11.17.2009

BATU EMPEDU / KOLELITIASIS / CHOLELYTHIASIS Operasi Kolesistektomi

Indikasi operasi batu kandung empedu salah satunya adalah kolelitiasis yang disertai keluhan / simptomatik.

Yaitu nyeri hilang timbul di daerah uluhati atau kanan atas perut. Rasa nyeri dapat menjalar ke punggung atau ujung bahu kanan dapat disertai mual dan muntah2

Operasi dapat dilakukan dengan kolesistektomi laparoskopik / gold standard ; untuk kasus yang sulit atau fasilitas laparoskopik tidak ada maka operasi dilakukan dengan 'open'

21 komentar

, Blogger lanugo wrote ...

wah, sip dok. silahkan mampir ke www.lanugojaya.vlogspot.com

 
, Anonymous Techno Health wrote ...

terima kasih infonya dokter.

salut sekali dengan dokter, ditengah kesibukannya masih sempat membuat blog.

mohon kunjungi blog saya untuk bisa sharing informasi tentang dunia kesehatan.
terima kasih.

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Terimakasih. Blog nya juga keren :)

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Bu Dokter, salam kenal,
saya baru menjalani operasi pengangkatan batu empedu menggunakan bedah laparoskopi 3 minggu yang lalu, luka sudah tertutup baik, hanya saya mengalami mulas di perut bawah pusar dan perut sebelah kanan, sakitnya minta ampun, menurut doker bedahnya akibat otot yang terpotong dikarenakan luka sayatan agak lebar karena batu empedu saya cukup besar (2,4cm),hal yang saya alami menurut dokter bedahnya jarang terjadi, sudah diberi obat untuk pelemas otot tetapi kenapa masih sering sakit ya bu dokter? apa yang sebenarnya saya alami.

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

@Anonymous : susah memberi komentar karena tdk melakukan pemeriksaan thd bpk/ibu ; coba konsultasikan kembali pd dr bedahnya, mudah2an saat ini sdh jauh lebih baik ya

 
, Anonymous Arfie wrote ...

Siang dokter Laksmi,

Saya baru saja menjalani operasi UB 2 minggu yg lalu.
Dulu pada saat sebelum operasi,sempat di lakukan tes USG lengkap, sehingga saya mengetahui bahwa di saya mempunyai batu empedu sebesar 0,5 cm.
Karena saya tidak mau ada di meja operasi untuk ke tiga kalinya ( setelah SC & APP ), maka saya bisa minta tolong advice dari Dokter untuk mencegah gallstone yg saya punya agar tidak membesar,atau bahkan menghilangkannya tanpa proses operasi.
Atas saran dari Dokter saya ucapkan terima kasih

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

bu Arfie, batu kandung empedu dioperasi bila (salah satu indikasinya) timbul keluhan. Pencegahan tgtg jenis batu yang dkandung. Untuk menghilangkan Batu kandung empedu pilihan terbaik adalah operasi. Jika mmng harus op, ibu bisa melakukannya dengan laparoskopi, sayatannya kecil dan pasti akan membuat ibu lebih nyaman.

 
, Blogger Exile wrote ...

ga banyak dokter yang bisa berbagi ilmunya apalagi lewat blog - internet. terima kasih buat berbagai informasinya :) jadi ga usah sering-sering beli buku mahal dan pinjam sana sini

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

terimakasih Rira Rasta :)

 
, Anonymous Lia wrote ...

dokter..
apa saja indikasi operasi batu empedu?karena berdasar hasil usg,tante saya memiliki batu empedu -/+ 2 cm,saat ini sedang tidak ada keluhan,tapi 1 bln yll br saja mrs karena keluhan batu empedunya
terimakasih dokter..

 
, Anonymous Gilang Pebrian Pramudita wrote ...

dok, mau tanya .
kalau pasca operasi batu empedu suka ada efek samping mual nya ?

 
, Anonymous Gugum wrote ...

hihi jadi serem dok liat jeroan manusia
lam kenal follow back ya dok

 
, Blogger eyzha wrote ...

dok saya pengen tanya saya abis pasca op usus buntu sudah 1bln lebih apakah saya boleh bermain skateboard atau tidak mohon penjelasan nya donk please ..

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

@Lia : indikasi operasi batu kandung empedu salah satunya adalah bila ditemukan batu pada pemeriksaan penunjang dan pasien mengalami keluhan.
@Gilang : ya, kadang-kadang
@Gugum : yaa
@Anuwidy : biaya tergantung rs ybs
@Eyzha : bila pada kontrol terakhir pada dokter bedah yang mengoperasi, dokter telah menyatakan sehat, olah raga tsb bisa dilakukan

 
, Blogger aguss wrote ...

slmt mlm dr.lakshmi,saya mau tnya dok dibagian rahang sya trdpat benjolan sbsar bji jagung dan tidak trasa nyeri apkah itu bsa di sebut lipoma atau kista aterom?dan apkh itu harus di operasi atau ada tndakan lain.trmksh dkter

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

@aguss : benjolannya spt apa ? bisa difoto dikirim ke email saya ?

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Dok mau tanya untuk kasus kholelithiasis apakah harus dokter bedah digestif yang. Mengoperasi ataukah dokter bedah umum sdh cukup kompeten?sebetulnya batasan kompetensi antar dokter bedah umum dengan sub spesislis dan superspesialisnya adakah aturan yang baku?

 
, Blogger Mamin wrote ...

Pagi Bu Dokter!
Saya baru melakukan USG. Doktor Radiologi menulis: GB; tampak batu multiple uk 7 mm. Keluhan tidak ada, lalu hasil tersebut saya konsultasikan ke dokter bedah, dan tanpa penjelasan apa2, dokternya langsung mengatakan: "Ini harus dioperasi". Stress juga saya mendengarnya. Peranyaan saya, apa memang harus operasi atau ada alternatif lain. Mohon penjelasannya. Trm ksh.

 
, Blogger Unknown wrote ...

ass..dok salam kenal..saya mau tanya sudah 2 minggu ini dileher istri saya ada benjolan kalau dipijat atau ditekan nyeri,saya mohon penjelasannya.
terima kasih.

 
, Anonymous cara mengobati maag wrote ...

artikel yang sangat bagus untuk disimak, dan saya ijin copy sebaghian artikelnya ni
Ace Maxs

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

@anonymous : tidak ada aturan yang berlaku setahu saya. Tapi sesuai kemampuan dokter ybs.
Unt op kandung empedu, kompetensi bedah umum juga unt melakukan. Unt kasus yg sulit memang dirujuk ke spesialis bedah digestif.
@mamin : salah satu indikasi operasi kandung empedu adalah bila ada keluhan.
@najmi hamdi : harus diperiksa untuk tentukan diagnosa
@cara mengobati maag : silahkan pak, sama2 semoga manfaat

 

Post a Comment

<< Home