter adalah kelenjar lemak (lipoma?). Apabila saya ingin diambil (bedah), apakah cukup ke Dr bedah umum atau sebaiknya ke Dr bedah tumor. Agar bekasnya minimum apakah ada cara khusus dalam proses penjahitan/penutupan luka ?

Terima kasih
Riza.

 
, Blogger ika wrote ...

Selamat pagi bu dokter...
Dipunggung kanan sahabat saya terdapat benjolan (agak besar kira2 berdiameter 6 cm) menyerupai Lipoma. Menurut informasi yg saya baca Lipoma menyerupai benjolan lembek yg dapat bergeser, namun benjolan pada punggung sahabat saya ini saat diraba terasa agak keras dan memang tidak terasa nyeri. Apapkah benjolan tersebut bisa dikategorikan Lipoma juga ? Jika memang harus dilakukan operasi, berapakah kira2 biaya yg hrs dikeluarkan ? Setelah di operasi apa bisa sembuh 100% (tdk akan tumbuh lagi) ?
Terima kasih

Krisna

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

@EddyZoen
1. Berbahaya atau tidak, tentunya saya harus memeriksa terlebih dahulu Pak, kalau diagnosa nya lipoma (sesuai bahasan di kolom ini), tidak berbahaya.
2. Tergantung diagnosanya apa Pak
3. Operasi dipunggung, operasi apa ? kan banyak Pak.
Saran saya , Bapak konsultasikan dulu pada dokter Bedah terdekat, diagnosa nya apa, setelah ada diagnosanya maka pertanyaan no 2-4 bisa saya jawab dengan jelas.
@Shinta : jika memang diagnosa nya lipoma, tunda operasi kita evaluasi saja dulu beberapa bulan kedepan. Jika tdk mengganggu, tdk usah pikirkan untuk operasi.
@Anonymous : saya harus periksa dulu Pak/Bu, kalau hanya lewat email spt ini susah mengira2 benjolan itu apa, atau mungkin bisa di foto ? dikirim ke email saya ?
@Riza : bila diagnosanya memang lipoma, dan memang ada indikasi untuk operasi, operasi di lakukan oleh Bedah Umum.

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Yth Ibu Dokter Lakshmi,
Saya baru saja baca blog ibu mengenai LIPOMA. Saya baru merasakan adanya benjolan lunak di siku kiri (bagian bawah)ketika tangan (siku saya) saya tumpangkan agak lama di paha ketika sedang bekerja didepan komputer 2 hari yang lalu. pertanyaan saya : apakah benjolan itu bisa muncul secara tiba-tiba? Berbahayakah benjolan tersebut?. Adakah kemungkinan ditempat lain ( didalam organ tubuh saya ) ?

Salam
Oke W
okews2009@yahoo.co.id

 
, Blogger D.K. wrote ...

mm.. sy kynya pny gangguan yg hampir mirip. ada benjolan yang tiba2 muncul di pangkal paha. diameternya mungkin msh 3 cm. klo ditekan akan sedikit nyeri. benjolannya lunak n ga keras (seperti berisi cairan). kira2 sama ga ya sm yg dijelasin ini? ato jangan2 kangker! dududu.. smg jangan deh! ;p

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Selamat pagi Dok, saya salut atas adanya blog pribadi dokter ini sehingga dpt membagi informasi kepada orang lain.

Anak saya laki-2 umur 8 thn, di bagian belakang kepala ada benjolan +/- 1cm, pada waktu balita benjolan itu sdh ada tetapi sangat kecil. saya mengira kalau semacam bisulan/kelebihan lemak karena anak saya suka minum susu.

Karena takut kemudian saya memeriksakan Dr. Bedah di Rumah Sakit Islam Surabaya, menurut Dr. Bedah di RSI anak saya di diagnosa menderita lipoma, tetapi tidak di jelaskan apakah lipoma itu ganas/ tdk. Cuman pada waktu itu memberitahu kalau operasi harus di bius total. terus terang saya takut kalau anak saya menjalani operasi.

Kemudia saya mencoba memeriksakan ke Dr.Bedah di Rumah Sakit ST Vincentius A Paulo Surabaya, menurut Dr. Bedah di rumah sakit ini anak saya juga menderita lipoma tetapi di jelaskan bahwa lipoma tersebut hanya merupakan kelenjar lemak yg tumbuh keluar & tidak berbahaya. Dan tidak harus di operasi. Apabila mau di operasi Dr tersebut menyarankan sekaligus untuk di khitan saja, karena proses operasi harus di bius total.

Yang saya tanyakan :
1.apakah lipoma tersebut dapat terus membesar seiring bertambahnya usia & berat badan.
2.apakah benar lipoma anak saya yg tumbuh di belakang kepala tidak mengganggu fungsi otak/pemikirannya, apakaah nanti bisa ke arah tumor otak ?
3.Misal kalau di operasi apakah saya menuruti saran dokter tsb utk sekalian di khitan ?

Demikian pertanyaan saya, maaf kalau tulisan saya terlalu panjang. Atas masukan & saran dari Dokter saya ucapkan terima kasih.

Salam
Ibu Yenny

 
, Blogger cowokbanget wrote ...

sore buk lakshmi... oya nie buk saya da luka jahitan... lukanya d kepala... luka jahitan d kpala saya tidak rapi... tinggi sebelah... yg ingn sya tanya 1. apa luka itu bsa hlang sendiri tanpa bekas? 2. luka jahitan d ksh obat cream mebo sbelum d suruh kompres dulu pke air panas kuku, pa d kompres itu bgus n cream mebo jg bagus? 3. apa luka jahitan yg tinggi sbelah setelah 15 hari boleh d tekan2 biar rapi? mhon bantuanny ya buk. thanks

 
, Blogger Danny Ika wrote ...

Dear Ibu Laksmi


1 Minggu yang lalu saya baru operasi pengangkatan 4 buah Lipom dari lengan dan perut

Klo kata dokternya sisanya gpp, nanti klo ada yang mengganggu baru di operasi lagi

Masih ada lagi nih, gimana kira2 ya ?

 
, Blogger naira wrote ...

selamat pagi,dok..
Anak saya umur 2 th 4 bln..di belakang kepala ada benjolan,kdg mengecil kdg membesar..sdh 2 minggu ini benjolan tersebut besarnya tetap dan kemerah2an. saya periksakan ke RS Elizabeth Semarang diperiksa USG dan dokter bedah Nanang menyatakan sejenis jerawat batu. Apakah itu jg lipoma? Apakah sebaiknya memang harus dioperasi? Adakah efek sampingnya mengingat anak saya masih balita? terima kasih.

 
, Blogger Blog Achmad Nuryanto wrote ...

makasih Dok atas infonya...sesuai dengan apa yang aku alami, sekarang dah ada sekitar 6 benjolan, di sekitar perut dan paha serta dipunggung, dengan besar kecil bervariasi, niat mau operasi..tapi belum ada waktu karena kesibukan, saya takut kalo menjadi semakin banyak ada...krena memang menggangu penglihatan, karena jadi kurang PD...ada obat yang kiranya dapat menghambatnya Dok?


tolong dibantu..Terima kasih,
Salam kenal...

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Salam kenal dok, saya Yunyun, saya mempunyai seorang putri berusia 3 th 5 bulan, tiga hari yang lalu saya menemukan benjolan dibelakang kepala bag.bawah di atas leher anak saya , saya periksakan ke dokter umum, katanya ini yg di sebut Lipoma dan harus diangkat. Apakah ini suatu penyakit berbahaya Dok? apa penyebabnya? Betulkah jalan satu-satunya hanya dengan operasi? adakah obat yg dapat menghilangkan lipoma tanpa harus operasi? mungkinkah ini akan menyebar Dok? sebelumnya, saya ucapkan banyak terimakasih atas penjelasannya.

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

hallo ibu...saya punya masalah.si dahi saya ada benjolan kecil,,bekas di gigit nyamuk,,apakah berbahaya...soalnya gak hilang2..bagaimana cara penyembuhannya..makasih...

 
, Blogger Rudi Supriadi wrote ...

Selamat Malam Bu dokter..
Umur sy 24 th! Saya mau nanya dok'saya mempunyai lypom dikelopak mata sebelah kiri (1,5cm). Bisa nga dok tu lipom dihilangkan tanpa operasi(misaly minum obat) dan klw di operasi efek samping untuk mata saya seperti apa dok(berbahaya tidak u penglihatan saya)?
Dan 1 lagi dok' klw saya boleh tau untk biaya operasi lypom dimata sekitaran berapa ya dok..

Makasih buat waktu y dok..
Dan ditunggu jawabanya secepat..

 
, Blogger Rudi Supriadi wrote ...

Selamat Malam Bu dokter..
Umur sy 24 th! Saya mau nanya dok'saya mempunyai lypom dikelopak mata sebelah kiri (1,5cm). Bisa nga dok tu lipom dihilangkan tanpa operasi(misaly minum obat) dan klw di operasi efek samping untuk mata saya seperti apa dok(berbahaya tidak u penglihatan saya)?
Dan 1 lagi dok' klw saya boleh tau untk biaya operasi lypom dimata sekitaran berapa ya dok..

Makasih buat waktu y dok..
Dan ditunggu jawabanya secepat..

 
, Anonymous nita wrote ...

saya mo tanya bu,,,
saya punya benjolan di selakangan atas paha kanan, pernah aq kluarin sendiri pake tangan dan q tekan trus kluar putih kayak nanah gitu,
apakah itu lemak dan mengeluarkan sendiri dengan pijatan tangan bahaya bu?
terima kasih.

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

pagi doK!!!!!!!!!!
Slm knal y.saya mau nanya nih dok,dipunggung sblah kiri bapak saya ada benjolan sebesar telur ayam kampung.adanya sejak 10 thn yg lalu,awalnya kecil tp lama kelaman jd besar.awalnya jg ga terasa sakit ato nyeri tp skrg katanya dah nyeri bgt,sampai2 ga bs tidur.warnanya jg sedikit keijo2an diujung benjolannya.yg mau saya tanyakan itu kira2 apa y dok?apa perlu dibedah bt diangkat?
ada resiko mematikan ga dok?
thx before ya dok.

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

siang dok..
dokter yg baik,saya mau tanya.
di sekitar tulang belakang saya ada benjolan,lunak n tidak sakit.sejak ada benjolan itu,kalau banyak berjalan saya sering seperti tersandung padahal ga ada batu,,,sepertinya lutut saya bertekuk sendiri..
saya pernah konsultasi ke dokter katanya ga perlu diambil,
tapi dok,saya mersa g yakin n ada pertanyaan di hati saya,,,tolong jawab ya dok..
1.apa benjolan ini cuma lipoma?
2.apa tidak berbahaya bagi tulang belakang saya?n apakah dapat mengganggu saraf?

 
, Blogger bobobo wrote ...

di punggung saya juga ada benjolan diameter sekitar 5 cm, dipegang tidak sakit ditekan seperti gajih gitu, apa itu lipoma?

terima kasih bu dokter

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

SALAM KENAL BU DOKTER...
langsung saja ya dok, saya fe, dileher sebelah kiri suami saya terdapat lipoma, kta baru mengetahui satu bulan yg lalu, menurut dr.internis hrs dioperasi, masalahnya suami saya punya diabet, apa yg hrs suami saya lakukan... trimakasih atas jawabanny...salam...

 
, Blogger PELUANG USAHA AYAM TULANG LUNAK m-Chicks wrote ...

Selamat siang dokter,
saya umur 48 tahun sejak kecil dipantat terdapat benjolan kecil sebesar kelereng,tidak sakit dan tidak mengganggu. Tapi dalam 3 bulan terakhir ini benjolan tsb bertambah besar sehingga kalau duduk menjadi tertindih dan agak sakit (terasa sakit hanya pada waktu ditekan atau tertindih saja). Apakah itu lipoma? kalau ingin periksa ke dokter apakah sebaiknya langsung ke dokter bedah atau cukup ke dokter umum terlebih dahulu.

Terima kasih atas penjelasannya

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Selamat siang dok,
saya ingin menanyakan tentang benjolan yg ada dipaha kiri bagian samping luar ( +/- 10cm diatas samping lutut)benjolan tsb sudah ada sekitar 10tahun. awalnya benjolan tsb kecil tetapi sampai sekarang sudah bertambah besar hingga sebesar telor puyuh. umur suami saya sekarang 28thn. benjolan tsb bersifat keras jika ditekan, sulit digerakan, terasa sakit jika dipegang atau disentuh meskipun pelan, bahkan sewaktu tidur dalam posisi benjolan tertimpa kasur juga sakit, benjolannya terkadang juga nyeri2, dan sewaktu berjalan kaki seolah ketarik2 dan dibenjolan terasa nyeri. kira2 termasuk benjolan apa ya dok? apakah benjoaln tsb bersifat berbahaya? dan menurut saran dokter sebaiknya dilakukan pengecekan atau pengobatan ke dokter spesialis apa ya? jikan saya ingin mengirimkan foto ke dokter, kealamat mana saya hrs email ato bs MMS ya dok? mohon jawabannya ya dok. terima kasih

 
, Anonymous Putra wrote ...

Halo Dr.Lakshmi,
Wah, dokter baik sekali mau membuat blog spt ini dan menjawab byk pertanyaan pembacanya.
Saya ikutan nimbrung nanya ya dok.
Overall saya tdk pny keluhan apa pun. Cuma kadang2 saya merasa ada sesuatu di dada kiri saya. Thn lalu saya pernah merasa sakit 2-3 hari di bagian itu, lalu hilang sama sekali. 2-3 bln belakangan saya cukup merasa spt ada tekanan sedikit di bagian itu, tapi tdk konstan & tdk sakit. Klo sedang tdk terasa, saat tarik napas panjang akan terasa tekanan dikit di bagian itu.
Nah, saya barusan menerima hasil CT Scan Thorax tanpa & dengan kontras. Dari bbrp hasil pemeriksaan, ada 2 yg menarik perhatian saya.
Yg pertama:
"Trakhea lurus di tengah, Mediastinum superior agak melebar (104mm) tampak lesi hipodens multiple pada mediastinum superior dg batas tegas."

Yg kedua, di bagian akhir tertulis:
"Kesan: Pelebaran ringan pada mediastinum superior ec. Dd/Lipoma".

Bisakah dokter menjelaskan artinya? Di situ ada kata Lipoma, jd mgkn berkaitan dg artikel ini. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih banyak ya dok.

Regards,
Putra

 
, Blogger PRIMA STUDIO wrote ...

sore dok, dok anak saya sekarang umur 16 Bulan di dahi anatra ke2 alis ada benjolan, tapi keras kalo di pijet tetep gx bisa pindah2 benjolanya seperti tulang tapi sudah di scan bkan tulang. selain di opersi apkah ada obatnya??
mengingat anak nya masih kecil.
o..iya benjolanya sekitar diameter 1 cm.
mohon bantuanya.
terima kasih banyak.

 
, Anonymous Dian wrote ...

Sore Dokter Lakshmi,saya Dian usia 30 tahun. di ketiak kanan saya ada benjolan dari usia 18 tahun,dulu kecil dan tidak sakit,tapi setelah saya hamil dan melahirkan 4 tahun lalu benjolan itu jadi agak membesar dan kalau di tekan agak nyeri sedikit. sudah saya periksakan ke dokter umum dan dinyatakan benjolan itu lemak,beliau menyebutnya lipofum. Apakah lipofum itu sama dengan lipoma? saya juga di sarankan menjalani operasi. Meski katanya benjolan itu tidak berbahaya namun bisa membesar. Benarkah itu dok? yang juga saya ingin tanyakan, operasi itu sendiri akan lama atau tidak proses penyembuhannya? mengingat 2 anak saya masih balita. Apakah waktu seminggu akan cukup menyembuhkan luka operasi nya? Saya berencana melakukan operasi minggu depan saat anak saya yang pertama libur skolah. Terima kasih banyak atas jawaban dokter Lakshmi.

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

@Oke W : Lipoma biasanya tidak muncul tiba-tiba
@D.K : coba periksakan pada dokter bedah terdekat, lipoma biasanya kalau ditekan tidak nyeri.
@Ibu Yenny :
1.Lipoma bisa membesar tapi lama banget bu membesarnya.
2.Jika memang diagnosanya lipoma, tidak mengganggu fungsi otak/pemikiran (spt istilah ibu)
3.Tidak usah operasi dulu juga ga papa ; tapi kalau mau operasi ya ga papa juga. Saran operasi jangan digabung dengan operasi yang lain.
Mudah2an saat ini sudah membaik ya .. maaf terlambat memberi comment
@cowokbanget : jahitan yang lebih tinggi gimana ya maksudnya ? bisa di foto ? dikirim ke email saya ? tks
@Danny Ika : harusnya diambil aja sekalian waktu operasi pertama 
@Naira : kalau memang lipoma, tidak usah operasi dulu ga papa Bu
@Achmad : Setahu saya tidak ada obat untuk menghambat lipoma
@Dian : jika memang lipoma dan harus dilakukan operasi menurut dokter bedahnya – dilakukan saja operasinya.
Penyembuhan berapa lama tgtg banyak hal a.l besarnya benjolan, penyulit operasi dan penyakit lain yang mgkn ada.
Mendengar ceritanya kemungkinan bisa juga mamae aberans, kalau memang curiga kearah sana, benjolannya setelah operasi di periksakan ke lab / patologi anatomi.
Mudah2an saat ini sudah jauh lebih baik.

 
, Anonymous suriyani wrote ...

salam bu lakshmi,,,,
saya pernah di bedah karena lipoma di telapak tangan kiri saya,setelah beberapa bulan di bedah lipoma tersebut muncul kembali.
apa yang menyebabkan lipoma tersebut muncul?
langkah apa yang harus saya lakukan?
adakah cara lain selain di bedah? karena saya takut kalau dibedah lagi akan muncul kembali.
mohon solusinya bu dokter.

 
, Blogger aly4_c43m22 wrote ...

salam bu lakshmi....
langsung saja,saya pernah di bedah karena lipoma.letakx di punggung telapak tangan kiri saya.setelah beberapa bulan di bedah lipoma tersebut muncul kembali.
mengapa bisa terjadi dok?
langkah apa yang harus saya lakukan,apakah harus di bedah lagi? karena lipoma tersebut membesar,takutx setelah di bedah lagi akan muncul kembali.
adakah cara lain selain di bedah?
mohon solusix dok,,,,
terima kasih sebelumnya

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

selamat pg doktor,
anak saya baru berusia setahun 4 bulan.di paha kanannya terdapat satu benjolan seperti bengkak. terbentuk ketika anak saya berusia 5 bulan.apabila ditekan tidak terasa nyeri.adakah ia adalah lipoma..adakah lopoma memerbahayakan.jika harus di bedah bolehkah ditangguhkan dahulu kerana anak saya masih kecil

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

selamat pg doktor,
anak saya baru berusia setahun 4 bulan.di paha kanannya terdapat satu benjolan seperti bengkak. terbentuk ketika anak saya berusia 5 bulan.apabila ditekan tidak terasa nyeri.adakah ia adalah lipoma..adakah lopoma memerbahayakan.jika harus di bedah bolehkah ditangguhkan dahulu kerana anak saya masih kecil

 
, Blogger vedry wrote ...

slamat siang dok,
saya vedry di dpk 2.
saya mau tanya stelah saya priksa k dokter di dekat dagu kiri saya ada benjolan..kta dr nya lipoma .
yang sya mau yanyakan klo sdah di operasi truz tdk ke angkat smua atw supaya tdk timbul/kambuh lagi gmana dok?
saya tgu jwban nyadok..
trimakasih

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

selamat siang bu lakshmi..
kenalkan saya nova dari jambi..
saya mau tanya, beberapa hari lalu saya operasi kecil ada benjolan di punggung saya terasa sakit dan bernanah gitu makanya cpt2 di angkat, kata dokter itu adalah kista,tp saya bingung tu kista atau lipoma??
ayah saya juga mengalami hal yang sama,apakah penyakit ini merupkn penyakit keturunan atau bukan??
kemudian pasca operasi setiap selsai makan saya slalu merasa mual2, ada apa ya dok??
terimakasih dokter...

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

selamat pagi dok.. saya mau tanya mengenai lipoma, setahun lalu saya periksa ke dokter bedah umum di betis kiri saya ternyata ada benjolan ditekan nyeri, trnyata diagnosa dokter tsb adalah lipoma, cuma saya ragu untuk operasi jadi sudah hampir setahun saya tidak ke dokter tsb lg karena saya tidak mau operasi karena takut bekas sayatannya mengganggu kosmetik. akhirnya saya ke dokter penyakit dalam yang merawat saya waktu saya sakit dbd, dan beliau bilang ini benjolan biasa tidak usah diapa2kan, dan makin lama kaki saya pegal2 terus, apa sebaiknya dioperasi saja? soalnya saya klo operasi bekasnya suka seperti keloid dulu pernah operasi usus buntu,apakah klo dibetis bekasnya bisa ilang dok dengan bedah plastik yah?terima kasih dok atas perhatiannya

 
, Blogger Mpu Gondrong wrote ...

Sore bu Dokter

Mohon informasinya,istri sy usia 38 th,ada benjolan sebesar telur ayam di punggung,kata doter limphoma/kelenjar,harus dilakukan bedah lokal
Apakah ada cara pengobatan tampa harus di lakukan pembedah?
terimakasih

 
, Blogger goez_thea wrote ...

Siang, Bu dokter...salam kenal..
Begini bu sy mau nanya, saya punya benjolan di telinga bagian belakang ..sudah ada lebih dari 1 thn..awalnya kecil blet 1 cm-an,tidak sakit tidak mengeluarkan cairan..sekarang benjolannya membesar sekitar 3 cm..dan sangat mengganggu ..apalagi klo lgi tidur gak sengaja kepencet sakit...
Apakah itu termasuk Lipoma dan harus dioperasi? Dan apakah itu bisa kambuh lagi klo sudah dioperasi?Apa penyebabnya..?
Saya tunggu jawabannya Dok, Please.. Terima kasih.

 
, Anonymous Kevin wrote ...

Dear Bu Lakshmi, dimana tempat praktek ibu? sudah setahun ini di pinggul saya ada benjolan dengan diameter 1 cm, saya gak tau apa itu, sejak baca blog ini.

pertanyaan saya, apakah kalau dioperasi, perlu bed-rest? soalnya saya baca di blog ini bisa ada muncul rembesan darah/nanah, sedangkan benjolan saya di pinggul, tentunya kalau kerja akan mengganggu.

thank you.

limlianjie@yahoo.com

 
, Anonymous juna wrote ...

met siang bu dokter ...
begini dok, saya pernah operasi lipoma di blkg leher saya, dan sudah lewat kurang lebih 1 bln..tapi saya kadang2 merasa nyeri di bekas operasi..saya jadi takut jangan2 nti berpengaruh atau lukanya belum sembuh..tapi kalo liat dari kulitnya udah kering sih dok...trus dok ada salep nggak yg bisa dioles di bekas operasi trimaksih sebelumnya

 
, Anonymous Benny wrote ...

Selamat malam bu..
Saya thn lalu prnh melakukan operasi kista atheroma di sebelah kanan hidung tapi skrg muncul lg di tmpt yg sama. Yg ingin saya tanyakan apa operasinya yg kmrn tidak tuntas sampai ke akarnya mknya bs muncul lg. Selama operasi jg terasa sakit walaupun sdh dibius lokal dan dr mengatakan bius keluar melalui darah krn darah yg keluar selama operasi sgt byk jd terasa sakit. Apa krn byk darah yg keluar mknya dr buru2 menyelesaikan operasinya shg tdk tuntas sampai ke akar2nya.
Terima kasih sblmnya...

 
, Blogger adiza's wrote ...

sore dok .. saya rena dari jkt ..
dok begini , beberapa tahun belakangan ini sering sekali munculbenjolan di ketiak saya tetapi beberapa hari atau jam kemudian hilang .. tetapi saya bingung sekali .. sudah lama tidak ada benjolan tetapi tiba tiba ada lagi benjolan di ketiak kanan saya dok , sudah 2 hari dok begini ... rasanya sakit sekali dan membuat saya tdk bebas bergerak .. saya tdk pernah memeriksakannya ke dokter .. saya takut dok karena benjolan itu semakin hari makin besar .. bisa mohon bantuannya dok ? thx .. -rena-

 
, Blogger adiza's wrote ...

sore dok .. saya diza rena di depok ..
saya mempunyai benjolan di ketiak saya , tetapi datang dan pergi itu hanya benjolan kecil saja .. tiba tiba di ketiak kanan saya sekitar 2 hari yang lalu ada benjolan dan terasa sakit , sampai sekarang benjolan tsb membesar yg semula kecil menjadi lebih besar dan mengganggu sekali aktifitas saya .. untuk bergerak atau melakukan apapun sangat terasa dok .. terkadang sakit tapi terkadang juga tidak , saya juga tidak pernah memeriksa ke dokter karna saya pikir bukan masalah yang serius .. tetapi sekarang membengkak dok .. apa ini merupakan gejala lipoma atau tidak dok ?? karena teman saya juga awalnya memliki benjolan seperti ini dan dia terkena kanker payudara .. saya termasuk yg mana dok ? apakah kanker ? atau lipoma ? atau mungkin hanya pembengkakan biasa dok ?? thx

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

assalamu'alaikum......
dear,bu lakshmi,saya seorang wanita usia saya 21 th.

ada yg saya mau tanya bu,saat saya berusia 11 th pd kaki sebelah lutut timbul benjolan kecil berukuran seperti kelereng,jika ditekan terasa kenyal dan akan timbul nyeri.

krena ktidaak tahuan saya saat itu jadi saya membiarkannya saja.
Beberapa tahun kemudian paman saya mengetahui hal itu dan mengobati saya dengan ramuan berupa tumbukan dedauna dan campuran seperti kapur,saya tidak paham betul dauna apa yang paman saya pakai.

setelah beberapa kali pakai, saya lihat di benjolan tsb. seperti ada lubang/pori2 cukup kecil.dan jika ditekan akan keluar seperti lemak pada jerawat,dan bau.
tapi saat ditekan saya tidak merasakan apapun.dan hingga sekarang masih seperti itu,
sekarang bentuknya agak mengecil/kempes dan agak keras dan permukaan kulit berwarna hitam.sejak saat itu hingga sekarang saya tidak pernah lagi merasakan nyeri.

suatu hari saya membaca di internet kalau ada tumbuhan bernama pokok kapal terbang,dapat menghilangkan lipoma itu.
tapi tumbuhaan itu beracun jika dikonsumsi di dlm tubuh.dan harus digunakan untk bag.luar hubuh.

yang ingin saya tanya,
1,saat ini lipoma tsb.apakah dpt dihilangkan selain operasi?mengingat bentuknya sudah mengecil dan tdk tersa nyeri lg?
2.apakah baik jika saya menggunakan daun tsb.diatas?mengingat dalam lipoma ini ada lubang kecil dan saya takut jika masuk kedalam akan timbul sswatu yang tidak di inginkan?

saya tunggu jawabanya bu,secepatnya......

terima kasih
wassalamualaykum..

 
, Blogger din wrote ...

Salam Kenal dokter Laksmi
To the point ya dok, di area perut saya sebelah kiri dan kanan ada benjolan-benjolan ukuran nya bervariasi ada yang sekitar 5mm sampai 1cm, kalo di tekan agak nyeri, apakah ini lipoma? benarkan penyakit ini adalah turunan? ( Kebetulan saudara2 saya juga mengalama hal yang sama) adakah cara mengobati nya selain di lakukan operasi?
Terima Kasih
mohon advise nya


Salam

Didin

 
, Blogger Dahlia Fitriyanti wrote ...

siang dok, sy mw tanya tentang benjolan d tangan kanan saya...yg sdh 1 mggu ini muncul & klo d pencet rasanya sakit n nyeri...,sy sdh periksa k dokter ,katanya itu akibat kelenjar lemak...tuk sementara sy cm d ksh obat tp klo obat sdh abis n lum sembuh jg, sy d anjurkan untuk d belek...,apakah benjolan tuh berbahaya or tidak ya dok, & cara penyembuhan'y bagaimana ? thx Lia.

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Salam kenal dr. Laksmi..
begini dok, anak saya (usia 5 tahun 4 bulan) memiliki benjolan yang ciri cirinya persis seperti lipoma sebagaimana yang bu dokter jelaskan, letaknya di atas bibir kemaluan sebelah kiri (dekat pangkal paha ) sehingga akan tampak bibir kemaluan bagian atasnya seperti besar sebelah.. yang ingin saya tanyakan..
- apakah ada cara pengobatan selain oprasi (dengan obat misalnya)?
- jika tidak dioprasi (dibiarkan) apakah berbahaya/dapat menimbulkan gangguan kesehatan?
tapi anak saya sepertinya tidak terganggu dgn benjolan itu.. aktivitasnya normal bahkan bisa dikatakan aktif..tidak mengeluhkan sakit, dsb.
mohon info nya ya bu dokter..terimakasih
salam
Lisna - Ciamis

 
, Anonymous anonym wrote ...

Salam kenal Bu Dokter,

saya ada kirim email ke akshminawasasi@centrin.net.id . Menanyakan soal lipoma dan sekaligus info detail praktek dan tempat RS dokter mau periksa....

Ditunggu balasan emailnya ya :)

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Pagi bu saya mau tanya apa ganglion sama lipoma itu sama??setelah d infus muncul benjolan d punggung telapak tangan yg kadang hilang tp muncul lg.konsultasi ke dokter katanya ganglion bisa dioperasi/tdk jg gpp.saya tkt kl hrs operasi,ada g pengobatan tanpa operasi??apa benjolan di punggung tangan ini berbahaya??kadang suka berasa pegel skali,apa penyebab benjolan ini?apa karena salah infus??

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

.slamat malam ibu lakhsmi,apa kah bnar benjolan d'leher itu,kelenjar lemak / kelenjar getah bening...?
.dan,cara menghilangkan kelenjar lemak and KGB gimna bu....
.trimakazih...

 
, Anonymous shanti wrote ...

Salam kenal bu Lakshmi,
Sy ibu 2putra yg melahirkan mll cesar, yg terakhir cesar 1,5 th yg lalu.
Suatu malam sy haid n bangun pagi tiba perut kiri dkt pusar agak trasa aneh kyk sdkt kram, dan sy tekan kyk ada benjolan,pdhal sy tdk prnh mengalami itu sblmnya. Pertama sy merasa t'ganggu.Sy ke bidan t'dkt, ktnya tdk apa2. Trs krn benjolan itu msh jg tdk hilang, walau ktk sy tekan trasa mengecil,tp takut jg nanti kista atau apa. Sy ke dr.spog disana sy dipriksa intra vaginal trnyt cm jar.lemak bekas cesar dan tdk bhy.
Yg saya tanyakan:
1. Apa lipoma itu munculnya tiba2?kmrn d perut tdk ada benjolan tp pagi koq lsg ada.
2. Jika tdk mengganggu dan tdk besar, tdk d bedah apa ada efeknya?
3. Apa benar lipoma d perut saya itu efek cesar?
4. Apa tdk ada obatnya atau apa bisa sembuh sendiri dan hilang?
5. Ada pantangan makanan?
Terimakasih bu, saya sangat membutuhkan penjelasan anda. Maaf kalo tll panjang tulisan saya. Salam.

 
, Anonymous astomo wrote ...

terima kasih untuk infonya ,ini yang dialami teman saya ada cara lain seperti alternatifnya ngga?

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

@ika/krisna
Harus diperiksakan ke dokter bedah terdekat apakah memang benar2 lipoma. Biaya operasi ditentukan oleh RS ybs. Jika memang diagnosa terbukti lipoma, biasanya tidak akan muncul lagi di tempat yang sama
@Anonymous/yunyun
Bila memang diagnosanya adalah lipoma, maka lipoma adalah tdk berbahaya. Dapat di operasi atau tdk dioperasi > diskusikan dengan dokter bedah ibu. Tidak ada obat untuk menghilangkan lipoma. Biasanya tidak menyebar.
@Anonymous : bisa difoto ga ya benjolan nya ?
@Rudi Supriadi : Maaf lama membalas. Jika memang diagnosa nya lipoma. 1) lipoma tdk bisa dihilangkan dengan obat2an 2) Dokter harus menentukan letaknya terlebih dahulu – bisa difoto ga letak benjolannya 3) Biaya yang menentukan RS ybs
@Nita : kalau membaca ceritanya sepertinya bukan lipoma tapi kista ateroma. Saran saya coba konsultasikan pada dokter bedah terdekat agar mendapat diagnosa yang pasti
@Anonymous : untuk memastikan bapak harus konsultasi pada dokter bedah terdekat sehingga di dapat diagnosa yang pasti. Kalau membaca keluhan dan gambaran tumornya sepertinya bukan lipoma.
@Anonymous :
1) Untuk memastikan harus konsultasi pada dokter bedah terdekat, sdh dilakukan CT scan atau MRI mungkin ?
2) Jawaban tergantung hasil diagnosa
@bobobo : sepertinya Lipoma, untuk memastikan bapak hrs konsultasi pada dokter bedah terdekat
@Anonymous / Fe : Jika mengganggu sekali, lakukan operasi. Tapi jika tidak tunda operasi mengingat faktor penyakit yang melatarbelakangi.
@Peluang Usaha : langsung ke dokter bedah umum saja
@Anomymous : bisa lipoma bisa juga ganglion poplitea. Boleh difoto dan dikirim ke email saya lakshminawasasi@centrin.net.id
@Prima studio : bisa difoto benjolannya
@Suriyani : dulu hasil jaringannya / PA nya apa ?
@Alya : apakah diagnosa nya memang lipoma ? atau ganglion ? ada hasil PA nya ?
@Anonymous : saran saya coba konsultasikan pada dokter bedah. Untuk memastikan apakah memang benar2 lipoma
@Vedry : jika mmng diagnosa nya lipoma, setelah operasi lipoma akan terangkat semua
@Anonymous/Nova : sepertinya itu kista ateroma yang terinfeksi. Mual bisa karena obat analgetiknya / obat penghilang rasa nyerinya. Coba konsultasikan kembali pada dokter bedahnya
@Anonymous : kalau mmng sdh ada keluhan, lakukan operasi saja. Informasikan pada dokter bedahnya bpk/ibu berbakat keloid. Akan dilakukan penjahitan khusus dengan suntikan sesudahnya di sekitar luka operasi unt cegah keloid. Selamat operasi.

 
, Blogger Damian H,ST MR wrote ...

selamat malam bu,
maaf sebelumnya klw saya mengganggu,
saya mw konsul bu.saya mw tanya ibu saya saat ini sedang mengalami benjolan di sekitar lurusan tulang punggungnya..10 tahun yang lalu masih sebesar kelereng tp skrng sudah sebesar telapak tangan anak2..apa yang hendak kami lakukan bu..ibu saya sekarang sudah berumur 65 tahun,kalau seandainya dioperasi apakah berbahaya bagi kesehatannya bu..? bantu ya bu..sebelumnya terima kasih.

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Santi : bu,, suami saya pnya benjolan tiba2 di jidat belum tau knp gak ada rasa sakit sekali pun,, saya harus bagaimana karena suami saya tidak mau periksa saya takut itu lipoma?

 
, Blogger Unknown wrote ...

sore dok

saya pernah melakukan pengangkatan lipoma dari beberapa titik di badan maupun lengan tangan kiri saya...namun setelah hampir 2 thn tampaknya tumbuh kembali...bahkan di beberapa bagian tubuh yang lain...antara lain pangkal paha dan di dekat alis mata sebelah kiri, saran dokter, apakah harus di operasi ulang lagi atau bagaimana? adakah cara lain selain operasi? kalo tidak ada jalan selain operasi, apakah operasi trsbt di cover oleh askes? saya pemegang kartu gold inhealth....tks for your att

best regard



chandra

 
, Blogger Helmi Hendriansyah wrote ...

Selamat malam ibu dokter....
Langsung saja dengan permasalahan yang saya alami saat ini.
Di sikut tangan bagian atas saya terdapat benolan dulu sewaktu sma bentuknya kecil sebesar kacang tanah (kalau tangan di tekuk benjolan muncul diatas). Sekarang benjolan itu jadi membesar dan kalau terpegang/terbentur sakitnya ga tahan sekali langsung tangan lemas. Yang saya tanyakan apakah penyembuhannya cuman dengan cara di ooperasi saja tidak dengan obat-obatan dan apabila didiamkan saja bagaimana? Terimakasih sebelumnya bila dokter mau memberikan infonya kepada saya.
Bila berkenan untuk melihat foto benjolannya : http://imageshack.us/photo/my-images/822/abcd0011bi.jpg/

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

selamat siang bu ..
saya yasir saya mao bertanya apakan boleh / tidak ??
tolong ea bu blz ke e_mail saya
yasir_achmad@ymail.com


saya harap ibu bsa blz ..
trimakasih

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

permisi ,mau bertanya ..
ayah saya terdapat benjolan di atas punggung ,benjolan itu keras tapi tidak terasa sakit,
apa jenis penyakitnya ? Apa bisa dibilang lipoma juga ?
Cara sembuhin selain dioperasi bisa ngga dok?

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

salam kenal ibu....
saya mau tanya bu,ada benjolan sebesar biji kelereng diperut sebelah kanan tunangan saya,beberapa hari yang lalu saya pijit ,trus kata tunangan saya sampai sekarang sakitnya gak hilang2 gara2 di pijit itu,,,,,
yang saya mau tanyain menurut ibu apa yaa yang benjolan itu??trus kok sakitnya gak hilang2....
terimakasih bu,jawabannya saya tunggu....
salam.....

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

dr lakshmi, mohon diagnosanya untuk keluhan saya sbb. Saya memiliki benjolan di pangkal lipatan paha kiri dengan ukuran memanjang 5cm lebar 1cm. Tidak mengganggu, tetapi nyeri jika ditekan. bertambah besar (10 thn yl hanya 1 cm panjang). Sudah pernah diperiksa dokter bedah dan dokter urologi, katanya bengkak karena lemak. Apa yang membedakan benjolan lemak dengan kelenjar getah bening Dok? apakah mungkin bengkak di paha saya itu kelenjar getah bening? trim, faisal

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

BU saya ada benjolan kayaknya lipoma yng ada dalam topik in.
tapi tempat benjolan ya ada di buah dzakar apakah bila dioprasi akan berbahaya ????ato takn usah di oprasi aja????
ni imel saya :rozzaacellee@yahoo.co.id

 
, Blogger PD. RUBBER CENTER TEKNIK wrote ...

Malam bu.
sudah 2 yg lalu istri saya terkena nonhodkin limpoma maligna ar madibula. ada benjolan di lehernya tapi ukurannya ga berubah,justru perutnya yg berubah ukurannya menjadi buncit, badan kecil,nafsu makan kurang,tulang punggungnya kesakitan, dokter menyarankan untuk kemotrapy tapi dikota kami ga ada mesti ke bandung, apa yg harus saya lakukan seberapa persen kemotrapy itu bisa membuat perubahan kesembuhan, apakah bila menggunakan pengobatan herbal bisa sembuh, terimakasih
saya tunggu penjelasan mengenai Limpoma non hodkin maligna,dan apa saja makanan yg bisa mendukung kesehatan buat istri saya itu,

 
, Blogger q.arastuffs wrote ...

Dear Bu Lakshmi,

Alhamdulillah saya menemukan alamat email dari blog ibu, tadi saya mencoba menelepon ibu tapi tidak diangkat. Saya ada keluhan benjolan yang menonjol keluar di daerah ketiak, benjolan ini kira2 sudah berumur 2 minggu dan menjadi lebih besar.

Benjolan ini sudah sangat mengganggu aktifitas saya, karena sangat nyeri ketika saya menggerakan tangan kiri saya.

Saya sudah sempat berobat ke dokter internist, dan menurut dokter tersebut benjolan ini merupakan bisul maka dari itu dokter kemudian menyuntikan jarum untuk mengambil cairan di benjolan tersebut. Setelah disuntik, malah mengeluarkan darah, dan malah bertambah nyeri dari sebelumnya.

Saya mohon bantuannya, apa yang harus saya lakukan? saya juga sudah mengkonsumsi obat yang diberikan dokter internist tersebut.

Mohon penjelasannya ya bu,

Shara
siti_shara@hotmail.com
0818952899
*saya sudah mengemail dan sms ibu pada hari sabtu 17 desember 2011*

 
, Anonymous yusia wrote ...

assalamualaikum dokter lakshmi....
kak saya 16 tahun , sya punya benjolan di lengan kiri atas , awalnya sakit sampai akhirnya ada benjolan yang lama kelamaan sekitar (2 bulan lebih )membesar sekitar 2cm dan cirinya mirip banget seperti yang di blog kakak , saya takut banget ini mengarah ke kanker , tapi kata dokter ( tempat pertama saya konsultasi ) ini hanya tumor yang jinak , lalu kata dokter praktek umum (tempat kedua saya konsultasi )dia bilang ini lipom , tapi dia juga bilang "kalau sebesar ini mungkin bisa saja ganas"
nah pas saya baca blog ini saya menemukan fakta yang berbanding terbalik .... kak saya bingung , tolong teguhkan saya bahwa penyakit saya ini memang tidak berbahaya , jika saya tidak melakukan pembedahan apa yang akan terjadi ? kak saya sungguh brterimakasih atas jawabannya

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Ibu Dr lakhsmi yang sangat terhormat dimata Tuhan. Ibu benar-benar dokter sejati mau membagi ilmu kepada khalayak umum, sungguh luar biasa itikat ibu untuk memberikan pengetahuan yang tiada hingga. Ibu saya mengucapkan banyak terimakasih atas pengetahuan yg diberikan, inilah ibadah yang sebenarnya yg diinginkan Tuhan dalam kitab suci, semoga Tuhan selalu membimbing anda, terima kasih ibu.

 
, Blogger KAPAL LAUT wrote ...

saya ada benjolan di jidat sebelah kanan
benjolan agak lunak seperti lemak
dan tidak sakit , dari diametr 1Cm skrg 3 cm,
ke dr mana ya bu bagus nya kalo di bogor yg bagus dan murah RS mana yg menangani LIPOMA, Trims sebelumnya ya bu Dr. Lakshmi

 
, Anonymous d3p3 wrote ...

Selain jalan operasi ada jln lain ga dok utk mengatasi benjolan tersebut. Terima kasih ... :)



Salam,
d3p3
http://membuatweb123.co.cc
Panduan cara membuat website/blog bagi pemula/gapteker

 
, Blogger Tony wrote ...

Selamat pagi Bu Dokter Laksmi,
Saya dengan Tony umur 34 th,
Di kening saya juga terdapat benjolan kurang dari 1 Cm saat ini, sebelumnya sekitar 2 thn yang lalu sekitar 20-50 mm, Benjolan tidak terasa nyeri jika di sentuh, benjolan mudah di gerakan dan tetapitidak terlalu lunak, dan sampai saat ini saya belum ada keluhan
Dokter umum biasa saya periksa menyebutkan lipoma.
1. Pertanyaan saya apakah ada jenis lipoma yang tidak lunak(sedikit keras)?
2. Apakah di karenakan lokasinya di kening (Diatas alis) sehingga tidak lunak?'
3. Jika Operasi dapatkah di dokter bedah umum?
Mohon pencerahaan dan informasi nya yah bu Dokter, terimakasih banyak

Best regards,

Tony (tlordyan@yahoo.com)

 
, Blogger Tony wrote ...

Bu Dokter Laksmi, maaf mengganggu,
Saya Tony 34 Thn,
Benjolan saya posisinya di atas alis (Kening) ukuran kurang dari 1 Cm dan 2 tahun lalu mungkin sekitar 20 - 40 mm,mudah digerakan dan sampai saat ini belum ada rasa nyeri ataupun keluhan,dan saya ke dokter umum di informasikan lipoma oleh beliau, dan adapun pertanyaan dari saya yaitu:
1. Adakah jenis lipoma dengan Benjolan tidak lunak (sedikit keras)?
2. Informasi Praktek Bu Dokter Laksmi,?
3. Pelaksanaan operasi membutuhkan waktu berapa lama?

Mohon pencerahaan dan informasinya, terimakasih banyak bu Dokter

Hormat Saya,

Tony (Tlordyan@yahoo.com)

 
, Anonymous Ananda wrote ...

Selamat Sore Bu Lakshmi..
Saya mau nanya, saat ini di leher saya ada benjolan diameternya sekitar -/+ 2cm, Ketika saya tekan tidak terasa nyeri dan dapat bergerak.. Saat saya konsultasi ke dokter memang itu Lipoma.
Lebih baik di operasi atau tidak ya bu? Tetapi jika tidak di operasi apa bisa menyebar atau bertambah besar diameter lipoma nya? Keputusan terbaik nya apa ya bu? di operasi atau tidak?

Terima Kasih.

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

salam bu.
tata cara bedah ringan untuk lipoma bagaimana.?

 
, Blogger evy sad wrote ...

selamat Pagi bu lakshmi.....
bu saya evy umur 31 thn kemarin saya operasi lipom yg ada di kening.... berapa hari setelah operasi muka saya jadi pada bengkak-bengkak dan sering keluar cairan pada luka yang dioperasi. apakah kah ini karena obat biusnya yang kebanyakan karena bius lokal tp obat bius sampai 7 btl, atau karena selang yg tertanam ya dok????

 
, Blogger solikinyardan wrote ...

salam...
dok sy pny anak mur 2th,dia pny benjolan diperut sjk bayi tp sejak semgg ini kok benjolan tsbt tampak membesar,udah sy periksa k dktr ktny hernia tp sy blm yakin krn hsl blm keluar,yg ingin saya tnyakan apa bednya hernia umbilikalis ama lipoma, trims sblmnya.

 
, Blogger Giadinho99 wrote ...

Malem Dok...saya Gia 21 thn, mau bertanya...di punggung sebelah kanan saya ada benjolan kecil dgn diameter sekitar 2cm tp tdk ada rasa sakit (walaupun ditekan), tdk ada bau nanah, warna sama dgn warna kulit, dan tdk mengganggu pergerakan..benjolan ini muncul sekitar 2-3 thn yg lalu..apakah ini tumor? terima kasih Dok..

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

sore ibu lakshmi... langsung aja... terjadi benjolan secara tiba2 pada ponakan saya.. lumayan besar untuk balita 1.5tahun...dalam kurun waktu 1 minggu benjolan tersebut sebesar kepalan tangan orang dewasa....letaknya di punggung atas... brpa hari yg lalu dokter sempat menyedot isi benjolan untuk tau isi benjolan tsb.. bukan nanah atau cairan getah bening isinya, melainkan darah segar... saya mau tanya apa ini termasuk lipoma ?? apakah ini berbahaya??? perkembangannya knp bisa secepat itu ya ??

 
, Blogger kepen wrote ...

aslkm dokter..
sy mempunyai bayi umur 8 bln ... di dlm kulit antara perut dan dada sebelah kiri terdpt benjolan kecil sperti biji klo di pegang sperti cairan kental yg mengumpal ...jika diraba benjolan tersebut tdk terasa sakit krn bayi sy tdk menangis walaupun benjolan tsb d tekan atau di gerakkan..kira2 apa dokter dan berbahaya tdk utk si bayi..mksh infox

 
, Anonymous Nelly Huang wrote ...

Sore Bu Lakshmi,

Anak saya berumur 5 tahun sekarang. Sejak dari bayi, badannya di bagian bawah leher (sedikit di atas dada)juga ditemukan benjolan. tetapi jika ditekan tidak terasa sakit dan benjolannya bisa bergeser. Jika saya membaca artikel Ibu, mungkin itu adalah lipoma. Masalahnya sekarang orang tua saya menyarankan lebih bagus dioperasi saja, cuma karena umurny masih 5 tahun, saya sangsi apakah lebih bagus dioperasi atau tidak ya?apakah ada efek samping untuk anak kecil yang dioperasi? Apakah sesudah dioperasi lipoma bisa muncul kembali?Mohon penjelasannya,dok. Terima kasih.

 
, Blogger ly-rahmeyza wrote ...

ibu dokter yth, saya punya anak pr usia 6,5 thn ada benjolan kecil di lutut kanan tapi kalo di tekan keras seperti kulit yg kapalan..ibu dokter saya mohon penjelasan apakah benjolan ini berbahaya bagi anak saya sementara keluhan tidak ada & aktifitasnya juga tak terganggu, mohon bantuan sarannya bu apa yg harus saya lakukan..trima kasih

 
, Blogger lutfi wrote ...

selamat sore dok,saya lutfi,usia 44thn..

saya mempunyai benjolan dibawah matakaki kanan,kira2x 3cm,dulu benjolan itu tidak menganggu aktivitas saya,tapi sudah sebulan ini,benjolan trsebut tumbuh besar dan agak nyeri,saat saya periksa kedokter bedah dibakti yudha,diagnosanya adalah KISTA,dan dokter menyuruh untuk di opersi dengan pembiusan umum/total..tapi saya minta waktu untuk pikir2x dulu.
setelah dirumah pada sore harinya benjolan itu keluar cairan kental kaya pasta berwarna putih,lalu saya coba pijit2x..semakin banyak keluar,sampai benjolannya agak kempes.dan saat saya pijit tidak terasa nyeri/sakit.

yg ingin saya tanyakan bejolan itu termasuk lipoma atw kista??

dan apakah diharuskan pembiusan umum/total saat operasi??

sampai tulisan ini saya buat kondisi benjolan dan bentuknya kembali seperti semula(lonjong dan jikadipegang bisa bergerak seolah tidak menempel pada daging/tulang)
dan luka bekas keluarnya cairan sudah membaik,namun saya tetap ingin mengangkat benjolan tersebut
atas jawaban dokter saya ucapkan trimakasih..

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Selamat pagi bu dokter.
Saudara saya mempunyai benjolan yang ciri2nya seperti lipoma yang ibu sebutkan dan letaknya di pelipis bagian kanan dekat dengan mata, diameter sebesar ibu jari tangan orang dewasa. Apakah bisa dilakukan pembedahan? Dan apa resikonya saat dilakukan pembedahan.
Saya tunggu jawaban ibu dokter, coz usianya masih remaja dan jadi minder dgn adanya lipoma tersebut.

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Selamat pagi bu dokter.
Saudara saya mempunyai benjolan yang ciri2nya seperti lipoma yang ibu sebutkan dan letaknya di pelipis bagian kanan dekat dengan mata, diameter sebesar ibu jari tangan orang dewasa. Apakah bisa dilakukan pembedahan? Dan apa resikonya saat dilakukan pembedahan.
Saya tunggu jawaban ibu dokter, coz usianya masih remaja dan jadi minder dgn adanya lipoma tersebut.

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

selamat malam bu lakhsmi, sama icha
saya memiliki benjolan di pundak saya dan warnanya berubah menjadi hitam, benjolannya berubah ukuran walau lama tumbuhnya, dan benjolan ini terasa sakit dan panas, apakah ini termasuk tumor lemak? dan apakah ini berbahaya? terimakasih

 
, Blogger Mizz piNK_PurpLe Dhruvastar wrote ...

Ass dok, saya Indah 21th, barusan saya ngerasa aneh pada perut sebelah kiri bawah saya, jadi saya langsung searching..
gini dok saya ngerasa ad benjolan sebesar kelereng waktu berdiri, dan waktu tidur lebih terasa lagi benjolan sebesar jempol,, jujur saya takut dok, semoga bukan apa2,
oh ya bebrpa hari yg lalu saya sempat jatuh dari motor dan perut sebelah kiri saya ngehantam piggir lobang dijalan sehingga membiru hampir hitam.. bisa minta saran dok, terima kasih sebelumny :)

 
, Blogger Princess Luvshopping wrote ...

Pagi dok.
Saya di pinggul belakang baru raba'' ada benjolan di dalam (ga nampak dari luar benjolannya). kerasa kalau di raba dalem. bentuknya benjolan, bisa berpindah letaknya, kalo ditekan keras, sakit.. kalo ditekan pelan biasa tidak sakit. apa itu lipoma?

mengingat di tangan saya banyak kelenjar lemak, nampak dari luar. dulu pernah periksa ke dokter, katanya yang di tangan saya itu kelenjar lemak.

nah apa mungkin yang di pinggul belakang ini jg kelenjar lemak?

pooh_v31@yahoo.com

 
, Blogger Anthonio Abrahams wrote ...

dok saya mau tanya terkadang ketek sy berjendol....setelah memakai rexona ganti2...tapi nanti kempes lagi......kadang tumbuh klo ganti roxona .... jendolan....itu knapa ya ??

 
, Blogger Mufti R Kardiman - Luky Triana wrote ...

Dok, informasi yang sangat menarik. saya mencari info ini karena ibu saya ada lipoma di lutut kakinya. lalu ibu saya diperkenalkan dengan produk Synergy, noni plus, joint formula dan klorofil. alhamdulillah lutut ibu saya sekarang sudah hampir normal.
Nah teman saya ada benjolan di lutut dan pergelangan kaki. awalnya mengira itu adalah asam urat yang parah. apakah demikian? apakah lipoma itu ada macem2 jenisnya? terima kasih...
ps. mohon izin untuk copy ke blog saya cekjantung.blogspot.com.

 
, Anonymous asis_bekasi wrote ...

Dear Bu Lakshmi,
saya mau tanya saya ada benjolan di pungung (7cm)sudah 3th tapi tidak berkembang, saya konsultasi sama dokter katannya lipoma (katanya kelenjar lemak)trus tidak ada obatnya selain operasi. apa ada obat atau urut refleksi selain operasi?.mohon sarannya

 
, Blogger bodong wrote ...

selamat malam dok.
saya sengaja browsing untuk mengetahui penyakit saya, dan setelah saya baca artikel ini, saya jadi yakin bahwa inilah penyakit saya(lipoma), saya memiliki benjolan di pipi kanan,kalau diraba besarnya sekitar seukuran kelerang lebih besar sedikit, saya merasakan ini sekitar 4 tahun lalu, karena dulu kecil tidak menganggu dan tidak sakit saya biarkan saja, tapi dengan seukuran saat ini saya menjadi tidak nyaman karena berada di wajah,

yang saya tanyakan, seandainya dioperasi apakah akan mempengaruhi syaraf mata atau lainnya mengingat letaknya tidak jauh dari mata(3 cm-an), atau jika penanganan operasi-nya tidak tepat akan mengakibatkan efek lainnya (bisa tumbuh menyebar di tempat lainnya),saya jadi was-was jika ini terjadi, makanya sampai sekarang saya belum berani memeriksakanya, apa efek samping lain yang belum saya ketahui? adakah obat atau semacamnya selain di operasi?, karena kalau di operasi(diangkat) pasti akan meninggalkan bekas cekungan, mengingat letaknya dipipi, saya cuma takut keadaan akan lebih parah di banding sebelum di operasi, saya minta sarannya bu..

oiya... nama asli saya mazid,usia 30th domisili semarang, adakah rekomendasi dokter ahli kulit untuk wilayah semarang buat saya bu ?

dan satu lagi... apakah mahal? berapa kira-kira budget yang di butuhkan seandainya saya melakukan operasi lipoma ?, karena saya harus mengumpulkan sendiri terlebih dahulu...hehe..
Sebelumnya Terimakasih atas solusinya...

mazidkamal28@yahoo.com

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

mlm bu , bu adk sy swkt umur 4bln ad benj0ln d dkt kuping lalu tmbah membesar lalu d oprasi tp skrg stlh op bnj0ln it tmbuh lg skrg umr adik sy 7bln it dsbt pykt lipoblasma tp apkah kmungkinan adk sy akn d oprasi lg?trims bu m0h0n sarannya

 
, Anonymous Rizky Firdaus wrote ...

Selamat malam dok...
salam kenal sebelummya..
Saya rizky. saya sudah sekitar 1 minggu ini ada pembengkakan di paha atas dekat selangkangan (lebih tepatnya bkn di paha tp di bagian kiri bawah perut diatas lipatan paha) setelah di USG ternyata ada pembengkakan dan nanah / abses gitu di dalamnya. di rekomendasikan utk operasi. saya tdk menginginkan operasi. kira2 obat apa ya dok yg membantu mengeluarkan nanah dan bakterinya selain operasi? mohon sarannya

terima kasih dokter lakshmi

 
, Blogger Denting Bumi Gemintang wrote ...

pagi dokter,,
salam kenal saya denting,,
suami saya juga ada bejolan seperti digambar,,tidak sakit,,tidak ada mata seperti jerawat,,dan agak kenyal,,letaknya diwah punggung,,maaf mendekati pantat atas"maaf",,
kira2 berbahaya gak ya dok,,kira2 sudah seminggu benjolan itu,,dan tidak sakit sama sekali,,,,

terima kasih dokter,,

 
, Blogger err_mine wrote ...

siang dok,pada tahun 2008 saya mengalami appendicitis dan telah menjalani operasi.Namun akhir2 ini,saya kerap merasakan sakit itu kembali,meskipun tak sehebat dulu,dan saya juga tidak nafsu makan.Menurut dokter apa penyakit itu datang lagi atau gmana?mohon infonya.trims

 
, Anonymous astrid wrote ...

ass, dok ....
salam kenal, saya astrid.
saya ada benjolan di leher sebelah kanan dekat denyut nadi...kadang membesar, kadang mengecil...kalo sedang membesar disertai dengan rasa pusing yang sangat...benjolan itu saya rasakan 3 tahun belakangan ini...tapi kurang lebih enam bulan belakangan ini benjolannya semakin terasa apabila diraba.kalo saya melakukan aktifitas yang berat/ terlalu lama didepan komputer,terkadang leher saya sebelah kanan membesar, disertai dengan pusing dan mimisan.dan kalo ditekan/menelan tidak terasa sakit atau mengganjal...mohon dibantu dok,
terima kasih

 
, Anonymous d3p3 wrote ...

kalo menggunakan metode herbal, kira2 p[ake apa aja ya. Gak ingin operasi karena kendala biaya. Terima kasih

 
, Blogger Gunawan Septiyadi wrote ...

Selamat Pagi Bu dokter ...
Saya gunawan, kebetulan sekali ketika saya mencari artikel tentang lipoma saya menemui web bu dokter. . .
Dan pada kesempatan kali saya ingin bertanya,,,8 bulan yang lalu saya kan sudah dilakukan eksisi terhadap lipoma/benjolan yg terletak tepat diatas tulang belakang telinga kanan saya,,,setelah dioperasi alhamdulillah lancar dilaksanakan ,,,
Tetapi kenapa akhir" ini benjolan tersebut mulai kambuh lagi,,,meskipun perkembangn lama tapi saya khawatir dg hal tersebut,, pertanyaannya : 1. Apakah karena pantangan makanan yg pernah dilarang dokter bedah pd saat itu 2.Faktor Lingkungan (Cuaca, berdebu, kecapaian) atau karena apa dok??? Lalu adakah cara mencegah perkembangn benjolan tersebut tanpa dilakukan operasi kembali? terima kasih dok,,,mohon dijawab maaf mengganggu waktu dokter. Terima kasih

 
, Blogger alya wrote ...

Salam kenal dok saya alya ibu rumah tangga
Langsung saja dok, Di sikut lengan kanan saya ada benjolan kurang lebih seperti belahan dari telur ayam kampung,benjolan ini sudah lama ada sekitar 4/5 tahun awalnya sy terjatuh dari tangga dan sikut saya terbentur dingding karna menahan jatuh,ketika itu saya hanya merasakan sakit biasa saja dengan di obati balsam dan koyo 3hari kemudian rasa sakit itu hilang,berselang beberapa tahun timbulah benjolan seperti sekarang ini dok,ciri-cirinya agak keras,jika lagi angot terasa sakit yang amat sangat jika di sentuh rasa sakitnya sampai ke jari kelingking,saya pernah meriksa ke sbuah RS,tepatnya di rontgen tapi DR ahlinya bilang tulang dan daging saya normal,saya bingung dok penyakit apa ini?
Sebelum dan sesudahnya saya ucapakan terimakasih.

 
, Blogger bernadeta wrote ...

siang dok,
suami saya ada semacam lipoma di punggung sebelah kanan dekat tulang belakang dgn diameter sekitar 8 cm,
Minggu lalu sempat ke dokter bedah pengennya operasi minor aja atau one day care, tp dokter menganjurkan untuk eksisi dengan bius total dan harus rawat inap
Yang ingin saya tanyakan apakah kalau eksisi harus bius total dan rawat inap? atau haruskah saya cari 2nd opinion ke dokter lain dahulu?
Mohon advice dan Terima kasih sebelumnya

 
, Blogger www.deltaomega.blogspot.com wrote ...

Hallo Dokter Lakshmi,

Istri saya ada benjolan di siku tangan sebelah kiri.
Saya baca di blog Dokter ternyata itu Lipoma.

Saya pernah cek ke dokter internist, katanya Kiste.
Apakah Lipoma dan Kiste itu sama ?
Apakah berbahaya kasus seperti ini ? Perlu dilakukan operasi segera mungkin.
warna benjolan terkadang merah dan sakit.

Dokter praktek di rumah sakit mana ?

Saya tinggal di daerah karang tengah, ciledug, Tangerang.

No hp dokter apakah masih sama dgn di blog ?( 0813 10 166 750 ).
Saya coba hubungi tidak aktif.

Ditunggu balasannya segera.

Atas Perhatiannya saya ucapkan Terimakasih

Winarto
win78ch@rocketmail.com

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Hallo Dokter Lakshmi,

Istri saya ada benjolan di siku tangan sebelah kiri.
Saya baca di blog Dokter ternyata itu Lipoma.

Saya pernah cek ke dokter internist, katanya Kiste.
Apakah Lipoma dan Kiste itu sama ?
Apakah berbahaya kasus seperti ini ? Perlu dilakukan operasi segera mungkin.
warna benjolan terkadang merah dan sakit.

Dokter praktek di rumah sakit mana ?

Saya tinggal di daerah karang tengah, ciledug, Tangerang.

No hp dokter apakah masih sama dgn di blog ?( 0813 10 166 750 ).
Saya coba hubungi tidak aktif.

Ditunggu balasannya segera.

Atas Perhatiannya saya ucapkan Terimakasih

Winarto
win78ch@rocketmail.com

 
, Anonymous Eny wrote ...

siang dok,
anak saya (usia 4th) ada benjolan di perut sebelah kiri, dugaan dokter itu lipoma. apakah lipoma harus dioperasi ? adakah makanan yg harus/tidak boleh dikonsumsi? mkch

 
, Blogger arisa firdaus wrote ...

salam kenal bu laksmi
saya risa, terdapat benjolan lipoma di daerah bwah (maap) pantat sebelah kiri, ukurannya dulu tidak besar tapi masuk taon ketiga pertumbuhannya membesar dan mengarah ke daerah sekitar vagina, kadang terasa nyeri saat tertekan.
apakah tindakan operasi bisa menghilangkan lipoma ini dan apakah di lain hari tidak akan muncul lagi.
untuk recovery pasca oprasi apakah butuh waktu yang lama mengingat letaknya lipoma.
trima kasih sebelumnya atas jawabannya

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Selamat malam Bu Lakshmi...salam kenal. Saya mau bertanya dibawah bahu kanan dekat tulang anak saya laki-laki usia 11 tahun ada benjolan, sudah saya periksakan ke dokter spesialis bedah anak Yulianto Suwardi di kota Semarang dan dinyatakan lipoma. Beliau mengatakan tidak apa-apa hanya harus dipantau apakah menjadi membesar atau tidak.Kalau memang membesar barulah dilakukan tindakan pengangkatan.
Pemeriksaan yang dilakukan hanya pemeriksaan fisik saja.
Apakah tidak diperlukan pemeriksaan lanjutan bu ? untuk memastikan bahwa benjolan itu memang lipoma ( saya takut kalau kenapa napa ). Dan oleh dokter Yulianto tidak diberi obat apapun.Apakah ada pantangan makanan tertentu bu ?
Mohon saran Ibu dokter.
Terimakasih banyak.
Salam

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

selamat malam bu dokter..
saya lina, ibu saya memiliki benjolan di bahu sebelah kanan di atas ketiaknya, awalnya benjolan itu sebesar kacang, namun 10 tahun yang lalu ibu saya berobat alternatif, benjolan itu di pijit2 hingga benjolan itu membesar, namun ibu saya menghentikan pengobatan alternatif itu setelah tahu benjolan itu semakin membesar, dan benjolan itu sekarang kira2 berdiameter > 6cm, tahun 2011 yang lalu benjolan itu mengeluarkan darah, sebagai anak saya khawatir dengan kondisi ibu saya dok, tetapi ibu saya tidak mau memeriksakannya ke rumah sakit beliau berpendapat bahwa dokter di rumah sakit pasti menyuruh operasi, apakah benjolan itu berbahaya untuk ibu saya dok?

mohon informasinya dok...

terimakasih..

 
, Blogger Farid de Wajdi wrote ...

Selamat malam bu dokter,

Saya mengalami pembengkakan di seku lengan kanan atas ini, kurang lebih baru telihat 3 hari yang lalu, tapi gejala nyerinya (linu bila bertumpu dengan siku) sudah lama. Namun bila ditekan secara langsung dengan jari pada benjolan tersebut tidak terasa nyeri. Apa ini lipoma?

Untuk lebih jelasnya dapat dilihat fotonya ada di blog saya: http://farid-tale.blogspot.com/2012/11/kelenjar-getah-bening.html

Dan mohon untuk komen di blog saya.

Terima kasih sebelumnya bu dokter.

Selamat malam.

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

selamat malam dokk ..
dok, numpang tanya, saya priksa di dokter umum , katanya kena penyakit benign lipoma neoplasm . itu apa ada hubungannya dengan bau mulut tak sedap ??

salam, makasii :)

 
, Anonymous obat herbal xamthone plus wrote ...

berarti benjolan di atas siku tidak berbahaya, jadikan kita untuk lebih sensitif untuk menjaga kesehatan kita..

 
, Anonymous khasiat teh daun murbei wrote ...

semoga saya bisa membantu

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Slm.. pgi dok. Sy ad bnjoln krng lbh 2cm d area T mta tp tdk nyeri. Apkh itu lpom dn ap tdk brbhya jka d bdh.?mksh dok n dtggu jwbnnya.

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

selamat siang dok, saya mau tanya: di pipi sbelah kiri adik saya umur 17th terdapat benjolan sebesar kelereng,,itu terjadi kira2 dalam 2minggu ini yang sebelumnya dikira jerawat didalam pipi,,saya khawatir kalo benjolan itu akan bertambah besar lagi. nah apakah itu juga termasuk lipoma dok??mohon saran dari dokter apakah perlu rontgen dl dan dilakukan operasi ??. terimakasih

mhon dibalas ke email ya dok : atieksulistyowati@ymail.com

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Selamat siang dok.salam kenal mohon info kemaren saya melakukan usg abd. di situ di tuliskan pada kesimpulan ada lipoma maligna disertai suspect gastritis tak dapat disingkirkan. yang ingin saya ketahui :
1. lipoma maligna itu apa ?
2. penyebabnya apa ?
3. Bahayanya bagaimana ?
4. apa bisa diobati (tanpa operasi)
Terima kasih

Lilis.

 
, Blogger airways tiket online wrote ...

Selamat siang dok
saya mau tanya
benjolan diantara alis itu penyakit apa ya dok apakah lipoma juga
benjolanya tidak tersa sakit jika di pencet dan benjolan nya keras dok

waktu itu perna hilang tapi sekarang muncul lagi dok mohon penjelasan nya

 
, Blogger Harrie Soejoedono wrote ...

Selamat malam dokter..
Istri saya ada keluhan di telinga kiri, ada benjolan dan mengganggu pendengaran karena menutupi lubang telinga apabila sedang meradang mengakibatkan sakit. sudah pernah d CT Scan hasilnya Lipoma.
Pertanyaan saya:
1. Apa benjolan tersebut juga menimbulkan sakit kepala.
2. mengapa setiap hari kadang mengeluarkan cairan bening yg agak berbau.
Terima kasih dokter.
email saya: harrie.suyudono@gmail.com

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

salam dok,
seminggu yang lalu saya operasi ambil pen dari L4,L5 karena habis jatuh.
Mengapa Setelah di operasi malah ada benjolan padahal saat ada pen tidak keliatan benjolan.
Terimakasih

 
, Blogger ididiary wrote ...

Selamat pagi bu dokter, saya juga mau nanya,hehe
Saya juga ada benjolan kecil di perut kiri bagian bawah jika diraba akan terasa benjolan tersebut, kira2 sebesar biji salak, tapi tidak sakit dan tidak terlihat ,
Kira2 itu apa ya dok? Bahaya tidak? Ini baru tahu sktr dua mingguan belakangan.

Tolong Kirimi jawabannya via email juga ya dok : )
Disini >>>>
Idinih@nokiamail.com

Terima kasih Bu Dokter :)


Http://idifreakshit.heck.in

 
, Blogger zulfikar iskandar wrote ...

Salam Buk dokter...
dok,..untuk menyembuhkan lipoma ada g cara/obat selain operasi...mohon pencerahan a...

 
, Blogger sherly sulistia wrote ...

ass buk dokter
nama sy sherly berumur 23 th
buk d bawh payudara saya tumbuh bnjoln d bwah kulit berwrna coklat kehitaman
wktu sy priksa k doktr bedah kt doktr it kista dan skrg bnjoln it sudh hilng
ap kista it bs hlng sndri buk ato pndh k bagian tubuh yang lain????
cmn skrg di bawah payudara sy sering nyeri buk bgtu jg payudara sblah kanan sy jg sring nyeri dan dada sy jg sring sesak skrg buk
jntung sy jg sring bdbar2 kyk brdtak kncang gthu buk, rsny it kyk menekan d dada sy
terima kasih buk.....

 
, Blogger syah afwan wrote ...

Selamat pagi buk
apakah ada alternaik yang lain selain dioprasi penyakit LIPOMA itu, misalnya dengan obat-oabatan atau olahraga dll ?
mohon penjelasan!
makasih sebelumnya..
salam...

 
, Blogger agil wrote ...

Selamat malam Ibu Laksmi,,,
Sebelumnya perkenalkan saya Agil Gandi, 27 tahun, tinggal di Bekasi
Dokter sya adalah pasien usus buntu yg sudah operasi 28 Maret lalu, jadi kira2 sudah sekitar sebulan yg lalu.Ada yg mau saya tanyakan Dokter :
1. Makanan yg harus saya hindari apa ya kira2 Dokter pasca operasi dan untuk seterusnya?
2. Berhubung saya ini orang yang suka berolahraga, terutama futsal kira2 sampai kapan ya Dok, sya bisa bermain lagi seperi biasa soalny kemaren belum sempet konsultasi sma dokter bedah saya..
Terima kasih atas bantuannya Dokter Laksmi.

 
, Blogger sinyo wrote ...

Selamat siang Ibu Dokter, perkenalkan nama saya Rudy, saya pada tanggal 8/5/2013 kemarin menjalani operasi lipoma di lengan kanan dan kiri, kemarin tanggal 9/5/2013 verband saya buka dan lapisan penutup jahitan juga saya lepas karena kata dokter tetangga saya biar tidak terjadi pembusukan luka, yang mau saya tanyakan Bu Dokter apakah boleh jahitan yang baru berusia 2 hari tidak di verband lagi, apakah nantinya tidak timbul adanya infeksi karena debu atau virus? Terima kasih atas diberikannya kesempatan untuk berkonsultasi

 
, Blogger Herlina_P wrote ...

Selamat Siang Dr. Lakshmi,
Salam kenal ya Bu? Saya Herlina. Januari 2011 lalu saya melahirkan anak pertama melalui operasi sesar di sebuah RS di JakPus. Pada saat melahirkan usia saya hampir 31 thn. Kenapa ya akhir2 ini luka bekas operasinya sering terasa nyeri? Adakah obat yg dapat saya minum untuk pengobatan dari dalam atau obat luar yang dapat saya oleskan? Terima kasih atas jawabannya.

 
, Blogger Mang Kropos wrote ...

slamt malam dokter....? saya mau nanya suami saya 3 bulan yang lalu baru dibedah karna ada benjolan dibagian dada (absesepigastrium) dan alhamdu;lillah sudah membaik namun masi keluar cairan dari bekas operasi dan sekarang muncul benjolan baru dibagian punggung suami saya tidak ada rasa sakit apapun mohon solusi...penyakit apa yang sebenarnya dialami suami saya...apakah bahaya atau tidak trims

 
, Blogger Mang Kropos wrote ...

selamat malam budokter,mohon penjelasan penyakit apa yang dialami suami saya dibelakang pun ggung ada benjolan lagi dari yang sebelumnya (absesevigestrium)
benjolan didepan dada suami saya sudah dioprasi namun masih belum sembuh timbul benjolan lagi

 
, Blogger Mang Kropos wrote ...

selamat malam bu dokter....mohon solusi suami saya 3 bulan kemarin habis operasi bedah absesevigastrim dibagiasn dada namun sampai sekarang masih belum sembuh dan keluar cairan nanah dan darah, belum sembuh namun ada timbul lagi benjolan baru dibagian belakang punggung hanya nyeri...mohon jawabanya trima kasih

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Dok, sudah beberapaa bulan ini ada benjolan di pinggang saya yg kanan dan kiri . Yg kanan kira2 2cm , yg kiri 1cm. Apakah itu limpoma?
Baru 1 bulan terakhir saya juga mendapati di bawah rahang saya yg kiri dan kanan terdapat banyak sekali benjolan di kiri dan kanan besarnya sebesar kelereng. Di selangkangan kiri dan kanan juga muncul benjolan2 kecil sebesar kacang ijo. Apa itu jg limpoma atau KGB ya dok?
Kalau saya mau cek, ke dokter spesialis apa ya dok? Trm ksh , mhn bntuannya dok

Salam,
Mega

 
, Blogger fajar... wrote ...

Dear ibu Lakshmi Nawasasi
Selamat pagi..
Senang rasanya bisa tau blog ibu..Ibu..saya mau Tanya masalah bagian perut bawah pusar..dan tulang
belakang pinggang..
Bu..sebelumnya saya ada riwayat penyakit lambung dengan gejala kurang lebih dari 2 bulan.
Sesudah itu saya kembali beraktivitas..dgn kendaraan bermotor..yg saya rasakan dalam 2 minggu ini..
Jika saya terlalu lama naik motor..dan melewati bnyk polisi tidur..perut daerah bawah pusar tidak
Nyaman Sekali, seperti tidak ada rasanya..dan tulang belakang sakit..jika pakai korset..itu mendingan, tp
Tulang pinggang belakang ttp sakit..saya sudah ke dokter umum..ktnya di suruh USG perut..
Mohon bu dokter..bagaimana solusinya..
Atas perhatianya saya ucapkan terimakasih.
Salam,

fajar

 
, Anonymous Dian PD wrote ...

Salam kenal Dok ...
Saya punya benjolan di dahi tepatnya persis diatas alis sebelah kanan. Kalo baca tulisannya seprtinya ini adl lipoma. Awalnya dulu karena jerawat trus membengkak kemudian hilang dan muncul lagi dan menyusut kemudian muncul sampe skrg, diameternt kira2 1cm, bisa bergeak da tdk sakit.
Pertanyaannya apa perlu saya operasi dok mengingat ini tdk sakit dan tdk tumbuh dan sy tdk merasa terganggun thd benjolan ini.

Salam,
mas Dian
0896 7144 7369
d3p3_info@yahoo.co.id

 
, Blogger Babang Aguero wrote ...

selamat pai bu lakshmi saya mau tanya ini saya punya benjolan di hidung tapi sya gak tau apakah ini benjolan lemak ( lipoma ), tapi saya penah konsul ke dokter kulit dia bilang benjolan di hidung saya tidak bisa di hilangkan, apakah ada alternatif lain untuk meremovenya, sekian & trims

 
, Blogger zainal mochtar wrote ...

Selamat pagi dok, sekitar 6 bulan yg lalu saya terjatuh dg siku kanan menopang badan, baru2 ini siku tsb muncul benjolan sebesar 3 cm tapi tidak sakit jika ditekan. Kira2 kenapa ya dok? dan kalau mau konsultasi ke dokter spesialis apa? terimaksih dok jawabannya

 
, Blogger zainal mochtar wrote ...

dok baru2 ini timbul benjolan disiku kanan, memang 6 bln yl pernah jatuh tapi tdk sakit dok, diameter 3 cm kenapa ya?

 
, Blogger alhari wrote ...

selamat pagi buk. satu bulan yang lalu saya sudah operasi pengangkatan lipoma bawah jempol kaki. sepertinya sekarang lipomanya timbul lagi. yang saya rasakan tidak sakit. sedikit sakit kalau saya tekan. dan jempol kaki saya itu kebas. apa iya itu lipoma ibuk. terima kasih sebelumnya.

 
, Blogger alhari wrote ...

assalamualaikum bu. sebelan yg lalu saya sudah dioperasi pengangkatan lipoma dijempol kaki saya. tp sepertinya sekarang lipomanya tumbuh lagi. yang saya rasakan kebas di sekitar jempol kaki dan kalau ditekan agak sedikit sakit . apa betul itu ciri2 lipoma buk . terima kasih sebelunya

 
, Blogger Petani Agropreuner wrote ...

dr Ari Pontianak: selamat siang dokter,.
saya dulu pas tahun 2009 pernah operasi dan diagnosa dr dokter lipoma,sebanyak 6 titik.tapi kok setelah pasca operasi sekarang malah muncul lagi benjolan2 ditempat yg berbeda dan lebih banyak dr sebelum dioperasi,.kira2 ini disebabkan krn apa yah dok,dan berbahaya atau tidak.dan ada beberapa benjolan dibagian pinggang kalo ditekan terasa perih/sakit.thanks utk jawabannya,.

 
, Blogger pantja junita wrote ...

Malam Dok.Anak saya punya benjolan diatas mata dan kalo ditekan terasa nyeri,bisa digeser2.Menurut dokter bedah, harus diangkat dengan operasi.Apakah itu lipoma atau kista ? Apa perbedaan yang kasat mata untuk 2 hal tersebut ?Terimakasih.

 
, Blogger Oku Lestari wrote ...

Siang dr lakshmi.. mau tanya soal lipoma. Dokter prakter di RS mana di depok ya?? Saya ada benjolan di punggung. Sudah pernah di oprasi sebelumnya. Tp timbul kembali di tempat yang sama.. thx

 
, Blogger pecel wrote ...

slam kenal bu dokter.. sudh lama sy ingin berkonsultasi dg dokter ttg mslh yang sy alami ini . dan syukur bs temukan blog berguna sperti ini..sy mw tanya bu..disekitar paha saya, di bagian depan dan dsamping, ada benjolan-benjolan dalam kulit yg ukurannya sebesar kelereng kecil,,tp tdk terasa sakit.,pnykit apa ya bu..?adakah solusi lain selain dioperasi bu untk menghilangkannya? misalnya obat dll..terima ksih ats jwabannya,

 
, Blogger Mardiyani Husni wrote ...

Dok, saya ada benjolan kecil di panggul kiri jika ditekan rasanya nyeri persis hbis disunik jadi pegal dan nyeri. seminggu ini sakit sampai pada punggung kiri atas dan sepanjang punggung kiri. Dua hari lalu saya ke dokter syaraf gak sembuh..... pada benjolan kecil mirip lipoma tapi warnanya agak membiru .... ke dokter spesialis apa yaa. Mohon jawaban

 
, Blogger Mardiyani Husni wrote ...

pagi dok, saya memiliki benjolen kecil di pinggul kiri tapi warnanya agak membiru. rasanya nyeri dan pegal persis habis suntik. seminggu ini rasa pegalnya menjalar sampai punggung atas. saya harus k dokter apa yaa. Kemarin saya ke dokter syaraf tpi gak da perubahan

 

Post a Comment

<< Home