4.02.2009

FISTULA ANI Luka bernanah / borok sulit sembuh disamping anus. (GATRA no 14 tahun XV 12-18 Februari 2009) Fistula ani atau Fistel paraanal adalah saluran yang menyerupai pipa (fistula, latin = pipa). Sering teraba menyerupai pipa/saluran yang mengeras. Saluran ini terbentuk mulai dari dalam anus (anorektal) menembus keluar bokong (perineum). Pada fistula ani selalu ditemukan 2 buah muara keluar, sering disebut dengan istilah external opening (daerah perineum) dan internal opening (anorektal). Lebih mudah untuk menemukan external opening dibandingkan internal opening apalagi kalau internal opening nya lebih dari satu (multipel) Karakteristik dibandingkan penyakit / gangguan lain yang berada disekitar anus (hemoroid/wasir, abses anal, fissure ani dll) adalah pada fistula ani sering terjadi kekambuhan dan infeksi ulang jika tidak mendapat penanganan yang baik. Sering dianggap tidak berbahaya. Tidak jarang banyak yang ’menyimpan’ fistula ani sampai bertahun-tahun. Gejala yang tampak ringan seperti bisul atau luka lecet di bokong membuat fistula ani sering mendapat penanganan yang keliru dan menyebabkan keterlambatan pasien untuk datang konsultasi ke dokter. Awal keluhan biasanya berupa keluarnya cairan yang tidak biasa dari anus (diluar waktu BAB / buang air besar) cairan bisa berupa nanah atau cairan serupa darah, nyeri pada anus, bengkak pada tepi anus yang berulang, gatal pada anus. Kadang-kadang di dahului dengan keluhan hemoroid /wasir. Sering mengalami abses anal (nanah pada anus) sebelumnya. External opening pada bokong akan terlihat spt bintik atau bulatan yang memerah, sering disertai rembesan nanah atau darah disekitarnya. Pasien sering mengira bintik atau bulatan tersebut, bisul atau luka lecet biasa. PENANGANAN Prinsipnya adalah pertama dokter akan mencari external dan internal opening. Dengan bantuan ’probe’, dokter bedah menemukan internal opening. Jika perlu dibantu dengan menyuntikkan methylene blue atau melakukan pemeriksaan penunjang fistulografi sebelum dilakukan tindakan operasi. Kemudian mencari kemungkinan ada tidaknya nya perluasan fistula, terutama pada kasus yang multipel. Kedua melakukan kuretase – membersihkan fistula dari nanah dan material infeksi lainnya jika perlu periksa kultur sensitifitas atas sampel yang diambil. Ketiga disepanjang fistula, dilakukan sayatan sampai fistula terbuka (fistulotomi). Setelah fistulotomi, tepi fistula di ambil (dieksisi) untuk diperiksa jaringan nya ( lab/patologi anatomi) jika diperlukan. Pada fistula yang sulit, misalnya horseshoe fistula, dimana saluran terbentuk meluas ke dua sisi (mengelilingi), external opening ditemukan pada dua sisi anus. Maka pada tempat dimana fistula bertemu dilakukan fistulotomi dan fistula sisanya diangkat (fistulektomi). Penanganan yang dilakukan adalah sesedikit mungkin tidak melibatkan otot sfingter (otot yang salah satunya mempertahankan kemampuan untuk menahan, menjepit pada anus). Tentu saja hal ini erat kaitannya dengan seberapa berat fistula yang terjadi dan lemah atau kuatnya otot sfingter penderita. Tidak jarang penanganan harus dilakukan berulang kali. Lama terapi, tergantung dari tipe fistula, berat ringan fistula dan cepat atau lambatnya fistula ditemukan. Hal lain adalah tergantung dari ada atau tidaknya penyakit penyerta serta ada tidaknya penyakit anorektal lainnya yang menyertai. Prinsipnya adalah fistula awal/dini ditemukan, fistula segera mendapat penanganan yang tepat dan harus kontrol rutin pada dokter bedah yang menangani. Pasien harus mengerti sepenuhnya penyakit yang diderita dan penanganan apa yang dilakukan oleh dokter bedahnya. Karena setelah operasi, perawatan selanjutnya harus dilakukan oleh pasien secara mandiri sampai fistula menutup / menghilang / menyembuh.

Ada yang ingin berbagi soal fistula ani ?

107 komentar

, Blogger roni2s wrote ...

dok kenalan yah
saya baru buat blog di
http://in2medicalinfo.blogspot.com
tukar link ya.....
thx

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Ok, thanks untuk informasinya.
Salam sukses

 
, Anonymous dina wrote ...

Dok..nanya ya...
dari SMP dilubang dubur saya sudah ada benjolan (benjolan2 tsb ada disekitar/disekeliling lubang dubur) dan sampai saya punya 2 anak benjolan2 tsb tdk mengganggu saya. Tp stl anak k-3 saya lahir mulai benjolan itu bermasalah, seringkali dr dubur selalu mengeluarkan darah jika BAB dan setelah itu biasanya 3hari berturut2 setiap saya duduk darah pasti keluar dari dubur saya.
yg saya mau tanyakan apakah itu hemoroid atau fistel?
sekarang benjolan2 tersebut sudah cukup besar, suami sudah menyarankan saya u/ k dokter tp saya takut jika nanti harus dibedah.
apakah sakit pasca operasi itu sungguh menyakitkan dok?
tolong beri motivasi saya u/ mendatangi dokter bedah ya dok.
kalau saya tidak kedokter apakah efek jangka panjangnya nanti?
terima kasih sebelumnya dok.

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Bu Dina,
1) Membaca cerita Ibu sepertinya Ibu menderita hemoroid / wasir jadi bukan fistel.
Untuk memastikan tentunya Ibu harus konsultasi ke dokter Bedah untuk dilakukan pemeriksaan.
2) jika memang harus dilakukan operasi, lakukan saja.
Setelah operasi memang sakit, untuk mengurangi sakit dokter akan memberikan obat penghilang rasa nyeri kalau perlu diberikan anestesi epidural selama dirawat.
Dengan tehnik operasi menggunakan stapler rasa nyeri akan berkurang.
3) Jika tidak mendapat penanganan yabg baik, Ibu terus takut untuk konsultasi ke dokter Bedah, keadaan hemoroid Ibu akan bertambah parah.

Ibu punya facebook ? Jika ya Ibu bisa add group "bedah banget" di facebook, disana ada foto hemoroid yang sudah parah dan tentu saja hasil operasinya tidak se"baik" hemoroid yang ditangani sejak awal.
salam,

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Dok, 4 tahun lalu saya pernah menjalani bedah Fissura Ani, tp sekitar 3 bulan kemarin ada tonjolan di bekas bedah yg dulu, setelah konsultasi ke dokter yg pernah merawat saya, di diagnosa itu adalah Fistula Ani, yang jadi pertanyaan adalah Adakah cara lain untuk menyembuhkan Fistula Ani selain di Bedah Ulang? Apakah selalu berurutan? pertama Fissura Ani, kemudian Fistula Ani, lalu kemudian Apa lagi?
terima kasih banyak atas perhatian dan jawabannya.

enolahoney@yahoo.co.id

 
, Blogger maria mahar wrote ...

Slamat siang dokter Lakshmi,

Perkenalakan, saya pria 25thn. Kini saya sedang diganggu oleh sang bisul di dekat anus-kira2 1cm diatas anus. Setelah dari dr. umum, saya diberikan Obat antibiotik dan vitamin serta dilakukan kompress dengan rivanol. Namun setelah 5 hari, bisul tersebut malah sepertinya memanjang namun tidak mengeluarkan cairan. Bahkan, yang tambah paniknya.. faeces saya berubah menjadi warna hitam.

Apakah bisul ini disebut fistula juga?? apakah perlu dilakukan pembedahan?? apa usus saya bermasalah krn faeces yang hitam?

kira-kira, jika saya diamkan, berapa hari lagi dan apa yang akan terjadi..

terima kasih banyak...

-FB: ndr0e@yahoo.com-

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Dok saya mau tanya dok
saya punya luka di dekat anus.
awalnya lukanya seperti bisul dan bernanah kemudian saya diamkan dan akhirnya luka tersebut membentuk 2 lubang kecil yang mengeluarkan nanah dan kadang gatal.
yang saya mau tanya apakah saya terkena hermoid atau fistel?
dan bagaimana penanganannya? saya mengidap pentakit ini +/- sudah 4th

 
, Blogger Amrulis wrote ...

Dok, disekitar dubur saya terdapat lubang dan setiap 3 hari benjol dan pecah mengeluarkan nanah hal ini sudah berlangsung 1 tahun, belum ada pengobatan yg saya lakukan karena satu-satunya jalan harus dioperasi, saya takut dioperasi, dan saya selalu kentut terus dan buang air besar saya tidak keras seperti dulu, selalu mencret tapi agak kental, mohon penjelasan apakah ada pengobatan selali operasi

 
, Anonymous sofie wrote ...

Anak saya (bayi-5 bl), 3 bulan yang lalu menjalani operasi fistula perianal, sampe sekarang lukanya belum sembuh sempurna, sehabis operasi luka insisinya sekitar 1-2 cm, saat ini sih lukanya tinggal kecil banget, kalo dilihat kasat mata hanya seujung jarum, apakah memang membutuhkan waktu yang cukup lama Dok? saat ini perawatan lukanya adalah dengan kassa steril diberi betadine pekat sesering mungkin, dan kadang2 kalau ada kotoran/lendir kita semprot pake betadine cair, maaf, sebenernya pengen banget sharing sama yang pernah ngalamin, mudah2an pembaca blog-nya Dr Laksmi ada yang mau sharing sama saya..Terima kasih

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

salam hangat dokter,,saya mw tanya,,2 tahun yg lalu muncul benjolan di bwah ketiak yg makin lama makin besar,,setelah diangkat dan diperiksa dibilang peradangan yg menahun,,setelah setahun berlalu di atas bekas operasi tumbuh lagi benjolan,,tapi benjolan itu kdang mengempes kadang timbul,,benjolan tersebut akan membesar dan terasa nyeri ketika saya sedang datang bulan dan mengecil ketika saya selesai,,kira2 kenapa ya dok??apakah itu harus diangkat lage??

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

@Yth Enolahoney : fistula ani terapinya harus operasi.
Jika tidak ditangani dengan baik akan berulang / kambuh lagi - abses perianal atau langsung menjadi fistula kembali.
@Yth Maria : bisa jadi fistula, untuk lebih jelasnya harus dilakukan pemeriksaan oleh dokter bedah. Saran saya konsultasikan pada dokter bedah terdekat. SEmoga saat ini kondisi bpk sudah jauh lebih membaik ya
@Yth Anonymous : kalau dilihat dari cerita yang disampaikan ada kemungkinan fistula. Untuk memastikan konsultasikan pada dokter bedah terdekat
@Yth Amrulis : fistula harus di operasi, tidak bisa hanya diobati.
Mengapa harus takut operasi ? justru dg operasi keadaan bpk/Ibu akan berangsur membaik (jika mmng diagnosa nya terbukti fistula)

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

dok... mohon informasinya

saya sudah 2 tahun menderita pistel ani dan sudah 2 kali dioperasi di Rs di Clg sampai saatini belum menunjukan kesembuhan. saya mohon informasi tentang nama obat pistel ini.

terima kasih atas infonya

 
, Blogger Hamba Allah wrote ...

Bismillah.
Tq bu Dokter for sharingnya.
Ternyata saya penderita penyakit ini. Setahu saya dulu 11 tahun yg lalu ada semacam bisul di tempat sekarang sekarang muncul fistul. Saat itu dibedah dokter kmdian sembuh. Lalu skg ini, stlh 11 tahun muncullah penyakit ini. 3 bulan lalu pernah dibersihkan dan diberi tampon (panjangnya lebih 10 cm) oleh dokter, dan sempat tiap hari diganti selama 1 minggu. Sempat baikan, tetapi sekarang kambuh lagi. Bingung juga. Katanya memang begitu, gampang kambuh. Apa benar? Kalau dibiarkan akankah berbahaya? Adakah akan merusak organ dalam. Semoga Allah menyembuhkan penyakit saya ini. Doakan juga ya.

 
, Anonymous siti wrote ...

bu dokter mau tanya, suami saya baru saja operasi fistula ani yang letaknya dekat dengan anus. sekarang dalam masa pemulihan..yang mau saya tanyakan berapa lama luka bisa menutup sempurna kembali ? apakah ada cairan atau kotoran yang keluar dari luka tersebut ? karena suami saya mengalaminya dan apabila setelah BAB terkadang kotoran tsb keluar di bekas jahitan, apakah itu normal dok ? mohon penjelasannya. tks

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Dok,
Malam ini saya akan menjalani operasi fistula ani, sebenarnya saya sudah siap lahir bathin tapi ada yang mengganjal perasaan saya adalah pasca operasi nya. saya berasumsi bahwa pasca operasi akan sangat mengganggu sekali... apakah demikian ? apakah luka sangat rentan terkena infeksi dan bagaimana cara penanganan yang tepat pasca operasi..

Terima kasih

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Senang sekali bisa menemukan blog ini Dokter, selama ini saya bingung dan ga tau harus bagaimana....ini mengenai suami saya...dalam setahun selalu saja timbul bisul 1 atau 2 kali di dekat duburnya...kalau sudah matang, pasti akan ada lubang untuk mengeluarkan nanah dan mata bisulnya...pernah di operasi o/ dr bedah tetapi tetap ada saja kambuhnya. Menurut teman2 kemungkinan ini akibat kelebihan protein dan adanya bakteri...terlalu banyak makan telur...Memang kalo diperhatikan, kambuhnya selalu setelah mengkonsumsi banyak telur...nah apakah ini termasuk fistula ani? trims Dok....

 
, Anonymous leo wrote ...

Terima kasih bu, infonya sangat berarti.

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

dok, saya mau nanya..
suami saya baru satu minggu kmrn dilakukan operasi, kata dokter bedahnya kena para anal fistula, krn lokasi salurannya jauh dari anus, tp berawal dari anus. Jadi pembedahannya lumayan panjang. Skrg tinggal perawatan sendiri, yang sy ingin tau bagaimana perawatan yang bagus..krn td sdh ada nanahnya..mohon sarannya ya dok, trims

 
, Blogger rudi wrote ...

saya pernah mengalami bab berdarah selama 2 bulan, tapi buka karena ambeien, anus saya luka( maaf karena di sodomi, saya gay, maaf sebelumnya, saya kalau bab selalu beradarah, dan berobat ke dokter bedah ( cuma di kasih obat penghilang rasa nyeri ) rupanya dokter gak tahu atau mungkin gak ada obat untuk menyembuhkan luka di dalam anus, saya juga cari ke google, ternyata luka anus atau fisura ani gak ada obatnya katanya, bahkan aku pernah baca di google ada yang sakit sampai 5 tahun, aku mau kasih obat yang sangat ajaib dan manjur, saya juga dapatnya dari google loh, dari iseng iseng mau mengobati dengan madu murni saya malah dapat PROPOLIS ( silahkan cari yang dari bina apiari , disitu lengkap ada website dan alamat lengkapnya karena saya pakainya yang dari bina apiari )
saya bab berdarah hampir dua bulan dan anus terasa nyeri , pantat kalau di tarik sedikit saja rasanya mules, bahkan minggu minggu pertama saya ke belakang terus dan yang keluar cuma darah ,
saya pakai propolis tetes karena ada yang capsule, cara pakainya ,saya menggunakan ibu jari, sebelumnya tangan di cuci sabun life buoy, kemudian seriap kali ujung ibu jari di tetesin satu tetes langsung di masukan pelan pelan ke anus, kemudian tetesin lagi dan di masukkan lagi sampai kemudian jari telunjuk bisa masuk semua. biasanya saya sampai sepuluh tetes jari udah bisa masuk semua, di lakukan 3 kali sehari, dan saya habis 5 botol dan saya sudah sembuh total.( kurang lebih tiga minggu , sewaktu saya olesi sekali, paginya bab udah tidak berdarah, cuma sembuh totalnya setelah saya habis 5 botol)
silahkan anda ketik di google propolis bina apiari.
banyak propolis, tapi waktu itu saya pakai yang dari bina apiari.
mohon nanti kalau anda sembuh bahkan mungkin wasirnya juga kemingkinan besar ikut sembuh, mohon berbagi ke orang lain, terserah mau pakai propolis yang mana saja, yang penting yang paling manjur, supaya bisa membantu penderitaan orang lain.
propolis sangat manur sekali buat luka, bahkan saya pernah juga orang yang menderita ambeien sudah parah juga bisa sembuh, bahkan penyakit lainnya juga ikut hilang. sulahkan anda cari di google manfaat propolis.maaf saya tidak beriklan, karena saya tidak ada hubungannya apa apa dengan bina apiari jadu agenpun juga kagak, cuma saya ingin membantu orang lain, karena saya sayngat menderita sekali saat itu, dan gak ada yang bisa bantu bahkan dokterpun tidak bisa, yang ada hanya rasa takut dan tertekan sekali.
terima kasih

Tolong dech bu dokter , kalau ada yang keluhan luka di anus supaya di sarankan obat ini.
saya menderita sekali , apalagi kalau baca tulisan luka di anus tidak ada obatnya. data saua ada di rumah sakit. dan saya bersedia kalau di minya di cek atau periksa. propolis manjur banget buat luka, bahkan luka di dalam.
terima kasih. saya suka menolong.
dan untuk buat pesan ini saya rela beli kartu perdana hanya untuk bisa buat blog barusan.

 
, Blogger muhammad wrote ...

dokter
saya pria 37 th, 2 th yll saya operasi fistule namun hingga sekarang anus saya masi mengeluarkan cairan kuning dg bau tak sedap. kalo diraba pintu rectum bagian dalam ada bekas benjolan kecil, apa bekas jahitan ato masi merupakan fistula, bagaimana menghentikan keluarnya cairan kuning ini dok, terimakasih banyak

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Yth Anonymous dan Hamba Allah, mudah2an saat ini kondisi sudah jauh lebih baik ya
Coba diskusikan kembali pada dokter bedahnya, apa penyulit dan bagaimana perawatan yang baik paska op.
Fistula memang sering kambuh. Minimal ada 3 hal yang harus diketahui : 1) pasien harus tahu persis soal penyakitnya 2) Pasien harus tahu jelas bagaimana penanganan penyakitnya serta tindakan pembedahan apa yang dilakukan oleh dokter bedahnya 3 ) pasien harus tahu secara jelas bagaimana melakukan perawatan paska operasi. Terus kontak dengan dokter bedahnya

 
, Blogger daone wrote ...

Saya adalah penderita fistula ani di sekitar dubur yg menyerupai bisul dan bernanah awalnya penyakit ini muncul 13 tahun yg lalu tepatnya tahun 1997 pertama kali muncul dekat dubur diawali dgn penyakit sphilis yg pernah sy derita waktu itu. Sy lelaki umur 30 tahun kena spilis diumur 17 thn akibat pergaulan bebas, wktun sy berobat di Puskesmas tapi bisulnya tdk sembuh2 malah tambah parah dan keluar darah segar dari dubur mirip wanita menstruasi.
Sy khawatir penyakit spilis ini yg mengakibatkan penyakit lain seperti penyakit Bronchitis yg gw derita tahn 2002 sampai sekarang belum sembuh total akibat gak rutin berobat malahan muncul bisul mirip bisul spilis ditenggorokan bisa dilihat jika mulut dibuka yg sering mengakibatkan saya batuk berdahak dan gejala ini juga membuat gusi saya mudah berdarah dan keropos dan gigi saya sudah banyak yg ditambal.
Dok saya mau tanya apakah ini dampak jangka panjang dari penyakit sphilis yg pernah gue derita?
Bisul ini sudah dioperasi tanggal 2 September 2010 di RSUD ARIFIN NU'MANG RAPPANG SIDRAP SULSEL tapi belakangan jahitannya putus akibat lukanya infeksi dan banyak bergerak, sekarang ini lukanya masih basah dan belum sembuh total, aku mau tanya Apakah obat Chlorofil yg gue minum bisa mempercepat penyembuhan ?

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Bu Dokter, di samping/pinggir anus saya ada benjolan keras dan kedalam. Dan juga terasa sakit. Apakah ini wasir/ambeyen? atau ada kemungkinan penyakit lainnya

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

saya Muti,
Hallo Bu Dok, adik saya sdh 4 hari bab di sertai nanah lalu sekarang dia sakit ga bisa berjalan atau bergerak.di mulai dari pertama BABnya agak keras,mulai saat itu&anusnya(maaf) sakit sekali,buang air kecil saja terasa sakitnya. 2 hari lalu sdh ke dokter tai hanya dikasih antibiotik&obat penghiang rasa nyerisaja.Dan sakitnya agak reda tiap kali minum obat tersebut.Apakah itu namanya fitsula atau infeksi?Apakah sakit adik saya gawat Dok?Apakah sakit adik saya bisa sembuh Dok?Mohon penjelasannya.Terimakasih Dok.

Yang lagi Kuatir.
Muti

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

saya budi purwanto, tlp 081231056868. saya menderita anus fistuka udah 8 bulan udah beberapa tabib dan since saya coba selama 6 bulan tetapi belum sembuh,sy tidak mau dioperasi karna sy tahu kalau dioperasi pasti dioperasi lagi.akhirnya saya berdoa pada yesus dan Dia beri petunjuk ke rumah sakit siloam Dr abdus Syukur ternyata saya tidak perlu dioperasi Beliau ajarkan pada isteri saya bagaimana cara merawat fistula yaitu dengan memasukan betadine ke dalam lubang pada luka fistula dan rendam duduk pk selama masih keluar cairan, udah sy jalani sampai 3 minggu puji tuhan luka saya mengecil dan waktu buang air besar tidak sakit serta nanah yg keluar sedikit sekali dan saat ini kalau dimasukan betanide udah bisa keluar ke anus berarti udah masuk lubang satunya sungguh luar biasa rasa sakit yg saya derita udah tdk saya rasakan kini saya teruskan terus cara itu hari ini udah 3 minggu saya jalani. satu2nya dokter yg mempunyai cara itu cuman dr abdus syukur Beliua pratek di Graha amerta, siloam dan rumah sakit darmo surbaya.terimah kasih Tyhan semoga dapat membantu saudara2 y mempunyai sakit seperti saya.

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

dokter,keponakan saya baru berumur hampir 2 bulan,di bagian bibir vaginanya ada bengkak mirip bisul yang awalnya mengeluarkan nanah,kemudian mengeluarkan seperti kotoran,sekarang mengeluarkan lendir berbusa berwarna kuning.lendir berbusa tersebut hanya keluar jika dia dalam keadaan menangis sampai tegang dan ketika batuk.
kira2 ini penyakit apa ya dokter?
bagaimana penanganannya.terimakasih.

dwi-jambi

 
, OpenID rindangdingdong wrote ...

Dok, saya pelajar SMA, menderita fistul sejak umur 4th, waktu umur 13th saya pernah melakukan oprasi, dulu si katanya namanya fistulla glutea, apakah hampir sama dengan ini dok? Tetapi setelah seminggu kemudian, muncul lagi, dan sampai sekarang saya belum berani membicarakannya lagi kpd orgtua saya, takut. Apakah pengobatannya ada alternatif lain?
terimakasih sebelumnya dok.

 
, Blogger octafiantos@everywhere wrote ...

salam kenal dr. lakshmi.
saya penderita fistula perianal. sebulan yang lalu -diawali rasa gatal setelah absesnya terlihat "tidur" selama beberapa bulan-, absesnya pecah dan mengeluarkan lendir bening tidak berbau. setelah periksa disarankan menjalani operasi. lukanya dirawat terbuka, dengan rendam PK dan semprot nacl cair dan betadine 2x sehari. dari bekas lubang operasi diberi benang -lebih tepatnya senar- untuk mengencangkan dan memotong fistulanya (?) dan dikencangkan secara teratur.

penderitaan menderita penyakit ini memang besar. paska operasinya memang tidak sakit, tetapi proses menarik benangnya yang kadang sangat sakit dan menyiksa. yang membuat trauma adalah kita tahu akan sakit tetapi harus diulang terus menerus untuk menutup luka. jika merasa sangat sakit, saya biasanya minum painkiller yang diresepkan oleh dr yang melakukan tindakan. dan karena terdorong niat ingin sembuh, semalam/pagi apapun saya pulang bekerja, saya tetap melakukan sitbath dan semprot betadine.

Insya Allah saya akan monitor blog dan update hal ini, karena ingin berbagi dengan sesama penderita fistel. Terima kasih dokter, diperbolehkan mengisi komentar di sini. Salam.

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Salam semua,

saya juga hendak berbagi pengalaman mengenai fistula perianal

bulan Oktober lalu saya menjalani operasi fistula di Jakarta dgn metoda glue,tidak sampai 2 minggu setelah operasi sudah timbul kembali bisul baru, sangat membuat frustrasi!

Saya kemudian mencari dokter spesialis bedah yang lain dan menyarankan agar dioperasi ulang menggunakan metoda tradisional, dimana tract dibuka dan luka dibiarkan menutup sendiri.Dapat dibayangkan repotnya jika BAB setelah operasi.

Tidak puas, kembali saya browsing di internet, mencari metoda yang lebih naik,sampai akhirnya saya menemukan dokter di Singapore yang ahli di bidang colorectal.Setelah berkonsultasi pada bulan November, saya kembali menjalani operasi dengan metoda LIFT (ligation of intersphincteric fistula tract).Metoda ini tetap mempertahankan anal sphincter (otot di anus yg mengatur dan menahan BAB).Pada metoda tradisional ada kemungkinan otot ini terpotong. Saya masuk RS jam 2 siang, dioperasi jam 3, dan keesokan harinya jam 10 sudah boleh pulang.Luka sangat minimal,dan hasilnya so far sangat naik, tidak ada lagi timbul bisul baru.Mudah2an demikian seterusnya.Dokter mengatakan bahwa hanya perlu kembali 2 bulan lagi untuk cek up.Selain saya, ada Lagi pasien dari Indonesia yg juga dioperasi dengan cara yang sama.Ybs juga sudah dioperasi 6 bulan yang lalu tapi tidak sembuh.

mudah2an sharing ini berguna untuk rekan2 penderita fistula perianal

salam

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

@Rindang : pengobatannya memang harus operasi, tidak ada alternative lain.
@Octavianto : Terimakasih untuk kesediaan nya berbagi di blog ini.
Pasti akan bermanfaat untuk pembaca blog lainnya.
@Anonymous :
Terimakasih untuk sharingnya. Boleh di share pak nama dokter, RS dll-nya atau mungkin nama Bapak/Ibu beserta notel atau alamat email yang bisa dihubungi.
Pasti info ini sangat bermanfaat untuk pembaca blog lainnya.
Terimakasih !!

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

@anonymous :
Bisa wasir bisa juga fisuura , harus dilakukan pemeriksaan untuk tentukan diagnose
@Muti
MUdah2an saat ini adik sudah jauh lebih baik ya. Kalau melihat ceritanya sepertinya fistula ani atau abses perianal .. jika memang betul diagnosanya demikian maka tindakannya harus operasi.
@Budi Purwanto : terimakasih atas kesediaannya berbagi disini pak. Informasi ini pasti sangat bermanfaat untuk penderita fistula ani lainnya . Terimakasih !!
@Dwi, Jambi : harus dilakukan pemeriksaan untuk tentukan diagnose, hubungi dokter bedah terdekat Dwi.

 
, Blogger pengobatan fistula ani wrote ...

dok saya baru buat blog..ini linknya..semoga bisa menjadi referensi buat sesama penderita..
aminn..thx yaa
http://pengobatanfistulaanisayasembuh.blogspot.com/

 
, Blogger pengobatan fistula ani wrote ...

saya juga mantan penderita fistula ani dan sekarang alhamdulillah telah sembuh saya merasa memiliki tanggung jawab moral untuk share kepada sesama penderita fistula untuk merekomendasikan tempat dimana saya berobat karena saya juga pernah mengalami stres bilamana penyakit yang saya derita tidak kunjung sembuh...silahkan kunjungi blog saya di http://pengobatanfistulaanisayasembuh.blogspot.com/
terima kasih semoga bermanfaat..

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Ikun :
awal mulanya sy didiagnosa pd Juli 2010 sbg infeksi biasa, namun pd 04 feb 2011 sy di vonis fistule & hrs operasi krn fistule tersebut sdh panjangnya 2-3 cm. saat ini sy sdg perawatan mandiri dgn anjuran dokter bedah sy, yaitu setiap selesai BAB atau pg & sore bekas operasi tsb di rendam dgn betadin & disemprotkan H2O2 3% NaCL 0,99% tampon diberi betadin & konsumsi antibiotik, Alhamdulillah luka bekas operasi sudah hampir menutup. sy operasi 05 Feb 2011.

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Salam kenal bu Dokter,

Suami saya br saja menjalani oprasi fistula ani, ada 2 lubang yg dioprasi, yaitu di kedua sisi pantat tpatnya di sekitar dubur, mnurut dokter sudah mbentuk hruf U atau horseshoe, stlah 4 hr oprasi timbul bintil fistel lagi di dekat lubang yg telah dioprasi, sy sdh mlakukan perawatan rendam pk dan semprot betadine, namun yg mau sy tanyakan :
1.Bintil baru tsb apakah bnar fistul baru? harus dioprsi lagi? apakah bisa hilang jk hanya dgn obat saja?
2. mengapa lubang yg satu selalu mengeluarkan cairan? sdangkan lubang yg lain tdk?
3. sebelumnya cairan yg keluar adalah berwarna oranye muda, namun skrg mengapa darah kental ya Dok? disertai rasa pegal yang menyakitkan mungkin jk digambarkan rasanya sprti jika kita sdg haid, dan darah yang keluar adalah merembes dan sangat kental, apakah itu normal? mengapa baru sekarang mengeluarkan darah itu? sebelumnya tidak? mudahmudahan ini pertanda mau sembuh ya Dok,

terima kasih sekali jika ibu Dokter brsedia mnjawab kegundahan kami, kami selalu berdoa semoga Allah mengangkat penyakit yg diderita oleh suami saya, dan semoga ini tidak menjadi penyakit yg menaun sprti yg saya baca sebelumnya, terima kasih Dok...

nanee

 
, Anonymous Hendra wrote ...

Dok, saya sudah menjalani operasi abses perianal sekitar 2 tahun yang lalu. tapi sampai sekarang luka bekas masih belum sembuh. Setelah luka nya nutup, beberapa hari kemudian bengkak menjadi bisul. Lalu pecah. Hal ini berulang sudah lama.

Saya tidak lagi kontrol ke dokter di karenakan faktor biaya. Adakah saran lain nya?

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Dok, saya mw share nih..
Sudah hampir sebulan ini saya merasakan sakit dan nyeri disekitar dubur saya. disekitar dubur saya terdapat benjolan panjang. Saya sudah beberapa kali konsultasi dengan dokter bedah, dan hanya diberi obat wasir saja karena tidak ada darah atau nanah yang keluar. Setelah beberapa hari terasa penambahan benjolan disekitar dubur hal ini sangat mengganggu.
Dok apa yang mesti saya lakukan, dan perawatan apa saja untuk meringankan sakitnya.

Salam.

 
, Anonymous isnaini wrote ...

Dok.. sharing pengalaman ya..
saya mnderita fistula ani, sebulan yang lalu di operasi oleh dokter bedah di RS Antonius Pontianak, seminggu setelah operasi kambuh lagi, sampai kemudian saya konsul ko dokter yang lain. Oleh dokter yang baru dilakukan pemeriksaan kultur jaringan dan yang muncul adalah kuman TB, selanjutnya saya ditherapy dengan pengobatan TBC, Alhamdulillah abses didalam mengecil dan tidak lagi mengeluarkan nanah, luka pasca operasi juga berhenti meradang dan hampir menutup. demikian, semoga kita selalu sehat.. trima kasih

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

salam kenal dok,saya herman
sy mau tanya,saya sekitar 3 bulan lalu terkena anal fistula.tadinya sy pikir itu ambeyen,trnyata menurut dokter itu bukan hemorroids.itu anal fistula.kemudian saya di bedah di operasi sedikit utk membuka lubang nanah tsb,agar nanah bisa cpt keluar.
nanah memang keluar cepat,tapi dok,kok gak sembuh2 total.bisul setelah kempes,terus membesar lagi.kemudian nanah keluar lagi.dokter sudah memberikan obat antibiotik dan nyeri. tapi tetep gak sembuh2.nanah tetep keluar...
dok,tolong saya,bagaimana sih supaya bisa sembuhin ini total..soalnya tersiksa sekali,apalagi setelah abis B.A.B.
Terima kasih,jika ibu dokter mau menolong saya..
her_si80@yahoo.com

 
, Blogger sheering sesama pasien fitsula ani wrote ...

salam kenal,.. saya sam 36 tahun tinggal di karawang. sekitar 6 bulan yang saya mengira saya kena ambient atau wasir setiap kali saya buang air besar berdarah. segala obat ambiat yang mahal sudah saya minum tapi tetap ngga ada perubahan, ahirnya sakit itu sembuh dengan sendirinya. tapi... 25 juli 2011 saya merasa sakit lagi pada (maaf) anus saya bagian dalam dan stelah saya raba ternyata bengkak. saya ke dokter dan menjelaskan keluhan saya dokter memberi resep obat ambient dan tetap sakit ngga ada perubahan. besoknya saya kaget ternyata yang bengkat di dalam anus tersebut pecah dan mengeluarkan cairan nanah dan air kekuning2 an. saya pikir lega ternyata cuma bisul. akan tetapi saya kaget ternyata cairanya terus menerus keluar dengan tubuh terasa meriang dan demam. ahirnya saya periksa kelain dokter dan baru diketahui ternyata saya kena fitsula ani yang katanya harus dioperasi. saat ini kondisiku sudah agak membaik, bengak pada bisul mulai mengempis dan cairan sedikit keluar. mudah2 an semakin membaik dan membaik. sat ini saya masih minum obat dari dokter tismazol 500, colsancetine. saya terapi minum irisan buah mahkota dewa kering yang saya beli dipasar. karena saya baru kena dan cepat terditeksi apakah fitsula ani pada saya masih bisa diatasi ya?
tolong saran apa yang harus saya lakukan untuk sembuh selain di operasi. terimakasih

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

salam kenal dok... sy pria 31 thn, awalnya saya menderita wasir tp sdh beberapa bln ini trdapat benjolan kecil dan keras di dekat anus saya dan sering mengeluarkan cairan yg berbau tak sedap. apakah ini gejala penyakit fistula? terima kasih

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Dok saya mau cerita ni,,
sekitar 3bulan yg lalu bila saya bab pasti mengeluarkan darah segar, namun blakangan ini ikut d sertai nanah jg dok dan rasa nyeri setlahnya.
Saya msih berusia 20taun.
Saya tdk brani bilang k orng tua saya.
Menurut dokter saya hrus bgmna?
Klo berobat kira" biaya'a besar g dok?

 
, Blogger Rendy Anugerah wrote ...

dok butuh waktu berapa lama ya pasca operasi fistula ani ? terima kasih

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Informasi Dokter

dr.Francis Weng-Keong Yip
(Spesialis Gastrointestinal dan General Surgeon)

http://pengobatanfistulaanisayasembuh.blogspot.com/

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

dok nama saya iwan umur 34 thn, menderita penyakit anal fistula,empat bulan lalu kira2 juli 2011 saya sudah dioperasi dengan metode terbuka di sebelah kiri anus, tapi sampai saat ini masih ada lubang kecil bekas operasi yg masih mengeluarkan cairan dan ada benjolan baru di sebelah kanan anus, apaka operasi saya bisa dikatakan gagal, dan adakah RS yg bisa operasi dengan metode seton kalo ada di RS mana Dok, mengingat banyak pasien yg dapat sembuh dengan metode tersebut, terima kasih atas segala infonya dok....

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Slam kenal dok, nama saya iwan umur 35 saya penderita fistula ani. 4 bulan lalu saya sudah dioperasi fistula dengan metoda terbuka , tetapi sampai sekarang ada luka kecil bekas operasi yg masih mengeluarkan cairan dan agak bengkak bekas track operasinya..apakah bias dikatakan gagal dok operasi saya, mengingat sekarang ada benjolan kecil didalam anus yg sakit dan ada benjolan disamping luar sebelah kanan mengalami pembengkakan, apakah ada RS di Jakarta yg dapat operasi dengan metode seton mengingat banyak pasien yg sembug dengan metode tersebut, terima kasih atas infonya dok

 
, Anonymous Hari wrote ...

Dok...Nanya ya
Istri saya sejak bulan Mei2011 merasakan seperti ada benjolan/bisul disekitar duburnya, badan terasa panas dingin. Pertengahan September 2011 benjolan tersebut pecah mengeluarkan darah dan nanah. Kami periksakan ke dokter bedah ternyata itu adalah Fistula Ani dan harus dioperasi tapi hrs menunggu sampai 6 bulan. Yang kami tanyakan adalah kapan seharusnya operasi tersebut harus dilakukan, apakah harus secepatnya dilakukan operasi atau harus menunggu sampai 6 bulan.
Terima kasih.

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

@sofie : maaf kelewat bu, mudah2an saat ini si kecil kondisinya sudah membaik ya. Kalau ada apa2 telp saja ke 081 310 166 750, atau lewat twitter. Sy sering kesulitan buka blog kalo sdg mobile, thanks
@anonymous : kalau dari ceritanya sepertinya mamae aberans. Unt memastikan coba konsultasikan kembali pada dokter bedah terdekat.
@siti : maaf terlalu lama membalas. Mudah2an saat ini kondisi bpksdh jauh lebih baik ya. Berobat jangan bosan, luka akan mengering sendiri.
@anonymous : cara penanggulangannya tentu saja perawatan luka yang baik, diskusikan bersama dokter bedahnya
@anonymous : kalau mendengar cerita ibu, sepertinya sih fistula ani bu. Untuk memastikan tentu saja harus diperiksakan ke dokter bedah terdekat.
@Leo : terimakasih banyak
@anonymous : bisa difoto ? perawatan yang bagus tentu saja perawatan seperti yang dianjurkan oleh dokter bedah ibu 
@rudi : terimakasih sharingnya, semoga bisa dibaca oleh pembaca blog yang lain

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

@muhammad : sy harus periksa untuk menjawab pertanyaan bapak, saran konsultasikan pada dokter bedah terdekat
@daone : minum obat yang diberikan dokter bedahnya saja. Kontrol rutin dengan perawatan luka yang baik dan tepat. Semoga cepat pulih
@pengobatanfistulaani : terimakasih infonya
@anonymous ; terimakasih atas share pengalamannya
@anonymous/nanee
1. Bintil baru bisa jadi fistula baru, unt memastikan hrs kembali konsul pd dokter bedahnya
2. Lubang yg tdk mengeluarkan cairan berarti sdh menutup sembuh
3. Sy hrs periksa unt menjawab pertanyaan ini
Mudah2an saat ini kondisi bpk sudah berangsur baik
@hendra : harus kontrol pada dokter bedah terdekat. Biaya ? kan ada jamsostek/jamkesmas ?
@anonymous ; coba konsultasikan pada dokter bedah yang lain untuk second opinion
@Isnaini : terimakasih banyak !! sharing yang sangat bermanfaat, semoga berguna buat pembaca yang lain
@herman : sy harus periksa bapak untuk tentukan diagnosa

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

@sheering : kalau mmng diagnosa nya adalah fistula ani, maka pengobatannya adalah operasi
@anonymous : sepertinya fistula ani. Untuk memastikan konsultasikan pada dokter bedah terdekat
@anonymous : secepatnya hubungi dokter bedah terdekat
@rendy : jika tdk ada penyulit, hari ke 3 biasanya sudah boleh pulang
@anonymous : terimakasih infonya 

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

tahap operasi :
1. left colostomy
2. fistulectomy
3. closed left colostomy
??????
mohon pendapatnya.

 
, Blogger jho sihombink wrote ...

Salam kenal Ibu Dokter...

Saya jho dari medan..
Gini dok, Bulan november tahun 2010 kmren aku da bisul disekitar anus, awalnya aku kira ambeian.karena kalo buang air slalu sakit.wktu bisulnya dah pecah baru aku tau kalau itu ternyata bisul..

Yang mau aku tanyakan neh dok..bisulnya itu gak kering2 sampai sekarang..
Dan dari pecah sampai sekarang gak pernah aku salep..
Selalu keluar lendir2 putih gt dari bekas bisul itu..

Obat/salep apa yang harus saya gunakan ya dok, agar cepat kering dan gak keluar lendir2 lagi..?

Sebelumnya saya ucapkan terimakasih ya dok.....!!

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

dok mau tanya....
saya 4 hari yang lalu sdh melakukan ops beda fistula..tetapi luka pasca ops tersebut di biarkan terbuka bisa dikatakan luka tersebut bolong..setelah 2 hari pasca ops luka saya mengeluarkan cairan kuning..yang sya ingin tanyakan apakan luka saya ini terinfeksi..??
trus bagaimana cara yg cepat untuk menumbumbuhkan jaringan yang baru pada luka pasca ops saya.....???
thank's

rudi_kingz@yahoo.co.id

 
, Anonymous Ricky wrote ...

dok,
sy Ricky 29 th , sy dulu pernah hemmoroid lalu di operasi (mulai usia 10 th - 22th),
sdh setahun ini saya ada keluhan jika bab : ukuran fases sy hny sebesar pulpen,
apakah ada analfistula yg seperti ini ?
pengobatannya bgmana ?
thx
Ricky
bb : 89 kg
tb : 168 cm

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

dok, saya mau nanya. di samping anus saya ada timbul bengkak, kalo dulu bengkak itu muncul kalo saya menaiki sepeda, jadi semacam memar. tapi kemudian akan hilang dengan sendirinya. tapi saat ini bengkak itu muncul dan kemudian menjadi bernanah, tentu saja nanahnya mencari jalan keluar, sehingga menjadi seperti bisul. kira2 bagaimana penangannya dok dan obatnya apa?makasi

 
, Blogger yusran wrote ...

Fistula memang penyakit yang sulit disembuhkan. namun setiap penyakit insya Allah ada obatnya. Makanya kita tidak boleh berhenti untuk mencari kesembuhan baik medis maupun dgn jalan herbal dan pengobatan tradisional. jika ada diantara saudara yang menderita penyakit ini saya menawarkan kombinasi pengobatan herbal yang insya Allah menjadi solusi untuk mengatasi penyakit fistula yang anda derita saat ini. Anda bisa hubungi saya di e-mail : yusran_akbar81@yahoo.com. Wassalam

 
, Anonymous hamba allah wrote ...

ass dok saya adalah salah satu penderita ani fistula,,saya mau minta saran dari doketer kalo dokter tau di mana rumah sakit yg efektif untuk mengoprasi fistula saya krena yg saya dengar banyak pasien yg terkena fistula sudah di oprasi tetapi selalu tibul lagi..terimakasih mohon petunjuk..

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Dok,saat ini saya sedang menunggu saat untuk operasi fitel Hanya saja saya termasuk penderita hipertensi. Dari hasil foto saya katanya salurannya tembus ke vagina kemungkinannya jika dioperasi harus merobek selaput dara sementara saya masih gadis Dok. Ini kan dilematis buat saya. Saya ingin membuang sesuatu yang tdk berharga (si Fistel) tapi saya harus merelakan sesutu yang sangat berharga pula terlebih jika mengingat usia saya yg sdh kepala 3.Apalagi membaca sharing teman-teman disini umumnya penyakitnya datang lagi. Rasanya saya harus kehilangan sia-sia saja kalo ternyata Fistelnya akan kembali dan kembali lagi sementara selaput dara saya gak bisa utuh lagi.Dok, tidak adakah alternatif yang lain buat saya ?

 
, Anonymous GARUDA BLOG wrote ...

saya baru 3 hari ini ada semacam udun sebesar ujung jari kelingking anak kecil dekat lubang anus, kalau BAB nggak sakit, sakit sedikit justru kalau kaki dirapatkan, tapi ya itu sakitnya sedikit
kira-kira ini apa ya bu dokter ?

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

@anonymous : kasus dimana nih , bpk/ibu ini siapa ? dokter ? pasien ? atau keluarga pasien ? kalau mau meneruskan diskusi ada bbrp data yang saya ingin tanyakan juga.
@Jho : dari ceritanya sepertinya fistula anal jd harus fistulektomi / operasi
@rudi_kingz : kalau saya, biasanya rendam PK dilanjutkan dengan kompres kassa hemolok Pak. Nanti luka lama2 akan menutup sendiri. Konsultasikan kembali dengan dokter bedahnya ya.

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

@ricky : segera konsultasi pada dokter bedah terdekat pak. Sepertinya bukan fistula ani. Sy tdk bisa byk komentar karena tidak periksa.
@anonymous : kalau dari ceritanya sptnya fistula ani, pengobatannya fistulektomi/operasi
@Yusran : banyak terimakasih untuk infonya, semoga bermanfaat
@hamba Allah : semua RS sama baik, fistula dilakukan dimanapun memang sering kambuh.
@anonymous : coba diskusikan kembali dengan dokter bedahnya bagaimana tindakan operasi yang akan dilakukan, termasuk akses yang diambil dari arah mana. Lepas dari semuanya, menurut saya yang penting sehat. Kalau kita sehat, akan banyak manfaat yg bisa kita sebarkan buat banyak orang termasuk kepada calon keluarga, suami dan anak2 ibu kelak. Mungkin ini saatnya harus berpijak untuk kepentingan orang banyak, kepentingan diri sendiri tmsk rasa takut/cemas yg ibu rasakan, di buang jauh2 saja. OK selamat menjalankan operasi, yakinlah Tuhan akan membuatnya menjadi lebih mudah.
@garudablog : kalau dari ceritanya sepertinya abses perianal tapi bisa juga fistula ani. Bisa difoto ga bu/pak ?

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

@anonymous/iwan : metode seton bisa dilakukan di rs mana saja sy pikir, masalahnya adalah pilihan menggunakan tehnik op tersebut tgtg dari jenis fistula nya dan “pilihan” operator / dokter bedah nya pak.
@hari : coba tanyakan lagi pd dokter bedahnya knapa harus 6 bulan ? kondisi lukanya bagaimana, bisa difoto

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Pada kasus ini sepertinya banyak yang kembali ke meja operasi. adakah kasusnya yang sekali operasi dan sembuh total ? ada juga blog yg menyarankan operasi d malaka. nah karena keterbatasan dana saya berencana operasi dlm waktu dekat d banjarmasin, apakah saya harus operasi d jkt ? atau memang harus sampai malsysia ? Adakah cara mengecilkan faktor kembali operasi ? apa yg bisa d lakukan untuk mwngecilkan faktor itu ?

 
, Blogger xyanz123 wrote ...

bbrp bln lalu sy mengalami pembengkakan di area seputar anus...dikira wasir....kemudian diobati dgn berbagai macam obat wasir...tp ga sembuh samasekali...malah tambah parh sampe keluar benjolan di sekeliling anus...setelah diperiksakan ke dokter spesialis ahli penyakit dalam...diketahui bahwa sakit saya ternyata adalah vistel(bisul bernanah)...akibat adanya pendarahan dlm anus yg kemudian dimasuki bakteri,shingga jadi bengkak dan meradang...setelah itu direkomendsaikan utk operasi..pebedahan utk mengeluarkan nanah tsb...karena ragu akhirnya sy tak jadi mendaftar utk operasi ....oleh dokter umum saya dianjurkan minum obat cataflam fast 50mg(untuk meredakan nyeri n mengurangi pembengkakan) dan obat utk membunuh bakteri dalam anus namanya Reskuin 500mg....ternyata betul" mujarab...dalam waktu +\- 3 hari...bisul mengempes dan sembuh....sayangnya pd saat saya tahu ttg obat itu sudah terlambat....dan salh satu bisul sudah pecah....untuk bisul yg sudah pecah...say tempeli dgn woundres...semacam busa utk menutup luka...dan bbrp hari kemudian sudah kering dan kmdn hilang bekasnya....semoga bisa menolong siapa pun yg butuh informasi...GBU

 
, Blogger maggie wrote ...

Dear Dokter
selamat sore dok,perkenalkan nama saya Maggie, usia saya 28th
dari smp di dekat lubang anus ada benjolan spt bisul dan pecah akhinya mengeluarkan nanah yg kadang berbau,akhir taun lalu timbul lg benjolan yg baru dpecah dan mengeluarkan nanah bercampur darah.
dulu saya pernah konsul ke dokter umum dan dokter tsb menyatakan ambeyen.
yang saya mau tanyakan cara pengobatannya seperti apa?sehingga saya bisa sembuh.
terima kasih.

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

hub kami 081242901355 kami ada obat racikan dari daerah sulawesi selatan untuk 100 macam penyakit salah satunya fistula ani. alhamdulillah teman kami sdh sembuh tanpa operasi

 
, Anonymous susanto wrote ...

Siang Bu Dokter..
Nama saya Susanto, saya mengalami penyakit yg di sebut Fistula ani, 2 tahun lalu sudah di operasi, namun luka'Ϟγά ƁȇĿū♍ menutup seempurna dan masih mengeluarkan nanah..
Tapi sekarang timbul ∫ªğΐ bisul baru, (maaf)di dekat buah zakar dan bisul'Ϟγά sudah pecah..
Jadi sekarang ª∂a̲̅ 3 lubang fistula.
Bu Dokter saya harus bagai mana, kenapa luka ƁȇĿū♍ sembuh tapi kambuh bisul yg baru..?
Setelah saya konsultasi dengan dokter bedah dan di MRI, dokter tersebut menyaran'Kªή harus di operasi ulang dengan metode benang seton..
Tapi saya dengar setiap tiap x di kencang'Kªή terasa sakit sekali, apa benar Bu Dokter? Tolong di komenteri ya Dokter.
Terima kasih Bu Dokter..

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Perkenalkan nama saya Indah, sehabis melahirkan anak pertama th 2005 saya merasa lubang dubur saya sangat gatal sampai2 lecet karena saya menggaruknya, dan beberapa hari kemudian teraba ada bagian keras disamping dubur dan lama kelamaan menjadi bisul/abses, setelah pecah bisul tak kunjung sembuh, awalnya bisul sebesar butiran beras dan sudah periksa ke dokter dan didiagnosa Fistula ani , yang jadi pertanyaan kenapa fistula saya ini cepat sekali tertutup bu dokter, karena kalau membaca pengalaman teman2 yang lain fistulanya tidak pernah tertutup sedangkan saya sebaliknya saya sangat tersiksa jiga sudah meradang tapi nanah tidak bisa keluar sehingga kadang pecah sendiri ataupun saya pencet. saya masih belum berani oprasi...

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Yth. dr. Lakshmi Nawasasi, SpB.

Bedah Kasus Anal Fistula dan Condiloma Acuminata

Saya Yan, Umur 25 Tahun, TB: 166 BB: 55. Saya didiagnosa oleh dokter spesialis penyakit dalam HIV + dengan CD4 196. Saya didiagnosa oleh dokter spsesialis bedah abses perinala cum hemmoroid dan anal fistula. Selain itu, saya juga didiagnosa anorectal condyloma acuminata (multiple) dan sebagian tumbuh internal oleh dokter spesialis kulit dan kelamin. Saya tidak memiliki infeksi oportunistik serta darah rutin dan urine rutin dalam kondisi baik.

Tim dokter menyarankan saya untuk melakukan pembedahan fistula (dengan bedah terbuka) dan bedah listrik/elektrokauter untuk condiloma secepatnya, tetapi memberikan keterangan bahwa pasca pembedahan kualitas hidup saya dapat menurun, selain itu dikhawatirkan akan tumbuh kondiloma pada bekas luka bedah fistula.

Selanjutnya saya menyetujui tindakan medis tim dokter melakukan kauterisasi terlebih dahulu, tetapi pasca tindakan itu anus saya justru bengkak dan menyatakan terjadi inflamasi, karena pada saat kauterisasi pada condiloma yg letaknya menempel pada kantung abses terjadi luka.

Pasca tindakan itu saya disarankan untuk merendam dengan air pk minimal 2 x sehari, selanjutnya dicuci dengan revanol, diberi salep gentamicin dan ditampon betadin+alkohol minimal 2 x sehari, tetapi sampai sekarang justru semakin perih, fistulanya pun semakin banyak mengeluarkan abses, dan sebagian kondiloma ada yg tumbuh.

Dengan kondisi demikian, bukan hanya saya yg bingung, tetapi tim dokter juga belum menemukan ide bagaimana untuk mengatasi masalah penyakit saya ini. Saya mohon masukan dari Yth. dr. Lakshmi Nawasasi, SpB. apa dan bagaimana yang harus saya lakukan untuk mengatasi masalah saya tersebut.

Sekian dan terima kasih.

 
, Anonymous iis wrote ...

dok saya iis mau tanya.kbtn hari ini saya baru kepikiran buka blog ini,tgl 10 maret 2012 suami saya operasi fistel, emang pertama dikira bisul tp ga sembuh2, ini udah lama , skrg sdh dioprasi kebetulan posisi di selangkangan tepatnya di sebelah kiri anus, sya lht dagingnya dibuang dan dibiarkan terbuka tanpa dijahit, nah kemarin arah ke anus dg dokter dirobek tp udh dijahit lagi dikarenakan jaringan agk mengarah kesana. YG SAYA MAU TANYAKAN SAMPE BRP LAMA luka itu tertutup ? kalo dokter ada saran mknanan,sementara rajin mkn ikan gabus sktg dagingnya udh mulai tumbuh ga keroak kayak waktu pertama oprsi, nah kira2 obat biar cepat merapat n sembuh sampai kapan ya dok ? luka itu slama ini sya yang merwat menutup pake kain kasa dibersihkan pake nacl n betadine ? sya berdomisili di solo dok. kira berbahaya ga sih dok sebenarnya penyakit tersebut sya sedih n khwtr dok walau ga besar banget, tp tetap aja sya bc artikel di internet jd takut

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Saya operasi bisul dkt anus awal feb 2012 . Pertengahan maret kembali lg ada bisul di tempat yg sama. Kondisi nanah putih. Sudah 2 kali bulan maret timbul bisul ditempatkan tsb.
Krn kesel td saya pecahin sendiri. Apakah saya perlu ke dokter general surgery ?
Rasanya sgt frustasi klo liat bisul ya dtg kembali.

 
, Blogger Calif wrote ...

Selamat siang dok, saya Calif pria 25th.
Saya ada benjolan di daerah dubur.
Awalnya cuma sebesar kelingking, tapi kemarin sebesar jempol dan rasanya sakit sekali dan membuat meriang.
Waktu k dokter umum, saya d suruh oprasi, dan ternyata diambil nanah sebanyak 5 ampul dari benjolan itu. 3 Hari lagi saya diminta kembali untuk mengambil matanya katanya.
Pertanyaan saya :
Apakah benar itu anal fistula?
Apakah tindakan dokter tsb sudah benar?
Terima kasih sebelumnya.

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

halo dokter,
kira2 dua jam lagi saya mau fistolografi untuk mengetahui gimana jaringan fistel yang ada di diri saya.
sedih dok wwalopun baru 2,5 bulan...tapi rasanya sudah lama sekali.
di saya ada dua lubang, satu di luar (awalnya gatal sekali seperti digigit kutu atau serangga. trus di bibir anus ada lagi.
kata dokter itu belum tentu berhubungan, bisa jadi memiliki cabang berbeda
tapi yang jelas setelah hasil fistolografi selesai, ini mau dioperasi. saya hanya berharap semua jaringan/saluran dapat bersih terangkat dan kembali normal.

kalau boleh tau kira-kira dibutuhkan biaya berapa ya untuk penanganan operasi fistel ya dok di rs swasta.

 
, Blogger Bahaya petir wrote ...

dok sya mau tanya
d tepi anus sya ada lubang lain yg sering mengeluarkan cairan,
apa yang hrus sya lakukan

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Saya mau share tentang pengalaman penyakit fistula ani ini.. kejadiannya seminggu setelah lebaran 2011, waktu itu saya makan makanan pedas (keripik pedas dan gurilem) yang lagi heboh di Bandung. Awalnya saya mengalami diare karena makanan tersebut, tiap kali diare dia anus saya terasa panas (mungkin karena makanan pedas tsb) sampai 4x diare.
Setelah diare awalnya biasa saja, namun esok harinya saya mengalami gatal2 di sekitar anus seperti "kremian" (istilah cacing kremi yang ada di anus yang membuat gatal). Saya merasa biasa aja, karena pikirnya itu memang kremian. Ternyata kremian itu tidak berhenti sampai 1 minggu, dan tiap kali BAB ada warna merah darah di feses walau sedikit. Selain itu pada celana dalam saya terasa basah dan bau tidak enak (mungkin lendir/nanah). Kejadian itu berlangsung terus menerus. Paling menderita ketika saya sedang jalan kaki, bagian anus saya sakit seperti terjadi gesekan. Tiap kali BAB juga saya menahan sensasi luar biasa, dan saat cebok anus saya sentuh seperti ruam. Pada saat itu tidak ada benjolan sama sekali.
3 bulan setelahnya saya kaget karena BAB berdarah cukup banyak dan terdapat benjolan di arah jam 6 anus saya. Besoknya saya ke dokter bedah di RS Tarakan JAKPUS untuk periksa. Diagnosa dengan colok dubur lalu anuscopi. Resep berupa Ardium dan Borraginol. Kata dokter harus rutin sampai 6 bulan. Ternyata itu bukan ambeien/wasir seperti yang saya kira, itu fistula ani. Dokter bilang harus operasi dengan biaya sekitar 2,5jt. Katanya tidak dapat mengecil dengan sendirinya, harus operasi.
Sekarang sudah 5 bulan saya berobat. Saya belum berniat untuk operasi, karena liat pengalaman orang pasti adakalanya kambuh lagi. Dokter bilang juga saya kudu makan sayuran terus seumur hidup. Sekarang benjolannya masih ada, harus operasi kalo mau hilang, namun gejala menggangngu sudah jarang muncul. Rasa gatal kadang ada kalo pantat berkeringat. lendir/nanah jarang muncul lagi, BAB ga berdarah lagi. BAB kadang keras pun ga begitu sakit.
Ingin sekali saya sembuh seperti dulu, saya menyesal sudah makan keripik pedas itu secara berlebihan.
Saran saya buat penderita fistula ani, jagalah makan ada, harus penuh serat. Jangan makan pedas berlebihan, karena mengandung asam jadi bisa mengiritasi dinding usus. Setidaknya tiap hari harus ada waktu makan sayuran dan sepotong buah. Itu sudah cukup meredakan sakit disamping dengan obat ardium dan borraginol.

Itu saja share dari saya.

Someone who live with fistula ani, somewhere @ Jakarta

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

@anonymous : Pilihlah dokter yg menurut bpk/ibu bisa berkomunikasi enak,jls, terbuka. Pasien harus tahu bagaimana cara merawat luka dg baik, dan tahu jelas apa yang dilakukan oleh dokter bedahnya dan komplikasi apa yg bisa ditimbulkan serta bagaimana cara mengatasinya. Selamat melakukan operasi. Semoga cepat pulih.
@xyanz123 : terimakasih untuk sharingnya, semoga bisa bermanfaat untuk yang membutuhkan 
@maggie : nanah harus dibersihkan tuntas. Jika diagnosa nya abses perianal, maka tindakan yang paling tepat adl operasi / debridement
@anonymous : terimakasih infonya, semoga bermanfaat buat yang membutuhkan 
@Susanto : jika mmng harus menggunakan metode seton – spt yg diusulkan dr bedahnya. Biasanya pengencangan dilakukan dlm keadaan dibius, jd tidak begitu sakit. Semoga cepat pulih 
@anonymous : pada awalnya mmng spt itu, bisul kemudian pecah dan menutupsendiri. Tapi jika keadaannya sdh lanjut, sering tidak bisa menutup sendiri jd seringkali keluar nanah/cairan kuning berbau
@anonymous : bisa di foto ga ya lukanya ? dikirim via email, agak susah juga sy memberikan komentar karena tidak melihat langsung
@Iis : sy biasanya memakai kompres kassa hemolok Bu, biasanya jaringannya cepat tumbuh.
@Anonymous : sesekali boleh mengunjungi dr bedah supaya diperiksa.
@Calif : sy tidak tahu diagnosa awalnya, dan tidak melakukan pemeriksaan langsung ; jadi tidak bisa mengomentari tindakan yang dilakukan benar atau tidak
@anonymous : tergantung rs ybs pak/bu
@bahaya petir : segera konsultasi pada dokter bedah terdekat
@anonymous : terimakasih sharingnya, semoga bermanfaat untuk yang membutuhkan  semoga selalu sehat 

 
, Anonymous Salam Damai wrote ...

Saya 3 bulan lalu menderita anal fistula, Puji Tuhan sembuh tanpa operasi dengan terapi mengikuti saran dari teman (Bapak Budi Purwanto) yg ada di blog ini yaitu dengan terapi metode semprot oleh Prof. dr. Abdus Syukur. Beliau praktek di RS Siloam Surabaya. Sekarang fistul saya sdh nutup dan sdh kembali seperti kulit semula.

Penangan fistula ini memang harus sabar dan tekun. Karena selain terapi/operasi penderita harus mengubah pola hidup agar fisluta cepat sembuh dan tidak kambuh lagi. Banyak makan sayur, setiap hari makan pisang/pepaya, duduk 1,5 jam berdiri 5 menit, buang air maks 30 mnt, minum air putih min 1,5-2 lt per hari, olah raga seminggu 3-4 kali terutama jalan/ renang, anti olah raga sepeda, Tidak makan nanas, durian, acar, minuman beralkohol, kurangi kopi dan teh (sehari maks 1 cangkir kecil). Hal tersebut yg diajarkan oleh Dokter Syukur pada saya selain metode semprot.

Terima kasih infonya Pak Budhi, dan terima kasih buat dr Lakshmi atas blognya yg sarat informasi.

Demikian info saya, semoga bermanfaat

 
, Blogger DAMAFIAN wrote ...

dok saya ingin bertanya di dkat anus saya ada semacam benjolan , benjolan itu mengeras ketika buang air besar , sesudah itu benjolan tidak keras tapi tetap ada ,hanya saja seperti daging kenyal, dan tidak sakit, itu apa ya dok? mohon dijelaskan

 
, Blogger Berry Blagak wrote ...

saya sudah menderita penyakit ini kira-kira hampir 5 thn .... terus terang saya hanya bisa pasrah .
mau ke dokter .. saya sudah trauma,
karena awal penyakit saya bermula dari kearoganan dan keangkuhan seorang dokter bedah senior di kota saya.
adakah pengobatan alternatif lain, selain harus ke dokter ????
karena trauma yang saya alami sangat membekas, walau kini dokter yang menangani saya dulu telah tiada. saya minta maaf kalaw perkataan saya dianggap kasar ... saya hanya sharing penderitaan yang saya alami. semoga tuhan senantiasa memberikan jalan keluar yang terbaik, bagi kita semua.
amin...

 
, Blogger Berry Blagak wrote ...

salam kenal, saya beben
saya sudah menderita fistula ani kurang lebih 5 th ( sampai saat ini )
bukannya saya tidak berusaha untuk berobat, tapi terus terang saya sudah mulai pasrah.
untuk berobat ke dokter saya sudah trouma dan trauma yang saya alami cukup membekas
karena entah benar atau tidak, penyebab awal penyakit ini berawal dari ke angkuhan serta ke aroganan seorang dokter bedah senior di kota saya.
bukannya saya tidak mencoba ke dokter bedah lain, tapi aneh nya beberapa kali saya berusaha pindah konsul ke dokter yang lain.
setelah mereka tau riwayat penyakit saya, dan yang menangani saya pertama kali adalah dokter senior tersebut...
mereka lalu menyerahkan saya ke beliau lagi.
sungguh aneh bagi saya yang awam ini.
seandai nya ada alternatif pengobatan yang lain, saya mohon info ke saya.
dan saya minta maaf apabila perkataan saya ini di anggap kasar, saya hanya sekedar mencurahkan derita yang saya alami selama 5 thn ini.

semoga kita semua mendapatkan jalan keluar yang terbaik .

 
, Blogger uang kuno wrote ...

ANUSFISTUL, ambaien and wasir dpat sembuh dengan cepat tanpa operasi sembuh secara instan dengan totok shiatsu.hub. Ir.Agus PARJITO HP.087836 280086 KRA SOLO JATENG

 
, Blogger Kartika wrote ...

Dokter, mohon advisenya. saya penderita fistula sdh dari empat bulan. Histori penyakitnya panjang dokter, dari pertama dokter internis mengatakan penyakit saya Hemaroid Stadium dan Proctitis (sudah rectoskopi). Diberi obat selama dua minggu tnyt ada benjolan dan dirujuk ke bedah cerna. Dokter bedah cerna mengatakan benjolan tsb adlah abses perianal. Dioperasi utk mengeluarkan nanah dgn diabiarkan terbuka tdk dijahit. Sebulan kemudian dgn luka yg direndam dgn detol dua kali sehari luka menutup tapi didalam membuat saluran fistel. Dokter menyuruh operasi lagi untuk mengeluarkan fistelnya. Pertama luka dijahit akan ttp tubuh tdk menerima jahitan shg dibuka lagi menganga. Disuruh rendam lagi dengan larutan PK spt biasa dua kali sehari. Sampai sekarang luka tidak mau menutup yg bahagian dalam. Dioperasi lagi sebulan kemudian untuk membuka luka lagi. Yang mau saya tanyakan apakah kekambuhan fistel itu dgn jangka waktu yg dekat. Dan bagaimana supaya luka itu tertutup duluan dari dalam. Apakah ada larutan yang aman untuk mempercepat pertumbuhan luka tsb. Biasanya saya semprot dan bersihkan dgn larutan NaCL dan ditampon dgn kassa yang sdh dibasahi NaCl. Apakah ada operasi fistula tp dgn luka ditutup? Mohon bantuanya dokter karena saya sudah lelah dgn ini semua. Trimakasih.

 
, Blogger mario wrote ...

sy seorang pria umur 34 thn sejak tahun 2007 sy mengalami penyakit bisul dan baru sy tahu kl ini penyakit saya adalah fistula ani pd tahun 2011. alhamdulillah pada tahun 2011 bulan oktober teman sy memperkenalkan obat ini kata teman saya ini obat atau minuman dari akar2 tanaman yg berada di puncak gunung disalah satu daerah sulewesi selatan. dan yg peracik obat ini sendiri tiodak mau mengekspos racikanannya. jd sejak tahun 2007 sampai 2011 bulan september penyakitku ini sy biarkan saja setiap minggu pasti meletus seperti boom keluar nanah atau darah tp setelah meletus aman lagi seminggu. pd thn 2011 di bulan oktober itu pertama kali sy minum ramuan itu rasanya seperti kopi dan manis banget jam 22:00 wita sy komsumsinya 2 sendok racikan itu dicampur air hangat setelah itu sy tidur bangun pagi sy minum lagi. setelah itu sy jalan dengan istri sy sampai sore di mall tak tersa di celanaku itu seperti banjir sy ke mobil cekkok ini fistula aniku gak bengkak tp kok keluar cairan seperti nanah dan sy cek wow racun2 itu keluar semua ya udah sy balik rumah untuk bersihkan dan tetap konsumsi ini obat dari puang dan Alhamdulillah semenjak sy konsumsi ini ramuan tidak pernah bengkak lagi dan meletus bahkan sekarang semua makanan yg dulunya gak boleh makan sy makan semua sehingga badanku ini menjadi melar hahahaha Alahadulillah saat ini bengkak dan meletus tidak pernah datang lagi. dan skrg tetap sy masih konsumsi itu ramuan untuk menuntaskan semua penyakit2ku. jikalau teman2 ada yg mempunyai penyakit fistula ani seperti sy dan mau mencoba racikan dari akar2 tanaman yg berada dipuncak gunung dan dikemas dan dijamin bisa hub saya mario 081242901355 insya Allah sy kirimkan dimanapun anda berada dan harganya tidak mahal kok. terimah kasih. sy hanya mau berbagi pengalaman untuk kita bisa sehat bersama. amin

 
, Blogger wawa^-^ wrote ...

hallo dok,,,apakah fistula ani ato fistel tuch berbahaya???saya menderita penyakit ini sudah 6tahun lebih.saya pernah konsultasi dengan dokter di rmh sakit,,tp dokternya menganjurkan saya untuk operasi,,dikarenakan saya nggak mampu,terpaksa saya menahan rasa sakit sampai sekarang,,apakh ada cara lain untuk sembuh,dok???thanks....

wawawang@live.com

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Dokter yang terhormat,

Keluhan saya saat ini adalah masalah Abses Perianal yang pernah dioperasi dan saya juga mengalami masalah wasir. Setelah kurang lebih 1-2 bulan sesudah operasi Abses Perianal, saya merasakan gejala abses dianus saya seperti sebelum dioperasi. Dan saya membaca artikel-artikel, ternyata abses bisa kambuh lagi. Saya takut abses saya benar2 kambuh. Apakah wasir bisa menyebabkan abses? Boleh tau alamat praktek dokter di Tangerang?

Terima Kasih

 
, Blogger eling bin aldi wrote ...

DOk saya pria usia 22 thn,
pd tahun 2009 saya melakukan operasi analfistula di dkt dubur belahan pantat kiri,setelah di operasi proses penutupan lukanya lama prediksi dokter sih 1 bulan tapi kenyataannya 6 bulan baru ketutup lagi.
nah pas juli 2012 saya merasakan ada benjolan di dkt anus saya,Benjolannya sih blom sakit,ketika BAB juga tidak mengeluarkan nanah atau darah.saya ngeri ini fistel lagi.

Mengingat saya ini gendut dan memiliki riwayat ayah dan nenek saya kena diabetes.

jika ini gejala awal fistel apa bisa di obatin dengan minum obat2an tanpa harus operasi?

 
, Blogger Dewi wrote ...

salam kenal bu dokter :)

suami saya baru saja menjalani operasi fistula ani di sebuah RS di karawang, yg ingin sy tanyakan bagaimana cara memasukkan kassa ke dalam luka bekas operasi supaya masuk dg sempurna, karena menurut anjuran dokternya bahwa suami sy harus memakai kassa/tampon itu selama 3 bulan dikarenakan lubang fistula ani nya sudah cukup dalam.
mohon dijelaskan cara perawatan yg baik dan benar pasca operasi.
terima kasih

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

assalamualaikum..saya Reizky 17th sudah sejak 2009 pertama kali terkena fistula, saya fikir itu bisul biasa yang setelah pecah bisa menutup sendiri namun setahun kemudian bekas tersebut tak kunjung sembuh dok, malah muncul lagi di sebelah kanan diawali bengkak seperti bisul lagi dan juga pecah lagi setelah UN tahun ini bulan mei lalu saya memutuskan untuk melakukan operasi setelah menjalani rontgen fistula dengan cara disuntikkan cairan fosfor ke lubang tesebut untuk mencari jaringannya, setelah operasi tersebut dilakukan saya fikir alhamdulillah saya sembuh, namun muncul lagi setelah ebulan pasca operasi, ini fistula yang ketiga dan letaknya diatas fistula kedua namun di tempat baru, padahal luka bekas operasi baru saja sembuh, setelah itu saya lakukan operasi sekali lagi dengan harapan ini yang terakhir, seminggu dirawat di rumah sakit dan setelahnya sepeti biasa merawat sendiri sampai sembuh, hanya berselang satu bulan dari operasi ke dua pada fistula yang ketiga sembuh muncul lagi di sebelah kiri tepat diatas fistula yang pertama benjolan fistula lagi, saya sampai pusing bagaimana mengatasinya, adakah cara yang efektif untuk mengatasinya, karena saya bingung mengatur jadwal untuk operasi dengan penyakit ini dan keberangkatan pendidikan saya ke luar negeri....mohon sarannya dok untuk fistula saya sebaiknya bagaimana?adakah obat pembunuh inti dari penyakit tersebut secara efektif...saya sangat membutuhkannya mohon bantuannya

 
, Anonymous Andrean wrote ...

Selamat malam dok
Nama saya Andrean dari bandung
saya berumur 18th
Kira kira 2minggu yang lalu
saya merasa tidak enak dengan kondisi tubuh
setelah saya cek ternyata didekat dubur
kira kira jaraknya 1/2 - 1 cm dari lubang dubur
mengeluarkan nanah dan darah yang baunya tidak enak
setelah saya browsing ternyata penyakit tersebut bukan bisul melainkan abses perianal
namun saat ini luka tersebut mengering dan tidak lagi mengeluarkan nanah / darah
apakah saya sudah sembuh dari penyakit ini?
apa saya harus memeriksakan diri ke dokter?
apa perlu ada tindakan operasi?
terima kasih dok

 
, Anonymous Martin wrote ...

Salam kenal Bu Dokter,

Saya Martin dan ingin konsultasi untuk Ayah saya. Kami sedang cukup bingung menentukan kondisi berikut ini apakah Hemorhhoid / Fistula / Atau mungkin penyakit Chron (IBD) / yang lainnya:

1. Susah buang air besar selama 7 hari, keluar hanya sedikit saja.
2. Kentut yang mau keluar banyak, tapi susah kentut. perlu usaha cukup lumayan untuk kentut. Dan merasa ngilu.
3. Tentunya Ayah tidak berani mengenjan karena takut merusak struktur Rektum.
4. Waktu membesihkan bagian pantat setelah keluar kotoran yang sedikit, dirasakan agak sedikit berlendir.
5. Pantat telah diinspeksi dokter menggunakan mata telanjang. Tidak ditemukan benjolan, luka, maupun kerusakan pada bagian luar. Hanya sedikit iritasi.
6. Secara periodik setiap sekitar 30 menit sakit dan serasa kebelet mau buang air besar tapi tidak ada yang dikeluarkan. hanya kadang-kadang dan sangat sedikit.
7. Rasa sakit sulit sekali hilang.
8. Sudah dibantu dengan pecahar seperti Mulax, namun BAB tidak juga lancar (berjalan pada 2 hari terakhir). Malah rasa kebelet meingkat.
9. Pada kotoran yang keluar tidak ditemukan adanya darah segar. Dan kotoran yang sempat keluar umumnya keras berwarna coklat.

Mohon bantuannya untuk sebaiknya apa yang perlu dilakukan, terima kasih banyak.

 
, Anonymous Donny wrote ...

Salam Kenal Dok...

Terima Kasih Artikelnya Dok...
Dan sy baru tahu nama penyakit ini...
Nambah2 ilmu utk sy...

www.tricajusindonesia.com

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Halo dokter,

Tgl 28 Juli 2012 saya baru menjalani operasi pembersihan fistula. Dan ini adalah yang kedua kalinya setelah operasi pertama 6 Juli 2012.

Gejalanya berawal sekitar setahun lalu saya menemukan benjolan ke dalam +/- 3 cm dari lubang anus, posisinya di bokong kanan. Saya konsultasi dengan dokter bedah umum di sebuah RS ternama di Jakbar dan diberitahu kemungkinan adalah abses, tapi saya tidak dianjurkan menjalani pemeriksaan apa pun, hanya disuruh kembali ke dokter jika ada keluhan yang lebih parah.

Sekitar setahun kemudian, tepatnya tgl 6 Juli 2012 benjolan itu pecah dan keluar nanah dan darah, maka saya pun kembali mengunjungi dokter bedah tersebut. Perlu Ibu ketahui saya tidak punya keluhan apa pun dalam kurun waktu setahun itu. BAB saya lancar, tidak ada lecet atau luka dekat anus, tidak pernah sakit perut ataupun sakit saat BAB.

Kembali ke soal bisul yang pecah tgl 6 Juli 2012, dokter langsung mengoperasi di ruang UGD dan luka dibiarkan terbuka supaya sembuh inside out sambil minum antibiotik dan menyemprotkan cairan NaCl ke luka.

Saat itu pun saya belum mengetahui saya menderita penyakit yang namanya fistula in ano. Dokter mengatakan banyak berdoa semoga bukaan dalam lorong ini tidak menembus anus, karena kalau menembus anus, pemulihan akan memerlukan waktu lama. Dokter memasukkan jari ke lubang anus saya dan memang tidak bisa merasa benjolan fistula dari lubang anus.

Sekitar 3 minggu kemudian setelah operasi pertama, daging di luka terbuka mulai tumbuh rapat. Masalahnya kemudian muncul lagi benjolan kecil di samping luka itu. Dan kembali dibersihkan sama dokter.

Pertanyaan saya, apakah memungkinkan menyuntikkan cairan biru untuk melihat jalur fistula saat saya datang ke dokter pertama kali dengan bisul yang sudah pecah? Apakah memang harus menunggu pemulihan luka akibat bisul pertama dulu, baru bisa dilakukan radiologi untuk melihat jalur fistulanya?

Pertanyaan kedua, bisakah saya melakukan pemeriksaan untuk mendeteksi penyakit ini saat baru merasakan benjolan setahun lalu? Apakah harus menunggu bisul menembus keluar dulu, baru bisa menelusuri bukaan dalam dan jalur fistulanya?

Terima kasih banyak atas jawaban dokter. Saya sangat memerlukan referensi dalam menangani penyakit ini.

Salam...

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

dok sekitar 4 thn yg lalu saya menjalani oprasi abses perianal, tetapi lubang bekas oprasi itu masih terbuka dan selalu mengeluarkan cairan bening dan terkadang suka bengkak lau mengeluarkan nanah kental dan darah, baunya pun tak sedap. apakah akan membahayakan jika tidak d oprai ulang dok ? sya takut klo harus oprasi, kalo di biarkan terus menerus apa yg akan terjadi dok ? terima kasih

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Halo dokter, met siang
Suami saya menderita fistula ani . Pas periksa .ke dokter bedah langsung ketauan udah muncul 2 lubang Di pantat kiri .untuk memastikan apakah trect nya tembus ke anus apa enggak diperiksa dokter radiologi dg cr dirontgen. Hasilnya ketauan klo trect nya tembus ke anus kira 2 sepanjang 4cm . Dokter bedah langsung menyarankan untuk dioperasi, namun sampai sekarang msh ragu 2 untuk menempuh langkah operasi tsb krn khawatir thd ntar klo stlh operasi luka bekas operasinya bkl gmn ? Yg ingin sy tanyakan adakah metode operasi yg meminimalkan resiko kambuhnya penyakit ini ? Soalnya dokter menyarankan utk membiarkan terbuka luka bekas operasinya, padahal ntar kalo pas bab gmn donk ?ntar fesesnya jd kemana mana. Sy membc tulisan di blog ini yg menyarankan untuk bekas lukanya dikompres pake kassa homolog. Sy udah nyari kemn 2,tp kok gak ada y? Tlg bg siapa aja yg th dimn sy bisa memperoleh cairan hemolog tsb krn?

Dari dyah#08122950825

 
, Anonymous http://4lifebisnistf.com/ wrote ...

Selamat Pagi dok , saya mau nanya kan dikatakan ini semacam hubungannya dengan penyakit Crohn Disease , apakah Fistula Ani ini dalam kategori yg sama sebagai autoimun atau gimana dok? atau kecenderungannya ke kanker nantinya? terima kasih.
lalu apakah solusinya hanya dengan operasi , krn klo itu kategori autoimun pasti dioperasi akan muncul lagikah dok? terima kasih

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Salam kenal dok..
Saya cma ingin berbagi sedikit bagaimana cara menyiasati fistula ani agar tidak menimbulkan sakit berlebih, saya mengalaminy sudah hampir 4th ^ untuk menyembuhkany 100% memang harus dengan operasi tp setelah berkonsultasi dg dokter dan setelah membaca pengalaman dr yg lain masih ragu utk melakukanya mengingat biayanyapun tdk sedikit.
Ada beberapa pengalaman yg ingin sya sampaikan bagi yg ingin mencobanya :
1. Jika ada cairan yg terus keluar dr lubang fistel coba ambil ambillah selembar tissue(paseo/sejenisny) lipat 2 lalu potong mjd 4. Ambil seperempat bagian dan lipat 2 lagi kr2 mjd sebesar ukuran korek api, lalu dengan cara jongkok tempelkan tissue tsb pada fistel,ulangi cara tsb jk tissue sdh terasa basah.
2. Jika sdang kambuh dg sakit apa lg disertai demam cobalah utk mengeluarkan cairan di dalamnya caranya dg jongkok ^ rabalah pd bagian yg terasa keras di sekitar lobang fistel dan tekan dg keras tp jk tdk berhasil pakailah tissue spt cara diatas,basahi dg minyak tawon lalu tempelkan tepat di lubang fistel (cara ini biasanya saya lakukan pd saat mau tidur) dan pd pagi harinya cobalah untuk kembali mengeluarkan cairan tsb.
3. Yg ke tiga ini bg saya merupakan cara yg paling penting agar fistula ani tdk kambuh/merasa sakit lagi, yi setiap kali pada saat anda akan BAB pada saat posisi jongkok dan BAB blm keluar rabalah pada bagian ANTARA LUBANG ANUS DAN LUBANG FISTEL lalu tekan dengan ujung jari tengah dg keras dan sedikit tarik ke arah keluar anus agar lubang anus melebar ^ BAB gampang keluar, Apapun yg terjadi jng pernah sekalipun melepas tekanan pada ujung jari anda atau melonggarkannya sebelum BAB anda benar2 selesai.

Dng cara sederhana tsb Alhamdulillah sdh beberapa bulan ini saya sdh tidak merasakan sakit yg berarti dan sdh tidak banyak mengeluarkan cairan bahkan saya sering tdk memakai tissue lg spt sebelumnya, walau bgt saya masih berusaha agar bs sembuh total dan menghindari makanan yg bs menyebabkan bisul.
Smoga tips sederhana ini bs membantu meringankan...Tks,

 
, Anonymous andy wrote ...

ass...dok,mau tanya tentang fistula
Istri saya setelah melahirkan, kok feses dari dubur merembes ke vagina walau cuma sisa2/endapan... apakah itu juga termasuk fistula ? bagaimana cara penangannannya ? apabila tidak segera ditangani apakah berbahaya bagi istri saya ?. kalaukah harus operasi berapa biasanya besaran biaya pada umunya ?
NB : kata mertua sebenarnya hal itu sudah ada juga sejak lahir, tapi baru kali ini benar2 terasa mengganngu.. thx dok

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

dok saya punya penyakit ini selama 3tahun saya operasi di rumah sakit husada setiap hari fistula saya menegluarkan cairan berwarna putih2 tapi tidak bau seperti nanah sekarang saya mau operasi lagi di singapura apakah kalo saya operasi lagi bakal sembuh atau menutup lalu kalo sesudah operasi pantangan untuk makan apa saja danmengapa fistula susah sekali sembuh/menutup

 
, Blogger charli anwar wrote ...

Saya ingin share terkait penyakit ini. Pada bulan Desember 2011 di dekat anus saya tumbuh bisul memanjang hampir ke dekat scrotum. Pada 29 Desember kebetulan saat itu saya sedang di Bandung dan saya periksakan bisul itu ke RS Sentosa. Oleh dokter saya disarankan untuk operasi karena bisul ini disimpulkan oleh dokter sebagai perianal fistula. Karena saya tinggal di Jakarta, saya meminta second opinion ke dokter bedah di RS Pondok Indah. Dokter menyarankan agar saya ke Jakarta saja untuk dianalisa. Dari hasil analisa dokter saya memang menderita perianal fistula. Karena sudah infeksi harus dioperasi. Pada tanggal 31 Desember 2011 siang saya menjalani operasi. Bisul dibuang dan saluran yang terjadi dibelah juga. Setelah dirawat selama 5 hari saya pulang. Selama 3 bulan saya harus menjalani rawat jalan 2 kali seminggu. Selanjutnya saya menjalani perawatan sekali seminggu selama 8 bulan. Selama masa itu bisul-bisul kecil sering tumbuh dan setiap tumbuh langsung membengkak dan harus di incisi. Seingat saya ada 7 kali bisul-bisul kecil tumbuh. Akhirnya saya pindah ke dokter bedah digestive di RS yang sama. Dokter berkesimpulan bahwa saluran yang ada di dalam belum tertutup karena itu bisul tumbuh dan tumbuh lagi. Dokter menyarankan operasi lagi. Anak saya yang nomor 2 menolak hal ini. Dia menyarankan makan obat herbal saja dan menurut dia yang cocok untuk bisul adalah daun bluntas. Saya ikuti saran anak saya. Saya makan dun bluntas tiga kali sehari sebanyak satu genggam (kurang lebih 30 lembar). Di awal makan daun tersebut bisul ada tumbuh tetapi kemudian hilang (tidak pecah). Akhirnya setelah kurang lebih 2 bulan saya makan, alhamdulillah penyakit saya sembuh dan bagian pantat yang tumbuh bisul sudah kembali terasa lembek dan normal.
Bulan April 2013 saya melaporkan ke dokter bedah di RS Pondok Indah bahwa saya sudah sembuh. Dokter memeriksa dengan seksama dan beliau sangat kaget bercampur senang bahwa saya bisa sembuh total. Saya menceritakan bahwa pengobatan yang saya jalani adalah dengan memakan daun bluntas (yang akhirnya saya tanam banyak di halaman rumah) dan tanpa obat-obat lain serta menghindari makan telor ayam (apapun bentuk masakannya).
Ini pengalaman pribadi saya. Mudah-mudahan ada manfaatnya.

 
, Blogger shintya asih wrote ...

dok saya mau tanya disekitar dubur saya terdapat benjolan kenyal seperti daging tumbuh dan sudah ada sejak bertahun-tahun lamanya dan tidak terasa sakit.. saya pernah BAB sampai berdarah tapi setelah ada benjolan tersebut.. saya sakit apa yah dok?? saya tidak berani memberitahukannya kepada orang tua saya.. trimakasih dok..

 
, Anonymous Via wrote ...

Malam Dok,
Sejak 2 minggu yang lalu pada anus saya terdapat benjolan yang kecil dan bisa hilang timbul. Timbul jika sehabis BAB. Tidak ada tanda2 perdarahan setiap saya BAB tapi anus sering terasa gatal bahkan sejak sebelum benjolan timbul. Awalnya saya mengira hanya krn sehabis makan pedas tp benjolan itu smpai skrg masih suka hilang timbul. Apakah itu wasir dok? Dan kalau memang wasir apa penatalaksanaan yang tepat untuk wasir yg masih kecil ini?
Terima kasih sebelumnya :)

 
, Blogger abie thep wrote ...

Bu dokter saya kena penyakin seperti cacar tapi bukan cara"..mau tanya ni agar cepet kering gimana ya cara'a apa ada obat'a...?
ada yang tradisional ga..?
Masalah'a ni luka keluar nanah terus..
Terimakasih maaf banyak tanya..

 
, Blogger Andy wrote ...

@charli anwar, makan daun bluntasnya gimana pak?
diseduh, dimasak bareng makanan atau dikunyah mentah?

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

@salam damai : terimakasih infonya :) pasti manfaat buat yg lain.
@damafian : konsultasikan pd dokter bedah terdekat, krn hrs diperiksa
@berry blagak : amiiiiin - semoga bpk cepat pulih.
@kartika : setau saya op fistel, lukanya tdk ditutup. Penyembuhan biasanya salah satunya dengan perawatan luka yg baik

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

@eling bin aldi : kl mmng fistel diagnosanya, op terapinya
@dewi : hrs diperagakan Bu :) coba tanyakan ke dokter bedahnya lagi
@anonymous / reizky : jika mmng diagnosanya fistula maka tindakannya adl operasi.
@andrean : konsultasikan ke dr bedah terdekat unt memastikan diagnosanya
@martin : konsultasikan pd dokter bedah terdekat

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

@donny : thanks ya
@anonymous : cairan biru dipakai unt melihat tract / jalur saluran fistelnya pd fistula yg kronis sering tdk manfaat. Fistulografi untuk melihat arah salurannya. Tdk manfaat kl salurannya sdh menutup sebagian. Unt lebih jelasnya dokter bedah yg memeriksa yg akan menjelaskan.

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

@andy : hrs diperiksa dulu pak. Hubungi dokter bedah terdekat.
@anonymous : tgtg diagnosa apa pak/bu ? semoga saat ini sdh pulih - kembali sehat.
@charli anwar : terimakasih untuk sharingnya, semoga manfaat buat yang lain.
@shintya asih : konsultasikan ke dokter bedah terdekat unt menentukan diagnosa
@via : sepertinya wasir kalau membaca critanya tentu saja hrs diperiksa unt tentukan diagnosa pastinya.
@abie thep : kontrol ke dokter supaya diperiksa shg bisa tentukan diagnosa
@

 

Post a Comment

<< Home