8.03.2008

WASIR / AMBEIEN / HEMOROID (selanjutnya dapat dilihat di HealthToday edisi Agustus2008 - talk show SONORA 31/3/09) Wasir/ambeien nama lainnya adalah hemoroid / piles, yaitu pembengkakan dan peradangan dari pembuluh-pembuluh darah balik / vena pada daerah bawah rektum atau sekeliling anus. Merupakan Penyakit yang paling banyak ditemui diantara penyakit anorektal lainnya. Jika tidak mendapat penanganan maka hemoroid akan semakin bertambah parah, jarang yang mengalami perbaikan dengan sendirinya karena biasanya kelainan ini melibatkan secara luas pembuluh darah, jaringan lunak dan otot-otot anus . Hemoroid terbagi atas 4 derajat Derajat 1 : Disertai dengan perdarahan pada saat BAB (buang air besar) Derajat 2 : Derajat 1 yang disertai dengan timbulnya benjolan yang keluar pada saat BAB (buang air besar). Benjolan akan masuk sendiri usai BAB. Derajat 3 : Derajat 1 disertai dengan benjolan yang tambah membengkak dan membesar. Benjolan dapat masuk kedalam anus dengan didorong oleh jari. Derajat 4 : Benjolan tambah membesar dan tidak dapat masuk kembali ke dalam anus. Nama lain wasir = ambeien, hemoroid, piles Hemoroid berasal dari kata Yunani , haemorrhoides yang berarti darah yang mengalir (haem = blood, rhoos = flowing). Istilah piles berasal dari kata latin, pila yang berarti pil atau bola. Jadi memang tepat kedua istilah tersebut, karena selain ada perdarahan, penyakit ini ditandai dengan adanya / keluarnya benjolan . Di Indonesia disebut wasir, sedangkan ambeien berasal dari kata Belanda ‘ambeijen’ ( diambil dari kata buah arbij). Hemoroid juga sering pada wanita hamil biasanya sifatnya temporer / sementara. Penyebab wasir selalu dihubungkan dengan dua hal yaitu ketidakcukupan diet tinggi serat dalam menu sehari-hari dan kebiasaan mengejan saat BAB. Pada saat BAB, terjadi gesekan dan prolaps dari bantalan anus. Seiring dengan keluarnya kotoran, maka bantalan anus yang menempel secara longgar pada lapisan otot anus akan mengalami rotasi dan kembali kepada posisi semula. Pada hemoroid, bantalan anus tidak mengalami rotasi sempurna sehingga sering terperangkap (terjepit dan terbendung) oleh sfingter anus. Jepitan dan bendungan ini yang mengakibatkan timbulnya benjolan. Hal-hal yang menyebabkan rotasi tidak sempurna dari bantalan anus adalah usia, konstipasi serta proses mengejan lama. Selain itu hemoroid dapat juga terjadi akibat sumbatan pembuluh darah balik /vena pada bantalan anus akibat dorongan masa kotoran yang keras. Proses mengejan yang lama juga dapat mengakibatkan kenaikan tekanan dalam perut dan berakibat penekanan pada vena-vena otot anus. Diet tinggi serat akan menyebabkan turunnya insiden hemoroid. Biasakan minum 8 gelas / hari, banyak mengkonsumsi makanan tinggi serat dan selain itu yang tidak kalah penting adalah jangan terlalu lama duduk / jongkok di toilet. Kebiasaan defekasi / BAB sangat berpengaruh, tidak adanya pengaturan dalam hal waktu dan tempat defekasi serta tidak merasa terobsesi untuk defekasi secara regular misalnya dengan membaca koran/majalah atau rokok, dapat menurunkan insiden hemoroid. Pemeriksaan yang diperlukan untuk menegakkan diagnosa hemoroid adalah pemeriksaan colok dubur, selain anamnesa dan pemeriksaan fisik. Melalui pemeriksaan colok dubur teraba pembesaran benjolan di dalam dan disekitar anus. Jika terjadi nyeri hebat dan adanya trombus perianal tidak diperkenankan untuk dilakukan colok dubur. Selain itu bisa juga dengan anuskopi benjolan dapat terlihat lebih jelas atau proktoskop dapat melihat keseluruhan rektum dengan baik. Pada kasus yang mencurigakan adanya penyakit saluran cerna lainnya, Dokter akan menganjurkan pemeriksaan sigmoidoskopi atau kolonoskopi. Dari seluruh tindakan pengobatan hemoroid, pencegahan - non operatif/medikamentosa – operatif, maka yang paling terbaik adalah tindakan pencegahan. Yang dapat dilakukan adalah : a) BAB usahakan teratur sehari sekali b) Usahakan kotoran tidak keras sehingga pada saat BAB tidak perlu mengejan. Hindari penggunaan pencahar. c) Jangan terlalu lama duduk di kloset d) Banyak minum minimal 1.5 – 2 liter air putih / sehari. e). Hindari makanan yang dapat menyebabkan iritasi lokal (makanan pedas, alcohol) atau merangsang pencernaan (kopi, teh) f. Makanan yang seimbang, kaya serat, sayur dan buah-buahan sehingga dapat menghindari konstipasi / sembelit kronis. g) Olah raga yang teratur seperti senam, berjalan atau berenang. Hindari olah raga seperti berkuda atau bersepeda. h). Hindari mengangkat beban yang berat. Penanganan hemoroid ditentukan berdasarkan derajat nya. Medikamentosa / obat-obatan Dilakukan pada hemoroid derajat 1 dan 2. meliputi : a) warm tub baths / rendam pantat beberapa kali dalam sehari, sekitar 10 menit dengan cairan PK untuk menghilangkan / mengurangi keluhan gatal, nyeri dan perdarahan b) pemberian obat-obatan seperti : - pelunak kotoran / stool softener untuk memperbaiki pola BAB. - suplemen yang mengandung banyak serat untuk memperbaiki pola BAB - Obat-obatan yang di oleskan / topikal untuk hemoroid yang mengandung anestesi lokal atau steroid dapat juga dipakai atau sediaan supositoria (obat yang dimasukkan kedalam anus) untuk menghilangkan nyeri. - obat-obatan untuk menghilangkan perdarahan Tindakan / Operasi Dilakukan pada hemoroid derajat tiga dan empat. Pengobatan secara pembedahan / operatif dapat juga diindikasikan pada kasus hemoroid dimana telah dilakukan pengobatan secara konservatif / non operatif tapi tidak menampakkan keberhasilan bahkan menimbulkan serangkaian gejala a.l rasa terbakar pada anus, gatal, pembengkakan, benjolan bertambah besar, bengkak dan keluar anus serta perdarahan yang semakin berat. Tindakan pembedahan juga dilakukan pada kasus hemoroid eksterna yang mengalami kegagalan dengan pengobatan non operatif, kegagalan artinya gejala klinis menetap bahkan bertambah parah. Bagaimana dengan penggunaan obat-obatan tradisional ? Prinsipnya pada pengobatan hemoroid diperlukan obat-obatan yang dapat melunakkan kotoran , memberikan efek relaksasi pada otot dubur sehingga tidak menimbulkan rasa sakit pada saat BAB, memberikan efek pengempesan pembuluh darah balik / vena pada anus sehingga mengurangi spasme selain juga dapat mengurangi nyeri. Jika kandungan obat tradisional sudah memenuhi kriteria diatas dan tentu saja telah melewati pelbagai uji klinik (bukan hanya sekedar testimonial saja) maka tentu saja obat tersebut dapat aman untuk dikonsumsi.

84 komentar

, Blogger meyrinda wrote ...

Selamat sore dokter,
saya lagi butuh pencerahan nih,
Tanggal 16 februari 2007 anak saya Dunda (saat itu berumur 2th) harus
menjalani operasi hernia disebelah kanan yang mendadak harus dilakukan
karena keburu terjepit/incaserata.
Operasi dilakukan dimalang saat mudik.

Kondisi paska operasi ok, belum terjadi perlengketan pada usus, tp ada
sedikit bagian yg diambil -katanya penampang??- saya kurang begitu
paham. Yang jelas dokter bedah anak mengatakan kondisi ok. sempat terapi albumin tp lancar semua.

4 bulan kemudian, saya sedikit khawatir melihat bekas operasinya.
Bagian telurnya kok kadang masih membesar. Observasi dilakukan, USG
segala oleh dokter di jakarta dan hasilnya bagus. Cukup menghibur
walau masih tanda tanya, kok sepertinya masih suka membesar? Sempat
terpikir itu akibat muncul keloid didalam, tp kok diluarnya mulus2
aja. Seharusnya kalo keloid kan luar dalam ya dok?

Kemaren malam saya kedokter anak untuk menanyakan penyebab panas
tinggi yang sudah 3 hari ini. Memang disertai batuk pilek tp untuk
amannya saya bawa ke dokter sebab setahun belakangan kondisi anak saya
rentan sekali, mudah panas. Bahkan april kemaren sempat step dengan
suhu 40 lebih.

Ketika diperiksa, saya menanyakan ttg kemungkinan hernia. Dan ternyata
memang dipastikan adanya hernia kembali persis ditempat yang sama.
Dokter berkata ada 2 kemungkinan,
1.residen/balik kembali,
2.jahitan yang tidak bagus.

Jujur saya agak shock walau selama ini memang mempertanyakan
kemungkinan tersebut.
Diputuskan untuk menyembuhkan dunda dari batpil dan panasnya baru
kemudian konsultasi dengan dokter bedah anak.

Pertanyaan saya,
1. berapa persen kemungkinan hernia bisa kambuh ditempat yang sama,
dan apakah mungkin kelak kambuh lagi?
2. apakah aktivitas anak yang aktif bisa memicu timbulnya hernia
kembali? setahu saya dulu dokter berkata kondisi akan kembali normal
sama seperti yang lain
3. adakah pengaruh 2x operasi terhadap kondisi anak saya?
karena menurut pengamatan saya setelah operasi kondisi anak saya jadi
lebih gampang drop.
4. apa yang harus saya waspadai sebelum dan setelah operasi nanti?

mohon masukannya, terima kasih untuk semua.

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Ibu Meyrinda,
1. Biasanya hernia anak jarang kambuh, beda dengan hernia pada dewasa.
2. Setelah dilakukan operasi, anak bisa beraktifitas seperti biasa. Beda dengan dewasa, tidak boleh naik turun tangga, angkat berat selama jangka waktu ttt.
Sehingga pada anak operasi tdk memerlukan hernioplasty, beda dengan dewasa.
3. Jika sebelum operasi keadaan anak cukup baik (toleransi op baik) maka untuk dilakukan operasi ke dua, tidak ada masalah.
4. Ikuti petunjuk dokter dan perawat saja - berdoa supaya semuanya lancar ..
Selamat menjalankan operasi ya Bu
salam,

 
, Blogger meyrinda wrote ...

Dokter Laksmi yang baik, alhamdulillah, makasih sudah menjawab pertanyaan saya. Mudah2an saja semua berjalan dengan baik walau jujur banyak ketakutan dalam diri saya.

1. masih mempertanyakan kenapa kasus hernia ini bisa kambuh lagi pada anak saya, sehingga was-was membayangkan masih ada kelanjutan kelak paska OP ke2 nanti.
2. Anak saya setahun ini gampang drop. bahkan panasnya masih belum turun sepenuhnya, masih naik turun. Padahal katanya OP hernia tidak mengganggu daya tahan tubuh anak.

Bagaimanapun terimakasih sekali dokter. saya browsing mencari kasus hernia yg kambuh pada anak lom ketemu juga. Maaf, apakah ada referensi dokter bedah anak dijakarta ya Dok? terimakasih banyak untuk dokter, semoga senantiasa dilundungi ALLAH SWT amien

 
, Blogger setiadi wrote ...

Yth dr Laksmi
kebetulan sy rutin membeli majalah healthtoday, tolong ditulis lagi Bu soal tumor payudara.
terimaksih

 
, Blogger mom's david wrote ...

Bu, selamat siang
Bagaimana tanggapan Ibu soal RS O**i alam s yang diberitakan itu ?
Takutnya nanti tidak ada lagi pasien yang berani mengadukan rs ya Bu?
Semoga ibu tetap menjadi dokter yang baik untuk sy dan kluarga.
wati

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Pak Setiadi,
Terimakasih komentarnya - soal tumor payudara sudah ada di blog saya ini Pak :)
Soal majalah healttoday, tergantung redaksinya ; prinsipnya saya siap aja-aja sih
Thanks
salam,

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Ibu Wati,
Soal RS tsb, mohon maaf saya tidak bisa banyak menanggapi karena tidak tahu jelas permasalahannya.
Tapi pada prinsipnya setiap RS serta para dokter yang bekerja didalamnya pasti lah selalu berusaha melakukan yang terbaik.

Apalagi saat sekarang, seluruh RS bahkan semua dokter akan berlomba2 memberikan pelayanan yang terbaik. Ini kan termasuk prestasi juga.

Kalaupun ada, mungkin karena adanya komunikasi yang tidak nyambung, atau karena ada hal-hal yang merupakan kejadian normal dari efek / akibat setiap tindakan medis, atau memang ada unsur kelalaian (untuk yang terakhir ini tentu harus melalui serangkaian pemeriksaan karena angka kejadiannya amat sangat kecil)

Mungkin itu saja sedikit tanggapan dari saya Bu, tidak bisa lengkap karena tidak mengetahui persis kejadiannya seperti apa.
salam,

 
, Blogger dr.Tofik Rah wrote ...

Hallooo dok...salam kenal... saya dokter umum yg bercita-cita jadi dokter bedah nih...
Emang nih..blognya Bedah banget...makanya mampir sini.
Salam hormat.

 
, Blogger dr.Tofik Rah wrote ...

Mohon maaf..blognya saya link be blog saya ya Dok..

 
, Blogger Dr. Andi Sugiarto Setiahardja, SpRM wrote ...

Dok, salam kenal, dulu saya pun pernah lihat dokter saat bareng PPDS di UNDIP, tapi emang belon kenal secara pribadi. Sekarang malah via blog aja ya dok.

Bagus informasi yang ditampilkan di blog ini. Memang Bedah Banget ya..

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Halo dr Tofik,
Semoga cita-citanya tercapai ya .. amiiin.
Blognya juga saya masukkan ke blog saya ..
Salam sejawat,
lakshmi

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Halo dr.Andi, SpRM
Wah surprised !! kayak reunian aja jadinya ...
Agak-agak lupa juga maklum sdh agak lama kan ? tapi kalau ketemu dr Andi saya pasti ingat.
Sekarang berarti di semarang ya ?
Sumbang tulis-tulisan sedikit lah di blog saya ... mungkin kelainan kaki pada anak kecil ? CTEV itu lho --- kan untuk kaki nya pasti ujung-ujungnya lari ke RM kan ?
Atau pembuatan alas kaki untuk kaki yang bermasalah (yang perlu bantalan penyangga?) kan dikit2 ada hubungannya dengan "bedah" juga ...
Terimakasih dr Andi karena telah bergabung disini ...
Mudah-mudahan bermanfaat dan jangan bosan untuk mampir ya ...
salam sukses,

 
, Blogger dr.Ay wrote ...

Dok,sy tertarik dgn isi blog Anda yg interaktif.. Sy jadi terinspirasi untuk membuat blog juga,trmksh Dok.. Oiya,Dok sy mau ty berapa lama waktu yg paling baik untuk operasi lagi untuk menyambung usus kembali setelah pembuatan Kolostomi (stoma)? Kakak sy dikolostomi bln Sept.paska LE e.c.intestinal endometriosis di ileocaekum..trmksh,DOk

Oiya,Dok klo boleh sy tukeran link dgn blog dokter bisa? Blog sy di http://dr-aysay.blogspot.com

trmksh,Dok

 
, Blogger Neti Yulia wrote ...

Dear dokter laksmi,
nama saya neti, menderita wasir, sekarang ditangani dokter di bogor, katanya disarankan operasi, tapi saya lebih nyaman kalo dengan dokter perempuan. saya tertarik untuk ditangani oleh bu dokter. kebetulan saya di depok. Ibu praktek di rumah sakit apa ya bu?
kalo gak bisa reply di blog, saya tunggu pm di neti.yulia@gmail.com ya bu dokter. makasih banyak yah pencerahan soal wasir di blognya.

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth TS dr Ay,
Terimakasih telah mampir di blog saya.
Dulu kakak operasi dimana ?
Prinsipnya kolostomi ditutup kembali jika usus yang "diistirahatkan" sudah dianggap mampu dan bisa berfungsi kembali.
Tiap kasus pasti berbeda, coba tanyakan pada dokter bedah yang mengoperasi.
Blog nya juga akan saya link di blog saya ...
Terimakasih untuk kesediaan mampir di blog saya.
Salam sukses,

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Ass Ibu Neti,
Terimakasih banyak sudah mampir di blog saya ...
Alhamdulillah jika memang dianggap bermanfaat.
salam,

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Halo dok,
Saya ingin tanya tentang wasir/ambeien.Sekarang ini saya terkena ambeien dan seperti ada gumpalan darah beku di luar "anus" saya. Apakah itu bisa digolongkan sebagai ambeien?Kalau iya, bagaimana cara pencegahannya?Terima Kasih.

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

dok join www.bundagaul.com dong dok
supaya bunda bunda bisa bertanya dan bisa berkenalan sama dokter ^^v

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth,
Ya bisa jadi hemoroid .. trombosis eksterna.
Untuk lebih pasti coba konsultasikan pada dokter bedah agar dilakukan pemeriksaan.
salam,

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

dear Leendaa,
terimakasih untuk ajakannya ..
ok nanti saya gabung deh
salam,

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

yth dr laksmi
saya bpk joko
saya menderita hemoroid sdh lebih dari 4 tahun.. kemudian 6 bulan yang lalu saya disuntik oleh dr bedah disalah satu rumah sakit sebanyak 5 kali didalam dan 1 kali diluar....dr pernyataan dokter bedah tsb saya dinyatakan sdh sembuh....tapi kenyataannya sy masih merasakan sakit...bahkan setelah saya periksa kedokter lain dinyatakan saya belum sembuh dan ada penyakit lain yang disebut fistula ani....yang ingin saya tanyakan pertama, mengapa berbeda pernyataan dokter yang satu dg yang lain? kedua, mengapa dokter yang pertama tidak bisa mengidentifikasi adanya penyakit fistula ani saat pengobatan tersebut? terima ksh sebelumnya.

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Halo Dr. Lakshmi,
Salam kenal ya Dok, blognya saya link ke blog saya ya...

 
, Blogger Mirna wrote ...

Dear dr.Lakshmi,
Mohon izin untuk menampilkan link blog dokter di blog saya (http://itsmirna.blogspot.com).
Terimakasih sebelumnya.

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Bpk Joko,
1. Bisa saja berbeda Pak, mungkin pada saat bapak konsultasi ke dokter yang pertama, dokter yang pertama tidak menemukan penyakit yang ditemukan oleh dokter ke dua.
2. Jika memang fistula ani, lalu tindakan apa yang disarankan oleh dokter kedua ?
Salam,

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Halo ...
Salam kenal kembali ..
Blog nya apa namanya .. dan Anda siapa ?
Salam,

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Halo Mirna,
Salam kenal ...
Silahkan saja Mirna ...
Semoga blog saya bisa bermanfaat.
Blog Mirna juga nanti saya masukkan di blog saya
Salam,

 
, Blogger Mirna wrote ...

Dear Dr. Lakshmi,

Apakah dokter memiliki data jumlah operasi hemorrhoidectomy yang menggunakan surgical stapler di Indonesia?

Jika berkenan, kita kontak lewat japri, berikut e-mail saya: msprasaja@gmail.com.

Terimakasih sebelumnya.

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Dear Mirna,
Saya tidak memiliki data yang Anda maksud.
Mohon maaf tidak banyak membantu
salam,

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Selamat sore Ibu Dokter,

Saya salah satu bekas pasien Ibu dulu.saya perlu bantuan ibu lagi, saya perlu rekomendasi dokter Orthopedi yang bagus.

terima kasih


Ian Tanamas

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

dr Lakshmi yg baik...

Suami saya sepertinya sudah termasuk penderita wasir derajat 4 (belum diperiksa secara khusus ke dokter).Apakah solusi terbaik untuk mengobati/mengatasi wasir tersebut?
Apakah hanya dengan operasi?kalau misalnya iya, saya selalu ngeri membayangkan kalau sehabis operasi suami saya ingin BAB, apakah tidak akan berpengaruh pada bagian yg dioperasi tersebut?
Terima kasih banyak dokter...

Laksmi

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Pak Ian Tanamas,
Soal dokter ortopedi, mungkin bukan bagus atau tidaknya tapi keperluannya untuk kasus apa.
Ada yang lebih kearah tulang belakang / spine atau ke hand surgery ..
Jika ada yang kurang jelas boleh menghubungi saya di email lakshminawasasi@centrin.net.id atau telp 081 310 166 750
Mudah-mudahan jawaban saya bisa membantu.
salam,

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Ibu Laksmi,
Jika memang dokter Bedah yang memeriksa suami Ibu sudah mendiagnosa hemoroid stadium 4, tindakannya adalah operasi.
Setelah BAB, pasti lah ada rasa sakit tapi lama-lama sakitnya juga akan hilang.
Dokter akan memberikan obat penghilang rasa nyeri setelah operasi.
Ok, selamat menjalankan operasi.
salam,

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Saya Syah 18 tahun, sudah gejala 3 yaitu sehabis BAB harus menunggu 2-7 jam[Tidur biasanya] untuk masuk itu hemoroidnya.Sewaktu saya belum minum obat Ambeven itu rasa sakitnya parah, namun Ibu Dokter, sudah 1 bulan terakhir ini saya minum Ambeven kira2 sudah 86 kapsul / 8 bks dan hasilnya sehabis BAB rasa sakit dan hemoroid sepertinya berkurang 1/2, jadi :

- Apakah saya sedang dalam masa menuju sembuh? atau gimana?
- Saya setiap hari olahraga situp, apakah itu berbahaya?/harus dihindarkan?
- Terima kasih Ibu Dokter atas jawabannya!

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Syah,
Kalau baca critanya sih sepertinya hemoroid grade III ya ?
Saran saya coba konsultasikan pada dokter Bedah terdekat mungkin diperlukan tindakan operasi.
Mudah-mudahan jawaban saya bisa membantu ya
salam,

 
, Blogger ant wrote ...

Saya Pras, umur 47, sudah hampir 2 minggu lalu, wasir saya kumat (beberapa waktu lalu (+- setahun), pernah terjadi, tetapi setelah BAB, dapat kembali normal).

Karena hampir 2 minggu ini, wasir tsb kadang2 sakit, kadang2 hilang rasa sakit (walau kalau di raba masih ada benjolan kecil disekitar anus), saya memeriksakan ke dokter bedah.

Setelah di anuskopi, menurut diagnose dokter, wasir saya sudah ada di grade 3, jadi harus operasi.
Ada wasir di dalam (posisi jam 7, minjam istilah dokter tsb), dan ada yang diluar.

Kondisi sekarang ini, wasir tsb presentasinya lebih banyak tidak sakit, dari pada sakitnya. Setelah BAB pun, benjolan yang keluar dapat saya tarik ke dalam dengan cara mengerutkan anus walaupun tidak tuntas ketarik semua.

Rasa sakit, kadang2 timbul dan bisa hilang dengan sendirinya.

Saya telah tanyakan ke Dokter bedah tsb, apakah ada obat yang dapat saya konsumsi sebelum di ambil tindakan operasi.
Jawabannya : Ada, tetapi percuma, hanya buang2 uang untuk beli obat, mendingan di operasi

Melihat kondisi wasir saya sekarang ini (dirasakan dari rasa sakit yg timbul), sepertinya sedang proses pemulihan, karena rasa sakitnya tidak selalu timbul, dan dapat hilang tanpa di lakukan penyodokan ke dalam anus.

Pertanyaannya :
Apakah saya harus langsung ambil tindakan operasi seperti yang disarankan atau saya menunggu dulu perkembangan lebih lanjut, 2 ata 3 hari lagi.

Atas pencerahannya saya ucapkan terima kasih

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Pras,
Karena sudah konsultasi pada Dokter Bedah, sudah didiagnosa grade 3 dan telah disarankan untuk operasi, saran saya lakukan operasi saja sesuai saran Dokter Bedah Bapak.
Untuk stadium 3 dan 4 memang disarankan untuk tindakan operasi.
Selamat menjalankan operasi, semoga cepat pulih.
salam,

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

bu dokter.... saya mohon pencerahan, saya sdh melakukan operasi dengan stappler dan Alhamdulilah sudah selesai..tetapi ada beberapa yang membuat saya cemas, saat di RS puppynya gak berdarah, tetapi setelah pulang kerumah, pas puppy berdarah lagi, meskipun gak separah dulu, tapi setiap kali puppy tetap ada darahnya, apakah memang wajar (krn baru pulang 2 hari) dan saya juga tdk diberi oleh dokter bedah saya cairan PK seperti yang saya sering baca diblog bu dokter.

jika memang wajar, berapa lama pendarahannya akan berhenti....
mengingat saya sudah mendadak miskin dengan biaya operasi ini xixixi..(pengaruh krisis global semua biaya mengelembung dok)

saya bekerja menggunakan motor kurang lebih perjalananya 1 jam..
berapa lama sebaiknya saya harus istht agar bisa kembali beraktivitas?

mohon pencerahannya bu dokter....
ps: boleh tau emailnya bu dokter?

 
, Blogger PENDAMPING SOSIAL KEC. TEMBELANG JOMBANG wrote ...

dear bu dokter : bisa japri ke email saya bu....
wien.subandi@gmail.com


terimakasih....

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Bpk/Ibu Wien,
Sudah saya japri ke email bpk/ibu.
1) BAB berdarah - darahnya mengucur ? keluar gumpalan2 spt hati ayam ? atau hanya bercak saja ?
2) PK cairan desinfektan saja, kadang ada sebagian dokter yang tidak memberikan, dan itu tidak papa.
3) perdarahan wajar atau tidaknya tentunya harus di periksa. Saran saya coba konsultasikan kembali pada dokter yang mengooperasi.
4) Email saya lakshminawasasi@centtrin.net.id

Mudah-mudahan saat ini sudah berangsur membaik ya.
Semoga cepatb pulih.
salam,

 
, Blogger PENDAMPING SOSIAL KEC. TEMBELANG JOMBANG wrote ...

bu dokter, masih ingat saya? saya wien yg kmaren... alhadulillah sdh tdk berdarah lagi dok..sudah dapat 3 hari ini... tapi kmaren kan saya sempet diare..jadi saya hentikan obat ya yang untuk melunakkan pupnya...apa ya luctolaxnya.. eh..ternyta jd agak keras lagi pupnya.. jadinya berdarah lagi.. gimana bu dokter?

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Yth Ibu Dokter,
Saya seorang ibu berusia 27 th dari Kalimantan Selatan. Dalam jangka waktu 1 th 3 bln sdh 2x op ambein externa atau menurut dokter bedah yaitu Visur,
Sblm op pertama saya sdh 3 bln menggunakan pencahar/solac karena sakit saat bab hal itu berkelanjutan hingga op pertama gagal d banjarmasin mungkin karena infeksi, di anus saya tdpt benjolan bekas jahitan yang terasa skt dan meradang sehigga saya memutuskan op ke 2 di bandung dg tekhnik bakar tetapi kesulitan saya sblm op hingga op ke 2 ini saya susah bab dan terpaksa terus menerus menerus menggunakan dulcolac, laxing selama 15 bln dan 2 bln terakhir ini saya berobat k dokter utk mengobati pencernaan, saya di beri alinamin f dan susu entrasol dan alhamdulillah sdh bs bab tetapi stp bab msh keras dan berdarah pdhl saya sdh konsumsi sayuran buah yg berlebihan air putih 4 ltr sehari dan olahraga jalan kaki pagi stp hr. saat ini sdh dua bln saya bab berdarah dan keras dan mnm obat ardium tp tdk ada menunjukkan perbaikan malah saya bingung kalau minum obat ardium bab jd keras sehingga harus menambah larutan penyegar tp bab ny ttp kras.
pertanyaan saya ;
1. mengapa saya stp bab msh berdarah apakah dikarenakan terlalu lama memakai pencahar stlh op shg pencernaan sya tidak baik dan stp hari bab selalu krs pdhl sdh mkn sayuran dan buah2an berlebihan yang meakibatkan sakit dan terasa bengkak pada anus saya
2. apakah dengan op lg keadaan saya bs sembuh dg keadaan pencernaan saya spt ini ( stp x mnm obat2an aplg antibiotik bab saya keras kering)
3. dg tekhnik op spt apa untuk mengatasi masalah spt saya ini
4. apakah setelah op ambein/visur akibat pemotongan menimbulkan benjolan pd anus
saya sangat mengharapkan bantuan dan penjelasan dari ibu mengingat sdh hampir 1 stengah thn sya menderita sakit ini yang tdk kunjug sembuh. terimakasih

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Wien,
Alhamdulillah - Puji Tuhan
Berarti sudah jauh lebih baik dong ....
Ok perbaiki terus pola BAB dan pola dietnya supaya hemoroid nya tidak kambuh lagi.

Punya facebook ? jika sempat add group bedah banget di facebook ya ...
Ada beberapa tampilan hemoroid disana ....
salam,

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Anonymous,
Ambeien / wasir eksterna dan visur (mungkin maksudnya fissura) berbeda Bu, jadi Ibu menderita wasir eksterna atau menderita fissura ?
1) BAB masih berdarah ? harus dicari penyebabnya - apakah ada hemoroidnya ? fesesnya keras ? untuk memastikan harus diperiksa oleh dokter Bedah.
2) Tergantung dengan diagnosa Ibu sekarang apakah dengan op bisa lebih baik atau tidak. Diagnosanya kan saya belum tau Bu
3)Seperti jawaban nomor 2diagnosanya kan saya belum tau apa Bu, jadi belum dapat menentukan tindakannya apa, saran saya coba Ibu konsultasikan ke dokter Bedah terlebih dahulu.
4) setelah operasi wasir kadang menimbulkan benjolan spt daging lebih pada pinggir anus tapi biasanya akan menghilang sendiri. Setelah operasi fissura (sfingterotomi), tidak menimbulkan benjolan kecuali mungkin dijumpai penyulit yang lain. untuk itu coba komunikasikan kembali pada dokter bedah Ibu.

Mohon maaf saya tidak banyak bisa membantu karena tidak melakukan pemeriksaan langsung.
Ibu punya facebook ? jika sempat add ke groups "bedah banget" di facebook ya Bu, semoga bermanfaat.

salam,

 
, Blogger -flotide- wrote ...

pagi dok..
anak saya usia 15 bln, lha uda 1 bln dia BAB selalu keluar darah segar meski g banyak dari anusnya, dia klo BAB 2hr sekali..lalu sekarang ada sedikit benjolan, kaya daging bengkak kecil d sekitar anusnya...itu knp ya dok???lalu gmn solusinya??
makasih dok....

 
, Blogger Al Ilmu wrote ...

Selamat Siang Dok, lagi blogwalking nih, cari- cari info ppds bedah UGM, UNDIP, dan UNS. Kalau dari FK Swasta gima ya tips dan trik supaya bisa diterima di salah satu Universitas tersebut. Makasih sebelumnya atas infonya.
Email: abdulsyukur20@gmail.com
Note: Ada info macam- macam template bagus di btemplate.com (tampilan blog ini sudah bagus juga sih, siapa tahu mau ganti template lain) dan cara mengatur readmore automatis di http://www.o-om.com/2009/04/cara-pasang-auto-read-more-terbaru-part.html.
Thank you very much.

 
, Blogger Unknown wrote ...

selamat siang dokter dan all,

Saya sudah lama mempunyai penyakit wasir, dan sudah dalam stadium 3.
Melihat acara di tv swasta baru2 ini, ternyata ada pengobatan wasir tanpa operasi oleh prof. bafar ? mungkin bu
dokter atau yang lain punya informasi atau pengalaman tentang ini.

thanks,
riko

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

met pagi dokter laksmi...
salam kenal

saya menderita ambeien grade 3, benjolan di seikitar anus bisa direposisi ke dalam menggunakan tangan, tapi setelah itu keluar dengan sendirinya, jadi saat saya dalam keadaan normal benjolan itu tetap berada diluar. selain itu ada juga hemoroid yang di dalam kira2 2mm, saat BAB keluar tapi sesudah itu bisa masuk dengan sendiriny setelah saya dorong dengan obat yang berbentuk seperti peluru yang dimasukkan ke dalam anus. memang setelah diperiksa ke dokter saya harus dioperasi cuma saja saya masih takut, yang mau saya tanyakan, apakah saat operasi hemoroid eksternal dan internal saya diambil?? apakah ada efek samping dari operasi ini?? misalnya saya jadi tidak bisa menahan saat mau BAB??
kemudian apakah bedanya operasi biasa dengan operasi menggunakan stappler?? karena saya mungkin akan menjalankan operasi yang biasa [karena menggunakan stappler saya tidak mampu untuk biaya nya].
tolong diberikan gambaran yah dok ttg kedua operasi itu...
terima kasih yah dokter..
selamat menjalankan tugas ^_^

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Mo tanya nich Dokter ...
Apakah wasir \ ambein sama dengan abses disekitar anal ...?

Thank's

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

@Flotide
Pagi juga, BAB nya susah dan keras ya ?
Saya belum periksa tapi kalau mendengar ceritanya sih seperti fissura ani saja. Coba pake mikrolax supp supaya BAB nya lancar, setelah itu perbaiki pola makannya (konsultasi pada dokter anak), supaya nutrisi baik dan BAB nya ga keras lagi. Daging yang menonjol lama2 hilang jika pola BAB dan makan sudah kembali berangsur membaik.
@Al Ilmu : thanks ya infonya nanti sy coba di blog saya
@Riko : Kalau hemoroid nya memang sudah stadium III saran saya operasi, hubungi dokter bedah terdekat. Mengenai Prof Bafar - saya belum tahu banyak soal metoe pengobatannya, jadi tidak bisa memberikan komentar.
@Anonymous : perbedaan tehnik biasa dan stapler, dapat dibaca di blog ini , selamat menjalankan operasi Pak/Bu
@Anonymous : wasir dan abses perianal berbeda.

 
, Blogger Unknown wrote ...

salam kenal Ibu
saya tinggal di Yogyakarta, usia 39 thn (maaf sy pake alamat email anak sy) & sejak melahirkan anak ke 3, saya menderita wasir yg semakin parah. Alhir thn 2008 sy periksa ke dokter & dikatakan sdh stadium 2,tp tdk disarankan utk operasi. akhir2 ini, sy mengalami nyeri di anus akibat wasir yg membengkak , BAB jg berdarah& frekuensinya sering, tp sy tkt utk operasi. Mnrt ibu,metode operasi apakah yg paling tidak menimbulkan sakit pasca operasi? apakah benar dgn metode stapling, biaya operasi jauh lbh mahal ya bu? sy pernah baca ada jg metode TDUHAL (sy lupa kepanjangannya apa?)kmd ada jg dgn suntikan. mohon pencerahan..tks

 
, Blogger Drh. Amir Mahmud wrote ...

Dear Dr. Lakshmi.

Saya Amir, dokter hewan praktek.
Saya sepertinya menderita wasir. Sudah lama setiap BAB berdarah. Tapi sejak dua minggu ini ada rasa sakit yang luar biasa. Terasa panas didaerah anus, seperti ada robekan di sekitarnya (mungkin fistula?). Tapi tidak ada benjolan yang keluar. BAB selama ini lancar dan teratur, karena saya suka makan sayur.

Rasa panas di anus tidak saja saat sesudah BAB, rasanya seperti 24 jam saya merasakan sakit itu.

Pertanyaan saya : apakah benar itu hemorrhoid ? Kalau benar apakah harus dilakukan tindakan operasi ? Bila harus operasi saya lebih nyaman dengan dokter pria yang tidak saya kenal, bisa memberikan saran ?

Terimakasih

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

dear bu dokter, saya tampak nya mengalami masalah wasir grade III, bisa minta tolong japri saya agar saya bisa konsultasi lebih lanjut sementara ini pengensembuh@yahoo.com
terimakasih sebelum nya

 
, Blogger PENDAMPING SOSIAL KEC. TEMBELANG JOMBANG wrote ...

dokter.... mau numpang tanya....suami saya sudah operasi hemoroid dengan metode stapler.. alahmdulillah setealh operasi, semua berjalan dengan baik selama 1 taon.. nah karena beberpaa bulan lalu saya harus keluar kota dan tidak ada yang ngurus makan suami, akhirnya pola makannya amburadul, dan sekarang mulai mengalami pendarahan lagi klo BAB, nah.. kita jadi panik lagi.. adakah cara supaya kita gak perlu operasi lagi.. kita cuma ingin minum obat aja.. ada kah saran dokter...?
oh ya pendarahnnya sudah 3 minggu ini dok.. mohon pencerahan dok..tq

 
, Blogger Unknown wrote ...

Selamat Siang,
Istri saya sedang mengalami gejala seperti ambein/wasir. Awalnya adalah memakan makanan yang pedas. Sehingga pada (maaf) dubur keluar daging sedikit dan disertai rasa sakit pada waktu duduk. Ke-esokan harinya tonjolan tersebut berangsur hilang, dan rasa sakit juga hilang.
Pertanyaan saya, apakah ini gejala awal ambein/wasir?
Bila benar, bagaimana cara mengetasinya / mengobatinya?
Apakah ada unsur keturunan?
Lalu bagaimana dengan resiko ambien pada waktu melahirkan, bagaimana mencegahnya?

Terima Kasih, Dok.

 
, Blogger blueicon wrote ...

pagi dok, saya menderita ambeien satdium 3. renccananya saya akan melakukan operasi di rumas sakit kramat jati ( polri ). saya mau tanya :
1. jika operasi tsb dilaksanakan kira2 berapa hari bisa sembuhnya ya dok?
2. banyak teman menyarankan agar saya tdk melakukan operasi namun dicoba dulu dgn obat2an lai, tapi saya besikeras utk operasi, kata teman2 nanti pasca operasi dubur tidak normal lagi dan jika buang air besar akan cepat krn daya cengkeram di anus sudah berkurang.
3. saya sempat nonton di youtube ttg operasi ambeien dgn metode stapler atau apa ya saya lupa. ops ini sangat cepat. apakah di rumah sakit kramat jati ada metode tsb?
4. jika ada, berapa biayanya ya?
trims dok.

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Hallo dok salam kenal...
Saya sudah hampir 1 thn menderita wasir,dan selama itu juga saya cuma coba obati dgn obat2an tradisional tapi tdk ada perkembangan juga,nah beberapa hari yg lalu saya coba konsultasi ke dokter ternyata wasir saya sdh tahap dua,dan di sarankan untuk di operasi tapi saya takut,yg ingin saya tanyakan apakah bnr wasir bisa menyebabkan impoten ? Setelah operasi ataupun di biarkan ? Untuk wasir tahap dua proses bedahnya seperti apa ? Saya mohon jawabannya....terimakasih

 
, Blogger fannybdg wrote ...

dok, saya di vonis fissura ani, tiap bab sakit, dan kalo bab nya keras ada darahnya sedikit. pengen tuntas, mesti diapain ya dok?, sekarang cuma pake salep haemocine, katanya bisa dioperasi lateral sterektomy (bener ngga sih nulisnya?), kalo op itu termasuk besar apa op keci sih?, kira2 komplikasinya apa ya?, trus prosedurnya diapaain sih?, apa sama dengan op wasir?, soalnya kata dokter ngga ada wasirnya, cuma fissura aja kurang lebih 1cm, trus saya ini punya hipertensi dan MR katup mitral, di terapi pake maintate 2,5mg tiap hari udah hampir setahun, tekanan darah stabil di 110/70 atau 120/80, amannya bius spinal apa total ya dok?, resiko pendarahan mungkin ngga kalo operasi anus fissura?, mungkin ngga malah bisa beresiko jadi fistula?

 
, Blogger tonsnocx wrote ...

selamat malam dokter,
nama saya tono&saya butuh penjelasan dokteer ni...!
saya pernah menjalani operasi hemorrhoid dengan metode STAPLER di rumah sakit SILOAM GENEAGLES lippo cikarang sekitar 5bln yang lalu,karena oleh dokter di vonis
hemorrhoid saya sudah pada great 3&hrus di operasi.operasi saya berjalan lancar&saya di rawat selama 5hr di rumah sakit,tetapi sehabis operasi saya merasa BAB saya jadi kurang bisa di kontrol,sehari bisa BAB 3-4kl.
apakah itu hal yang wajar dok?
terus setelah sekitar 2bln saya pernah alami pendarahan sedikit/pas mau BAB keluar darah lg dok,tp habis itu ga pernah teradi lg sampai skrg,apakah itu ga kenapa-kenapa dok? terus yang saya kawatirkan sekarang,di bagian anus sebelah kanan saya masih agak bengkak/masih ada benjolan kalo mau BAB,tidak seperti yang sebelah kiri,yang terlihat seperti sedia kala,tapi kalau habis BAB benjolan tersebut tidak ada dok,terus yang saya rasakan sekarang,kadang-kadang di bagian anus saya agak terasa kurang nyaman lah,panas-panas gimana gitu dok.yang saya mau tanyakan adalah apakah operasi saya ini termasuk kurang berhasil dok? karena saya takut hemorrhoid saya bisa kambuh lagi dok,karena saya ga mau merasakan operasi lagi&rasa sakit yang begitu sakit pasca operasinya,terus terang saya trauma dok? itu saja dok,yang mau saya tanyakan,semoga dokter bisa memberi penjelasan yang sedetilnya dengan masalah saya ini..!!!
sebelumnya,saya ucapkan terima kasih atas kesediaan dokter,
selamat malam dokter

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

@Eurico : metode operasi yang baik, dokter bedah yang akan menentukan tentu saja berdiskusi dengan pasiennya terlebih dahulu.
@drh Amir Mahmud : ada robekan disekitarnya, mungkin fissura Dok. Untuk memastikan apakah benar2 hemoroid atau hanya fissura, tentu saja harus diperiksa. Dokter bisa menghubungi dokter bedah terdekat. Mudah2an saat ini sudah jauh lebih baik.
@Pengensembuh : bisa menghubungi email saya saja kalau mau japri atau YM, tks
@Wien : BAB berdarah mungkin karena BAB nya keras Bu dan mengejan. Atur saja pola dietnya kembali, usahakan BAB tiap hari dan tidak keras fesesnya. Jika tidak ada hemoroid dan tidak ada penyakit lain biasanya dengan pengaturan diet serta BAB yang baik, perdarahan akan berhenti.
@Daniel : Bisa saja itu adalah awal timbulnya wasir, untuk memastikan ibu harus konsultasi pada dokter bedah terdekat. Jika benar wasir untuk mengobati tergantung stadiumnya. Resiko ambeien pada kehamilan ada. Mungkin untuk lebih jelasnya bapak bisa membaca artikel hemoroid di blog saya kembali. Terimakasih

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Johan..
Bu dokter sy brusia 27, kmaren pas BAB Kotoran tdk brcmpur darah, akan tetapi d anus keluar Benjolan sbesar kelereng mengeluarkan darah yg menyemprot sperti jarum suntik tp tdk trasa sakit, dan benjolan ini sbelumny kcl saja sdh ad sejak 5thn silam,saya harus memasukkn kmbali setelah BAB, Dokter memberi sy venosmil,nonflamin,kalinek & obt sperti peluru bwt anus..stelah obt hbs, darah brhenti tp 1 hr Kemudian darah menyemprot lg..apa bs sembuh total & tdk ad benjolan yg kluar bila BAB...Terus terang sy malu kalo mau d periksa fisikny, apa ad saran bwt obt yg Lain ato sy melanjutkan obt it lg..
Terima kasih

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

@Wartono : mudah2an saat ini sudah jauh lebih baik ya pak.
Saya kurang bisa membayangkan kelainan yang terjadi di anus bapak.
Jika saat ini bpk masih mengalami hal yang tidak nyaman , bapak harus kembali pada dokter bedah yang mengoperasi agar dilihat kembali penyulitnya apa.
Semoga cepat pulih ya pak

 
, Blogger wawan wrote ...

Selamat siang dokter,
Saya pernah operasi hemarroid 8 thn yg lalu dirumah sakit antonius pontianak...Yg menanganinya Dr.Since...Kok sekarang timbul lagi benjolan diluar mirip hemmarroid...sebesar biji kacang..kalau BAB perih....Kok setelah dioperasi kambuh lagi ya dok....makasih sebelumnya..

 
, Blogger DeusCura wrote ...

Saya mengalami pendarahan pertama kali karena wasir kira-kira 20 th yang lalu, waktu SMA. Saya minum ramuan daun ungu , dan bisa berhenti pendarahannya, tetapi benjolan masih ada. Sejak itu saya mengalami beberapa kali pendarahan lagi dan minum daun ungu bisa berhenti. Terakhir 5 th yang lalu saya mengalami pendarahan lagi dan minum daun ungu seperti biasa dengan harapan bisa berhenti seperti biasanya ternyata tidak berhenti pendarahannya. Akhirnya saya diberi ramuan tradisional oleh mertua saya, kemudian pendarahan saya berhenti dan benjolan saya hilang. Ramuan itu dibuat tanpa menggunakan bahan kimia sama sekali jadi cukup aman dikonsumsi siapa saja yang menderita wasir. Ramuan tersebut kami beri nama Deuscura, Bagi yang berminat dapat menghubungi email wasirsolution@yahoo.com.

 
, Blogger DeusCura wrote ...

setelah saya sembuh dari wasir saya tidak ada pantangan makan,semua saya makan, tetapi pola makan memang agak berubah, jadi lebih banyak makan sayur dan buah, usahakan tiap hari ada sayuran. Sewaktu mau tidur minum segelah air putih, bangun tidur langsung minum air putih agak banyak. Usahakan jangan terlalu sering tidur terlalu larut malam ( begadang) agar metabolisme tubuh teratur dulu. Biasanya BAB pagi hari lancar dan tidak mengeras. Karena kalau BAB sulit atau keras itu memicu timbulnya wasir.

 
, Anonymous emmelia wrote ...

Ibu dokter Laksmi yg baik,
Saya wanita usia 28 thn.Saya sudah lama menderita wasir sudah menahun selama ini sy abaikan dulu pernah bbrapa kali berdarah dan sy tdk punya pengetahuan memadai ttg pengobatan,selalu usahakan makan sayuran &buah tetapi tidak dilakukakan pengobatan k dokter, baru2 ini wasir nya kambuh dan sy akhirnya k dokter,stlh d periksa ternyata stadium 4 disarankan operasi. Krn merasa belom siap dan sebagian keluarga bilang jgn dulu, saya minum obat2an tradisional, minum lanaven dan pake salep walopun skrg tdk berdarah lg. Puji Tuhan ,Sy merasa jika bab tdk sakit lg kalo jaga pola makan dgn baik. pertanyaannya apakah hrs dioperasi lg? d * sy msh blom sanggup kl operasi krn mslh biaya jg dr kntr tdk ada klaim*
kalo sy mau periksa lg k ibu dokter praktek d bekasi timur dimana? japri k email sy ya emhy_aulia@yahoo.com.
Trims

 
, Blogger Unknown wrote ...

Dokter yth,

Ayah saya sempat mengalami pendarahan beberapa hari setelah operasi dengan metode stapler, namun saat ini pendarahan tersebut sdh berhenti stlh kembali opname selama 4 hari.

Namun saat ini masalah yg terjadi selain krn rasa perih yg masih terasa adalah seringnya ayah saya bolak balik ke kamar mandi krn hrs BAB yg tdk tertahankan. Volume BAB nya pun tdk normal krn sangat sedikit dan jauh lebih encer drpd BAB normal. Frekuensinya BAB yg sangat sering (hampir tiap jam) ini lah yg meyebabkan ayah saya takut beraktifitas bahkan takut untuk berdiri sehingga skrg lbh byk tiduran saja. Apakah kondisi diatas normal dan lazim untuk mrk yg baru melakukan operasi dgn metode stapler? dan apakah ada saran berkaitan dgn hal tsb yg harus dilakukan?

Demikianlah pertanyaan saya, terima kasih.

 
, Blogger Agus Tse wrote ...

slmat malam dok, slam kenal dok
maaf dok sya mau konsul wasir :
dok ibu sya wasir sudah 3 bulan BAB dari februari 2011 berdarah terus, sudah periksa usg, cek darah atas rekomendasi dr umum pda 28 mei 2011, saran dr umum tsb harus di operasi tapi karana maslah biaya terganjal uang 10juta, saya inisiatif bawa ibu rawat jalan selama ini smpai skarang.
1. ap yang harus dilakukan selain di jalan operasi tersebut?klau pun harus di operasi, ada ga rs yang meringakan biaya operasinya?sy lihat di tv ad yang dibiayain sma rs, klau blh tahu bagamana caranya
2. saya mo inisiatif bawa ibu ke herbal india, menurut pandangan dr bedah apakah itu bagus karana menjanjikan memberikan janji bab berdarah berhenti?
3. ibu sya pesimis ya, bagaimana mensugestinya dok?
kalau ga keberatan ditungu jawaban secepatnya dok atau ke email sya setiawan.putra@gmail.com

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

dear dokter,
suami sy bab brdarah slma 2hr ini. feces tdk keras tp sakit. kt slh seorg perawat itu disebabkn hub seks yg trlalu sering. wktu prksa k dktr, blgnya ambeyen internal. apkh yg dikatakn pr
wt itu bnr?apkh hub seks brpengaruh trhdp hemoroid? slma ni kami mlkukan hub yg wajar2 sj.
mohon jwbn dkter.trima kasi

 
, Anonymous doni wrote ...

Apakah hasil pasca operasi ambeien dapat menyebabkan lemah syahwat atau impotent? Kenapa pertanyaan saudara indra yang sama seperti ini tidak dijawab dok?
Saya pernah beberapa kali menyakan hal ini pada beberapa dokter jawabannya beragam ada yg bilang tidak, ada yg bilang tidak tahu, ada yg ragu2 antara ragu sebenarnya atau menutupi kenyataan sebenarnya (apakah ini yang terjadi di kalangan medis?). Katakanlah yang sebenar-benarnya dan sejujurnya dok agar masyarakat umum non medis mengetahui dan bagi penderita ambeien kaum laki-laki menyadari efek samping operasi ambeiennya memutuskan apakah perlu dioperasi atau tidak dengan mengetahui lebih awal konsekwensinya. Mohon jawabannya dokter, terima kasih.

 
, Blogger bratadikara wrote ...

Selamat siang ibu dokter

Saya bondan (pria /usia 22 tahun ) ingin bertanya tentang penyakit yang saya derita selama 2tahun mengalami maaf saya setiap buang air besar mengeluarkan darah,sampai-sampai saya dirawat karna kehabiasan darah.mohon bantuannya bu dokter bagaimana cara menyembuhkannya dan obat apa yg bisa saya beli diapotik untuk penyakit wasir saya agar darah yg keluar pada saat saya buang air besar dapat berhenti sembuh tanda harus menjalani perawatan.saya mohon sekali untuk bantuan ibu dokter terima kasih sebelumnya.

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

@anonymous : lakshminawasasi@centrin.net.id
@blueicon :
1.Jika tidak ada penyulit biasanya lama rawat 3 hr setelahnya rawat jalan sampai sembuh (kurang lebih 2 mg-an)
2.Operasi dilakukan jika sudah ada keluhan
3.Setahu saya hampir disemua rs ada alat stapler
4.Tanyakan pada rs ybs
@Indra : op wasir tdk mengakibatkan impoten. Stadium 2 biasanya tidak dilakukan operasi
@anonymous / johan saran saya secepatnya konsultasi pada dokter bedah
@wawan : stelah operasi, wasir bisa kambuh lagi, banyak yang berperan didalamnya terutama skap BAB dan diet yang tepat
@DeusCura : terimakasih atas infonya
@emmelia ; tindakan operasi dilakukan jika wasir memberikan keluhan
@Santo : dokter bedahnya komentarnya apa ?
@Agus TSE
1. RS pemerintah dengan asuransi jamsostek / jamkesmas
2. Soal herbal sy tidak komentar, karena tdk begitu tahu efeknya
3. Wah kalau py sakit wasir, tdk boleh pesimis. Nanti ga akan sembuh2
@Doni : tdk mengakibatkan impoten – maaf terlambat membalas
@bondan zulharmain : sdh konsultasi pada dokter bedah? Ada saran untuk dilakukan kolonoskopi ?

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

hallo dok,,,mohon infonya,,saya umur 23 tahun. dulu saya pernah mengalami pendarahan saat BAB,dan sering sakit nyeri, dan di sekitar anus terdapat benjolan kecil,apakah itu termasuk dalam ambeien?apakah benjolan tersebut bisa mengecil dengan banyak olah raga dan pola hidup sehat??atau jika harus mengkonsumsi obat,obat apa yang tepat yang tidak menimbulkan efek samping?atau kah bisa disembuhkan dengan menggunakan obat yang dimasukkan ke anus??mohon dijawab ya dok,,trimakasih

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

bu dokter, saya barusaja operasi hemoroid seminggu yg lalu, yg sy tanyakan mengapa setelah operasi ini perut saya semakin membesar dan keras? padahal sudah bisa BAB tp sedikit2 walaupun masih terasa sakit dan perih sekali. pola makan dan minum sudah baik, dok.apakah ini karna BAB yg belum bisa keluar semua atau bagaimana dok? trus apakah setelah operasi lubang anus semakin mengecil? krn volume BAB pun semakin sedikit2. trimakasih, mohon pencerahannya dok.

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Email sekarang apa dokter lakshmi?

 
, Blogger andi aulia wrote ...

yn 1013selamat malam dokter,
saya leni dari jakarta. saya menderita wasir dan ketika konsul ke dokter harus di operasi. dokter saya tidak memilih operasi dengan stepler tetapi dengan memotong hemoroidnya. alasan dokter karena hemoroid saya letaknya di luar. bagaimana ya tanggapan dokter?
jika tidak lewat blog, dapat di kirim ke email saya pejalankaki14@gmail.com
terima kasih sebelumnya.sukses buat dokter

 
, Blogger andi aulia wrote ...

selamat malam dokter,
saya leni dari jakarta. saya menderita wasir dan ketika konsul ke dokter harus di operasi. dokter saya tidak memilih operasi dengan stepler tetapi dengan memotong hemoroidnya. alasan dokter karena hemoroid saya letaknya di luar. bagaimana ya tanggapan dokter?
jika tidak lewat blog, dapat di kirim ke email saya pejalankaki14@gmail.com
terima kasih sebelumnya.sukses buat dokter

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

slmat pg dok.
sy mempunyai keluhan, sudah 2 hari saya kalo BAB selalu sakit seperti di iris2 di bagian dubur. memang ada benjolan. awalnya sy mengira bukan masalah karna tidak menimbulkan sakit tapi stlah 2 hari ini benjolannya sakit setiap BAB... sudah 1 tahun kalau buang air sy terkadang berdarah..

kira-kira itu masih bisa sembuh ga dok ? dan bagai mana caranya ? salep yg bagus diogunakan apa dok ?

terimakasih

 
, Blogger Dotzeer wrote ...

Selamat Pagi Dokter,

Saya ingin menanyakan seputar pencernaan dikarenakan anak kami (umur 2,5 tahun) sampai saat ini BAB-nya tidak normal harus diberikan MICROLAC per 2 s/d 10 hari. Dan berat badannya tidak bertambah selama ini.

Saya sudah menanyakan dengan dokter anak yang ada di daerah kami tapi jawabannya tidak memuaskan. (dokter tersebut hanya bilang tidak apa2 selama anak kami masih mau makan!!!!!

Yang saya tanyakan penyakit apa yang diderita anak kami? bagaimana solusinya?

Terima kasih

Wawan D

 
, Blogger agustinus wrote ...

Selamat sore dok.

Beberapa bulan lalu, berulang-ulang BAB saya keras namun saat di toilet tdk ada feses yang keluar.

Setelah itu anus saya kadang nyeri dan kadang berlendir. Apakah hal tersebut merupakan wasir ?

Terima kasih utk perhatiannya.

Salam

Agus

 
, Blogger agustinus wrote ...

Selamat sore dok,

Beberapa bulan lalu BAB saya keras berhari-hari. Setelah itu kadang anus terasa nyeri dan berlendir. Apakah hal tsb gejala wasir ?

salam

Agus

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Ass.
dok saya sudah operasi hemorroid , tapi sudah operasi saat BAB masih sakit dan berdarah dok.cara mengatasinya gimana?

 
, Blogger Unknown wrote ...

salam sejahtera bu Dokter
saya adi, di jogjakarta
sya mempunyai penyakit dok, benjolan di lempitan dubur bagian depan (ngliatnya dari punggung), benjolan itu ukurannya sebesar +- bola pingpong, saat di tekan sakit , dan barusan tadi malem sya kasih salep balsem , benjolan itu menjadi merah dan semakin keras., mohon instruksinya dok.., masalahnya baru kali ini saya khawatir penyakit yg ada dlm diri saya
trimaksih, slmat pgi

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...


@wawan : kalau tiap kali harus pake microlax tentu saja ada hal yang harus diperiksa. Sdh pernah dilakukan pemeriksaan penunjang seperti BNO atau colon in loop ?
@agustinus : bisa jadi pak, hampir 70 persen lebih gangguan dianus disebabkan oleh wasir. Unt tepatnya tentu saja harus diperiksa.
@anonymous : harus dicari tau sebab sakit dan berdarahnya dari mana, setelah itu baru dilakukan penanganan yang sesuai.
@nugraha DSH : kl berdasarkan critanya sih sepertinya abses. Tentu saja unt memastikannya hrs diperiksa langsung. Jika betul dugaan sy abses, maka tindakannya adl operasi.

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

@anonymous : benjolan kecil seperti apa ya . Bisa difoto ? Atau konsulkan ke dokter bedah terdekat supaya diperiksa.
@anonymous : coba konsultasikan kembali ke dr bedahnya, krn harus diperiksa.
@anonymous : bedah_banget@yahoo.com atau bedah.banget@yahoo.com
@andi aulia / leni : pilihan operasi a.l tergantung pilihan dokter bedahnya melihat kondisi wasirnya (salah satunya) ; coba diskusikan kembali dg dokter bedahnya.

 

Post a Comment

<< Home