11.14.2009

USUS BUNTU - APENDIKS (HEALTH TODAY November 2009)
Usus buntu atau appendix adalah organ yang letaknya disisi posteromedial dari sekum (bagian dari usus besar), kurang lebih 2,5 cm dibawah katup ileosekum. Panjangnya bervariasi, rata-rata 5-10 cm. Karena posisi-nya yang bervariasi, jika usus buntu mengalami peradangan (selanjutnya disebut apendisitis) sering mengakibatkan keluhan yang berbeda-beda. Dan karena posisinya berdekatan dengan banyak organ, jika terjadi apendisitis sering menampakkan gejala yang mirip dengan peradangan pada organ sekitarnya. Infeksi saluran kencing, batu pada saluran kencing, radang pada organ reproduksi wanita adalah salah satu dari kasus yang gejalanya hampir mirip dengan apendisitis. Pemeriksaan fisik yang baik dan atau disertai dengan pemeriksaan penunjang dapat menetapkan diagnosa apendisitis dengan baik. Radang usus buntu terpicu karena adanya sumbatan pada usus buntu. Sumbatan mengakibatkan pembengkakan usus buntu dan lama-lama tekanan intra-lumen apendiks meningkat, mengakibatkan dinding usus buntu rapuh dan perforasi / pecah. Awal serangan biasanya nyeri disekitar pusar bahkan pada banyak kasus menyerupai nyeri pada ulu hati / lambung. Lama-lama nyeri muncul pada daerah perut kanan bawah. Kualitas nyeri bervariasi tergantung dari banyak hal, antara lain apakah pernah mengkonsumsi obat antibiotik sebelumnya, apakah pernah mengkonsumsi obat penghilang rasa nyeri sebelumnya, letak usus buntu yang meradang dan seberapa parah kondisi usus buntu yang meradang.
Pada awal serangan, peradangan masih terlokalisir di apendiks , dampaknya tidak sehebat jika peradangan sudah berlanjut. Gejala awal seperti menyerupai sakit maag yaitu nyeri uluhati, mual, muntah atau kembung dan dapat juga disertai diare terus menerus. Jika peradangan sudah berlanjut, infeksi biasanya sudah menyebar ke seluruh rongga perut akibatnya terjadi perluasan infeksi pada organ yang lain. Pasien dapat jatuh dalam kedaaan infeksi berat dan dapat menimbulkan kematian Penatalaksanaan sebagian besar harus dioperasi, dengan metode konvensional atau dilakukan dengan laparoskopi . Pada apendisitis infiltrat yang berupa massa biasanya dirawat selama beberapa hari untuk kemudian akan dioperasi setelah beberapa bulan kemudian. Mortalitas meningkat terjadi pada anak-anak, usia tua, kasus dengan keterlambatan diagnosa serta kasus apendisitis dengan perforasi (kondisi usus buntu yang sudah pecah)
Hal-hal penting diketahui seputar apendisitis
1. Waspada jika sering mengalami keluhan nyeri pada ulu hati / lambung atau mengalami gejala-gejala yang mirip dengan sakit maag, atau mengalami diare terus menerus yang juga tidak kunjung reda meskipun telah diberikan obat-obatan, atau mengalami rasa mulas yang berkepanjangan disertai dengan sulit BAB dan atau BAB hanya berupa lendir atau cairan dan juga tidak membaik meskipun telah diberikan pengobatan. Segera konsultasi pada dokter bedah terdekat.
2. Diagnosa apendisitis tidak selalu disertai dengan jumlah sel darah putih / leukosit yang meningkat dalam darah
3. Untuk meminimalkan komplikasi setelah operasi, operasi dapat dilakukan dengan laparoskopi, selain menghasilkan komplikasi yang minimal, lama rawat juga menjadi lebih singkat
4. Perjalanan apendisitis sangat bervariasi, hal ini menimbulkan banyak perbedaan antara satu pasien dengan pasien lainnya. Perbedaan dalam hal operasi, ada yang sayatan dilakukan di kanan bawah, ada yang dilakukan di tengah perut atau ada yang dilakukan dengan laparoskopik. Ada yang harus disertai dengan pemasangan drain / selang di perut. Ada yang harus disertai dengan puasa 1-2 hari, setelah operasi selesai. Hasil akhir operasipun berbeda tergantung dari tingkat keparahan. Komplikasi setelah operasi, a.l perdarahan, infeksi juga banyak tergantung oleh banyak hal. Semakin ringan tingkat keparahan apendisitis maka kesembuhan dan lama rawat menjadi lebih singkat.
5. Jangan takut untuk menghadapi operasi karena pengobatan apendisitis satu-satunya adalah dengan operasi. Sebelum operasi, dokter bedah akan mempersiapkan kondisi pasien sampai layak untuk menjalani operasi, selain itu dokter juga akan memilih tehnik operasi yang sesuai dengan kondisi apendisitis yang diderita. Operasi pada tahap awal apendisitis dapat menurunkan kejadian komplikasi.
6. Apendisitis tidak ada hubungan langsung dengan kebiasaan makan jambu biji atau cabai.

32 komentar

, Anonymous nia wrote ...

Halo Dok,
Salam kenal...
2 mg yg lalu, tepatnya tgl 29 nop 09, suami saya menjalani operasi usus buntu, yang ternyata sudah pecah/perforasi. Dokter menjelaskan masa penyembuhan bisa lebih lama dari usus buntu biasa, karena usus mengalami perlekatan dan nanah yang ada saat operasi sudah dibersihkan tetapi tidak bisa 100%. Setelah keluar dr RS tgl 3 des 09, kontrol lagi tgl 7 des 09, dokter mengatakan kalau jahitan sudah bagus, kering, dan tidak perlu kontrol lagi, di beri resep antibiotik morsadal 500 dan salep u bekas oprsi. Efek yang ada sd sekarang ini adalah demam sd 39 yang di sertai dengan badan tidak enak dan merasa cape spt habis di pukuli. Demam bisa terjadi 2-3x dalam sehari, durasi 2-3 jam. Yang ingin saya tanyakan, apakah memang ada efek demam yang berkepanjangan pasca oprsi usus buntu, apalagi yg sdh perforasi. Kalau memang ada, sampai berapa lama penyembuhannya, dan apakah ada obat yang bisa membantu meringankan demam, selain di beri dumin.
Sekian pertanyaan dari saya, sebelumnya saya ucapkan terima kasih. Semoga dr.Laksmi dapat memberi penjelasan.

 
, Anonymous suriani wrote ...

Halo dokter .... (kita tetanggaan di farmville).
Pengin nanya nih. katanya usus buntu itu tidak berguna, bahkan ada orang yang sengaja membuang usus buntunya (lewat operasi tentunya). Apa benar seperti itu..? -- usus buntu saya sudah dioperasi, karena memang radang.
Terima kasih....

 
, Anonymous afvantk wrote ...

Wah, saya suka baca blognya dok, sangat informatif bagi saya yg lg belajar. :)

 
, Blogger lisa wrote ...

Saya baru saja menjalanioperasi usus buntu 27 juli 2010 hari selasakemarin.saya menjalani operasi cukup lama, saya masuk kamar operasi jam 9.30 pagi dan saya baru sampai kembali ke kamar saya jam 4 sore dalam keadaan setengah sadar dan sesak nafas.
saya juga tidak dapat berbicara panjang karena kehabisan napas. saya lalu diberikan oksigen selama 24 jam.

lalu dokter juga menjelaskan kalau ternyata saya di laparaskopi lalu karena terlihat pelengketan pada usus halus jadi laparaskopi dihentikan dan saya jadi di bedah konventional. maka dari itu saya menjalani operasi yg cukup lama.

Sampai hari jumat, 3 hari setelah saya operasi, saya masih merasa sakit di dada. saya disuruh rontgen lagi. ternyata ditemukan udara CO2 di dalam dada saya. menurut dokter itu akan hilang dalam beberapa hari lagi. katanya ada kebocoran dan efek operasi.

yang mau saya tanyakan:
01. 3 hari setelah operasi, saya masih merasa sakit sekali saya tidak mampu berdiri dan saya tidak mampu berbalik atau banyak bergerak.
saya baru bisa turun dan buang air kecil di kursi roda spesial utk buang air kecil keesokannya. saya masih merasa sakit juga saat saya pulang meskipun saya sudah bisa berjalan sedikit dengan menyeretkan kaki saya perlahan2. apa yang terjadi dok? hari ini saya sudah bisa berjalan dengan baik meskipun perut saya masih sakit sekali di bagian kiri bawah bekas operasi dan kanan. yang di udel dan perut kanan atas sudah tidak terasa begitu sakit. jahitan kiri bawah saya sekita 3.5 cm dan kanan 5cm.

02. apakah ada komplikasi yang disebabkan perpindahan laparaskopi ke bedah konventional?

03. kenapa di dekat jahitan seperti ada daging keras yang besar mengelilingi di dalamnya? bahayakah?

04. dada saya masih terasa tidak enak kenapa

05. kepala saya masih suka gelap ketika saya berjalan atau pada saat saya duduk kenapa

06. kenapa jahitan saya cekung ke dalam dengan tidak normal seperti hilang masuk sebesar telor negri. apa bisa balik normal?

07. saya baru tes darah kemarin hasil lekosit bagus dok. tapi hemoglobin, hematokrit dan eritrosit di bawah normal.kenapa

terimakasih banyak dok

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Dok, kalau saya mau operasi cesar sekaligus operasi usus buntu apakah memungkinkan? karena saya terkena usus buntu kronis, mohon nasihatnya. Thanks

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Bu Nia, salam kenal kembali
Maaf baru sekarang bisa membalas.
Mudah2an suami Ibu sudah membaik ya.
Demam biasanya tidak ada setelah operasi usus buntu. Akan menjadi ada jika usus buntu mengalami infeksi yang parah misalnya perlekatan hebat, bocor/pecah atau ada penyulit lain disamping penyakit utama.

Untuk menghilangkan demam, biasanya diberikan obat penurun panas, selain juga mencari penyebab demam itu sendiri.
Pada kasus yang sangat berat dan ekstrim, post operasi usus buntu dengan penyulit dapat dilakukan operasi ulang kembali jika memang kondisinya mengharuskan demikian.

 
, Blogger ummu hanin wrote ...

Salam..

Dok, kami ingin bertanya mengenai usus buntu yang terlanjur pecah di dalam yang dialami ayah saya.
apakah usus buntu yang terlanjur pecah, pasca operasi perutnya harus dilubangi, agar sisa darah dan nanahnya keluar? apabila dokter bedahnya sudah bilang bahwa sudah tidak ada nanah lagi yang keluar, melainkan hanya darah segar, menurut dokter bagaimana cara mengatasi darah yang keluar terus menerus dari lubang tersebut, karena dokter tersebut tidak menutup kembali lubang tersebut? apakah pasien berhak mendapat second opinion dari dokter bedah lain dikarenakan dokter bedah yang pertama sangat meragukan kami, hingga 3 minggu pasca operasi darah masih tetap keluar dari perut ayah kami. kamo mohon penjelasan dari dokter, sebelumnya kami ucapkan banyak terimakasih atas jawaban yang telah dokter berikan...

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

@Harri : terimakasih sudah mampir, sy sudah klik tapi blog nya ga bisa kebuka
@Ummu Hanin
Mudah2an saat ini kondisi Ayah sudah berangsur membaik ya.

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

@Afvantk : terimakasih
@Anonymous : bisa saja bu, diskusikan kembali pada dokter bedahnya.

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Selamat mlm dok. Saya pasien penderita appendicitis kronik tapi udah di operasi sktr 2 bln yg lalu. Sekarang saya mau tanya dok, kenapa sampai saat ini saya msh merasa sakit pada luka operasinya?? Dibalas ya. Terima kasih sebelumnya. :)

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

@rioalexander : konsultasikan kembali pada dr bedahnya supaya diperiksa kondisi luka operasinya. Mudah2an saat ini sdh jauh lebih baik

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

@suriani : apa kabar pak ? Usus buntu ada gunanya pak tapi kl sdh terjadi infeksi mmng harus dibuang. Terimakasih sdh mampir di blog saya, salam farmville

 
, Anonymous Jojok Supriyanto wrote ...

Hallo Dok,
Salam...
Saya tiga minggu yang lalu menjalani operasi usus buntu. Operasi berjalan lancar dan sekarang dalam tahap penyembuhan. Yang saya tanyakan setelah operasi sampai sekarang badan saya itu demam terus Dok, kadang sampai menggigil kedinginan, ketika sy tanyakan ke Dokter bedahnya itu cuman gejala pasca operasi. Tapi mengingat pasca operasi sudah 3 minggu yg lalu dan sy tiap malam masih mengalami demam tinggi, sy jd pesimis kalau itu penyebabnya adalah pasca operasi. Kalau menurut dokter demam yang selalu sy alami apa penyebabnya?...
Makanan apa yang dianjurkan untuk orang yg menjalani operasi usus buntu?..
Terima Kasih atas jawabannya

 
, Anonymous rabirudi wrote ...

Salam kenal Dok,

Nice info Dok.
Kebetulan calon istri saya merasakan ciri2 yang dokter sebutkan. Dan ternyata tepat, ciri-ciri ternyata mengarah ke diagnosa USUS BUNTU.

Ada sedikit pertanyaan Dok: Apa pantangan yg perlu dilakukan untuk menunda tindakan operasi USUS BUNTU tersebut??mengingat kesibukan calon istri saya.

mohon ijin sebelumnya saya menCOPAS artikel Dokter ke blog saya
http://rabirudi.blogspot.com/

 
, Blogger Windi wrote ...

Dok, apakah dokter juga mengobati pembedahan Hemmorhoids? Dokter praktek dimana yah? Saya dng Windianingrum

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

@Lisa : maaf terlambat membalas, semoga kondisi Ibu saat ini sudah jauh lebih baik. Jika ada pertanyaan urgent ibu bisa lgsg sms ke081 310 166 750 atau lewat twitter @bedahbanget. Akses untuk buka blog sering agak susah ditempat saya.
1)sy tdk bisa berkomentar banyak krn tdk mengetahui jalannya operasi
2)konversi dari laparoskopi ke laparotomi/open bisa saja terjadi karena banyak hal, antara lain kondisi penyakitnya sendiri. Biasanya dokter akan menginformasikan sebelum op ke pasien/keluarga
3)Bisa difoto ? daging besar yang spt apa yang Ibu maksud ?
4) dan 5) sy hrs periksa ibu, baru bisa menjelaskan kondisi yang terjadi di dada ibu
6) maksudnya Bu ? bisa difoto ?
7)kmgkn ada perdarahan sebelumnya ? lepas dari semuanya, sy selalu percaya dg klinis. Kalau klinis membaik, hsl lab jgn terlalu dikhawatirkan
Semoga jawaban sy bisa membantu
@Jojok : maaf terlambat membalas, semoga kondisi bpk saat ini sudah jauh lebih baik.
Pemerksaan darah rutinnya bagaimana ?
@Rabirudi : operasi usus buntu tdk dapat ditunda bila dokter bedah sudah memutuskan untuk dioperasi. Yaa nanti sy akan mampir di blog bapak. Terimakasih

 
, Anonymous dien wrote ...

dok, 17 hari yg lalu sy menjalani operasi usus buntu yang sudah pecah(perforasi). Yang mau sy tanyakan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk luka operasi tersebut betul-betul sembuh(luka jahitan merekat sempurna)? Terima kasih sebelumnya.

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

@windianingrum : ga boleh nulis tempat praktek Bu, nanti dikira “ngiklan”  hubungi lewat notel / 081310166750 atau YM ya bedah_banget@yahoo.com
@dien : sebetulnya yang bisa menjawab hanya dr bedahnya. Operasinya dilakukan dengan tehnik biasa atau laparoskopi , apakah ada penyulit operasi, bagaimana kondisi lab terakhir klinis, bagaimana hasil PA nya => ty-kan pada dokter bedahnya saja ya Bu  mohon maaf tidak bisa banyak membantu

 
, Anonymous wie fh wrote ...

salam kenal
dok, saya dewi dari cirebon, saya baru menjalani op usus buntu 10 hari yang lalu.
sudah dua hari ini sy mengalami anyang-anyangan, kemarin sih tdk terlalu parah, cm beberapa kali buang air kecil, tp hari ini intensitas buang air kecilnya lbh sering dan disertai sakit d akhir buang air kecil.
pertanyaan saya, apa ada pengaruh op usus buntu dg anyang-anyangan?
saya baca2, obat anyang-anyangan bisa dengan anti biotik,kebetulan anti biotik yg d berikan dr bedah sy masih ada, apa itu bs sekaligus mengobati anyang-anyangan, atw saya harus konsumsi obat lain.
sekian pertanyaan sy, smoga ibu dokter berkenan memberikan penjelasan, sebelumnya saya haturkan terima kasih

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

@wie fh : waktu/setelah operasi dipasang kateter / selang di saluran pipis ga ?

 
, Anonymous infoo wrote ...

halo dok..
2 hari yang lalu tepatnya tgl 8 mei 11 saya mengalami sakit perut di bagian bawah perut kanan, saya langsung pergi ke dokter dan setelah di cek darah, dan usg ternyata tidak ditemukan usus buntu tetapi ditemukan di tes darah bahwa saya ada infeksi crp, tetapi setelah memakan obat cina, hari ini tanggal 10 mei, dan kemarin tanggal 9 mei perut saya membaik dan tidak terasa lagi sakitnya, tetapi bila perut bagian bawah kanan ditekan akan terasa sedikit sakit, apakah saya bisa sembuh tanpa operasi dok?

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Selamat siang Bu Dokter,

Apakah perlu puasa sebelum operasi appendix ? bius total atau lokal, terima kasih.

 
, Anonymous lenny wrote ...

Dear doctor

10 hari yang lalu saya melakukan operasi usus buntu dgn laparoscopic. dokter mengatakan bahwa usus buntu saya sdh lama dan ada beberapa usus yang lengket tp sudah dibebaskan oleh dokter. yang saya mau tsnyakan adalah apakah normal dok setelah seminggu operasi saya tetap merasakan nyeri dibelakang pinggul saya. saya tidak kuat berjalan jauh. kalau berjalan tidak bisa tegak. dan perut jg msh terasa agak sakit. saya jg merasa sulit bernafas dok. tp tidak sampai terengah2( ngos2an). hanya saja jika bangun dari tempat tidur, saya merasa nafas saya pendek. saya tidak prnh mengalami seperti ini sblmnya. saya mengalami nafas saya agak pendek setelah operasi. apakah semua gejala diatas normal dok? saya sdh bertemu doktwer bedah beberapa hari lalu. dokter blg keadaan saya normal. terimakasih doctor. GBU

 
, Blogger Unknown wrote ...

Dok,saya mega 22th sdh menikah.. Saya ngerasain gejala2 usus buntu.. Nyeri perut dikanan bawah sejak tgl 10-12-12 kemarin siang.. Sorenya sekitar jm15.00 saya tempel perut saya dgn durogesic yg isi nya fentanyl,berkurang sekali nyeri nya.. Sekitar jm20.00 saya ke dokter spPD,perut saya yg sempat nyeri ditekan2 oleh dokter tp saya sudah tdk merasa nyeri lagi dok.. Yg saya mau tanya,ada pengaruh buruknya ga dok fentanyl dgn nyeri perut saya.. Trimakasih..

 
, Anonymous Iwan wrote ...

hallo dokter..
saya mau tanya dok..
kapan bisa berhubungan suami istri lagi setelah menjalani operasi usus buntu..

 
, Blogger Andreas Budi N wrote ...

Budi said..

kepada Yth Dokter Bedah

20 hari yang lalu (bulan April 2013) saya melakukan operasi usus buntu dgn Caesar/ dan di pasang selang drain, jahitan sudah di cabut beserta selang..yang akan saya tanyakan : ada benda keras atau daging tepatnya di bawah bekas Jahitan, kira2 mirip biji mangga kalau di raba keras, nah kalau menurut dokter benda apakah dan selama habis operasi saya terserang penyakit batuk pilek...apakah hal tersebut membuat otot perut kaku..mohon penjelasan, atas kerja sama saya ucapkan banyak terima kasih.Tuhan Jesus Memberkasi

 
, Anonymous diabetes wrote ...

Mantab dok...
Infonya sangat bermanfaat bagi masyarakat

 
, Blogger novel wrote ...

Siang dok..

sy didiagnosa appendic lesi ringan dan ada polip di empedu 3.11 mm. apakah itu ganas dok? bisakah di operasi dengan tindakan bedah biasa (open)?

mohon penjelasannya ya dok..

salam,
novel

 
, Anonymous Anonymous wrote ...

Hallo dok..
Saya ingin bertanya...
Apakah sakit yang di derita oleh penderita usus buntu yang belum di operasi mengalami sakit bagian perut kanan bawah setiap hari...

Saya mengalami ciri2 org terkena usus buntu...
Saya sudah mengalami skit di bagian perut kanan bawah 2 kali...yang terjadi pertama kali pada bulan 4 ...
Kata dokter saya asam lambung...
Tpi pada blan 7 ini saya juga merasakan skit perut kanan bawah...
Saya cek ke dokter kata dokter saya juga asam lambung..!!

Samapai sekarang perut saya baik2 ajha..
Tpi jika di tekan perut kanan bawah terasa sedikit sakit..
Itu knpa dok..
Atas jawabannya terima kasih banyak...!

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

@dewi/cirebon : mungkin ada infeksi saluran kencing Bu , antibiotik bisa saja mengobati ISK . coba tanyakan dr bedahnya kembali. Semoga saat ini ibu sudah sehat ya.
@infoo : coba diperiksakan kembali ke dokter bedah terdekat
@anonymous : sebelum operasi usus buntu harus puasa
@lenny : semoga saat ini sudah membaik ya bu
@mega matra : fentanyl itu obat penghilang rasa nyeri. Sebaiknya kalau nyeri perut jangan diobati sendiri dulu sebelum bertemu dengan dokter. Efeknya akan menutup rasa nyeri sehingga takutnya diagnosa menjadi sulit.
@iwan : jika dokter bedahnya sudah menyatakan baik/sehat, biasanya akan dijelaskan pada saat kontrol terakhir oleh dokter bedahnya.
@andreas budi : harus diperiksa untuk melihat ada tidaknya kelainan
@diabetes : terimakasih, amiiiin semoga manfaat
@novel : bisa tapi lebih bagus lagi dengan tehnik laparoskopik
@anonymous : harus diperiksa untuk tentukan diagnosa. Hubungi dokter bedah terdekat.

 
, Blogger Unknown wrote ...

Hallo dok.
Saya mau tanya!!
Ayah saya stelah operasi usus buntu nanah tapi stelah operasi masih ada rasa sakit di perut dan merasakan panas. Mhon pencerahannya dok?
Makasih

 
, Blogger Lakshmi Nawasasi wrote ...

Konsultasikan kembali pada dokter bedahnya pak, biar dilakukan pemeriksaan kembali.

 

Post a Comment

<< Home